Adab di kala macet, jangan bikin tambah macet bro, ada sunnahnya!


Macet memang banyak penyebabnya. Entah ada persimpangan, ada pasar, ada kegiatan dadakan, ada kecelakaan, dan lain – lain. Sayangnya, dikeadaan yang sudah tidak nyaman tersebut, beberapa orang kadang tidak tepo sliro dengan orang lain main serobot sana – sini. Sayangnya pula ada beberapa yang main serobot yang tidak mikir atau tidak perduli dengan keadaan. Sudah tahu kondisinya macet, dia tidak akan bisa maju walau sudah menyerobot, tetap dipaksakan, yang akhirnya menghalangi jalan orang lain, yang akhirnya bikin jalan semakin macet, kadang sampai berhenti total. Ini berlaku tidak hanya motor tapi juga mobil, kalau mobil yang melakukannya, maka dijamin macet makin parah.

Saya sudah sering mengalami hal ini. Jalan yang seharusnya bisa lancar, jadi macet. Macetnya kemudian merambat kemana – mana. Bahkan saya pernah ketahan macet dua jam di jalan yang harusnya bisa dilewati dalam beberapa menit, hanya gara – gara satu – dua orang tidak mau mengalah. Motong jalan walau mereka tidak bisa terus. Menyerobot hanya untuk mandeg, berhenti dengan memotong jalan orang lain.

Nah, untuk mereka yang masih suka menghalangi jalan orang, ini ada beberapa anjuran, sumbernya:
Adab Di jalan

Rasulullah SAW memperingatkan kaum muslimin untuk tidak duduk di jalan-jalan. Jika mesti demikian, maka hendaklah ia memberikan hak jalan. – Syarh Riyad Al Shalihin, Syekh Ibnu Utsaimin –Rahimahullah- (541/4).

“Penciptaan Setiap manusia dari keturunan Adam dengan 360 persendian. Barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih, beristighfar kepada Allah dan menyingkirkan batu, duri atau tulang dari jalan kaum muslimin, beramar ma’ruf dan nahi munkar sejumlah tigaratus enam puluh itu karena dia, maka pada hari itu dia telah dijauhkan dari neraka” – Shahih Al Jami’ (2491).

“Sungguh aku melihat seseorang lelaki yang mondar mandir di surga karena memotong pohon di jalan yang konon mengganggu orang muslim” – Shahih Muslim (4745).

Mungkin bro bisa jalan lancar dengan menyerobot, namun jangan sampai itu membuat banyak orang tertahan berjam – jam. Kan itu jadi menghalangi rejeki orang. Orang yang terzalimi doanya manjur lho bro. Lebih baik jangan melakukan itu daripada didoakan jelek sama mereka. Kalau menyerobot juga nggak bisa ke mana – mana, ya jangan sampai menghalangi jalan orang ya mas bro. Kalau mengalah beberapa detik bisa membuat jalan orang lain lancar, maka mengalah saja ya mas bro.

Untuk yang membantu mengurangi kemacetan, maka hukumnya harusnya seperti orang menebang pohon yang menghalangi jalan, dapat pahala mas bro!

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s