Walau ada dealer Yamaha yang klaim aki Honda BeAT rawan saat banjir, kenyataannya tidak


Tertarik melihat artikel mas Iwan Banaran tentang black campaign yang salah satunya menyebut tentang aki Honda Beat yang bikin bahaya saat banjir:
iwanbanaran.com – Iklan gebuk-gebukan?….ora usah terbawa arus brosis….
beatbanjir

Terlihat pada iklan bahwa karena posisi aki yang terletak dibawah, motor Honda Beat diklaim bahaya dipakai saat banjir.

Namun kenyataannya, ini sudah dipikirkan oleh pihak Honda, sudah dibahas juga oleh beberapa blogger, berikut contohnya oleh mas Taufik
tmcblog.com – Kenapa Aki Beat FI aman dari Banjir setinggi 30 cm ?
aki_beatfi

Terlihat bahwa posisi aki memang dibawah kaki, namun ternyata tempat penyimpanannya sudah dibuat kedap air sehingga air tidak mengenai terminal aki:
penampang_aki_beatfi

Di artikel lain juga diperlihatkan saat Honda beat direndam air:
Aki Beat FI kayaknya aman terhadap kemungkinan Banjir
beat-fi-nyemplung-1

Jadi tidak benar bahwa posisi aki dibawah bikin Honda Beat bahaya dipakai saat banjir. Tapi yakin tetap saja bisa mogok kalau air masuk filter udara atau cop businya bermasalah🙂. Pengalaman pakai Honda, kalau air sudah masuk filter, motor bisa tetap susah dinyalakan sebelum kalau filter kering atau dilepas. Jadi untuk jaga – jaga, siapkan peralatan untuk bongkar filter udara.

6 thoughts on “Walau ada dealer Yamaha yang klaim aki Honda BeAT rawan saat banjir, kenyataannya tidak

  1. Yup betul..
    Asal kutub tak terendam n perkabelan jg aman..
    Aki di atas percuma jg klo kabelnya lalai..
    Ane kira baik honda maupun yamaha dh ada perhitungannya..
    Salesnya aja yg salah..

    Suka

    • Kalau lama, sepertinya yang lebih harus diperhatikan adalah filter udara dan oli mesin/cvt. Takutnya air merembes ke ruang mesin atau cvt. kan cuma ditutup plastik. air campur minyak jadi campuran yang bisa bikin mesin macet.

      Kalau soal aki, saya sering eksperimen elektrolisis, karena jarak elektroda lumayan jauh, walau airnya asam/basa, tidak akan banyak listrik terbuang.

      Yang harus dicek adalah apakah kutub positifnya jadi berkarat atau tidak (karena air/uap air). Jadi setelah banjir harus dicek. Yang posisi akinya tinggi juga perlakuannya tetap sama.

      Suka

  2. oke lah kedap air dan diklaim oleh honda. namun bila dipakai 5 sampai 10 tahun mendatang apakah bisa dijamin tetap kedap air? mengingat dek bawah skutik sering kali terantuk polisi tidur. honda berani kasih garansi bila sampai kedap airnya bocor lalu akinya rusak terendam?

    Suka

    • Kemungkinan sampai 5 tahun pun masih tetap kedap air, cuma masalahnya kan tetap ada basah disekitarnya, kalau kena panas kan jadi terkumpul uap. uap itu akan terperangkap di bagian anti air tersebut dan jadi embun. Tinggal nanti embunnya bisa bikin masalah tidak.

      Kalau aki kerendam, terminal positifnya yang rusak karena proses elektrolisis. Kalau mau aman, semprot minyak.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s