kebiasaan visor / windshield dihitamkan / dikasih stiker adalah tanda motor tidak untuk kencang


Kali ini penulis ingin membahas tentang perilaku yang menurut penulis aneh untuk diterapkan di motor yang harusnya dipakai untuk kecepatan tinggi, yaitu soal visor / windshield yang dihitamkan.

Untuk referensi, penulis mencoba mencari referensi gambar motor – motor cepat, untuk melihat, ada atau tidak yang dijual dengan windshield dihitamkan. Beberapa gambar dari diambil dari totalmotorcycle.com.

Yamaha YZF R1:
vyamaha-yzf-r1m6

Honda CBR1000:
vhonda-cbr1000

Kawasaki H2R:
vkawasaki-h2r

Suzuki GSX-R1000:
vsuzuki-gsx-r1000

Suzuki Hayabusa:
vsuzuki-hayabusa

 

Menurut penulis, motor – motor tersebut adalah motor yang kencang, yang didesain untuk bisa jalan kencang. Terlihat bahwa kaca dari windshield tembus pandang, walau ada yang dihitamkan, masih tidak terlalu gelap, cuma sedikit semi. Ini tentunya sesuatu yang diperlukan bila ingin mengendarai dengan aerodinamika yang bagus. Kepala harus di belakang windshield untuk dapat hambatan angin yang kecil, seperti dicontohkan di tes aerodinamika BMW berikut:
P90069052<

Terlihat bahwa bagian kepala menjadi bersatu dengan bagian lain dan membuat hambatan angin kecil. Jadi saat mengendarai motor dengan cepat, kemampuan pandangan ke depan mengandalkan visibilitas dari visor / windshield.

Jadi penulis betul – betul tidak paham saat melihat modifikasi berikut ini:
vyamahar15bvisor

vyamahar15visor

vhondavisorcbr

Mungkin, sekali lagi mungkin, kelihatannya jadi agak lebih keren sedikit. Mungkin cocok untuk bergaya di depan orang yang nggak pernah ngebut seperti misalnya pacar. Tapi untuk orang yang sudah tahu bagaimana caranya mengemudi agar cepat, modifikasi seperti itu cuma menandakan bahwa yang punya nggak ada niatan untuk ngebut. Tapi toh terserah sih, kan ada juga yang beli motor super cepat tapi hanya dipakai jalan – jalan, dipakai mejeng, atau dipakai bawa barang dagangan. Toh untuk keperluan tersebut, windshield nggak ada gunanya.

Kalau beneran dipakai ngebut, masa ya nggak sambil lihat depan? kalau kepala menongol di atas windshield, tambahan hambatan bisa bikin kalah. Apalagi kalau jalurnya masih ada kendaraan lain, navigasi nggak akan bisa selincah yang windshieldnya normal. Atau mungkin modifikasi seperti itu dipergunakan biar nggak malu kalau disalip motor bebek atau matik? nggak tahu lagi.

 

Yang juga aneh walau tidak terlalu parah adalah pengurangan visibilitas pada Honda CBR150R lokal. Berikut perbandingannya, gambar pertama dari iwanbanaran.com (CBR150 lokal) dan gambar kedua dari aphonda.co.th (CBR150 impor).

viwanbanarancbr

vhondacbrimpor

Penulis tidak paham apa tujuan dari Honda melakukan itu. Kalau dari estetika, kok rasanya perubahan tersebut tidak bikin tampilan Honda CBR makin keren. Tapi mungkin itu sudah dipikirkan, walau motor bisa jadi lebih tidak aman di kecepatan tinggi (nggak kelihatan halangan atau orang nyalip atau datang dari samping), mungkin ada fasilitas lain yang ditambahkan biar aman.

5 thoughts on “kebiasaan visor / windshield dihitamkan / dikasih stiker adalah tanda motor tidak untuk kencang

    • penulisnya mah pembalap, atau dia punya jalanan milik sendiri, atau mungkin dia naik motor jam 3 subuh, atau dia memang naik motogr dadanya selalu rapat di tangki.

      Suka

  1. setau ane gan penggunaan windshield itu untuk pelindung dada khususnya paru-paru dan info yg ane dpt menurut dr.spesialis paru bila berkendara sepeda motor jarak tempuh lbh dari 10 km dianjurkan pakai windshield agar paru-paru kita gak jebol di terpa angin…klo bhsa medisnya bisa pneumothorax bahkan haemothorax akhirnya koalp dan gak bisa nafas alias…… end.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s