Video menarik tentang polisi memperingatkan pengguna jalan yang kedapatan memakai lampu LED yang terlalu terang


Video berikut bisa jadi bahan pertimbangan bagi yang sedang berpikir untuk mengganti lampu depan dengan LED. Video ini disharing sama Meizon Yn.

Video tersebut menceritakan bagaimana polisi mencegat kendaraan – kendaraan yang lampunya menyilaukan. Dan untuk menunjukkannya si pengemudi di suruh berdiri di depan mobilnya dan menatap ke arah mobil. Dan terlihat sekali bagaimana lampu terang sekali.

Disitu terlihat jelas bahwa lampu yang seharusnya menyorot kebawah saja juga terlihat membias ke atas dengan kuat. Seharusnya orang yang berada di depan mobil cuma tersinari bagian lututnya saja atau setinggi lampu. Tapi di mobil yang sudah dimodifikasi LED tersebut, bahkan sampai muka orang yang berdiri pas didepan mobil pun bisa terkena sinar lampu yang kebiruan.

Mungkin lampu LED tersebut modifikasinya tidak pas sehingga membuat lampu menjadi tidak fokus. Posisi sumber cahaya yang berubah karena penggunaan lampu LED membuat pantulan reflector menjadi ikut berubah. Ini membuat pembiasan cahaya menjadi tidak lagi terfokus, tapi membias ke segala arah. Ini berbeda dengan lampu yang sudah didesain oleh pabrikan. Walau lebih terang, lampu tidak akan membias sembarangan, tapi akan fokus ke depan dan dibuat tidak menyilaukan kendaraan lain. Karena oleh pabrikan, bentuk reflector sudah disesuaikan dengan lampunya, sesuai dengan posisi sumber cahaya.

Semoga saja pihak pabrikan yang berencana mengeluarkan model dengan lampu sangat terang juga tidak mengabaikan hal ini. Perbandingan terang dari lampu LED bisa sangat tinggi:

Ingat bahwa yang pakai jalan orang banyak. Jangan hanya karena ingin kita kelihatan keren tapi mencelakakan orang lain. Bukankah lebih bagus bila kita didoakan baik oleh orang daripada kita didoakan jelek?

Coba diingat ingat tujuan bro pakai lampu LED, misalkan karena ingin membuat jalan kelihatan jelas maka lampu biru (color temperature diatas 6500K) malah tidak membantu, lebih terang kalau pakai yang kuning (color temperature sekitar 4300K). Misalkan ingin terlihat keren, maka harusnya tidak dengan lampu depan yang bikin silau, karena itu malah bikin tidak keren, kesannya malah mengganggu. Tidak dapat penghormatan malah dapat cacian.

5 thoughts on “Video menarik tentang polisi memperingatkan pengguna jalan yang kedapatan memakai lampu LED yang terlalu terang

  1. aturannya kurang jelas…. alat ukur batas kesilauan apa?
    jangankan lampu led, lampu halogen, lampu xenon juga menyilaukan…

    Suka

    • Kalau mobil rasanya lebih di fokusnya. Seharusnya lampu tidak boleh terlalu tinggi nyorotnya. Lampu xenon bawaan pasti nyorotnya tidak menyilaukan yang depan. sementara yang LED di video jelas banget sampai menyinari ke kepala juga.

      Suka

  2. apapun itu, jangan sampai menjadikan sebab orang lain celaka karena hasrat dan keinginan kita….
    الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s