Dulu orang lebih suka dengan dengan lampu di setang untuk alasan kenyamanan / keamanan. Banyak orang yang merasa lebih nyaman dan aman bila lampu bisa berbelok mengikuti setang. Lampu yang di setang akan bisa memberikan lebih banyak informasi jalan di belokan, karena lampu menyorot ke bagian jalan yang akan dilalui. Namun dengan perkembangan model sekarang ini, rupanya orang rela berkorban demi desain yang bagus. Buktinya, sekarang ini kebanyakan motor matic lampunya di di bodi. Tapi yang menarik, di tiga produsen motor matic, pasti menyediakan yang lampunya di setang. Rupanya masih perhatian juga produsen motor kepada fans mereka.
Honda:
Yamaha:
BTW, website yamaha memusingkan sekali pakainya. Sangat tidak memikirkan yang pakai. Tidak ada price list, harga dan kapasitas mesin estimate, nyomot dari website lain.
Suzuki:
Jadi, versi yang lampunya di setang, untuk Honda ada Spacy, untuk Suzuki ada Address, untuk Yamaha ada Mio GT dan Mio J.
Tp stlh ane coba dgn tingkat terang yg sama d medan off road dlm hutan d kalsel pd malam hari,ternyata lbh jelas lampu yg posisinya lbh rendah dgn tanah,lubang2,gundukan,cekungan bisa trlihat dgn jelas..
Bisa juga bandingkan pemasangan pd lampu hid proji 35 watt antara beat fi n mio j,masih bagus yg beat baik cahaya yg low maupun hi..
Tp mgkn safety yg mas mksd adl kemudahan pengendara lain lbh mudah mlihat yg d stang dr pd d body,begitupun lampu sein d stang lbh mudah trlihat pengendara lainnya dr pd sein d body..
SukaSuka
Ok. terima kasih informasinya. Mungkin untuk lubang dan gundukan, posisi lebih rendah lebih jelas karena bayangan lebih jelas. Bila lubang terkena sinar dengan posisi sama dengan mata, maka lubang jadi susah terlihat.
Yang saya maksud adalah di belokan. Orang lebih nyaman bila lampunya ikut belok. Di beberapa kasus, lampu yang mengarah ke belokan bisa memberikan informasi yang lebih baik. Di beberapa daerah, sepeda motor yang lampunya di bodi bisa bikin celaka karena salah perkiraan waktu belok, selokan atau tepi jalan tidak terlihat.
SukaSuka
Oooh iya iya bisa jadi..
SukaSuka
betul brow ,makin rendah lampu makin jelas pula jalanan terlihat,itu pula sebabnya lampu r1 yg baru ditaruh dibawah
SukaSuka
Ya Mas, saya masih lebih cocok lampu di setang. Lebih nyaman dan aman untuk pengendara lain yang berlawanan arah. Lampu di setang lebih tawadhu’….
SukaSuka
Wah iya, ada faktor itu juga. makasih infonya.
SukaSuka
Tapi bro, kenyataannya, saat riding kemudian berbelok kita hanya sedikit membelokkan stang atau justru hanya memiringkan motor, sudah bisa membelok.
Beda kalo motor diam ditempat atau jalan sangat pelan, baru kelihatan itu sinar lampu distang tengak tengok.
Bahkan dalam kecepatan tinggi saat kita membelok kekiri justru stang sedikit kekanan (countersteering).
Begitu pula lampu ditebeng, ada yang nyebut lampu bego, katanya saat belok lampu tetap lurus. Tapi faktanya?
SukaSuka
Iya kalau di kecepatan tinggi sudah beda. Sepertinya keterbatasan dari jarak jangkau lampu juga sudah dipikirkan sehingga mungkin untuk yang lampu nempel bodi reflektor diset lebih lebar atau model ala R15 yang dibuat juling keluar.
memang sepertinya hanya berlaku di tikungan kecepatan rendah. seperti di jalan pedesaan atau pegunungan, atau juga perkotaan yang selokannya tidak ada pembatas, yang penerangannya kurang.
SukaSuka
masuk makin kmari makin jaman lampu matic belo.
tebeng belok
SukaSuka
motor matic lebih simple dan penjualannya sepertinya lebih banyak dari tahun ke tahun
SukaSuka