Kelemahan sistem injeksi adalah bisa jadi sangat boros bila sensornya soak


Mungkin banyak orang menganggap teknologi injeksi adalah sesuatu yang istimewa, karena bisa bikin motor lebih irit dan ramah lingkungan.
iwanbanaran.com – Mengintip lebih detil bongkahan komponen O2 sensor Honda Verza150…..

Last.…semakin maju teknologi, maka setiap komponen juga akan makin ringkas dan pintar. Siapa menyangka kuda besi berbanderol 16jutaan sudah dijejali perangkat canggih seperti O2 sensor yang notabene dulunya hanya milik motor-motor moge Eropa. Semoga seluruh pabrikan berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik agar lingkungan dan atmosfir kita senantiasa terjaga dari polusi hasil pembakaran kendaraan. Dan O2 sensor adalah satu contoh tak terbantahkan. Penasaran?. Monggo intip aja alat yang IWB maksud setelah dicopot dari silinder engine. Mirip busi to??

Soal tenaga yang dikurangi untuk mengejar irit di sistem injeksi sudah dibahas di artikel sebelumnya, juga banyak contoh kasus yang diulas sama blogger lain. Yang jarang diulas adalah tentang pengaruh umur sensor O2 pada sistem injeksi. Namun untuk itu, mari kita lihat apa sebenarnya fungsi sensor O2:
Kupas Tuntas, … O2 Sensor pada Sistem Injeksi …!!!

Naaagh sistem injeksi yang menggunakan O2 Sensor disebut Close Loop System …!!! O2 Sensor ditempatkan di exhaust (biasanya pangkal red.) … kerjanya mengukur O2 yang berada di exhaust dan menentukan apakah dalam kondisi lean, stoichiometric atau dalam kondisi rich …!!! Naaagh O2 Sensor tersebut… akan memberikan nilai 0 – 1 volts… dimana 0.5 volts dalam keadaan Stoichiometric… kurang dari 0.5 volts berarti dalam kondisi lean… sedangkan lebih dari 0.5 berarti dalam kondisi rich …!!! ECU yang menerima info dari O2 Sensor… akan meng-adjust AFR agar mencapai posisi stoichiometric … yaitu mengadjust berapa lama injektor buka …!!! ECU akan memonitor setiap saat … mau tarikan bawah, menengah atau atas …!!!

Lhaaa lawannya close loop apa …??? Yaaa open loop atau disebut juga predetermined fuel map… dimana tidak ada O2 Sensor …!!! Implikasinya apa …??? Yaaagh harus diset manual… sekali ngeset nya rich yaaa akan seterusnya akan seperti itu mau tarikan bawah, tengah ataupun atas … demikian juga ketika kondisi lean akan seperti itu …!!! Lha kalau sudah diset posisi pas… alias stoichiometric… terus berjalannya waktu terjadi perubahan ntaaah lean atau rich… pada open loop ya harus diset lageee di bengkel … sedangkan pada close loop sudah otomatis mengadjust …!!! Dengan kata lain… Open Loop seperti sistem carburator manual yang ‘elektronis’ …!!!

Jadi fungsi sensor O2 adalah mengkoreksi kerja dari ECU agar sesuai dengan situasi. Artikel berikut memberikan gambaran tentang cara kerjanya:
[Belajar ECU bag-2] Belum Mampu Ngoprek ECU…. Ya Sudah Oprek Sensor O2-nya Saja. (Resep Ringan Upgrade Top Speed New Vixion Lightning)
bentuk_gelombango2_sensor

 

Problemnya adalah sensor O2 ini bisa tidak berfungsi, penyebabnya karena jelaga pembakaran:
Nih, Komponen Injeksi Mobil yang Jadi Biang Kerok Boros BBM (bag-2)

Biasanya kerusakan karena penampang sensor tertutup jelaga sisa pembakaran. Mau tak mau harus beli baru. Harganya tak terlalu mahal, tetapi biasanya beli set (sepasang) agar umur pakai bisa sama.

Sayangnya tidak bisa diperbaiki ataupun dibersihkan:
SENSOR OXIGEN YARIS, KAPAN HARUS DIGANTI

1. Penyebabnya umur (info dari teknisi auto2000).
2. Nggak bisa dibenerin, gak bisa di cleaning jg (info teknisi auto2000 jg), harus ganti

 

Apa efeknya kalau sudah soak,
www.fueleconomy.gov – the official U.S. government source for fuel economy information – Keeping Your Vehicle in Shape

Fixing a serious maintenance problem, such as a faulty oxygen sensor, can improve your mileage by as much as 40%.

Kalau sudah soak, irit berkurang. 40% itu banyak. Kalau kendaraan bro biasanya dapat 50km per liter, bisa jadi 30km per liter. Disebutkan juga bahwa efek nya jauh lebih besar daripada pakai oli yang sesuai (antara 1-2%), lebih besar dari maintenance normal (4%), ataupun tekanan ban yang sesuai (3.3%). Disebutkan bahwa filter udara yang kotor tidak mengurangi irit tapi mengurangi tenaga.

Sumber yang dipakai di artikel tersebut adalah dokumen ini (file diunduh dari link diatas):
Owner related fuel economy improvements prepared by Energy and Environmental Analysis,, Inc.

Of seven vehicles reporting fuel economy increase of over 40 percent, six had failure of Oxygen Sensor. It appears that this type of failure caused the fuel system to operate at very fuel rich conditions. Engineering analysis also indicates that repairs of such failures can lead to large increase of fuel economy

Jadi, sensor oksigen yang dipergunakan di sistem injeksi dapat membuat motor justru jadi boros saat sensor tersebut gagal berfungsi. Yang bikin sensor gagal berfungsi adalah jelaga dari pembakaran. Walau tidak sepenuhnya rusak, bila diganti maka konsumsi bahan bakar akan lebih baik
Faulty Oxygen Sensor Fuel Economy

We have seen an improvement in fuel economy of 15-18% by replacing an oxygen sensor on a 91 Ford Mercury with 127,000 miles on it. Remember that it takes a while for the air fuel ratio to adjust when making a change such as a faulty O2 sensor. So when making this modification, note that it may take a few weeks for your fuel economy to reach its new optimal level.

 

Parahnya lagi setingan yang lebih boros ini justru seringkali mengurangi tenaga. Untuk menghasilkan tenaga yang maksimal, campuran bensin dengan udara harus pas rasionya. Bila rasio tidak pas maka tenaga justru akan berkurang. Standar nya bisa dilihat di gambar berikut:

Jadi selain boros, kendaraan juga jadi lebih lambat. Kalau mau kembali seperti asal maka sensor harus diganti. Namun sayangnya harga penggantian mahal.

 

Berapa lama sensor ini bisa gagal berfungsi? Ada yang bilang setelah 3 tahun, ada yang bilang setelah 70 ribu km atau 160 ribu km. Kalau pendapat pribadi sih kalau bro merasa motornya jadi boros, minta dicekkan di bengkel resmi apakah sensor oksigennya masih normal atau tidak. Kalau sudah numpuk kotorannya dan bikin tidak normal, tinggal dihitung sendiri murah mana tetap pakai sensor rusak atau diganti. Bisa saja nggak ganti sensor bisa lebih murah, harga resmi sensor oksigen CBR150R adalah Rp 875000, setara dengan 103 liter premium.
harga

Atau mungkin bisa diakali jadi tanpa sensor O2?

26 respons untuk ‘Kelemahan sistem injeksi adalah bisa jadi sangat boros bila sensornya soak

  1. Material dari sensor O2 kira2 trbuat dr apa ya mas?
    Katanya ada yg nyeting rich dgn pnambahan R pd kabel sensor O2,tp entah nilainya brp,tp klo cara kerja sensor O2 spt itu brarti ada benarnya modifikasi ringan kyk td ya mas..

    Suka

    • Kalau di postingan mas Iwan Banaran, bahannya:

      Material ring ujung 02 sensor biasanya terbuat zirconia tubes, yang di coating dengan lapisan tipis platinum paste dibagian dalam (reference side) dan luar nya (exhaust side).

      Untuk resistor, kalau tidak salah pakai antara 0.5 sampai 2 ohm. Tapi katanya ada kelemahannya.

      Suka

    • Dibandingkan dengan apa? Bisa juga karena bensin. Kompresi kalau nggak salah 11. wajib pakai pertamax plus. Bila pakai pertamax atau premium jadi lebih boros dan tidak ada tenaganya.

      Suka

      • owalah .. ortu ane biasa pakai premium . jadinya boros . dan engga tau kalau apa itu kompresi . yang penting bisa dipakai dan jalan . thanks bro . 😀

        Suka

  2. sy baru beli 02 sensor manipulator untuk memanipulasi informasi ECU dlm membaca debit o2 nya sehingga debit bahan bakar bisa ditambah, cocok buat yg ganti knalpot, dsb.

    nah, dibuku panduannya ada settingan “anti-lean”

    pengertian “lean’ itu sendiri apa ya gan?

    thx for inpo

    Suka

    • Lean itu bila campuran bensin telalu miskin, rasio bensin jauh lebih sedikit dari udara. lawan kata dari lean mixture adalah rich mixture.

      Untuk tuning normal, kondisi campuran bensin miskin efeknya tenaga berkurang. tapi untuk tuning dengan alat penambah tenaga, justru tenaga akan lebih meningkat bila campuran dibuat miskin.

      Rasanya kalau manipulasi sensor hasil masih terbatas sama kemampuan dari ECU. sebaiknya coba tanyakan produk yang bisa mengatur lama semprotan injektor / debit bensin di:
      HKU Racing, jalan Raya Kebonsari 26 Surabaya
      Telp : 081230095466
      pin bb : 321B6385

      Hans Ototronic, sambikerep gang 3 no 102 surabaya
      Telp : 085732525914
      pin bb : 7ECCE864

      kalau nggak salah ada yang dibawah 600 ribu, setelan bensin bisa dibuat kaya atau miskin. atau cari produk lainnya yang mirip, yang hanya mengubah durasi penyalaan injektor. Kalau yang full ecu mahal.

      Suka

  3. mas mau tanya klo motor sonic sy kabel sensor o2 nya putus.. sy coba sambung tp jdnya radiator gk mau kerja kenapa y.. apa harus ganti..

    Suka

    • Seharusnya tidak mempengaruhi, coba perhatikan insulasi dan perlindungan interferensi. Sebaiknya diganti saja karena kalau pakai selotip tidak akan awet. Perlu dilihat apakah ada kabel lain yang putus juga.

      Suka

  4. Sekedar Info saja, harga O2 Sensor Motor Mid to Low End Honda itu kisaran Rp 100.000 – 250.000 saja, hanya memang karena banyak yang tidak teredukasi mengenai O2 Sensor mesti diperlakukan layaknya busi yang harus diganti idealnya sesuai masa optimal service replacement-nya yakni 50.000 – 80.000 KM (5 Tahunan) maka ketersediaan O2 Sensor di Dealer-dealer sangat langka, jika ingin mendapatkannya bisa beli secara online di market place.

    Dan O2 Sensor Honda versi terbaru sudah non-removable Cable, dan merek Denso, maksudnya kabelnya udh menyatu permanent dengan O2 Sensornya, kalau versi dulu itu seperti Busi, pakai Cop O2 Sensor sehingga bisa dilepas pasang. Menurut info yang saya dapat, jenis O2 Sensor yang kabelnya bisa dilepas pasang dari unit O2 Sensornya itu riskan rusak, dan performancenya kurang Heavy Duty.

    Sayang memang, meski masa pakai lama dan jauh, tapi memang secara harga masih relatif mahal, sehingga digantinya ya ketika rusak saja, boros bensin menjadi resiko. Bahkan banyak yang merasa kesulitan mendapatkan O2 Sensor, lebih memilih menggunakan Modul Open Loop agar bisa dapat performance lebih meski mengorbankan keiritan bensin.

    Suka

    • wah terima kasih banyak informasinya. Iya ya, padahal ganti sensor itu penting.

      Soal heavy duty, katanya sensor O2 itu mudah rusak bila bensinnya ada timbalnya. Padahal di sini masih banyak.

      Model open loop juga dilema karena kebanyakan lebih fokus ke nambah tenaga dan bukan nambah irit. Entah sudah ada yang mainan duty cycle atau tidak.

      Suka

      • Kalau itu mesti pakai fuel control.

        Open Looper itu solusi buat yg pakai piggyback biar gk dikoreksi o2 sensor dan solusi dulu o2 sensor rusak tapi o2 sensor pengganti masih mahal dan langka sedangkan open looper murah dan mudah didapatkan.

        Bagi saya, beli o2 sensor baru itu worth it mengingat masa pakainya yg lama.

        Open looper bikin konsumsi bensin terlalu boros atau lean kalau gk bisa setting, masih mending pakai o2 manipulator.

        Suka

        • alat alat tersebut buatan mas gisik untung ya? Menurut saya open loopernya kurang bagian duty cycle. Karena alat EFIE enhancer lain (sama sama mengakali sendor O2 tapi open source) bisa merubah duty cycle juga. Nggak bisa untuk semua motor karena ada ECU yang bisa deteksi kalau input O2nya diluar range.

          Alat merubah debit injeksi secara manual juga ada keterbatasannya. Idealnya bisa membentuk kurva yang melengkung. bisa mendeteksi lepas gas atau lagi ngegas. Jadinya bisa muncul masalah seperti tenaga jadi nggak keluar di rpm tertentu atau idle jadi susah, dst.

          Iya, lebih baik beli sensor O2 baru. Yang biasa pakai pertalite atau premium sensornya cepat soak. Motor Beat saya sekarang sudah 16 ribu km, sekarang sudha lebih boros daripada SUzuki SPin 125 ha ha .

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.