Oli jelek penyebab Yamaha terpaksa mengaplikasikan teknologi Diasil Cylinder?


Melihat dari comment di blogger, banyak yang menganggap fasilitas dari diasil cylinder sebagai sesuatu nilai tambah bagi motor merek Yamaha. Namun apa benar begitu?

Kalau dari artikel KBY, diasil cyclinder itu adalah teknologi lama. Berikut artikelnya:
Forged Piston, Diasil Silinder dan Offset Cylinder, Teknologi Lama Yang Jadi Luar Biasa

K: Wah ternyata, bebek aja sudah lama make ya.. Oke kalau itu kan offset silinder, bagaimana dengan forged piston dan diasil silinder? Konon ada selentingan bahwa Ninja 250 tidak menggunakan teknologi ini pada mesinnya… Benarkah demikian?

S: (ngakak)…kata siapa sih? Memangnya yang ngomong sudah pernah belah mesin Ninja? Jangankan yang sekarang, dari era 2 tak saja, itu diasil dan forged piston sudah terpasang di mesin ninja… Bahkan Satria FU aja sudah memakainya…namanya SCEM, hanya sayangnya memang tidak diangkat aja tuh sisi SCEM-nya jadi kurang terkenal deh… Intinya, bukan teknologi advance saat ini lah… Biasa aja.

Jelas bahwa teknologi diasil cylinder itu teknologi yang sudah ada cukup lama. Namun sangat jelas juga bahwa hanya baru – baru ini saja Yamaha mulai mengaplikasikan teknologi ini ke produknya. Apasih keunggulannya? Kalau kata website resminya, ini keunggulannya:

Yamaha Motor Co., Ltd. (YMC) has succeeded in the development of an all-aluminum die-cast cylinder with 60% better cooling performance and 30% cheaper production cost than a conventional cylinder (*1). Called the Yamaha “DiASil Cylinder” (*2), this is the world’s first all-aluminum die-cast cylinder and it achieves cooling performance equivalent to that of a nickel-plated cylinder, which is currently recognized as the best in the industry, but at a significantly lower production cost than a nickel-plated cylinder.

Jadi keunggulan utamanya lebih murah dan lebih gampang membuang panas. Bukan untuk nambah awet. Kalau dari referensi dari website yamaha yang lain, disebut bahwa untuk meningkatkan keawetan, diperlukan tambahan:

There are two types of all-aluminium cylinders. One is the ceramic composite plated cylinder, whose wall surface is covered with a ceramic coating to improve strength and reduce friction resistance. The other is the DiASil cylinder without the coating.

Nah, sekarang, apa mas bro semua memperhatikan bahwa di jaman sebelum diasil cylinder ini motor yamaha banyak yang suaranya berisik dan kadang ngebul asapnya? Menurut saya yang menjadi faktor utamanya adalah Oli Yamalube standard yang jelek. Mungkin saja oli tersebut sudah sesuai standard, tapi toh nyatanya dilapangan terbukti olinya jelek.

Sepertinya, daripada harus memperbaiki kualitas oli, Yamaha lebih memilih untuk mengaplikasikan teknologi diasil silinder yang bisa membuang panas lebih baik (karena olinya jelek bikin panas motor) dan sekalian menekan ongkos produksi. Dan untuk menambah keawetan komponen, forged piston juga dipasangkan (karena oli jelek bikin aus motor). Dan ini sapertinya terbukti ampuh mengurangi reputasi yamaha sebagai motor yang berisik.

Yamah sendiri sudah commit untuk memaksa pengguna Yamaha untuk memakai Yamalube. Iklannya saja “Yamaha motornya Yamalube olinya”.

Kalau saya sih mending pakai pertamina daripada pakai punya bawaan pabrik, nggak perduli ngakunya standar apaan. Soal oli akan dibahas di artikel berikutnya.

Iklan

35 thoughts on “Oli jelek penyebab Yamaha terpaksa mengaplikasikan teknologi Diasil Cylinder?

  1. Yup…benar sekali yamahalube mmg tak sehebat iklannya hihihi…sy pakai power matic (ymh xeon), begitu jarak tempuh mencapai 1000 km an mulai terasa mesin bersuara agak kasar, lalu oli sy ganti, saat ditap oli sudah berwarna hitam, tanda oli sdh tak layak pakai (pertamax mode on). Sekarang pakai castrol magnatec, memang sih hrg lebih mahal plus kelebihan 0.2 liter. Tapi puas performancenya, jarak tempuh pakainya juga lumayan bisa 3000 km baru diganti.

    Suka

    • iya, iklan memang sering berlebihan. Tapi kalau melihat bisa 1000km rasanya masih lumayan dibanding dengan oli federal. Untuk castrol, agak trauma kalau tidak yang tipe paling tinggi.

      Suka

    • Terus terang untuk federal saya termasuk agak skeptis. Setahu saya pabriknya jadi satu dengan oli punya Honda AHM. Dulu pernah pakai yang paling murah (oli gratisan), cuma tahan 100km, jauh banget bedanya sama oli lain. Bisa jadi sedikit lebih baikan daripada oli resmi Honda, namun saya lebih memilih oli merek pertamina daripada federal. Lagipula ada yang nyeletuk bahwa semua pabrik oli di Indonesia beli base olinya dari pertamina. Alternatif lain adalah base oli dari cina yang kualitasnya bisa naik turun atau bahkan jelek. Jadi kalau untuk harga yang sama, oli pertamina lebih bagus.

      Menurut saya dingin belum tentu pertanda bagus. harus dicermati ciri yang lain dulu. Kalau suara mesin jadi kasar sekali ya berarti pelumasannya jelek.

      Mesin Honda Beat saya suaranya menjadi jauh lebih halus hanya dengan menambah sedikit oli valvoline. Artinya oli bawaan dari pabriknya kualitasnya jelek sekali. Jadi saya agak trauma kalau mau coba oli federal.

      Suka

  2. Om mau tanya kalo untuk yamaha nmax oli yang cocok apa ya yang bikin gak kasar dan tetap bertenaga soalnya di jalan kok banyak nmax yang kasar padahal sudah pakai full sintesis dari oli yamaha. Dan kalau motor baru apa kalo pertama kali datang langsung harus ganti olinya yang bagus om agar tidak berisik kedepannya? Mks om

    Suka

    • Lebih baik jangan pakai oli matik. Oli sebaiknya yang agak kental. Boleh coba fastron techno yang 10W40 atau 15W50. Menurut saya oli yamalube kalah bagus. Kalau berminat, bisa ditambah minyak goreng 10%. Sudah banyak yang coba dan jadi lebih halus.

      Iya, pertama datang sebaiknya ganti oli agar tidak cepat berisik.

      Suka

      • Kalau pakai oli diesel bagaimana Om? Oiya jadi itu nanti pakai oli bukan untuk matik di tambah minyak goreng begitu om? Kalau oli buat jalan yang sering sepi cenderung tidak macet yang sae berapa dan merk apa ya om? Berati garansi hangus ya om?

        Suka

        • Pakai oli diesel boleh. tapi dengar dengar pakai oli diesel masih tetap kasar suaranya. jadi kalau tidak tambah minyak goreng mungkin sama saja dengan oli motor.

          Soal macet, kalau olinya bagus, rasanya nggak akan terjadi.

          Soal garansi, biasanya tergantung bagian yang bermasalah. Yang rusak CVT tidak dicek oli mesinnya. Problem yang terjadi karena oli biasa terjadi karena telat ganti oli atau oli susut tidak ditambah.

          Suka

          • Jadi kalau buat nmax paling cocok pakai oli apa om agar halus dan tidak berisik? Oiya kalau oli bawaanya dari pabrik di bawa jalan sampai 100 km apakah aman om?

            Suka

            • Oli untuk bikin halus nmax coba fastron techno 15W50 saja.

              Oli bawaan pakai 100km aman selama tidak dibuat ngebut. Namun kadang kalau suara sudah kasar tidak bisa halus lagi.

              Suka

          • Berati mending pertama datang terus selang sebentar jatah oli gratis nya di pakai habis itu pakai oli yang lebih bagus apakah gpp om?oiya om kalau fastron techno sama fastron gold bagus mana om?mks

            Suka

            • Enggak, bila ingin maksimal mending segera diganti. Jadi begitu motor datang, langsung secepatnya diganti. Aman sih aman, tapi break in jadi kurang bagus. Suara kasar bisa jadi permanen.

              Kalau mau tambah minyak goreng, rasanya lebih bagus techno. Karena saya curiga yang fastron gold ada aditif moly. Aditif moly itu efeknya menambah kerak mesin.

              Suka

          • Selain fastron techno apakah ada oli lain om yang kualitas nya lebih bagus?oiya kalau masa break in oli harus di ganti setelah berapa km ya om? Mks

            Suka

            • Coba motul 5100. kalau yang lebih bagus lagi coba amsoil signature series.

              Kalau olinya bagus (suara mesin tidak kasar), break in boleh diperpanjang. Kalau olinya jelek, nggak ada bedanya. Karena setelah break in pun mesin masih bakal diamplas sama olinya.

              Secara teori break in butuh oli yang daya pelumasannya bagus. Itu alasan orang dulu menyarankan pakai oli grup I. Kalau sekarang bisa diatasi pakai oli ester. Atau pakai trik tambah minyak goreng.

              Suka

          • Berati malah bagus ya om jika dari baru pakai motul 5100 atau amsoil? Kalau antara amsoil dan motul 5100 bagus mana om? Oiya om kalau untuk menghilangkan suara ngorok di nmax apakah bisa dengan memakai oli yang bagus?mks om

            Suka

            • tidak semua amsoil bagus. Yang bagus yang signature series. Dibanding amsoil XL mending motul 5100 saja.

              Untuk suara ngorok, rasanya itu soal tenaga. Problem di bensin. Lebih cocok coba modif perubah bensin. Kalau saya pakai cemenite dan pro capacitor. Di grup cemenite ada yang bilang bahwa setelah pakai cemenite motor tidak ngorok lagi saat akselerasi.

              Suka

  3. Berati mending beli motul 5100 ya om? Kalau motul 5100 sama mobil 1 yang gold bagus mana ya om? Cara pasang dan belinya di mana ya om?

    Suka

    • Sebaiknya jangan mobil 1 yang itu, karena banyak mobil 1 yang dikhususkan untuk kendaraan yang sudah didesain bisa pakai oli encer. Saya nggak yakin NMax didesain oli encer, terbukti pada jadi kasar suara mesinnya. Harusnya kalau sudah desain benar nggak akan kasar suaranya.

      Maaf belinya harus cari. tapi motul 5100 mestinya banyak yang jual.

      Suka

      • Berati lebih baik atau rekomendasi paling cocok nmax pakai motul 5100 ya om? Kebetulan kalau motul 5100 malah mudah om di dekat rumah ada.oiya om kalau oli transmisi bagusnya pakai oli khusus oli transmisi mobil atau oli mesin ya om?

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s