Lampu LED terang dari Honda Vario 150 berpotensi melanggar peraturan?


Sanjungan terhadap lampu LED dari Honda Vario 150 sempat membuat penulis berpikir apakah lampu LED memang sudah layak untuk dipakai secara massal. Dari sisi hukum, sepertinya penggunaan lampu putih itu bisa melanggar peraturan. Menurut artikel berikut, penggunaan lampu putih terang berpotensi melanggar hukum:
Minggu, 18 Januari 2015, Lampu Kendaraan Putih-Silau Terancam Penjara 2 Bulan

Belakangan ini makin banyak mobil atau sepeda motor yang menggunakan lampu depan putih menyilaukan, tanpa sadar bahwa hal itu bukan hanya melanggar hukum, tapi juga membahayakan keselamatan orang lain.

Menurut Kepolisian Daerah Metro Jaya, petugas akan menindak pelanggar dengan memberikan surat tilang, yang berisi denda maksimal Rp 500.000 atau kurungan dua bulan.

“Peringatan bagi para pengendara mobil dan sepeda motor yang mengganti lampu depan kendaraan yang mengeluarkan sinar berwarna putih terang, berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas,” bunyi pernyataan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya yang diterima redaksi, Minggu (18/1).

 

Bila menurut review, pancaran lampu dari Honda Vario 150 dideskripsikan sebagai berikut:
Berikut nyala lampu new Honda Vario125/150 dikegelapan……keren bro!

Nyala lampu putih juga cukup kuat. Menurut pak Edi (bagian teknis AHM)…..kekuatan daya pancar LED sang skutik sanggup menembus kabut tebal sekalipun. “Nggak masalah mz. Kita sudah test dan walau daya pancar putih……kekuatannya jauh dari batas yang dipatok. LED standart adalah 12ribu candela. Milik kita cukup tinggi yakni mencapai 22-23ribu candela.

Artikel tersebut jelas mendeskripsikan sinar lampu depan dari Honda Vario 150 sebagai putih terang, deksripsi yang sama dengan yang disebut di pernyataan Traffic Management Center Polda Metro Jaya.

Lampu LED sebenarnya juga tersedia warna yang kuning juga, contohnya bisa dilihat di website berikut:
LAMPU HEADLAMP MOTOR 3 SISI LED CREE

perbandingan lampu depan LED dengan lampu standar
Spesifikasi Produk :
Jenis : Led Cree COB (3 X 5W).
Input : DC 12V (Alias listrik stabil, bukan statis AC)
Watt : 15W Saat Hi (3Lampu), 10W Saat Low (2Lampu).
Jangkauan Cahaya : Tergantung Reflektor
Warna Cahaya : Putih, (6.000Kelvin) & Kekuningan (4.300Kelvin)
Lumens : 1600Lm
Type Konektor : H6, H4, HS1

Jadi jelas lampu LED kuning pun ada.

Mungkin pihak Astra Honda Motor perlu untuk mengkaji ulang pilihan lampu putih tersebut. Karena bila lampu Vario memang ternyata sangat menyilaukan, maka yang terkena akibatnya bukan AHM, tapi konsumen.

Dan untuk konsumen, barangkali merasa sungkan, lampu bisa diganti dengan LED lain yang warnanya kuning. Sepertinya mengganti dengan bola lampu biasa berpotensi membuat aki tekor karena disebutkan alternatornya beda dengan versi lampu depan pakai bola lampu.

Kupas Point Perbedaan New Vario 125 dengan Vario 125 Lama

Ada pertanyaan Apakah Bisa kita menempelkan Bentuk depan Vario 125 baru ke Vario 125 lama . . . jawabannya adalah, Sangat sulit . . . bro musti Ingat Kelistrikannya sedikit berbeda, karena Vario 125/ Vario 150 mengguakan LED yang hanya 2,6 watt x 2 (low) dan 5,2 Watt x 2 ( hi) maka Alternator nya pun beda. . . belum lagi posisi aki juga dipindah di bagian dek floor

Jadi satu satunya alternatif untuk pemilik Honda Vario 150 yang ingin lampunya kuning adalah mengganti dengan versi LED juga tapi yang warna kuning.

Semoga lampu putih menyilaukan dari Vario 150 tidak berpotensi mencelakakan orang lain.

Update: ternyata posisi lampu menyorot agak ke bawah:
Mengetahui posisi lampu depan LED dari Honda Vario 150 yang tersembunyi

Namun lampu tetap terkesan sangat putih

73 thoughts on “Lampu LED terang dari Honda Vario 150 berpotensi melanggar peraturan?

  1. cara ganti lednya gmn mas? kan sepaket dgn reflektornya?
    pernah baca uu lalin, lampu utama yg dilegalkan itu warna putih n kuning.
    yg sering menyilaukan itu yg pakai type bohlam yg mestinya pakai proji tp dia ga pake. cmiiw

    Suka

    • oo begitu ya, mungkin nunggu ada variasi yang menawarkan. kan tentu ada saja yang tidak nyaman dengan lampu LED putih.

      Kalau untuk peraturan tersebut, berlakunya untuk lampu bolam ya? Apakah peraturan khusus menyebut lampu tipe LED? karena kalau melihat contoh demo lampu depan LED, beda terangnya dengan lampu standard ekstrem banget.

      Suka

  2. Lucu sekali. Itulah gunanya uji tipe, sehingga motor desain pabrik, akan aman dari polantas.
    Yang dilarang itu modifikasi dengan mengubah spek lampu. Karena modif sendiri, pasti belum uji tipe.

    Suka

  3. agak konyol sarannya untuk mengganti lampu led bawaan pabrik warna putih dengan led warna kuning. Jaman sekarang mobil2 mewah terbaru pabrikan lampunya justru sudah putih semua. Contoh: honda oddisey, honda accord, toyota alphard, toyota land cruiser, lexus, mercedes benz tipe E-class dan S-class dan beberapa tipe lain, bmw seri 5 dan seri 7, dan masih banyak yang lain-lain. Masa semua lampu putih bawaan pabrik merk mobil itu disarankan ganti lampu warna kuning juga? Konyol ah.. Mana mungkin pabrikan keluarin lampu standart seperti itu kalau melanggar aturan. buktinya honda vario 110 terbaru udah lama pake led lampu putih bawaan pabrik juga tidak masalah oleh pihak kepolisian.

    Suka

    • Lampu Xenon yang putih cenderung biru reflektornya pakai tipe proyektor, sehingga sangat terfokus. Sementara yang kuning reflektornya membias ke semua arah. Sangat mengganggu bila lampu xeon dipasang pada reflektor yang membias.

      Yang bikin khawatir adalah karena dikatakan lampu Vario dua kali lebih terang dari lampu standard.

      Disukai oleh 1 orang

  4. ente tau apa? emang led vario 150 silau? ada cut off nya tuh, tinggal pengguna aja ngarahin nya kebawah apa engga. kalo kebawah ga silau dan justru menguntungkan pihak pengemudi..

    Suka

    • Yang bisa menyetel mestinya bengkel. Tinggal mekanik bengkelnya akan menyetelkan atau tidak. Tapi namanya khawatir kan boleh. Kalau nanti sudah beneran papasan dengan Vario 150, artikel akan saya update.

      Suka

      • Hahaaaa… Ente blog ente dari sponsor mana? Rival pabrikan honda? Atau nyari sensasi agar ada yg ngelirik tulisan ente? Orang pabrik ngeluarin produk ga sembarang, ente paham kah uji tipe.. Uji kelayakan? Semua aspek.. Ketahanan, kenyamanan, keamanan dsb. Insinyur pabrik lebih bagus kemana mana dr pd buatan toko.

        Suka

        • Karena istri minta, saya tahun kemarin beli Honda Beat, dan ternyata kualitas sesuai prediksi, alias nggak maksimal, mengecewakan. yang terutama adalah pengecekan akhir yang kurang (end quality control). Lampu ketinggian, kunci jok sering macet, suara mesin kuasar, dan walau setelah diberi oli lebih bagus dan pakai penambah tenaga yang bikin mesin senyap, sudah jadi paling senyap daripada beat lain apalagi vario, tapi tetap suara klitik valve masih mengganggu. kontrol kualitas jelek, kualitas material pas pasan, masih lebih bagus kalau beli di toko.

          Insinyur Honda memang pintar, tapi tidak diimbangi dengan kontrol kualitas yang bagus, dan terlalu banyak ambil untung dengan pakai material kualitas tidak bagus.

          Suka

  5. mungkin karena lampu biasa kurang terang tau sendiri jalanan di indonesia banyak yang bolong…dan minim penerangan jalan…bisa-bisa kena jebakan batman dah……..my opinion

    Suka

  6. hmmm.. ane udah sering berpapasan dengan vario 150 … dan ternyata g ada silau”nya tuh.. malah teradang suka lebih silau berpapasan dengan motor yg menggunakan lampu standar … apa lagi ketinggian lampu terlalu tinggi…

    dan saya punya vario 110 fi.. jika memang ingin menyetel ketinggian lampu gk perlu ke bengkel resmi.. cukup menggunakan kunci pass 10.. gk perlu bongkar”.. tinggal setel aja….

    Suka

  7. Aneh ya ko motor aja yang pake lampu led dimasalahin tapi banyak yang pake mobil lebih arogan dengan lampu yang super terang dan silau, tapi ko ga masalah ya padahal membahayakan pengguna motor. Ini produk hukum yang tumpul di atas tapi tajam di bawah

    Suka

  8. Di UU nya kan ter tulis lampu putih atau kuning yang penting gak lebih dari 5000k pencahayaan lampunya
    kebanyakn lampu putih yg menyilaukan itu lampu HID yg lebih dari 5000k . banyak orang yg menggunakan HID 8000k emang bagi pengguna nya akan nyaman karena terang tapi kalo di pake di perkotaan bisa bahaya kalo mau d pakenya d pedesaaan/ hutan yg bener2 minim penerangan dan jalan nya sepi . untuk lamupu putih dan kuning punya kelebihan masing2 kalau untuk jalan yg gelap saya pilih putih karna lebih terang tapi kalo hujan jangan harap lebih baik pakai lampu kunin tapi jangan pakai yg terlalu kuning juga terkadang lampu yg terlalu kuning pun mengganggu semoga bisa jadi masukan

    Suka

    • Terima kasih. Kalau terang rasanya tidak tergantung sama kelvinnya saja, tapi juga dari lux / lumens nya. Menurut saya pelapis biru pada lampu HID justru mengurangi terangnya HID. Kalau di LED, warna sudah dari sumber cahayanya. Kelemahannya LED adalah bandwith spektrum warna yang kecil / tidak rata. Sehingga kalau biru, maka spectrum kuningnya sedikit sehingga justru bisa lebih gelap kalau obyeknya bukan biru atau putih.

      Suka

  9. whaduhhhhhh,justru yg terang itu yg baik asal nyorotnysa ke aspal ,bukan keatas
    hal ini berlaku bukan hanya led,tpi juga lamlu halogen dan hid

    Suka

  10. Yang melanggar itu penggunaan lampu yang tidak standar nya.. karena lampu after market yg bisa bikin reflector membias kemana mana.. kalo keluaran pabrikan jelas sudah di uji dan ada cut off nya.. Tinggal kita seting aja supaya tidak menyilaukan pengguna kendaraan lainnya.. Lampu standar aja bisa menyilaukan kalo pengaturan lampunya ketinggian.. coba bayangkan kalo vario 150 ganti LED kuning malah bikin cut off nya tidak berfungsi lagi ato pantulan cahayanya jadi kemana mana, malah merugikan pengendara lain nya..

    Suka

  11. bukan maksud membela AHM tapi teknologi pencahayaan memang harus ada perbaharuan, LED bukan teknologi baru, namun untuk pengaplikasian LED pada kendaraan termasuk hal baru di dunia otomotif,
    untuk produk vario series baik 125,150 ataupun pendahulu 110 LED yang digunakan termasuk terang, tapi reflektor cahaya tidak dipendarkan ke depan kecuali highbeam, beda kasus kalau modifikator menggunakan HiD, apalagi HiD abal2 tanpa pemasangan ahli dalam melakukan instalasi.
    pasti pabrikan otomotiv sudah memikirkan dan tentunya sudah berkomunikasi dengan pihak terkait untuk menanamkan teknologi LED ataupun HiD pada produk mereka.

    Suka

    • Ok, pengaplikasian LED memang ada keuntungannya. Sangat membantu dalam mengurangi konsumsi listrik dan bisa menghindari masalah reflector / batok lampu leleh. Namun memang harus di desain dengan betul.

      Yang dibutuhkan bukan cuma terang tapi juga tidak silau baik untuk orang lain maupun untuk pengendara. Desain reflector yang bagus akan mengurangi silaunya pengendara lain. Dalam hal ini Vario 150 sudah lumayan, namun Vario 110 tidak.

      Cahaya juga sebaiknya kurang dari 4300K agar tidak menyilaukan pengendara saat hujan atau kabut. Untuk hal ini lampu LED yang ditawarkan baik motor Honda atau Yamaha masih tidak memenuhi.

      Spectrum cahaya lampu HID lebih baik dari LED

      Suka

  12. uu lalu lintas pasal 48 membolehkan dan wajib lampu depan berwarna putih atau kuning muda bukan merah ato kuning tua apalagi biru

    Suka

    • Kadang tidak bisa seperti itu seperti di banyak kasus bila lampu biasa diganti LED. Kadang biasnya keatas masih sangat besar sehingga disarankan reflektor juga harus ganti. Bisa dilihat sendiri contohnya di reflektor Honda Vario 150 dan Yamaha GT.

      Suka

  13. apa menggunakan LED kekuningan (4300K) melanggar peraturan? LED kuning bikin silau pengendara lain ga ya, apabila sudah disetel dengan benar?

    Suka

    • Peraturannya rasanya lebih ke menyilaukannya. Bila lampu kuning tapi bikin silau rasanya tetap ditilang.

      Kalau dari cerita yang lain, warna kuning lebih ke fungsi penerangan jalan. Untuk jalan raya, lampu kuning lebih membantu apalagi di saat cuaca buruk. Angka 4300K itu anjuran aman agar lampu bisa berfungsi normal di saat cuaca buruk.

      Suka

      • q punya vario 150 mnrtku sih lampunya bguz kok mgarah ke aspa dan nyaman bila di mlm hari juga yg dari arah berlawanan juga nggak silau kok gan nurtku sih mnding ga ushdi ganti yg kuning palah jadi ga trang

        Suka

        • Ok, memang yang versi baru sudah sesuai. Watna tidak menentukan terangnya. Namun memang untuk jenis yang sama, putih lebih terang. Namun harus diingat bahwa terangnya lebih ke biru dan di spektrum warna kuningnya kurang terang. Hasilnya hanya obyek yang warnanya biru saja yang lebih terlihat sementara obyek yang warnanya selain biru jadi lebih gelap daripada bila pakai LED kuning.

          Suka

  14. Ya polisi juga gakbisa nilang begitu saja, pabrikan motor mobil dengan led bawaan pabrik sudah diukur keamanannya, misalnya fokus yang rendah sehingga tidak menyilaukan. Lampu vario 150 memang sangat terang tapi tidak menyilaukan karena sorotnya kebawah bukan nyebar seperti led variasi lain.

    Suka

  15. Saya pemakai vario 110 fi,

    Awal pemakaian, setahun yg lalu lampu led putih d rasa kurang terang karena posisi nyala nya agak ke atas dan nampaknya menyilaukan bagi pengguna mobil dari arah berlawanan pd malam hari.

    Bbrp hr kmudian ,mncba untuk merubah arah lampu agak kebawah dgn cara motor dstandar dua sembari dihidupkan motornya. Sebaikna dlakukan pd malam hari agar lebih jelas. Cukup gunakan kunci 10, simpel.
    Hasil yg ddapat, jarang brtemu kndaraan dr arah brlawanan yg kesilauan. Dan trnyata lebih terang dr lampu led vario 125 ato 150 skalipun. Pernah suatu malam beriringan dgn vario trsebut, mgkn mreka sdikit kesal krna lampunya kalah terang, pdhal cmn mslah teknis setelan lampu saja yg mereka tidak tahu…hahaha

    Suka

  16. Konyol..justru konsumen memilih karna lampunya LED,terkesan mewah dan modern,tentunya sblm di rilis juga pasti sdh melewati tahapan uji kelayakan bro,ane sendiri sering papasan sama vario 150 biasa aj pancaran sinarnya ke aspal krna desain reflektornya tdk melebar ke atas mlah terlihat tipis..

    Suka

  17. mau nanya lampu depan saya pecah akibat truk berhenti mendadak..akhirnya mikanya pecah…terus mika itu satu set nempel sma reflektor atau tidak…klo gx nempel saya beli mikanya aja….saran dan pencerahannya min. VARIO 110 FI

    Suka

    • Iya, terlihat di katalog itu jadi satu, coba cari di pasar loak saja bro, paling tidak bisa nemu lebih murah. Kalau ketemu yang bisa diambil mikanya bongkar pasangnya mungkin susah.

      Suka

    • Harusnya begitu, namun sayang ada beberapa konsumen yang menerima motor setelan lampu jauhnya ketinggian. Nggak berguna untuk yang pakai, bikin silau kendaraan berlawanan. Saya termasuk salah satu yang terima motor seperti itu, Honda Beat. Beberapa pemakai Vario dan CB150R juga mengungkapkan hal yang sama, termasuk motor yang diterima mas Iwan Banaran.

      Suka

  18. sy pengguna vario 150. kmren lmpu sy turunin krn kurng bgtu trng tp skrng mau sy naikan lg smpe lampu jauhnya pas kena mata krn kesal dgn lampu motr yg bukan LED tp d paksakn pakai lampu LED tnpa ganti mika jd nyebar gk karuan.

    Suka

  19. Sebenarnya mski putih,biru,kuning dll kl reflektor atau projektor tdk mengarahkan ke arah yg benar sama saja mengganggu. Yg penting arahnya benar,selama cutoff arah cahaya tidak tinggi keatas saya rasa aman dan tidak mengganggu.

    Suka

    • Setuju. Kalau setelan bener nggak akan menyilaukan. Sayang kontrol kualitas dari Honda Astra buruk sehingga ada saja konsumen yang terima motor lampunya ketinggian sehingga bikin silau yang lain.

      Suka

  20. Lampu LED putih sangat silau sekali jika di jalan yang sangat gelap. Bagi pengendara yang berlampu LED mungkin sangat membantu, tapi sangat berbahaya bagi pengendara lawan arah. Itu saya alami sendiri, karena saya bermukim di pegunungan, apalagi jalanya lika liku.. ditambah lagi jika ada pengendara lawan arah yang lampunya LED warna putih…

    Suka

  21. Menurut saya led pada vario 150 bisa di kurangi silaunya dengan cara menyetel pancarannya lebih kebawah, tinggal atur sendiri.. gampang broo.. ga usah di permasalahkan.. ok

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s