Pertamax Racing, bensin produksi pertamina dengan oktan 100


Selama ini penulis berpikir bahwa bensin oktan tertinggi yang dijual oleh pertamina adalah pertamax plus, yang katanya punya RON 95. Ternyata pertamina juga punya produk lain dengan nilai oktan lebih tinggi, yaitu pertamax racing.

pertamaxracing

Sesuai dengan namanya, pertamax racing ini ditujukan khusus bagi yang butuh bensin untuk performa. Berikut informasinya:
http://www.pertamina.com/our-business/hilir/pemasaran-dan-niaga/produk-dan-layanan/produk-konsumen/spbu/

Pertamax Racing adalah Bahan bakar mesin balap yang mampu menghasilkan daya dan torsi tinggi tanpa menimbulkan detonasi, agar kendaraan balap responsif dan berkinerja stabil, serta ketahanannya tinggi. Produk ini merupakan high grade fuel quality yang bersifat ramah lingkungan (mengandung bioethanol & bebas timbal/TEL) dan diformulasikan secara khusus untuk bahan bakar kendaraan balap dan kendaraan modern yang memiliki kompresi mesin yang tinggi yaitu di atas 10:1 sehingga aman untuk mesin, tidak menimbulkan emisi yang membahayakan kesehatan mekanik, pembalap dan penonton acara balap

 

Berbeda dengan bensin yang lain, pertamax racing dijual dalam bentuk kalengan. Selain oktan yang tinggi, harganya juga termasuk tinggi juga, simak artikel berikut yang terbit di April 2014
Pertamax Racing Support Mobil Sport Naik Gunung

Rombongan meluncur menuju Bandung untuk merasakan langsung kualitas dan performa bahan bakar beroktan 100 tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina. Pertamax Racing ini sangat cocok dengan mobil sport karena memiliki kandungan bio-etanol dan bebas timbal,” kata Nono, President dari Speedgonz Car Club.

selain memiliki oktan paling tinggi di gasoline, Pertamax Racing juga memiliki kelebihan lain. Di antaranya, ramah lingkungan, mampu memelihara bagian dalam mesin agar tetap awet, membersihkan mesin, pelindung anti karat (corrosion inhibitor) pada dinding tangki, saluran bahan bakar, dan ruang bakar mesin, serta memurnikan bahan bakar.

Saat ini produk yang diakui federasi balap internasional ini tersedia di SPBU COCO Arteri Pondok Indah dan SPBU COCO Kuningan, Jakarta Selatan dengan harga Rp.49.000 per liter [di April 2014]. Selain itu, Pertamax Racing dalam bentuk kemasan 5 liter, 10 liter dan 20 liter telah tersedia di seluruh SPBU COCO di pulau Sumatera dan Jawa.

Nah keren kan?

Rasanya ini cocok bagi yang suka ngedrag. Tapi mungkin yang hobi ngedrag mestinya sudah tahu keberadaan bensin pertamax racing ini….

Jadi kalau pingin bensin yang paling top, apalagi karena spbu asing sudah pada tutup, tersedia pertamax racing ini. Untuk penulis, premium saja cukup deh….

15 respons untuk ‘Pertamax Racing, bensin produksi pertamina dengan oktan 100

  1. Apa proses dan ongkos untuk menaikkan angka Oktan (tanpa melibatkan timbal), aditif untuk membersihkan mesin (detergensi) dan membuat komposisi BBM jadi lebih ramah lingkungan pada Pertamax Racing RON 100 begitu rumit dan mahal ya? Yang saya tahu, Avgas / Bensol untuk BBM Bensin Penerbangan ditambah timbal yang beracun untuk menaikkan angka Oktan nya mencapai 100 – 110. Memang ongkos nya relatif lebih murah tapi sangat tidak dianjurkan untuk komposisi BBM jaman sekarang.

    Suka

      • Avgas adalah BBM tipe bensin untuk Pesawat Terbang bermesin piston yang biasanya mempunyai angka Oktan mencapai 100 – 110. Contoh nya adalah untuk BBM mesin bensin Pesawat pengebom B29 yang digunakan untuk membawa dan menjatuhkan Bom Atom Little Boy di Hiroshima dan Bom Atom Fat Man di Nagasaki, Jepang, waktu Perang Dunia 2. Avtur / Jet A-1 adalah bahan bakar mesin jet tipe turbojet dan turbofan yang sering digunakan untuk menjalankan Pesawat Penumpang komersial seperti Boeing 737, 747, 777, 787, Airbus A318, A319, A320, A330, A340, A350, A380, dst. Sebetulnya, secara teknis Avtur Jet A dan Jet A-1 sama saja dengan Minyak Tanah / Kerosin yang dulu sering dipakai untuk bahan bakar kompor gas, lampu minyak, kompor minyak tanah untuk kebutuhan rumah tangga, cuma spesifikasinya diperketat: diberi zat kimia antibeku, dibersihkan dari kotoran dan air. Selebihnya sih sama saja. Info lebih lengkap kunjungi situs website: Pertamina Aviation.

        Suka

          • Secara ringkas, komposisi kimia pada Minyak Avtur / Jet A-1 lebih mirip dengan Minyak Tanah / Kerosin / Parafin. Bahkan lebih mirip dengan Minyak Solar ketimbang bensin tipe Mogas (bensin RON 70 – 95) ataupun Avgas (bensin RON 100 – 110). Juga dengar rumor kalau armada mesin berat (Diesel) untuk pertambangan Tembaga PT Freeport di Pegunungan Jayawijaya, Papua menggunakan BB Aviasi: Avtur karena Avtur adalah Minyak Tanah Kerosin yang sudah dibersihkan dari debu dan air dan diberi zat kimia anti beku mengingat lokasi Tembagapura sangat tinggi dan suhu udara nya yang sangat dingin, mungkin ketinggian nya antara 1500 Mdpl – 3000 Mdpl.

            Suka

  2. Sebenarnya mudah saja memformulasikan bahan bakar, hanya memang butuh keahlian khusus. Kami sering melayani permintaan custom bahan bakar dan nitro oksida (NOS) dari team balap jawa bali. Dengan bahan dasar bioethanol di mix dengan pertali** bisa didapatkan nilai oktan 107 dengan biaya produksi dibawah 10rb per liter, cocok untuk mesin high compression 12:1

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.