Bagaimana caranya kalau mau lampu depan pakai LED?


Membaca tentang kemungkinan rencana motor baru yang pakai lampu depan LED membuat saya tertarik untuk mencari tahu bagaimana cara untuk pasang lampu depan LED. Ternyata produk lampu depan LED ini sudah tersedia. Namun susah sekali mencarinya. Malah ada yang mengaku produk HID sebagai produk LED.

Pilihan ternyata cuma sedikit. Yang satu merek Cree, yang menyediakan dua pilihan, dua sisi dan tiga sisi:
http://lampu-cree.blogspot.com/2014/04/lampu-utama-motor-3-sisi-led-cree.html

Lampu depan Led Cree COB / Gen2
Lampu depan Led Cree COB / Gen2

Yang satu lagi merek RTD.
http://lampuledmotorjogja.blogspot.com/

Lampu depan LED RTD
Lampu depan LED RTD

Perbandingannya seperti ini:

perbandingan lampu depan LED dengan lampu standar
perbandingan lampu depan LED dengan lampu standar

Kalau melihat hasil perbandingannya, lumayan juga hasilnya. Untuk harga sedikit lebih mahal dari harga resmi bola lampu depan orisinil milik Honda CB150R.

Ini kali harga resmi bola lampu depan ya?
Ini kali harga resmi bola lampu depan ya?

Ternyata lampu depan LED sudah ada di pasaran. Tinggal pilih. Yang menarik adalah bagian driver ternyata sampai ada yang dipasangi kipas untuk mendinginkan. Jadi kalau di lampu biasa yang panas di bola lampunya, kalau di LED yang panas adalah rangkaian pendukungnya. Kipas pendingin perlu dimaintenance kalau ada, di cek paling tidak 6 bulan sekali atau ditambahi pelumas.

Jadi awetnya lampu LED tergantung pada kemampuan dan ketahanan dari rangkaian pendukung. Karena desain dari pabrik tidak mempertimbangkan panas yang dihasilkan oleh rangkaian pendukung LED, maka perlu dipikirkan agar tidak terjadi overheat di bagian tersebut. Jangan sampai panas menjadi terkumpul di belakang batok, banyak kabel, bahaya. Walau ada kipas, kalau ventilasi kurang, maka panas bisa tetap tinggi. Kalau perlu dites sesudah dipakai jalan.

Lampu LED ini sepertinya cocok bagi yang kena masalah mika batok depan leleh karena panasnya bola lampu…. Tinggal hati hati soal panas dari rangkaian pendukung.

Harus tanya dulu cocok atau tidak ya bro.

131 respons untuk ā€˜Bagaimana caranya kalau mau lampu depan pakai LED?ā€™

  1. Ane msh cinta bohlam biasa mas bwt penerangan,klopun modif,prefer k HID proji..
    Blm ada merk LED yg bnr2 mmuaskn hati ane,emg sih hemat listrik,tp cahayanya bagi ane kurang “lengket” pd objek yg kena sinar hehe..
    Mgkn blm nemu aja ya..

    Suka

  2. Ane pake yg atas (COB 3 sisi) lumayan terang & fokus yg penting reflector msh bagus, soket ada bermacam2 bisa di sesuaikan dg berbagai type motor… pemasangan pun mudah yg penting pake arus DC…. Oya adem lho coz ada kipas juga…

    Suka

    • Wah maaf tidak tahu. Mungkin bisa beli online. saya lihat ada iklan di olx.co.id, bukalapak.com. Atau kalau mau yang lebih sreg bisa yang pakai mediator seperti di tokopedia.com atau kaskus.co.id.

      Suka

  3. Saya pakai merek cr7 yang terbaru led 6 sisi ,,cahaya tebal fokus ,,3000lumens tpi harus pakai proji,,biar gak silau mennn…wajib pakai proji ya,,,awet gak kya lampu hid di reflektor panas bingus,,,

    Suka

  4. dah ada yg juoss led cree bos,cuma sayang belum dijual di indonesia,kyknya nunggu 2 ato 3 tahun lagi,kalo led yg diatas bukan cree tpi cob

    Suka

  5. Gan ane ada led bekas senter yg gedenya seukuran kuku jari telunjuk. Ane idupin pke casan yg outputnya dc4,25v250mah nah ini mau ane idupin d 12v kira” mke resistor ukuran brp dan perlu gk mke dioda thanks

    Suka

  6. Saya juga baru memakai lampu LED merk CTY yang 3 sisi itu bagus ga ya soalnya motor mio GT!! Tapi ko klw maka lampu deket kenanya doubel lampu jauh ikut nyala? Mang dari sononya apa salah masang kabel. Mohon infonya

    Suka

  7. gan ane ada lampu led luxeon yg 3w klu d pkein arus 12v dc mke resistor berapa ya dan kasi rumus bt cri nilai resistor donk. trims. bisa bales d email ni biar bt sharing gan trims.

    Suka

    • Bila mainnya resistor, mau tidak mau harus coba coba, mulai dari 1000 ohm hingga ke 100 ohm karena kebutuhan dari LED tidak tentu. Bila jumlahnya banyak butuh arus lebih banyak juga.

      Suka

    • Pakai transistor bisa, namun gampang bablas, susah mengatur kekuatannya. Resistor lebih aman namun kalau arusnya besar harus pakai transistor 2 watt atau lebih.

      Contoh kalau pakai transistor untuk mengatur arus, komponennya butuh satu transistor, satu resistor dan satu potentiometer:

      Suka

  8. Min klw lampu deket yang hidup 3 sisi dan bila make lampu jauh 2 sisi yang hidup.
    Udah di akalin tapi tetap ga bisa make lampu deket doubel lampu jauh ikut nyalah jd 3 sisi.

    Suka

      • Bang, cara’nya gmna klo lampu LED 2 sisi yg pake kipas mau di tes di aki dulu ? Maksud ane biar ketahuan nyala atau haknya, soalnya kabel yg di adaptor LED nya kan ada 3 ?

        Suka

        • 3 kabel mestinya ada dua kabel positif dan satu kabel negatif. Yang negatif biasanya warna hitam. Tinggal dicoba dicolokkan negatifnya lampu LED ke negatifnya aki. Lalu dicoba bergantian dua kabel yang lain di colokkan ke positifnya aki.

          Suka

  9. gan sekarang ane ada led chip buat lampu tembak ni saya coba d tegangan 12vdc mantep terang bgt tapi selang 30 menit mati kebakar satu lagi ane coba pke resistor 5w100ohm nyala tapi redup kira” mke resistor ukuran berapa ya dan bagaimana mengetahui daya led maksimal thanks..

    Suka

    • Daya biasanya diukur dari jumlah LEDnya, setiap biji sekitar 20mA atau 40mA, tinggal dikali.

      Bila dengan 12v cuma mati setelah 30 menit berarti masih lumayan bisa langsung pakai 12V. rasanya tidak bisa pakai resistor. Mending pakai lampu saja sebagai pengganti resistor, lampu di seri dengan LEDnya. Pakai lampu 12V yang wattnya kecil, seperti lampu riting / lampu belok. Selain punya nilai penghambat, lampu juga lebih tahan panas daripada resistor. Lebih mending lampu daripada resitor yang wattnya besar.

      Suka

  10. ane merakit sendiri mas bro beli projienya, led cree 10w yg 4000k (warm) warna standar lampu, driver led 12V sama lensa cembung, relay, saklar. terang banget dah gitu enggak terlalu menyilaukan karena warnanya warm, sip deh pokoknya

    Suka

  11. Just info sj bro
    Ttg perbedaan merk RTD dg CR7
    klo RTD adlh merk internasional sedangkan CR7, ONS, IGW, SFL dll adlh merk indo.
    Jd importir indo minta dibuatkan led mirip rtd kmdn di indo dibuat merk sendiri (cr7, ons dll).

    Suka

  12. Bermanfaat sekali gan, mampir ke
    alyssivn19.blogspot.co.id/2015/11/cara-mudah-pasang-lampu-kolongled-cumi.html?showComment=1447724077932#c7624151600135863980

    Suka

  13. pengaruh gak , jika lampu led depan pakai arus dari kiprok soalnya led bisa nyala jika arus listriknya dibalik ….maksudnya gini, lampu led kan ada 3 kabel dari toolkitnya warna hijau ,putih biru . hijau(-) biru (+)putih(+) yang,hijau (-) aku sambung ke kabel kiprok warna kuning , sedangkan putih (+)jauh-biru (+)dekat aku sambung ke kabel ground . masalahnya apa ada efeknya untuk toolkit maupun kiproknya trima kasih
    nb; motor yamaha mio

    Suka

    • kiprok itu rasanya cuma dioda dan pembatas voltase. Bila pemasangan tersebut menambah beban, maka kiprok yang dilewati arus lebih besar bisa makin panas. tinggal seberapa banyak tambahan arusnya. Kalau menggantikan yang ada, tentu beban jadi lebih kecil, sehingga kiprok lebih awet.

      Agak aneh juga bila labelnya kebalik. Yang penting menyala. Karena beban lebih kecil, harusnya tidak masalah.

      Suka

  14. Gan biasanya kan lampu led ada 3 kabel output, jauh, dekat, sama ground
    Nah ground ini dipasang dimana ya gan ? Kalo jauh dekat kan tinggal samain sama warna kabel dari soket lampunya, kalau ground bagaimana ?
    Kalo ada artikel lengkap mohon di share, ane mau DIY pasang led di motor nih

    Suka

  15. saya pakai led 1 watt di kamar dg charger hp 5v 350ma panas bngt pdhl sdh pakai heatsink tambahan. kmdian gw gnti dg led 3 watt adem saja meski tdk pakai heatsink tambahan.

    Suka

  16. Motor supra x 125 saya pake led mrek RTD yg 3 sisi ko gk fokus ya mlah buyar n lampu jarak jauh’y mlah nyorot keatas pohon. Itu knp ya gan…

    Suka

  17. Mas bro..motor ane tiger double headlamp..
    Kmren pasang led rtd mo2e..kok nyalanya g isa fokus dan menyebar g jelas???
    Udah ane atur fokusnya dengan maju mundurin led.nya..kok tetep g isa y??
    Solusinya gmna y??

    Suka

    • watt tidak menentukan karena lampu depan LED biasanya ada adapternya yang membuatnya bisa dipasang pada banyak jenis soket. Yang lebih penting adalah jenis pendinginnya, ada yang terpisah dan ada yang menyatu. Bila pendingin menyatu kadang jadi terlalu panjang dan mentok bila belakang lampu ruangnya kecil.

      Kalau ada sebaiknya cari lampu LED yang posisi sumber cahayanya berada pada posisi yang sama dengan lampu biasa agar refleksi lampunya tidak menyebar.

      Suka

    • led menggunakan arus dc bisa langsung dari aki, tp pastikan dulu drivernya support 12V sebab kebanyakan led terutama merk Cree pakenya 3,3-3,5V. jadi sama driver yg 12V diturunkan menjadi 3,3-3,5V tp ada juga yg 6V (Cree XHP50) atau 12V (Cree XHP70) tp kedua led tersebut drivernya susah dicari di Indonesia.

      Suka

      • Skedar share info, kalo ga salah Pake driver stepdown bisa mas bro, atau yg sudah jadi rakitan, tinggal sambung saja, modelnya banyak, dri hrga 30rb an sampe 80rban jg ada, tinggal setting voltase atau ampere sesuai keinginan… OL shop byk yg jual bro… ane jg pake loh…

        Suka

  18. Bro, ada yg tau ga cara masang lampu LED 4 sisi, soalnya gua masang lampunya jadi kagak fokus gitu dijalan, jadi pecah, mencar gitu sinarnya, bagi yg tau solusinya boleh dibalas

    Suka

  19. mau nanya mas ? kalau lampu led 4 sisi dibandingkan 6 sisi mana yg terang bos, misalkan di pake di motor smash titan

    Suka

  20. Ane punya LED 6sisi merk RTD drivernya AC tegangan 35W ane pasang trus ane sambungkan langsung ke aki kok malah akinya tekor, apa ada cara lain yang aman buat aki ngga tekor#JUPITER MX 2007

    Suka

  21. Numpang tanya om?kalo pake lampu LED d motor BEAT LAMA tanpa pindah arus ke DC bisa gk,bkal panas ke bagian blakang lampunya??!!

    Trimakasih om šŸ˜Š

    Suka

    • Lebih baik diberikan penyearah sebelum lampu lEDnya. kapasitor dan minim IC 7812 biar lampunya terang dan nggak berkedip. Soal panas tergantung voltase yang masuk ke LED..

      Suka

    • Kipas mati mungkin karena kurang pelumas. Coba dilumasi pakai oli mesin.

      Rangkaiannya yang mungkin bisa konslet. Selama ada sekringnya mestinya tidak masalah. Sebaiknya dibuatkan ventilasi saja, pakai selang atau sesuatu yang membuat angin dari depan bisa mendinginkan heatsink tapi kalau hujan nggak basah.

      Suka

  22. kalo rubah arus ac ke dc nyambung kabel kontak tekor ke aki ga bro? motor ane x ride 2013.

    kalo udah rubah ke dc lampu harus full led ya?

    Suka

    • Sambung ke kunci kontak mestinya tidak masalah. Karena pemakaian daya harusnya tetap sama. Yang langsung ke aki yang mestinya lebih mengurangi isi aki.

      Lampu bisa tetap bolam mestinya. Karena lampu bolam bisa untuk DC dan AC.

      Suka

      • kalo setelah rubah arus tapi malah akinya tekor itu apa penyebabnya ya?

        dan ganti LED tapi tanpa pasang saklar on off ada masalah ga bro?

        Suka

        • Perlu di cek apakah penyearahnya menyedot banyak arus. Di cek pakai amp meter.

          Untuk LED sebaiknya pakai sekring karena saat rangkaian konslet kena panas biar tidak merusak yang lain.

          Suka

  23. Benar 3 kabel…
    Warna beda, umumnya putih (1)dan biru/kuning (1) untuk setrum (+) atau power lampu jauh/dekat….yg 1 lagi base/massa (-)….

    Suka

  24. Setahu sy kl motor yg beredar skg kl mau pakai LED hrs ubah kelistrikannya, & mngkn bbrp motor arus listriknya sdh DC (motor cowo). CMIIW
    Sy sendiri pakai motor bebek sdh ubah kelistrikan jd full wave dgn mengganti kiprok bawaan standar motor dgn kiprok kendaran Yamaha R15, skg udh sy ganti dgn kiprok Honda Tiger.
    Dana yg dikeluarkan utk ubah kelistrikan jg lmyn byk krn hrg kiprok nya jg lmyn mhl.
    Cmn enaknya pakai LED ga jengkel krn kl bohlam sering putus, & terkdg malas bongkar utk mengganti bohlam nya, blm lg kl di perjalanan tiba” putus lampu bohlamnya. šŸ™‚

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.