Soal velg matic yamaha yang doyang dombret


Tertarik sama postingan mas IwanBanaran tentang matic Yamaha.

Disebutkan:

Kalo besok itu Mio M3 udah terlanjur ya udahlah mau gimane lagi. Tapi buat Soul GT Bluecore jangan sampe pake ban cacing ‘n velg goyang dombret.

Kalau soal ini saya setuju betul. Nggak cuma karena ukurannya karet rodanya yang lebih kecil dari produk keluaran Honda, tapi velg punya matic Yamaha memang sungguhan goyang dombret. Kita bisa lihat contohnya di jalan, matic yang velgnya goyang kebanyakan adalah merk Yamaha. Sepertinya ini problemnya sudah dari sononya. Dari bahannya memang lemah.

Bahkan waktu dulu survey untuk beli matic, yang di diler Yamaha saat nawari yang model spoke (pakai ruji) bilangnya model spoke lebih kuat velgnya daripada model castwheel (velg racing). Jadi sebenarnya Yamaha sudah tahu kalau velg matic yang racing gampang peyang.

Tapi mungkin sudah kadung cinta, masih banyak juga yang beli. Asal diberitahu saja sama yang pakai untuk melakukan setel velg secara berkala, barangkali setahun sekali. Rasanya sedih juga melihat banyak matic Yamaha tetap melenggang kencang dengan velg yang super bergoyang. Selain tidak napak jalan (rem nggak pakem, akselerasi payah, kendali nggak stabil), ban juga cepat habis.

Jadi sekalipun sudah cinta dan bondo nekat, berani mati, berani membunuh orang, maksa pakai velg bergoyang masih tetap merugikan.

Kalau masih ada sadarnya, dan masih suka mengendarai motor Yamaha, maka sebaiknya memeriksa velg secara berkala. Karena velg goyang tidak cuma menghabiskan bensin, mempercepat aus roda, tapi juga tidak aman dan membahayakan yang lain. Tidak cuma pengendara saja yang terancam nyawanya, tapi juga pengendara lain atau pejalan kaki.

Sudah konsekuensi pengguna matic Yamaha (ataupun model / merk lainnya) untuk memastikan velgnya nggak peyang.

3 thoughts on “Soal velg matic yamaha yang doyang dombret

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s