Musim hujan jangan pakai ban kembangan kotak masbro!


Nggak tahu asalnya dari mana, banyak orang percaya bahwa ban kembangan kotak lebih pakem kalau musim hujan. Kembangan ban kotak itu yang model kayak begini:
http://irctire.co.id/id/product/r/IndonesiaPattern000090-SP1
http://irctire.co.id/id/product/r/IndonesiaPattern000074-NR2
bankotak

Namun kenyataannya, ban kembangan kotak malah justru berbahaya kalau dipakai di musim hujan.

Kalau nggak percaya, coba tanya para pengguna ban kembangan kotak, kalau hujan milih terus apa minggir? Mereka kebanyakan milih minggir karena jalannya licin. Penyebabnya ya itu, karena rodanya nggak cocok untuk jalan sehingga membuat jalan terasa licin. Herannya mereka masih ngeyel kalau ban kembangan kotak lebih pakem,.

Secara pribadi saya pernah coba sendiri karena pernah pengalaman punya supra fit, dalam kondisi roda masih bawaan. Ngeri banget bro. Di jalan lurus waktu hujan sepeda bisa nyisih / bergeser ke kanan atau ke kiri sendiri, padahal setang sudah lurus. Di belokan motor terasa geal geol karena bagian ban yang menapak nggak terusan karena kembangannya ada yang nempel dan tidak waktu melewati.

Begitu ganti roda dengan kembangan yang mendukung performa musim hujan. Joss, mau top speed juga ok asal nggak lewat genangan. Di belokan juga jauh jauh jauuuuh lebih stabil daripada kembangan kotak. Ban terasa selalu menapak jalan terus.

Kembangan yang saya anjurkan seperti yang seperti dibawah ini, yang katanya: “Memberikan daya cengkeram maksimal pada saat berkendara di permukaan basah”. Bagian tengah pilih yang lurus saja masbro, karena kalau ban sudah sudah umur kembangan kelak – kelok bikin setang bisa ikut kelak kelok juga.
http://irctire.co.id/id/product/r/IndonesiaPattern000154-SS-560F
ss350f

Favorit pribadi sih yang ini, dengan klaim: “pembuangan air yang sempurna dan efektif dalam pengereman”:
http://irctire.co.id/id/product/r/IndonesiaPattern000084-NR72
nr72

Kesimpulannya, kalau pingin aman, slamet dan tentram, mending ganti saja roda kotak retro masbro dengan kembangan sport yang sesuai dengan musim hujan. Kalau maunya untuk model ya sudah, harus mawas diri and sadar bahaya, kalau hujan wajib minggir.

16 thoughts on “Musim hujan jangan pakai ban kembangan kotak masbro!

  1. kalo pelan pelan mosok licin juga mas? kalo ban kotak buat motorcross saya percaya, tapi kalo kotak kotaknya kecil sama aja yak?🙂

    Suka

  2. pernah touring pake mizzle power grip, dipake nikung miring2 pas hujan deras ga ada gejala buang dikit pun. ampe ga tau kalo temen di belakang dah ketinggalan jauh. cuma sayangnya mizzle bannya gampang keras. sekarang pake FDR genzi, ga berani lagi nikung miring2 pas hujan, bannya lumayan licin.

    Suka

    • sepengalaman bro….
      mizzle power vtx memang mantap di kondisi dua musim, mirip lah sama nr 72 yg kembang bintang.
      sayangnya power vtx cepat habis, kalo nr 72 dulu pernah pake yg depan bannya cepat tiba2 bunting.

      nah pernah pake Fdr genzi karna dipaksa temen, lah temen dah koar2 tuh ban safety. malemnya ane jatuh berdua ama temen maksa ane beli tuh ban waktu kondisi berair, padahal rem dah pelan2, & rem tromol suzuki gak pakem.

      sebenernya ban yang keras bisa loh dibuat kesat dengan cuci pake sunlight, tuh ban genzi pun jadi nempel setelah cuci pake sunlight.

      Suka

  3. Saya pernah ndlosor moto GP gara-gara pake ban depan flemmo n blakang genzi pas ujan deras. Ban genzi saya selip yang bikin saya ndlosor. Lokasi ndlosor di tikungan kasembon kab malang.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s