Motor matic pingin yang lampu di setang? jangan khawatir karena pabrik masih menawarkan.


Dulu orang lebih suka dengan dengan lampu di setang untuk alasan kenyamanan / keamanan. Banyak orang yang merasa lebih nyaman dan aman bila lampu bisa berbelok mengikuti setang. Lampu yang di setang akan bisa memberikan lebih banyak informasi jalan di belokan, karena lampu menyorot ke bagian jalan yang akan dilalui. Namun dengan perkembangan model sekarang ini, rupanya orang rela berkorban demi desain yang bagus. Buktinya, sekarang ini kebanyakan motor matic lampunya di di bodi. Tapi yang menarik, di tiga produsen motor matic, pasti menyediakan yang lampunya di setang. Rupanya masih perhatian juga produsen motor kepada fans mereka.

Honda:

Vario FI, Rp15.400.000,-, 110CC, 95kg
New Vario FI, Rp15.400.000, 110CC, 95kg

Vario 125 CBS Idling stop,  125cc, Rp17.300.000, 112kg
Vario 125 CBS Idling stop, Rp17.300.000, 125cc, 112kg
The All New Beat FI The Unbeatable You CBS, Rp14.400.000, 110CC, 93kg.
The All New Beat FI The Unbeatable You CBS, Rp14.400.000, 110CC, 93kg.
Sapcy Helm in-AT PGM-FI Fuel Injection, Rp13.650.000, 110cc, 99kg.
Spacy Helm in-AT PGM-FI Fuel Injection, Rp13.650.000, 110cc, 99kg.
Scoopy FI Stylish, Rp15.350.000, 110cc, 96kg.
Scoopy FI Stylish, Rp15.350.000, 110cc, 96kg.
All New PCX My Brilliant Signature, Rp38.800.000, 150cc, 129kg.
All New PCX My Brilliant Signature, Rp38.800.000, 150cc, 129kg.

Yamaha:
BTW, website yamaha memusingkan sekali pakainya. Sangat tidak memikirkan yang pakai. Tidak ada price list, harga dan kapasitas mesin estimate, nyomot dari website lain.

GT 125, Rp 15.900.000, 125cc, 101kg.
GT 125, Rp 15.900.000, 125cc, 101kg.

Mio Fino, Rp 13.500.000,, 110cc, 95kg.
Mio Fino, Rp 13.500.000,, 110cc, 95kg.
X-Ride, Rp 14.400.000, 115cc, 98kg
X-Ride, Rp 14.400.000, 115cc, 98kg
Mio-GT, Rp 13.200.000, 115cc, 93kg.
Mio-GT, Rp 13.200.000, 115cc, 93kg.
Mio J, Rp 12.900.000, 115cc, 92kg
Mio J, Rp 12.900.000, 115cc, 92kg
Soul GT, Rp 14.050.000, 115cc, 93kg
Soul GT, Rp 14.050.000, 115cc, 93kg
Xeon RC, Rp 15.100.000, 125cc, 101kg.
Xeon RC, Rp 15.100.000, 125cc, 101kg.

Suzuki:

Address, Rp. 13.890.000, 115cc, 97kg.
Address, Rp. 13.890.000, 115cc, 97kg.

Hayate 125, Rp. 15.250.000, 125cc, 113kg.
Hayate 125, Rp. 15.250.000, 125cc, 113kg.
Nex FI, Rp. 13.290.000, 115cc, 87kg.
Nex FI, Rp. 13.290.000, 115cc, 87kg.

Jadi, versi yang lampunya di setang, untuk Honda ada Spacy, untuk Suzuki ada Address, untuk Yamaha ada Mio GT dan Mio J.

10 respons untuk ‘Motor matic pingin yang lampu di setang? jangan khawatir karena pabrik masih menawarkan.

  1. Tp stlh ane coba dgn tingkat terang yg sama d medan off road dlm hutan d kalsel pd malam hari,ternyata lbh jelas lampu yg posisinya lbh rendah dgn tanah,lubang2,gundukan,cekungan bisa trlihat dgn jelas..
    Bisa juga bandingkan pemasangan pd lampu hid proji 35 watt antara beat fi n mio j,masih bagus yg beat baik cahaya yg low maupun hi..
    Tp mgkn safety yg mas mksd adl kemudahan pengendara lain lbh mudah mlihat yg d stang dr pd d body,begitupun lampu sein d stang lbh mudah trlihat pengendara lainnya dr pd sein d body..

    Suka

    • Ok. terima kasih informasinya. Mungkin untuk lubang dan gundukan, posisi lebih rendah lebih jelas karena bayangan lebih jelas. Bila lubang terkena sinar dengan posisi sama dengan mata, maka lubang jadi susah terlihat.

      Yang saya maksud adalah di belokan. Orang lebih nyaman bila lampunya ikut belok. Di beberapa kasus, lampu yang mengarah ke belokan bisa memberikan informasi yang lebih baik. Di beberapa daerah, sepeda motor yang lampunya di bodi bisa bikin celaka karena salah perkiraan waktu belok, selokan atau tepi jalan tidak terlihat.

      Suka

  2. Tapi bro, kenyataannya, saat riding kemudian berbelok kita hanya sedikit membelokkan stang atau justru hanya memiringkan motor, sudah bisa membelok.
    Beda kalo motor diam ditempat atau jalan sangat pelan, baru kelihatan itu sinar lampu distang tengak tengok.
    Bahkan dalam kecepatan tinggi saat kita membelok kekiri justru stang sedikit kekanan (countersteering).
    Begitu pula lampu ditebeng, ada yang nyebut lampu bego, katanya saat belok lampu tetap lurus. Tapi faktanya?

    Suka

    • Iya kalau di kecepatan tinggi sudah beda. Sepertinya keterbatasan dari jarak jangkau lampu juga sudah dipikirkan sehingga mungkin untuk yang lampu nempel bodi reflektor diset lebih lebar atau model ala R15 yang dibuat juling keluar.

      memang sepertinya hanya berlaku di tikungan kecepatan rendah. seperti di jalan pedesaan atau pegunungan, atau juga perkotaan yang selokannya tidak ada pembatas, yang penerangannya kurang.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.