Pasang saklar mematikan lampu AHO perhatikan kemampuan saklarnya bro, jangan asal cari cara murah!


Dari sekian banyak petunjuk untuk menambahkan saklar agar bisa menggantikan fungsi AHO (Automatic Headlight On), jarang ada yang menyinggung faktor kemampuan saklar dalam mengalirkan listrik ke lampu. Banyak yang pilih rapi, pakai komponen orisinil dari motor lain, jadi tidak berantakan dan terlihat bagus. Karena orisinil, maka biasanya kemampuannya sudah pas. Yang masalah adalah beberapa pingin yang asal murah dan beli saklar murah lalu dipasang sendiri.

Bro harus ingat bahwa setiap komponen kelistrikan ada batas kemampuannya. Untuk saklar lampu, maka kemampuan biasanya ditentukan dengan nilai amper. Perhitungannya adalah nilai watt dibagi tegangannya. Jadi kalau lampu 35 watt, kira – kira butuh 3 Amper. Kalau lampu 60 Watt ya berarti 5 Amper. Kalau dua lampu 60 watt yang berarti 10 Amper. Untuk lebih amannya, lebih baik dibuat lebih tinggi dari arus yang dipergunakan. Jadi kalau 10 Amper, lebih aman pakai yang tahan 20 Amper.

SW-243

SW-213

Jarang ada saklar yang bisa mendukung 6 amper (contoh aman bila lampunya satu buah dan 35 watt). Seringkali nilai kemampuan / rating hanya tulisan saja, tidak mencerminkan kemampuan sesungguhnya dari saklar. Bila pingin aman, maka pastikan bahwa semua bagian yang mengalirkan listrik di saklar adalah terbuat dari tembaga atau kuningan. Hindari yang menggunakan stainless steel atau aluminium. Saklar yang tidak orisinil juga perlu di cek permukaan logamnya.

Cara mengetes kemampuan bisa dengan memegang saklarnya. Bila terasa panas walau masih beberapa menit, maka bisa dipastikan bahwa saklar tidak memenuhi syarat. Saklar yang salah bisa sangat berbahaya karena hasil panas dari saklar bisa melelehkan benda di sekitarnya. Kalau sudah konslet, jatuhnya bisa sangat mahal.

Bisa jadi saklar yang lebih bagus justru saklar model begini, bagian dalam bisa dilepas, bahan dari kuningan🙂.
Saklar Engkel IB BROCO

Kalau di mobil, orang biasanya pakai relay. Relay dinyalakan pakai saklar yang kemampuannya tidak harus tinggi. Relay inilah yang dibebani oleh arus yang menuju ke lampu. Beli relay jangan yang palsu, mending pilih merek murah tipe terbaik daripada merek terkenal tapi palsu. Cuma masalahnya kalau pakai relay, arus jadi juga ikut kemakan sama relaynya, bisa antara 3 sampai 6 watt. Kemudian relay juga ada umur pemakaiannya.

Pastikan bahwa kabelnya tidak hanya diikat. Kalau dicatok juga pakai yang dari tembaga saja, jangan aluminium. Beberapa memilih untuk menyolder, namun harus diingat, kalau saklarnya nggak mampu dan bikin panas, solderan pun bisa lepas karena panasnya.

Untuk amannya lebih baik serahkan ke yang berpengalaman. Namun juga hati hati, untuk tetap memonitor hasil kerjaan mereka dengan melakukan pengecekan suhu dari saklar saat dipergunakan. Kalau panas, jangan ragu untuk komplin atau mengganti cara.

Hati – hati ya bro!

6 thoughts on “Pasang saklar mematikan lampu AHO perhatikan kemampuan saklarnya bro, jangan asal cari cara murah!

  1. Usahakan kabel dbungkus bwt hindari putus krn getaran body dr mesin,usahakan pakai socket tambahan buat nyambung kabelnya,lbh baik digeget/catok dr pd dsoder,lbh aman pakai relay jk beban ampernya gede imho..

    Suka

  2. Mo nanya nih bro, kmrn ane pasang klakson keong denso di verza ane, tp yg masangin bengkel, udh pake relay jg. dapet 1 minggu aki langsung tekor. Terpaksa ganti aki baru & klakson tak ganti yg standart. Kira2 apanya yg salah ya bro?

    Suka

    • Maaf, kalau kira – kiranya:
      Berdasarkan referensi browsing, Relay memakan arus 500mA, Klakson Denso antara 3500mA sampai 4500mA

      kalau pakai dua tambah satu relay maka kira – kira 9A Ampere = 108 watt.

      Aki itu idealnya beban maksimal adalah 1 kali kapasitas. Jadi kalau Aki 4.5Ah maka maksimal ditarik arus 4.5A. Lebih dari itu aki bisa cepat rusak / ngedrop. Pemakaian pun tidak bisa lama. Bila AHO juga nyala maka batre sudah mensuplai sekitar 5 Amper untuk lampu depan dan lampu belakang. Jadi kalau ditotal 14 Amper. Jauh diatas kemampuan batre.

      Kemungkinan lain pasang relaynya salah / kebalik, sehingga nyala terus, dan horn nyala waktu relay mati.

      Suka

  3. kenapa nggak ada yang terlintas untuk bikin saklar ON OFF ON ya,, apalagi para produsen variasi motor tuch,,, pasti laris manis tuch,,, caranya tinggal modelnya dipercisin sama saklar originalnya HI LOW di motor,, namun ada posisi off nya ditengah,,, pasti laris manis tuch saklar…

    Suka

    • Iya. Mungkin kalau bikin mirip aslinya terlalu mahal kalau hanya untuk nambah tombol. Lagipula banyak yang ngasih trik pakai komponen motor lama.

      Kalau di bengkel pasti banyak yang ngaku bisa, walau kualitas kadang perlu dipertanyakan.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s