Bagasi depan Honda Vario 150 tidak bermanfaat dan lebih banyak merugikan


Kemarin melihat sendiri bagaimana bentuk dari Honda Vario 150 di dealer Honda dekat rumah. Saat itu kebetulan sedang jejer dengan CBR150, jadi kelihatan kecil. Yang paling menarik perhatian saya saat itu adalah bagasi depan.

Yang membuat saya tertarik bukan keunggulan dari fitur bagasi depan, tapi keanehan desain dari bagasi depan tersebut. Yang saya amati pertama kali adalah ukuran yang kecil. Sesudah itu saya juga melihat bagaimana kotak bagasi tersebut tidak terlindungi dari angin ataupun hujan. Gambar bisa dilihat di kutipan dari macantua.com.

Penasaran, saya mencoba melihat bagaimana pengaruh dari kotak bagasi depan terhadap ergonomi. Saya mencari gambar saat Honda Vario 150 sedang dikendarai. Mungkin tidak mencakup semua profil tubuh, tapi berikut yang saya temukan.

Terlihat bahwa rider – rider tersebut harus mundur kebelakang untuk bisa duduk dengan nyaman di Honda Vario 150.

Di implementasi Honda Vario 150, kotak bagasi depan fungsinya adalah:
– saat siang, kotak bagasi tidak bisa dipergunakan untuk menaruh barang yang tidak boleh kena panas karena posisi juga tidak terlalu terlindungi dari sinar matahari.
– saat hujan, kotak bagasi tidak bisa dipergunakan untuk menaruh barang yang tidak boleh basah
– kotak bagasi tidak bisa dipergunakan untuk menyimpan barang yang gampang tertiup angin. Tidak bisa untuk menaruh uang kertas, buku, sapu tangan, dll.
– kotak bagasi tidak bisa dipergunakan untuk menaruh koin. susah mengambilnya.
– kotak bagasi tidak bisa dipergunakan untuk menaruh makanan, minuman, dompet atau handphone karena ukuran yang terlalu kecil dan mudah jatuh, terkena angin, tidak terlindungi, dst.
– kotak bagasi memaksa rider yang tubuhnya tinggi untuk duduk lebih mundur kebelakang.
– kotak bagasi membuat motor tidak bisa dipergunakan untuk boncengan bertiga, kecuali kalau pengendaranya di tengah. Karena pengendara tidak bisa duduk mepet kedepan, mentok kena kotak bagasi depan.
– kotak bagasi bisa dipergunakan untuk tempat sampah sementara, asal bukan sampah yang gampang ketiup angin.

 

Beberapa blogger lain juga mengungkapkan kesan yang sama.
All New Vario 150 (Part 2 : Fitur dan Ergonomi)

Dek depan diberikan tempat penyimpanan, yup layaknya matic lainnya bagian ini biasa digunakan untuk menyimpan barang kecil seperti seperti sarung tangan, rokok atau barang lainnya. hanya sayang sepertinya bagian ini memiliki kapasitas yang semakin kecil dibanding produk sebelumnya.

Honda Vario 150 & Jawaban Pertanyaan Brosist !

4. Apakah Bagasi / Rak penyimpanan depan masih mungil & nggak dalem ?
Jawabannya, Masih cetek alias nggak dalem Bro ! Bagasi penyimpanan depan sebelah kanan, jauh lebih mungil dibanding yang sebelah kiri. . . Yang kiri mampu untuk menaruh botol air minuman ringan, atau peralatan lainnya yang seukuran… Sementara yang kanan, untuk menaruh bungkus rokok pun EA’s Blog yakin masih bakal ketiup angin. . .

 

Terus terang penulis kesulitan menemukan kegunaan dari kotak bagasi depan dari Honda Vario 150. Jadi maaf bila terkesan menghujat. Pengguna yang terbiasa menggunakan kotak bagasi depan untuk menaruh dompet atau handphone jadi terpaksa harus menggunakan kotak bagasi belakang. Ribet kalau cuma mau untuk ke pasar, harus buka tutup bagasi belakang dulu.

Menurut penulis sepertinya kotak bagasi depan difungsikan lebih sebagai pemerindah saja, sebagai bagian dari desain. Walau sepertinya, tanpa dipaksakan untuk memakai bagasi depan pun masih tetap bagus, toh bagasi yang seperti itu juga tidak berguna bagi banyak orang.

Menurut penulis desain bagasi yang seperti itu sayang sekali. Karena seharusnya bagasi yang lebih berguna bisa dibuat tanpa mengorbankan kenyamanan pengendara dan keamanan dari bagasi tempat penyimpanan tersebut. Lebih indah bila sekalian dihilangkan sekalian kotak bagasinya, atau kalau memang serius mau difungsikan, dibuat lebih besar, lebih terlindungi dan lebih tidak gampang jatuh. Kalau mau eksklusif, sekalian diberi yang bisa dibuka tutup dan dikunci.

16 thoughts on “Bagasi depan Honda Vario 150 tidak bermanfaat dan lebih banyak merugikan

  1. Kotak bagasi depan vital walaupun hanya estetika, sama seperti dengan dek tengah rata.
    Namun benar, terlihat kecil sekali kotak bagasinya.

    Btw, sama beat karbu jarak ke dengkulnya pendekan mana?
    Selama mirip2, berarti didesain untuk tb 165cm.

    Suka

    • Menurut saya, desain sebaiknya tidak mengorbankan ergonomi. Untuk Beat karbu, kurang tahu tapi rasanya tidak seekstrem Vario 150 yang sampai harus mundur kebelakang.

      Dari foto yang mengendarai Vario 150, terlihat siku lengan cenderung lurus, padahal biasanya posisi lebih enak adalah sedikit menekuk, pertanda duduknya terlalu mundur.

      Suka

  2. coba kalau bagasi depannya vario seperti bagasi vespa yang ada penutupnya dan dilengkapi kunci. tentu aman. kadang kita taruh dompet di bagasi depan dan pas tiba ditujuan lupa mengambil dompet. alhasil bisa diambil orang lain yang melihat. kalau ada penutupnya dan kunci tentu lebih baik.

    Suka

  3. di gregaji aja mas, mang ga guna bagasi model begitu, enakan vespa, ada kuncinya dan tidak bikin dengkul kejedot. itu kalau nabrak pelan trus dengkul kejedot pasti rasanya ngilu, terutama yang punya dengkul kopong he he he

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s