Sejarah skok belakang ambles dari Jupiter MX menjadi pengurang daya tarik Yamaha MX King


Komen dari artikel sebelumnya membuat saya jadi tahu bahwa Jupiter MX punya sejarah skok belakang ambles.

pesonafragrance: Saya pernah pake MX 2007, setahun shock belakang ambles. Jual motornya. Pernah juga MX 2012, setahun shock belakang ambles juga. Jual motornya . Beban harian rata rata 100kg.

Rasanya hari hari ini ngarah ke honda atau suzuki.

Dan ternyata yang komplin masalah itu banyak!
Artikel berikut memuat pertanyaan tentang skok Jupiter MX di akhir 2010, dari komen diatas, terbukti bahwa Jupiter MX masih tetap ambles.
Jika New Jupiter MX dibandrol 16,4 Juta… 13 Desember 2010

Masih ada hal yang harus dibenahi dari Jupiter MX. Mono shock Jupiter MX yang dulu terkenal ambles. Apakah pihak Yamaha sudah mendandani hal tersebut…?

Bisa rusak karena dipakai berboncengan?
Forum OTOMOTIF Motor Corner masalah di jupiter mx

tapi sekarang GW punya problem Shock gw ambles….adakah cara tuk nge-benerin nya….or harus berbuata apa nieh???

thanks and ditunggu ye infonya, kalo shock ambles kayanya akibat kelebihan beben deh, heee, jgn marah yee, ade ipar gw juga punya masalah kaya gitu

Untuk amblesnya shock belakang MX sering gw denger bos, kalo emang garansi masih berlaku mending kontek2 aja Yamaha Indonesia bisa lewat web-nya, coba aja bos, siapa tahu ada tanggapan yg positif. kalo kontek ke dealer kayaknya susah dapet tanggapan yg positif.

Kayaknyaa sering buat boncengan ya ?
bukan sering malah tiap hari….

All About Yamaha Jupiter MX – Old and New

Beyou:
wa seh pake mx kopling 2008 , masalah pasti monoshok nya itu lho cepet ambles, makanya wa ganti punya YSS ymh x1 thailand , emang seh lebih tinggi dari standar nya sekitar 1cm langsung yahut genjotannya

Artikel berikut mengingatkan bahwa Jupiter MX ditujukan jadi King, tapi tetap ada komen soal ambles:
Yamaha Mulai Mengklaim New Jupiter MX sebagai Rajanya Motor Bebek…!! 27 Januari 2011
brosur-yamaha

Gen2:
Beberapa hasil ride new mx adik gw :
Buat boncengan masi rada ambles,,sptnya suspensi masi sama

Banyak yang menyalahkan desain monoshock. Tapi saya rasa itu cuma cari kambing hitam saja karena toh banyak model lain yang walau pakai monoshock tidak mengalami hal yang sama. Penjual perangkat purna jual pun bisa memberikan solusi untuk mengatasi itu.
Monoshock YSS MD302 Jupiter MX

Shock Tidak Akan Amblas Meskipun Digunakan Berdua (Boncengan)
100% Plug n Play, Memberikan kemudahan saat di aplikasikan di motor mx, tinggal pasang tidak perlu modifikasi apapun.

Monoshock YSS For Yamaha BlueMX T135 [Part 2 – First Impression Review]

Kebetulan selasa lalu mendapatkan undangan rilis produk honda, so perjalanan dari Malang – Surabaya fnc manfaatkan mengulas kemampuan dari shock belakang aftermarket yang dibanderol 495.000 rupiah ini. Dengan berat badan 76 kg, tak membuat shock yss ini ambles layaknya shock ori sehingga rebound pun serasa pas, berbeda dengan shock ori yang terasa terlalu lunak.

Jupiter MX lawas, tarikan putaran rendahnya payah???

Muhamad Allan Mutaqiin says:
ane juga pake jupiter MX tahun 2009, kelemahannya cuma monoshoknya ambles mulu tapi sehabis di ganti sama YSS Z-seris alhamdulilah nikmat banget br

Walau bila pakai peninggi skok, justru bikin masalah
efek samping peninggi monoshock jupiter mx

saya memiliki motor bebek jupi mx 2009 . saya ingin meninggikannya karena jenis motornya yg pendek dan ceper jadi ketika saya pakek boncengan sama temen membuat motor tambah pendek dan ceper . apalagi saya orangnya gemuk . jadinya ambles .
lalu saya pasangin peninggi monoshock mx . tanpa pikir panjang langsung saya pasang .
memang motor saya tambah tinggi dan posisi jadi nungging membuat bentuk motor saya tambah keren tapi efeknya:
1. ternyata merubah kemiringan shock sehingga shock cepat rusak .
2. gerak rantai terhambat oleh karet di bawahnya yang mengurangi kekuatan tarikan motor
3. peninggi tidak disertai baut yang kuat . bautnya melengkung membuat dudukan anting shock menciut

 

Kalau kata mas Iwan Banaran, penyebabnya kualitas skoknya:
Monoshock Showa lebih bagus ketimbang Kayaba..??

Dan rata-rata produk monoshock Showa tidak ada keluhan berarti karena ambles baru terasa setelah penggunaan dalam jangka panjang penggunaan normal. Coba bandingkan dengan kasus Yamaha lewat Scorpio serta Jupiter MX (Khusus MX hanya beberapa kasus saja) dimana kurang dari setahun pemakaian sudah terlihat tanda-tanda amblas serta tidak stabil. Namun tidak berarti KYB kalah kualitas dengan Showa lho..?!

Yang menjadi masalah, mengapa Yamaha tidak mampu mengatasi itu walau sudah terjadi lama? Kalau dari postingan mas Taufik, katanya sudah diupayakan (contoh di Scorpio),
Tanggapan Resmi Yamaha terhadap Masalah Suspensi belakang Scorpio Z

Pada tahun 2004 sudah ada langkah perbaikan pada collarnya , yg berdasarkan investigasi kami mudah bagian collar mengalami keausan.
pada tahun 2008 , perbaikan pada bagian Frame (Lihat gambar di bawah) dilakukan setelah kami temukan kecendrungan pengguna scorpio Z terutama dari kalangan Club menggunakan BOX tambahan pada bagian belakang.

Kok jadinya seperti trial and error dan tidak direncanakan dengan bagus ya. Bila R&D-nya sungguhan, kan harusnya bukan konsumen yang harus jadi testernya.

Berikut contoh klaim bahwa masalah diperbaiki. Artikel direlease tahun 2007, dan ternyata dari komen sebelumnya, masalah tetap ada.
MX dulu MX sekarang – December 28, 2007

Jupiter MX generasi awal didera dua masalah utama. Satu, kasus oli tercampur air radiator (milky). Dua, sokbreker amblas dan rawan bocor. Dua masalah ini telah diperbaiki Yamaha biarpun sokbreker amblas bak sudah identik dengan motor bermonoshock dari pabrikan garputala, hihihi. “Lihat nanti kalo sudah setahun, kayaknya bakal amblas juga. Bikin buritan motor kelihatan ceper,” kata saudara saya saat memperhatikan monoshock MX saya. “Dulu gue punya juga di-recall. Yang bawaan motor lebih empuk, makanya gampang banget amblesnya. Diganti sama Yamaha, yang baru agak keras – kayak punya lo sekarang. Biar nggak gampang ambles kali,” tukasnya lagi.

 

Mengapa untuk motor model sport Yamaha kok justru dibuat ringkih? Masa tidak boleh diberi beban tambahan di belakang? Ekspektaksi masyarakat biasanya adalah motor laki pasti kuat untuk mudik. Jadi bagian belakang motor dipastikan akan dibebani oleh banyak barang bawaan. Apa ini hanya berlaku untuk Honda dan Suzuki?

Apa Yamaha dengan Blue Corenya memang untuk seterusnya akan fokus membuat motor ringkih untuk bisa mengurangi berat motor dan meningkatkan irit? Hint pengurangan bodi sudah disebut di artikel sebelumnya.

Terbukti bahwa banyak pembaca berita tentang MX-King yang khawatir tentang masalah skok ambles ini.
Jupiter MX King Ergonomi dan handling bebek…Performa Sport Batangan..Busyett…!!

Bocah_Ugal berkata:
MX ki wes jos ko desaine brow.. cuma satu pesenku iso gak kwi sekok mburine gak ambles.. semoga pabrikan ngerti maslah ki

Jupiter MX King 150 Tertangkap Kamera Sedang Ditest Jalan, Spyshoot Teruusss….

Alki Rahmatullah:
Kok shocknya ambles yak. apa ridernya yang kegedean hehe

Psy War Yamaha EXCITER 150 /Jupiter MX King..

Mas Sayur:
shock absorber belakang nya aku sik ragu ,Pak Carik…gampang ambles kyk generasi tterdahulu nya apa nggak…?

26 thoughts on “Sejarah skok belakang ambles dari Jupiter MX menjadi pengurang daya tarik Yamaha MX King

  1. Saya kurang sreg kalo kualitas shock dihubungkan dg merk. Saya rasa kayaba dan showa bisa dikatakan sejajar. Mungkin pabrik shok bisa bikin sesuai spek (budget) pemesan, duit banyak dibuatin yg bagus, duit sedikit dikasih yg agak kurang. Saya coba bandingkan shok mx dg shok satria f. Shok satria lebih “tahan banting” dibanding shok mx, tapi harga shok satria hampir 2kali harga shok mx padahal sepertinya sama2 bikinan kayaba.
    Saya berpikir begitu karena ditempat kerja saya (industri furnitur) kami bisa bikin furnitur dengan bentuk yg sama persis tapi dengan kelas material yg berbeda tergantung budget pembeli. Dan saya rasa pelaku industri biasa melakukan itu

    Suka

    • Setuju. Saya cuma mengutip. Saya juga yakin bahwa itu bisa saja terjadi karena pesanan. Bukan karena Kayaba nggak punya ilmu.

      Seperti juga beda skok belakang antara Suzuki dan Honda. Walau mereknya sama sama showa, umur / ketahanan bisa jauh berbeda.

      Saya lebih menyalahkan pihak Yamaha dalam hal ini. Mengapa kok bisa sampai terjadi bertahun tahun problemnya sama.

      Suka

  2. yamaha sih dari dulu penyakitnya gitu… waktu sma ampe kuliah di tahun 90 an, gue pake rx-z… dan sama, shock belakangnya ambles kalo dipake boncengan… makanya tuh motor cocoknya buat jomblo aja, alias cuma enak kalo dipake sendirian🙂

    Suka

    • makasih infonya. apa itu ya alasannya R15 tidak dikasih handle belakang? agar tidak dipasangi beban lagi. Kalau begitu ceritanya, tidak akan ada tukang sayur yang dagang pakai R15 dong ?🙂.

      Suka

  3. untuk monoshok belakang, bila pabrikan sungguh2 ingin memberikan kwalitas kepada konsumen maka shok belakang harus dipasangi link. bukan monoshok seperti yang sekarang ini dipakai. seperti pada cs1,… FU.. mx..semuanya monoshok banci alisa abal2.. pabrikan harus segera memberikan yang terbaik buat konsumen ..pasang link seperti pada vixion cbr dan ninja r . itu baru namanya monoshok sejati.
    diljamin tidak akan ada keluhan shok ambles lagi…

    Suka

  4. mas tlong saya yah, shock saya ambles juga jupi mx 2012, ha, saya mau cari aftermarket tp yg murah dan berkualitas, saya gak mau beli yg OEM takut ambles Lagi, ..

    Suka

  5. SHOCK belakang Motor anda…
    BOCOR– AUS– MATI– NJEDOK2 di polisi tidur –AMBLES– KERAS

    Jangan beli SKOK IMITASI atau SKOK VARIASI MURAHAN
    APALAGI SKOK SUNTIK2 AN anda pasti kecewa

    GANTI TABUNG HIDROLIS DALAMnya SKOK aja BARANG BARU ORI KWALITAS 1 IMPORT

    CUKUP MINDAH PER ORISINIL nya SAJA BERES SHOCK JADI BARU LAGI

    Honda
    1- Prima, Grand , Kirana , Legenda ===> 70 rb/set
    2- Supra X 125 , Revo 2008, Karisma ===> 70 rb/set
    3- Beat lama , Vario tecno lama ===> 50 rb
    4- Beat Fi , Vario PGM Fi 125 ===> 60 rb
    5- GL MAX PRO MP TIGER VERSA ===> 145 rb/set
    6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ==> 95
    Yamaha
    1- Vega R , Fiz ,Alfa , Cripton , Jupiter Lama ===> 65 rb/set
    2- Mio , Soul , Xeon ===> 50 rb
    3- Vega R New , Jupiter Z ===> 70 rb/set
    4- Vega ZR , Jupiter Z New ===> 75 rb/set
    5. Jupiter MX ===> 200 rb
    6. NMAX ===> 150 rb
    Suzuki
    1- Shogun R 110, Smash 110 ===> 70 rb/set
    2- Shogun R 125 ===> 95 rb/set
    3- Spin ===> 60 rb
    4. Satria FU ===> 200rb

    UNTUK BENGKEL HARGA LEBIH MURAH GARANSI 6 BULAN PENGIRIMAN LANGSUNG DARI SURABAYA-JATIM

    stan1 Pak Man skok jl adityawarman 85 sbya
    stan2 Loebis Motor jl semampir 41a sbya
    stan3 Sulton Skok jl raya Betro 45 sedati
    stan4 Asco skok perum kahuripan nirwana blok CA 9/58 sda

    TERSEDIA DI kota KEDIRI , TRENGGALEK , PONOROGO , MALANG , SAMPANG

    DICARI MITRA DI KOTA2 LAINNYA
    LUAR KOTA VIA POS JNE DLL

    Fast response WA –0857xxx3019xxx3167– BBm 587F5DF8

    Suka

  6. bener banget saya nyesal setelah tau klo shock belakang mx mudah sekali amles….njmx saya tahun 2012 sampai sekarang sudah 2 x ganti shock dan harganya yg ngk nahan di plembang harganya 475 ribu blom termsuk ongkos pasang…..nyesel banget saya beli motor njmx ….

    Suka

  7. Gw jg sama bro..old mx. Make 2 thn ambles, ampe tidur ditikungan e.. Tidur terus trus di tikungan 2 x lagi.. Lecet kki tng n motor. Wktu tidur prtma sih mikirnya rem lengket hingga tikungan loncat2 ga karuan mpe jato. E diganti kampas baru, lurusin ban, ganti ban baru yg bgus ee masi juga. Jd ngeri nikung.. Mw buru2 cpt smpe jd ga bsa. Cc gede tp trpaksa jalanx jd ky bekicot dah.. Mw ganti ni mohon info shok yg trbaik tinggal pulug n play apa y.?

    Suka

    • Rasanya produk aftermarket lumayan banyak untuk alternatif. Coba tanyakan bisa pakai punya Suzuki atau Honda. Kalau posisi skok tidak terlindung dari cipratan air, coba ditambah pelindung biar skok lebih awet.

      Suka

  8. Betul sekali saya sudah 3x beli motor mx yng pertama pada tahun 2007 sobrekernya baru 1th sudah bocor. ke2 mx 135 th 2010 baru 6 bulan sobreker belakang nya sudah bocr juga. Ke3 th 2015 mx king sama juga baru 8bulan sudah bocor juga! Emang sih buat muatan bakso kliling tapi kalo di ukur bebenya aku dan grobak bakso saya ga ada 100 klg.., memang kualitas sobreker mx nya aja yng jelek terus terang sangat sangat mengecewakan! kelihatanya aja motor tangguh tapi ko sobrekernya letoi payah……!

    Suka

  9. Butuh pencerahan..!! Shock yang bagus buat jup mx 2007 itu merk&seri apa? Kalo bisa yang shock nya lebih tinggi 2cm .. Mengkin senior jup mx bisa beri saran.. Bisa tolong sms 087856673163, semoga yang beri saran di lancarkar rezekinya dan di beri sehat panjang umur..

    Suka

  10. hal yang sama jg, ni br beli yg ori sih, kenapa? karna badrol harga dibawah yss n sedikit ocehan pegawai tokonya bilang yg ori ya pasi…
    coba lagi, ntar setlh makin dekat dgn yss pasti berpaling jg

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s