Blue Core itu teknologi sungguhan atau cuma strategi marketing sih?


bluec1
Saat pertama mendengar tentang Blue Core, saya langsung tertarik. Saya mencoba menggali lebih dalam teknologi blue core ini dengan browsing ke website resmi baik nasional ataupun internasional. Saya terus terang tidak menemukan sesuatu yang spesial. Dan kecurigaan saya makin bertambah saat mas IWB dan mas taufik merelease detil dari mesin Blue Core. Kok sepertinya klaimnya berlebihan ya?

Berikut adalah klaim dari Yamaha:
bluec2
Blue Core, Persembahan Terbaru Yamaha, Efisien – Bertenaga – Handal

Blue Core merupakan jawaban terbaik dari Yamaha bagi para pengguna motor yang membutuhkan sepeda motor yang lebih irit bahan bakarnya. Efisien: Tingkat kehematan bahan bakarnya mencapai 50% lebih irit dibanding mesin dengan karburator. Bertenaga: Meski irit bahan bakar, Blue Core tetap bagus performanya sebagai ciri khas DNA Yamaha yang bertenaga. Handal: mesin Yamaha terkenal bandel dan tahan lama.

”Blue Core yang Fun & ECO friendly itu menjadikan motor lebih Efisien, Bertenaga dan Handal. Inovasi terbaru Yamaha yang didisain selama lebih dari 2 tahun, membuat motor lebih hemat bahan bakar 50 % dibandingkan dengan model sebelumnya. Performa mesin tetap nampol dan keiritan dan tenaganya lebih tahan lama. Inilah yang diterapkan pada motor-motor Yamaha yang akan diluncurkan dalam waktu dekat”, jelas Mohammad Masykur, Asisten GM PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

bluec3

Berikut spesifikasi mesinnya:
Spesifikasi--New-Mio-M3-125

Kelihatannya wah. Namun saya jadi bertanya tanya saat melihat hasil ulasan berikut, saya ambil yang relevant saja:
iwanbanaran.com – Revealed…..Yamaha Mio M3 akhirnya diperkenalkan secara umum….accelerasi meningkat pesat!!…

1. Rangka 30 persen lebih ringan namun kokoh.
3. Kapasitas 125cc….accelerasi dari diam meninggalkan Mio-J 18 meter dibelakang dengan komsumsi bbm lebih baik.
4. Berat 88kg (dry) paling ringan
10. 50 persen lebih irit dibanding generasi karbu 2008
11. Karakter pegas terbaru 80mm rear wheel travel sehingga diklaim makin nyaman
13. Teknologi YMjet FI diganti dengan satu paket bluecore
15. Mesin bluecore sangat memungkinkan diaplikasi keproduk sport. Tapi tergantung policy strategi Yamaha tentunya
17. DNA Yamaha yang kencang tetap dipertahankan dengan malah menambah kekuatan irit didalamnya

tmcblog.com – Sneak Preview Bocoran . . . Rahasia Resep Blue Core untuk Yamaha New Mio 125

Bro sekalian, kubikasi naik dari 115 cc menjadi 125 cc,
Dengan Metode Konsumsi Harian : New Mio 125 Blue core 54,1 km/liter | Mio 115 Karburator 35 km/liter
Dengan Eco Indikator : : New Mio 125 Bore 55,4 km/liter | Mio J FI 115 cc 43,2 km/liter

Yamaha mendesain ruang bakar yang hemispherical artinya dibagian ‘ atap ‘ dari ruang bakar lebih berupa setengah bola. bentukan atap ruang bakar hemi -engine ini memang biasannya untuk mengejar agar klep yang diaplikasikan bisa menjadi lebih lebar. menurut yamaha ini membuat hambatan suplay pembakaran jadi berkurang.

terlihat yamaha mendesain sistem pendinginan “Air Forced Cooler ” baru

tmcblog.com – Bocoran Turah Turah . . . Gali Resep Blue Core di Yamaha Mio M3 125 Sedikit Lebih dalam

sirip sirip Fin Pendisipasi panas lebih banyak
trus ada Oil Jet Piston Cooler mas bro, ini sebenarnnya bukan hal baru buat otomotif, tapi mungkin hal baru buat skutik yamaha, bikin daerah permukaan bawah piston lebih dingin
spul Mio M3 juga berubah mas bro . . . menghasilkan daya lebih besar dan stabil
Cam Shaftnya baru brooo . . . profile nya baru menandakan ada perubahan timing dari ignition
ada regulatornnya nih sob . . . jadi akan mengurangi cerita mogok kalo aki tekor tegangan
ECU baru 24 pin sob, Program Juga baru . . . ini adalah otak dari paket Blue core terbaru yamaha
ada juga Offset silinder, bukan hal baru juga

Yang saya bikin curiga adalah:
– mesin diperbesar dari 115cc jadi 125cc
– bodi dipangkas 30% agar lebih ringan
– ECU baru
– cam shaft dirubah
– perubahan klep

Kok sepertinya yang bikin Mio M3 lebih irit ini bukan teknologi blue corenya tapi karena dikorek ala bengkel oprekan. Tidak percaya, lihat referensi ini:
BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag I)
Bore Up Irit Yamaha MIO 145cc .:R.A.T style:.

Disitu disinggung, dengan yang didalam kurung adalah implementasi di blue core:
– perubahan klep (hemi-engine, perubahan chamsaft)
– setel karburator (ganti ECU & injector)
– ganti CDI (ganti ECU)
– bore up (kapasitas mesin jadi 125cc)

Terlihat bahwa kebanyakan “keunggulan teknologi” yang dikatakan Yamaha tidak banyak bedanya dengan resep oprekan bengkel. Bikin bodi lebih ringan itu juga sudah standar kalau mau lebih irit. Mungkin saja teknologi Blue Coer bikin lebih irit, tapi mungkin tidak sebanyak yang dimaksud. Irit didapat bukan hanya dari Blue Core tapi lebih ke resep korekan standard yang bahkan sudah sering diterapkan sama bengkel oprekan untuk membuat motor mio lebih irit. Bisa saja mio lawas hasil oprekan bengkel lebih irit dari blue core. Dari referensi mas Taufik juga terlihat Mio Blue Core hanya lebih irit 29% dari Mio YMjet FI, masih dalam jangkauan bore up, ganti ECU dan perubahan klep/cham saft

Yang bikin khawatir adalah pengurangan berat bodi yang sampai 30%. Tidak disebut penggunaan bahan yang lebih ringan tapi sepertinya melalui akal – akalan biar pemakaian logam lebih sedikit. Apa tidak mengurangi daya tahan? Mungkin memang masih tahan kalau dipakai spesifikasi beban maksimal 150kg. Tapi kan sering kita lihat sepeda matik dipakai boncengan bertiga sama anak, yang kadang berat total bisa sampai diatas 200kg? Terus apa nanti nggak gampang keropos?

Kalau mio lawas terkenal tidak laku dikalangan penjual motor bekas setempat karena borosnya, jangan sampai mio ini nanti terkenal karena bodinya ringkih.

17 thoughts on “Blue Core itu teknologi sungguhan atau cuma strategi marketing sih?

  1. Iya mas bro tul bgt..
    Tp mslhnya ini produk masal,yg durabilitasnya perlu dprhitungkan,segmen cc jg prlu dfikir,itu yg susah..
    Bikin standar pabrik tp jg harus ok performa n ok efisiensi..
    Mio sporty ane kasih klep in CS1 (28mm) dgn klep out std,rasio kompresi std,piston std hasilnya lbh irit dr beat karbu..
    Begitupun ane coba k revo nf100 iritnya jg nambah..
    Efeknya tarikan turun,kecepatan tambah,iritnya jg nambah..
    Klo beat karbu dgtukan pasti bs lbh irit lg..
    Naaah salah satu resep blukor kn kop bentuk stengah bola buat ngejar ukuran klep yg besar,sama kn?
    Sbnarnnya tanpa gedein klep pun bisa yaitu nambah lift klep in dgn durasi yg sama tp efeknya brisik,kyk mesin mau rusak..
    Hehehe..

    Suka

  2. ini juga yang membuat yimm tidak menyebut sebagai tenologi bluecore, melainkan filosofi. Semua bisa melakukan, lah… mungkin disini yimm ingin merealisasikan.

    Suka

  3. yamaha emang lebay . bagi honda ini teknologi usang alias jadul. mulai karisma sdh menerapkan efesiensi mcm ini. sebenarnya utk yg tau mesin,yamaha gak pernah menyajikan sesuatu yg baru. paling akal2an macam oprekan benbkel. kalo honda selalu riset dan menyajikan teknology yg baru, misal pensrapan bearing d rokerarm, piston offside, tortle position control,acg starter, iss, penggunaan led, penerapan injeksi, bahkan paten 2 busi yg punya honda bknnya bajaj.

    Suka

    • Ok. terima kasih sharingnya. Beda juga terlihat jelas dari website internasional Yamaha. Kalau di honda ada bahasan teknologi dan pengembangannya. Cari teknologi di website Yamaha susah banget. Mungkin lebih ke meniru, bukan inovasi.

      Suka

  4. Kalau menurut saya, dari yang saya lihat BlueCore hanyalah slogan baru untuk langkah improvisasi di mesin “baru” mereka. Nggak ada teknologi baru, semuanya sama dengan mesin pada umumnya, hanya penyempurnaan/perhitungan rancangan mesin yang sudah ada.
    Kenapa disebut BlueCore? Bukan red, yellow atau pink. Biru merupakan warna khas yamaha, biru juga menggambarkan lingkungan yang bebas polusi, kan ada tuh istilah “program langit biru”.
    Kemudian blue core kalau ditulis begini “blu ECO re”, ada kata ECO yang berhubungan dengan alam/lingkungan. Mungkin penyempurnaan pembakaran agar ramah lingkungan.
    Imho n cmiiw.

    Suka

    • Iya setuju. Blue Core sepertinya hanya slogan. Yang sedih mereka mempromosikan Blue Core sebagai teknologi yang bisa nambah irit sekaligus nambah tenaga, padahal sepertinya tenaga dikurangi untuk dapat lebih irit. Tapi mungkin kalau jujur nanti akan mengurangi daya tarik Mio Blue Core.

      Toh terbukti Mio M3 lebih bertenaga dan lebih irit dari Mio J, dengan harga hampir sama, harusnya nggak pakai membahas Blue Core pun bisa tetap laku

      Suka

  5. klo mnurut sya utk trikan awal msh lbih enak bit injksi..tp klo udh diatas 60kpj..mau ke 80-90kpj,m3 lbih enak..kurang sregny m3 cmn di ukuran ban standar yg trlalu kecil,dan kualitas plastik bodi..skilas kyk tebel krn pengecatanny bagus,pas dipegang..alamak tips bgt…

    Suka

    • Maksih infonya. Wah, kalau sampai beat injeksi tarikan awalnya lebih enak dari M3 berarti lemot banget ya? Punya saya beat injeksi tarikan awal kalau jauh sama spin 125cc. Mungkin kalau sudah di 80-90 setelan sudah nggak ngirit lagi sehingga cc besar lebih terasa.

      Mungkin kalau plastik terlalu tebal tarikan jadi berat.

      Standar ban Honda untuk matik memang paling besar, kebalikan dari versi sport…

      Suka

  6. Kalau menurut ane sih m3 emang ngirit dan handal 60km/liter jalan naik turun gak pakai eco riding.ane buktinya udah pakai 1,5 th tetep masih nampol tarikannya dan mesin masih halus.saya saja dulu kaget karena mio terkenal dengan borosnya tapi setelah coba sendiri baru percaya.hanya saja ban nya terlalu kecil itu masih jadi kelemahan yamaha.emang honda dulu terkenal handal dan irit tapi skarang yamaha juga bgus kok cobain aja….ini bisa jadi pesaing honda beat.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s