Saran bagi pengendara pemula


Berikut adalah beberapa saran yang bisa penulis berikan bagi yang baru bisa naik motor, berdasarkan pengalaman pribadi dari penulis.

Harus bisa membuat kendaraan bergerak sesuai dengan keinginan
Bro harus paham cara mengendalikan kendaraan sehingga bro bisa membuat kendaraan bergerak sesuai harapan. Kalau digas tidak berlebihan atau kurang, kalau di rem juga tidak berlebihan atau kurang. Semua harus pas sesuai harapan. Untuk amannya, pelajari cara untuk berakselerasi secara halus dan mengerem secara halus.

Akselerasi dan mengerem secara berlebihan justru bisa bikin celaka kalau situasi jalan normal. Aksi bro bisa jadi malapetaka bagi orang lain. Jadi bila bro masih belum mampu membuat kendaraan bergerak sesuai keinginan, sebaiknya jangan mengendarai di jalan raya dulu

 

Ingat bahwa jalan dipergunakan oleh orang banyak
Saat menggunakan jalan, ingat bahwa bro bukan satu satunya pemakai jalan. Sebaiknya pergunakan jalan sesuai dengan standar Indonesia, pakai di lajur kiri, jangan mengendarai di tengah jalan. Bila yang dari depan menyangka bro akan belok kanan dan mengambil sebelah kiri bro saat berpapasan, apa nggak bikin sport jantung?

Pergunakan spion saat akan berpindah jalur atau akan belok. Jangan berpindah jalur dengan mendadak. jangan mengambil jalur dengan memotong jalur orang lain. Mungkin bro bisa selamat, tapi orang lain yang celaka. Kalau sering didoakan jelek sama orang celaka, bisa celaka juga bro.

Saat menikung, ke kiri, sebaiknya ambil jalur kiri. Saat menikung ke kanan, sebaiknya ambil tengah jalan diantara dua jalur. Lakukan penurunan kecepatan secara perlahan sambil tidak lupa menyalakan lampu belok. Jangan berhenti mendadak, dan kalau mau belok, sebaiknya jangan menyalip kendaraan lain.

Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan kendaraan lain. Kalau jalurnya lambat ya lambat saja, kalau jalurnya cepat ya harus cepat juga. Beda kecepatan dengan kendaraan lain jangan terlalu tinggi. Tidak ada istilah biar lambat asal selamat, saya justru sering lihat contoh kendaraan lambat bikin celaka karena melakukan itu di jalur cepat. Ini terutama bila ingin menyeberang jalan, misalnya pindah jalur dari paling kiri ke paling tengah. Lebih baik menyamakan kecepatan dengan kendaraan lain dulu baru pindah jalur. Lebih aman sambil menyalip daripada lebih lambat. Menyeberang dengan kecepatan lambat sangat berbahaya, baik bagi bro maupun bagi pemakai jalan lain.

 

Pastikan bahwa bro siap untuk situasi jalan yang ekstrem
Terkadang situasi jalan memaksa pengendalian kendaraan yang ekstrem. Pastikan bro paham karakter kendaraan. Bro harus paham seberapa cepat kendaraan bisa akselerasi, seberapa cepat kendaraan bisa berhenti, atau seberapa cepat kendaraan bisa pindah jalur. Dengan mengenali kemampuan maksimal dari kendaraan, bro akan bisa mengambil keputusan yang paling tepat saat situasi memaksa.

Bro juga harus belajar bagaimana karakter kendaraan di saat jalan licin atau cuaca buruk. Misalnya kalau motor matik dengan ban kecil akan lebih mudah tergelincir roda depannya. Sementara motor bebek atau sport akan lebih mudah tergelincir roda belakangnya. Pelajari bagaimana melakukan pengendalian di saat jalan licin. Jangan mengerem mendadak kalau jalan licin, jangan pula melakukan pindah jalur mendadak.

 

Masih banyak faktor lain yang harus dipelajari sebagai pemula. Semoga informasi diatas dapat membantu pemula untuk bisa mengendarai secara aman di jalan. Mungkin bro yang lain bisa menambahkan?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s