Fuel vaporizer & water vaporizer untuk menambah tenaga


Berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas pemanfaatan air dengan water injection atau water electrolysis, disini akan dibahas proses pemanfaatan air atau bahan bakar dengan memanfaatkan panas dari knalpot. Dalam modifikasi ekstrem, panas dari knalpot ini bahkan bisa dimanfaatkan agar mesin 100% menggunakan output dari alat, tidak lagi dari aliran normal. Teknologi yang tersedia ada yang menyebut dengan Pantone Reactor, GEET, HCS, vaporizer, ataupun SPAD. Namanya macam – macam karena caranya bermacam – macam walau prinsipnya sama. Akan kita ulas teknologi ini satu persatu.

Pantone reactor adalah teknologi berpaten yang memanfaatkan panas dari knalpot untuk merubah campuran air dengan bahan hidrokarbon hingga menjadi bahan bakar. GEET merupakan versi open source dari Pantone Reactor. Bahan hidrokarbon yang dipergunakan bisa berupa bensin, alkohol, minyak, oli bekas atau bahkan ada yang pakai air kencing!

Paten dari Pantone Reactor bisa dilihat pada link berikut:
Fuel pretreater apparatus and method, US 5794601 A
pantone1
Terlihat bahwa bagan sangat sederhana. Mesin tetap menggunakan bahan bakar normal untuk start sampai knalpot panas. Setelah knalpot panas, bahan dialirkan melalui pipa besi yang tertanam didalam knalpot. Bahan tersebut akan melalui batangan besi yang ada didalam knalpot dan mengalami reaksi sehingga berubah menjadi bahan bakar. Sebagian dari keluaran diambil kembali untuk dicampur dengan bahan.

Disebutkan bahwa bahan yang adalah segala macam hidrokarbon. Jadi pakai minyak goreng pun dimungkinkan:

These alternate fuels include almost any liquid hydrocarbon such as crude oil or recycled material such as motor oil, solvents, paint thinners, and various alcohols, to name several. These alternate fuels may even be contaminated with water or may be material such as used battery acid which is not considered combustible or a fuel.

Implementasi GEET bisa dilihat di website JLNaudin:
Tests of a lawnmower retrofitted with the Multi-Fuels Processor (PMC) / GEET
pantone2

Disebutkan bahwa untuk mesin potong rumput, bisa mencapai 75% air dan 25% bensin, dengan gas keluaran yang sangat bersih (di tes pakai tisu).
pantone3

MIT juga mengembangkan berdasar dari analisa mereka terhadap Pantone Reactor, dan ini hasil mereka:
MIT device could lead to near-term environmental improvements for cars
mitfuelreformer

MIT engineers and colleagues are perfecting a device that could turn that foodstuff and various “biocrude” oils into fuel that could reduce the nation’s dependence on foreign oil and decrease emissions of the greenhouse gas carbon dioxide. The same device could also significantly reduce the amount of smog-producing pollutants generated by vehicles running on traditional fuels.

Onboard Plasmatron Hydrogen Production for Improved Vehicles

Onboard generation of hydrogen-rich gas using a plasma boosted microreformer could provide important new opportunities for significantly reduced emissions. A compact plasma boosted reformer was successfully integrated with a gasoline engine on an engine test stand. SI engine experiments were carried out to determine the effect of reformate addition on emission and efficiency. A NOx emissions reduction of approximately two orders of magnitude was obtained under certain conditions.

Sayangnya mereka tidak menyebut berapa persen penghematan yang bisa dilakukan, yang mereka sebutkan hanya besarnya pengurangan polusi, bila menurut kutipan website lain eksperimen di bis kota bisa mencapai pengiritan sebesar 80%. Yang berbeda pada sistem mereka adalah mereka juga memanfaatkan pemanas listrik.
mitplasmatron

Pemakaian sistem GEET hasilnya beragam, ada yang cuma sedikit ada yang sampai banyak:
GEET, Q&A

Question: What kind of fuels can I use and what kind of mileage can I expect?

Answer: During the last 18 years Pantone has tried a wide range of ‘fuels’, including; Gasoline, diesel, kerosene, paint thinner, crude oil, battery acid, used solvents, etc as the main fuels. Pantone then began blending as he calls exotic fuels, which are usually 20% Hydrocarbon based mixed with; saltwater, soda pop, juices, or any other liquid to be disposed of. Since no two fuels “burn” the same one must make adjustments for the fuel being consumed. This is where it is important to understand ALL of the phenomenon to enable the use of all the new FUEL. The delicate balance required between the vacuum, fluid level (within the vaporizer), temperature differentials, and air management, are all equally critical, for complete plasma reformation. Since all fuels are different so are the mileage gains. Some reports are as low as 80% improvements to as high as 5 and 600%. Some people are getting the greater mileage and slight reduction in horsepower while others want the increased horsepower and are happy with just double the mileage.

Link lain yang banyak menjelaskan GEET bisa disimak di:
http://tesla3.com/free_websites/geet_plasma.html
http://peswiki.com/index.php/Directory:GEET_Reactor_by_Paul_Pantone
http://fermer.ru/files/forum/2011/02/110337/geet_fuel_procesor1.pdf

 

Teknologi ini juga ada yang hanya dipakai sebagai penguap bensin, di Indonesia ini dikenal sebagai HCS, singkatan dari Hydrogen Cracking System:
HCS by deHari, Jakarta dan sekitarnya
hcs
hcs2

DAPATKAN TAMBAHAN TORSI/TENAGA DI KENDARAAN ANDA DENGAN HCS ADDICTION
Rasakan tenaganya setelah pemasangan

HARGA KIT HCS :
Rp. 300rb untuk mobil bensin
Rp. 150rb untuk motor bebek/matik lsg tangki
Rp. 180rb untuk motor sport/laki

BIAYA PEMASANGAN
Mobil 25rb
Motor 10rb tanpa pembuatan jalur masuk

Biaya pembuatan jalur masuk, jika diperlukan, tidak termasuk harga di atas

Yang menurut saya agak aneh adalah tidak disebutkan bikin tambah irit. Komentar di thread juga menyebutkan bahwa memang modifikasi ini hanya menambah tenaga dan tidak tambah irit. Ini agak berbeda dengan metode lain yang seringkali penambahan tenaga disertai dengan penambahan irit. Bila hanya tambah tenaga dan tidak tambah irit efeknya jadi sama seperti perubahan setelan mesin.

Versi yang lebih mudah dibuat sendiri ditunjukkan oleh Edostar:
Hydrocarbon Crack System
edostarhcs

This is a simple, home-made system that can be added to any engine in an afternoon by anyone with minimal engine maintenance skills.
It uses cheap parts that are readily available and easily bought at local stores.
It will increase the efficiency of your engine resulting in more power and torque, reduced engine noise and vibration and reduced exhaust emissions.
You should also experience at least 20% mileage increase.

Basically; it produces Hydrogen on Demand from regular petrol (gasoline) by cracking Hydrogen from Hydrocarbon vapour using heat alone.

Produk komersial juga prinsipnya mirip – mirip semacam ini, namanya ada SPAD atau Ecopra. Alat lebih keren tapi tentu harga jauh lebih mahal. Kalau mau coba mending coba yang paling gampang dulu.

Secara pribadi sih kalau hanya untuk penambahan tenaga, tidak begitu suka karena dari desain terlihat bahwa bahan bakar yang masuk debitnya tetap, jadi di putaran bawah jadi terlalu kaya sementara di putaran atas bisa tidak berpengaruh. Mungkin baik untuk nambah irit asal bisa mengatur campuran bensin dengan tepat, masalahnya mengubah campuran bensin seringkali terbatas. Kalau bisa sih seperti yang GEET, namun kalau untuk motor, sepertinya agak ribet.

3 thoughts on “Fuel vaporizer & water vaporizer untuk menambah tenaga

    • Iya, banyak penemuan yang membuat mesin lebih efisien dengan mengubah bensin cair jadi gas. Sayangnya bensin sekarang banyak aditifnya, yang mencegah penguapan sehingga mengganggu kerja alat semacam ini, bensin pertamina dalam hal ini lebih parah. Sehingga seperti contoh di HCS, di implementasinya lebih ke nambah tenaga saja dan tidak menambah irit. Seperti juga implementasi air bleed (CAI) yang ditambahkan dengan bensin waste dari injeksi, tenaga bertambah, kalau dari mileage indicator sepertinya tambah irit namun itu karena penambahan bensin tidak terdeteksi oleh ECU.

      Metode ini lebih cocok diterapkan untuk bahan bakar yang masih murni tanpa aditif. Mungkin lebih cocok kalau pakai spirtus atau alkohol. Namun menaruh bahan seperti ini dekat mesin beresiko. Saya berpikir peristiwa kebakaran di pom bensin yang terjadi karena ledakan di mesin bisa jadi karena modif seperti ini:
      Kalau pingin aman saat mengisi bensin tidak cukup hanya mematikan mesin saja

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s