Website resmi Yamaha Indonesia yang asli bikin bingung pengunjungnya


Dari blogger lain penulis jadi tahu bahwa sekarang ini informasi tentang motor baru Yamaha sekarang sudah ada di website resmi Yamaha. Maka segera saja penulis mengunjungi website resmi Yamaha. Karena lupa alamatnya, pakai google mengetik “Yamaha Indonesia”. Langsung ketemu, langsung di klik ke: http://www.yamaha-motor.co.id/

Dari dulu penulis sudah sering jengkel sama sistem navigasi di website Yamaha. Mau lihat informasi suatu motor susah banget. Pemilihan model motor membuat sering salah klik, maunya ngeklik suatu motor, yang kena motor lain, gara – gara kalau kursornya diarahkan ke motor yang mau diklik, tombol untuk itu keluarnya di gambar motor lain. Kalau pas ditengah tengah gambar yang muncul bisa sangat mengganggu karena ada kotak hitam keluar dari kiri dan kanan. Entah web designer terinspirasi oleh apa tapi kalau menurut penulis itu nggak keren dan merepotkan pengunjung.

Tampilannya begini.
web1

 

Kalau kursor diarahkan ke gambar Yamaha MX King, jadi muncul kotak hitam menutupi gambar Yamaha NMax:
web2

Bagi penulis metode navigasi seperti itu aneh. Nggak ada gunanya keluar kotak hitam yang isinya juga tidak ada manfaatnya. Itu malah mengganggu dan membuat navigasi jadi rumit. Di halaman tersebut penulis lebih suka kalau sekalian mematikan model navigasi itu, caranya kalau di browser opera adalah dengan mematikan stylenya. Setelah dimatikan maka tampilan tidak akan aneh lagi. Tombol menuju ke halaman motor akan ada dibawah nama / gambar motornya.
web3

 

Cara navigasi antar halaman satu dengan yang lain juga sangat tidak konsisten. Beda produk beda cara navigasi. Mungkin maunya pingin kelihatan keren, pingin memanfaatkan fasilitas web semaksimal mungkin. Tapi mungkin jadi lupa bahwa yang penting itu adalah bisa memberikan informasi yang mudah dan jelas. Bikin pemanis itu bagus hanya kalau gampang dipakai. Nyatanya seringkali cara navigasi harus ditebak – tebak dulu, parahnya juga jarang ada informasi cara navigasi. Banyak informasi yang menjadi tersebunyi karena cara navigasi yang membingungkan. Kadang baru ketahuan saat dirubah tampilannya.

 

Tapi itu semua sepele bila dibandingkan sama tampilan dari halaman dari produk baru mereka. Contohnya Yamaha All New Soul GT Blue Core yang baru. Waktu pertama buka, terus terang penulis bingung mau diapain.
soulgt1

Eh nggak tahunya tulisan di sebelah kiri motor itu bisa di klik. Dan setelah di klik keluar spesifikasi yang sebagian teksnya terpotong karena layarnya nggak cukup, padahal penulis sudah pakai lebar 1280. Mau di scroll nggak bisa, mau lihat keseluruhan nggak bisa. kacau.
soulgt3

Saat coba coba, eh ternyata kalau lebar browser dikecilkan sampai separuh, tampilan jadi berubah dan muncul tampilan spesifikasi dengan tampilan jauh lebih jelas.
soulgt2

Ini jadinya seperti main game. Maunya cari informasi, eh dipaksa untuk memecahkan puzzle atau nebak teka – teki.

 

Halaman dari Yamaha MX King juga tidak kalah membingungkan. Navigasi lebih gampang karena tombolnya dibuat jelas.
web4

Tapi saat artikel ini dibuat, tombol selain spesifikasi tidak bisa memunculkan halaman lain walau sudah di klik puluhan kali sekalipun. Cuma halaman home dan spesifikasi yang bisa keluar.

 

Keanehan – keanehan ini membuat jadi terkesan bahwa halaman dibuat dengan sistem kejar tayang. Nggak layak tayang tapi sudah ditayangkan. Ya semoga produk sepeda motornya tidak begitu, karena dengar – dengar kok yang dapat batch pertama NMax kok dapat masalah.

 

Saran penulis untuk web designernya Yamaha:
– Kalau halamannya belum siap, mending jangan di publish deh. Bikin mangkel kalau informasi yang diharapkan tidak bisa diakses.
– Sebaiknya halaman dibuat konsisten. Paling tidak di setiap halaman dipastikan ada cara untuk pingin lihat produk lain tanpa harus lari ke halaman depan.
– Bila masih memaksakan menggunakan tampilan yang nggak konsisten, bikin yang intuitive, yang gampang dimengerti oleh pengunjung. Website resmi itu seharusnya bukan dibikin seperti puzzle. Harusnya dibikin gampang dan jelas.

7 thoughts on “Website resmi Yamaha Indonesia yang asli bikin bingung pengunjungnya

  1. hehe…. saya juga bingung Mas…. bahkan dulu saya bookmark dan sekarang saya delete…. ben kapok sisan…
    ingat gaya nokia yang konsisten dalam meracik menu handphone produknya sehingga sempat jadi raja

    Suka

    • Iya, setuju. Banyak orang pilih nokia karena gampang dipakai. Perasaaan website Yamaha itu seperti eksperimen untuk pakai fasilitas browser yang tercanggih sampai melupakan prinsip dasar interface yang bagus.

      Suka

  2. setuju banget ama tulisan ini… website yamaha indonesia ini emang norak, kesan nya kayak orang mau pamer bahwa dia jago bikin web… saking pamernya dia lupa bahwa user mau nyari motor, bukan mau menilai dia jago bikin web atau tidak… hondacengkareng.com tuh bagus… gampang dan informatif, dari harga, diskon, fitur, dan semuanya konsisten

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s