Bila Yamaha Byson karbu dipanggil lemot kira – kira apa reaksinya saat tahu versi injeksi bisa lebih lemot lagi?


Berita di blognya om Iwan Banaran menginformasikan bahwa Yamaha Byson Injeksi sudah terlihat di Indonesia, sepertinya sudah dekat dengan waktu rilis.
Spied….termonitor sosok Yamaha Byson FI dijalanan tanah air. Juozz!!

Bro dan sis sekalian….akhirnya dishare oleh beberapa pembaca warung, sosok sport berperawakan seperti Byson tertangkap dijalanan. Siluet gambar terlampir jelas menunjukkan…..YIMM telah mulai melakukan tes ride versi FI yang sedang kita tunggu. Mantapp!!!….

Monggo perhatikan secara seksama….sampeyan akan lihat perawakan sosok FZ16. Bedanya….lampu belakang kini ditopang aluminium pada bagian kiri kanan. Tidak salah lagi….memang inilah Byson FI yang sedang kita tunggu

Yang jadi pertanyaan apakah Byson injeksi yang dirilis di Indonesia akan di pasarkan sebagai motor sport Blue Core (baca: lebih lemot tapi irit) atau sebagai motor sport sejati (baca: sistem injeksi disetel menambah tenaga)?

Bila melihat sejarah, sepertinya motor injeksi dari Yamaha sering diposisikan sebagai motor yang lebih lemot, lebih lambat daripada versi karburator. Contohnya bisa terlihat di versi Byson di India, atau di Yamaha Mio.

Komentar komentar tentang lemot ini bisa dilihat di berbagai tempat, contohnya di facebook:
bysonlemot1

Ayrell Fachrezi Muharram‎ -> Yamaha Byson, 2 March 2012 ·
Kenapa sih rasanya kesel banget kalo ada orang bilang Byson lemot?
Ceritanya gini… aku liat grup fb piksen terus ada yang masukin foto Kebo emas terus ditulisin “saudara dengan tampilan baru”
Terus ada yang komen “tetep aja lemot”
ya ampun, kok aku rasanya kesel gitu yah kalo kebo dibilang lemot, walau mungkin emang kenyataan nya tapi ish… keseeellll
Maaf ya kalo misalnya salah… Cuma sekedar mau luapin uneg” aja

bysonlemot2

atau blog:
YAMAHA BYSON HANYA BISA TERTUNDUK MALU, Februari 27, 2014

Tampilan ala moge pada Byson membuat saya kepincut, jauh lebih keren, gagah dan berwibawa dibandingkan Old Vixion. Banyak yang bilang Yamaha Byson itu motor lemot, larinya enggak sesuai dengan tampilannya yang gagah perkasa, SAYA TAK PEDULI itu masalah buat loe bukan masalah buat gue.

Byson facelift mesin tetep lemot.Masalah buat elo..?? 07/09/2012

Sob,banyak yang bilang yamaha byson motor lelet harusnya mesin di Up Grade donk…..!!
Nah…untuk facelift yamaha byson kali ini apakah mesinya akan di upgrade??sepertinya tidak ada harapan….!!

RACUN AKSELERASI YAMAHA BYSON : ganti karbu vakum byson dengan karbu skep 29 April 2012

seperti yang diketahui bersama dan menjadi rahasia umum kalau akselerasi yamaha byson tergolong smoth ( bahasa halusnya lemot ), kaatanya sih karena menanggung beban ban gajah plus catalic converter yang bikin nggak loss… dan pake karbu tipe vakum yang santaai itu tu

nah, kali ini ane akan membahas sedikit racun buat meningkatkan akselerasi juga topspeed dari motor yamaha yang guanteng ini, ..

5 Alasan Memilih Yamaha Byson, Februari 16, 2011

Selain hal yang bisa menjadikan alasan kita memiliih Byson, tentu supaya fair saya juga menyimpulkan 5 alasan untuk tidak memilih Byson:
1.’Looks but no power’ Saya sebelum memakai Byson sudah 3 tahun menggunakan Yamaha Vixion. Dan kesan pertama yang saya rasakan ketika mencoba Byson “apa nih, kok ngempos????” Lumayan shock ternyata beda nya cukup jauh yah dengan Vixion.

Kamis, 28 Oktober 2010, BYSON emang lemot???

Asumsi ini yang saia dapatkan pas mbaca hasil test drive di warungnya mas Opik (TMC), mas Tri (triatmono.wp) dan beberapa forum milis otomotif(termasuk pemilik BYSON).
Banyak yang kemudian ‘menyalahkan’ faktor Catalytic Cpnverter (CC) pada knalpot Byson, yang menghambat power mesin. Kemudian ada juga yang berasumsi pada lebar ban belakang, yang juga memperberat tarikan.
Kalo rata-rata, emang pada mengeluh tarikan berat/lambat pada RPM rendah. Baru terasa rada enak di RPM 5000-7000 keatas. Waagh, berarti harus pelintir gas lebih dalam doong??? (baca : buang bensin lebih banyak?)

 

Terlihat banyak kekecewaan dicurahkan pada Byson karbu yang diatas kertas lebih bertenaga daripada Byson injeksi India. Sangat menarik untuk mengetahui bagaimana menyikapi hal ini. Bila benar Yamaha itu tanpa kompromi, mendengar apa keluhan dari pengguna setia Byson, maka tenaga akan ditingkatkan. Kalau Yamaha lebih mementingkan menjual image akan Blue Core, sepertinya bisa dijamin Byson FI nantinya akan selemot FZ-S FI version 2.0 India.

Perlu diketahui bahwa perubahan spesifikasi dari versi injeksi sepertinya dibuat untuk mengendarai lebih irit. Dari spek terlihat bahwa mesin menjadi overstroke. langkah menjadi lebih tinggi dari diameter.

Diameter x Langkah versi karbu: 58,0mm x 57,9mm
Diameter x Langkah versi injeksi: 57,3mm x 57,9mm

Seharusnya perubahan itu membuat mesin lebih bertenaga di putaran bawah seperti yang dijelaskan secara gamblang oleh motogokil:
Kenapa Ya..Mesin Over Stroke Dengan CC yang Sama, Lebih Efisien Daripada Over Bore ?

Motor bermesin overstroke bisa mengail torsi dan power pada rpm yang lebih rendah, inilah faktor utama yang membuatnya lebih irit/efisien

Bila benar begitu, harusnya ini mengatasi permasalahan seperti yang disebutkan di artikel asli-malang. Namun mengapa puncak torsi dari kedua motor di spesifikasi tetap sama di 6000 rpm ya?

Yang jelas, nanti konsumen yang akan menilai. Sepertinya blogger yang punya kesempatan untuk mereview harus memberikan keterangan yang jelas tentang perubahan ini. Apa memang Byson injeksi jadi lebih enak dipakai di putaran mesin rendah, atau pengurangan tenaga terjadi di semua putaran mesin. Semoga bukan konsumen yang harus kaget oleh kenyataan sebenarnya dari Yamaha Byson Fi.

Tinggal tunggu ada yang review.

4 thoughts on “Bila Yamaha Byson karbu dipanggil lemot kira – kira apa reaksinya saat tahu versi injeksi bisa lebih lemot lagi?

  1. Terserah kata orang. Saya milih byson karena kesan antengnya. Gak perlu maksa maksa buat alay kebut maut sruntul…

    Sering sih pas pacaran sama istri boncengan eh… di uthik uthik sama biker fu.. yo wis entenono bangjo….

    Saya pepet, turun dari motor…. cabut kontak fu…. cut!!!

    Naik motor itu buat dinikmati. Pacaran ki cocoke slow motion…. yang penting tidak membahayakan diri sendiri dan sesama pengguna jalan. Termasuk gangguan kejiwaan…..

    Suka

  2. […] Yang menjadi pertanyaan adalah apakah masyarakat Indonesia membutuhkan motor laki yang disunat tenaganya? Berdasarkan komentar masyarakat yang penulis rangkum sebelumnya, jelas bahwa masyarakat Indonesia tidak suka dengan motor laki yang tenaganya lemot: Bila Yamaha Byson karbu dipanggil lemot kira – kira apa reaksinya saat tahu versi injeksi bisa leb… […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s