Masih untung bensin cuma dinaikkan 2000, kan rencananya memang mau dibuat tanpa subsidi?


Sekarang ini banyak orang yang bertanya – tanya soal kenaikan harga bensin yang sekarang ini menjadi RP. 8500,-. Mestinya mas bro semua sudah bisa memperkirakan hal ini semua sejak Joko Widodo terpilih secara sidang menjadi presiden Indonesia. Kan sudah menjadi rencana dari pak Jokowi untuk menghapus semua subsidi?

Kejelasan hal ini bisa dilihat pada pernyataan pak Jokowi pada detik beberapa bulan sebelum Pemilu:
Ide Jokowi: Subsidi BBM Harus Hilang dalam 4 Tahun

Ia menghitung besaran angka kenaikan harga BBM subsidi per tahun, dihitung dari selisih harga BBM yang disubsidi dengan harga keekonomian dibagi selama 4 tahun. Sehingga pada tahun kelima, pemerintah tidak perlu sediakan anggaran untuk BBM bersubsidi.

“Tadi sudah bilang empat tahun, ya (dibagi empat),” ujarnya.

bensin2

Sehingga sudah dari jauh – jauh hari saya memperkirakan bahwa bensin akan naik. Untungnya harga minyak dunia pas lagi turun, kalau enggak, nggak tahu akan naik berapa. Juga walau harga Pertamax turun, harga premium mungkin tidak diturunkan karena memang sejak dari awal diniati untuk menghilangkan subsidi.

Tapi kembali ke soal keputusan, kan pak Jokowi hanya memenuhi janjinya, dan 50% masyarakat sudah setuju dengan segala rencana pak Jokowi (karena sudah milih pak Jokowi waktu pemilu), ya harusnya yang konsisten. Kalau mau marah, ya jangan ke pemerintah. Kan yang milih rakyat, yang salahkan ke yang milih pak Jokowi, atau dipakai pertimbangan di pemilu yang akan datang, jangan sok lupa waktu sudah pemilu.

Kan milih presiden nggak boleh kayak milih kucing dalam karung. Harus tahu rencana apa saja yang akan dilakukan oleh calonnya. Biar nggak kaget, pak Jokowi juga pernah mengungkapkan:
Media dan Analis Asing Pantau Kebijakan Ekonomi Jokowi

Jika terpilih, Jokowi berjanji akan memangkas anggaran energi hingga Rp 70 triliun dengan cara menghentikan 90% pembangkit listrik berbahan bakar diesel.

Setahu saya, untuk pembangkit listrik, tenaga diesel adalah termasuk yang termurah seperti halnya tenaga batu bara dan tenaga air. Kalau nggak salah pak Jokowi akan berjanji akan mengganti dengan teknologi alternatif (lupa link, maaf) seperti panas bumi atau energi surya. Tapi yang saya tahu, listrik dari teknologi alternatif biasanya 2 atau 3 kali lipat lebih mahal. Ada kemungkinan subsidi untuk listrik pun dicabut untuk membiayai pemerintahan.

Siap – siap listrik jadi jauh lebih mahal ya. Kan sudah diwanti – wanti saat pelantikan dengan semboyan “ayo mulai bekerja”. Ayo kerjo kerjo kerjo…

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s