Iseng iseng membandingkan spesifikasi motor 150cc sport premium Honda yang sekarang, CB150R dan 10 tahun lalu, Mega pro.
Panjang x lebar x tinggi 2.033 x 754 x 1.062 mm
Jarak sumbu roda 1.281 mm
Tinggi sadel 774 mm
Jarak terendah ke tanah 149 mm
Berat kosong 114 kg
Tipe rangka Pola berlian
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dan peredam kejut dapat disetel pada 5 posisi
Ukuran ban depan 2,75 – 18 42P
Ukuran ban belakang 3,00 – 18 47P
Rem depan Tipe cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang Tipe tromol
Kapasitas tangki bahan bakar 12,4 liter (cadangan 2,3 liter)
Tipe mesin 4 langkah OHC, pendinginan udara
Susunan silinder Satu silinder, sudut kemiringan 15° terhadap vertikal
Diameter x langkah 63,5 x 49,5 mm
Kapasitas mesin 156,7 cc
Perbandingan kompresi 9,0 : 1
Daya maksimum 13,8 PS / 8.500 rpm.
Torsi maksimum 1,3 kg.m / 6.500 rpm.
Kapasitas minyak pelumas mesin 0,9 liter pada penggantian periodik
Kopling Manual, tipe basah & pelat majemuk
Gigi transmisi 5 kecepatan, bertautan tetap
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5
Starter Pedal dan elektrik starter
Aki 12V – 5 AH
Busi ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Sistem pengapian DC – CDI, Battery
Jenis rantai mesin Silent chain
Alternator 100 W / 5.000 rpm
Konsumsi bahan bakar 51,4 km / liter pada kecepatan 50 km/jam (standard pabrik)
Dimensi (P x L x T) 2.008 x 719 x 1.061
Jarak Sumbu Roda 1.290 mm
Jarak Terendah ke Tanah 148 mm
Ketinggian Tempat Duduk 792 mm
Berat Kosong 131 kg
Rangka Diamond (Innovative Truss Frame / Trellis)
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Prolink)
Ukuran Ban Depan 80/90 – 17M/C 44P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 100/80 – 17M/C 52P (Tubeless)
Rem Depan Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem Belakang Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Sistem Pengereman
Tipe Mesin 4 Langkah DOHC, 4 Katup
Sistem Pendinginan Pendinginan cairan (radiator) dengan kipas elektrik otomatis
Diameter x Langkah 63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah 149.48 cc
Perbandingan Kompresi 11.0 : 1
Daya Maksimum 12,5 kW (17 PS) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum 12.6 Nm (1.28 kgf.m) / 8.00 rpm
Kopling Manual, wet multiplate clutch with coil spring
Starter Pedal & Elektrik
Busi
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 liter
Sistem Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1,0 liter pada penggantian periodik
Transmisi 6 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi (1-N-2-3-4-5-6)
Aki 12V – 5.0 Ah (tipe MF)
Sistem Pengapian Full transisterized
Ambil yang penting penting saja ya. Megapro vs CB150R:
Berat kosong: 114kg vs 131kg
Daya Maksimum: 13,8 PS/8.500 rpm vs 17 PS/10.000 rpm
Torsi Maksimum: 1,3 kg.m/6.500 rpm vs 1.28 kgf.m/8.000 rpm
Power to weight: 0.121 ps/kg vs 0.130 ps/kg
Transmisi: 5 kecepatan vs 6 Kecepatan
Konsumsi bahan bakar (oleh mas Taufik tmcblog.com): 58,6 km/liter vs 50,25 km/liter
Terlihat bahwa generasi baru lebih berat, lebih bertenaga, dan lebih boros. Karena rpm yang butuh tinggi baik untuk tenaga dan torsi, juga karena karakter mesin DOHC yang tenaga keluar di rpm tinggi, juga karena bobot yang 15% lebih berat, maka kalau dipakai ngirit (mengendarai di rpm rendah), seharusnya CB150R lebih loyo. Kalau untuk harian, harusnya lebih lincah Megapro daripada CB150R.
Jadi CB150R adalah motor yang ditujukan untuk jalan kencang. Kalau mau santai, megapro saja.
Kalau megapro jadul dibandingin dengan new megapro gimana bro? Kayaknya lebih fair perbandingan tipe mesinnya.
Kalau cb150r mungkin perbandingannya dengan cbr150r tahun 2002.
SukaSuka
Sudah ada yang bahas:
http://pertamax7.com/2014/01/28/power-honda-new-megapro-fi-turun-dari-versi-karbu-tapi-lebih-irit-dan-euro-3-verza-vs-new-megapro-karbu-vs-new-megapro-fi/
Bila benar artikel tersebut, maka untuk irit, CB150R jadi lebih tertinggal dari Megapro FI.
Nggak fair bila CB150R produksi Indonesia dibandingkan dengan produksi Thailand. Tapi ingat saya, CBR indonesia dibuat lebih bertenaga daripada CBR thailand.
SukaSuka
Yah walau nggak fair secara lokasi pembuatan, tapi masih imbang secara spek.
Kalau antara mesin GL series (sohc-aircooled) dengan CB-R (dohc-watercooled) series beda genre kan bro 😀
SukaSuka
Iya , perlu dibedakan juga antara DOHC karbu vs DOHC injeksi.
SukaSuka
coba bandingin HONDA C70 dengan merk tetangga!
HONDA ITU IRIT
HONDA ITU PREMIUM READY
HONDA ITU AWET
HONDA ITU BANDEL
HONDA ADALAH KENYAMANAN
SukaSuka
Pastinya Honda gak bisa bikin motor yang 50% LEBIH IRIT.. Karena dah dari tahun 70 an, bikin motor selalu irit.. Hehehehe
SukaSuka
Semboyannya tiap tahun juga selalu lebih irit. Kalau dulu untuk bebek, sekarang untuk matik juga.
SukaSuka