Baby Satria 115cc sepertinya untuk menggantikan jebloknya pasar shooter


Barusan ini dipastikan bahwa baby satria sudah akan muncul di pasaran.
Iwanbanaran.com – Lho….baby Satria FU150 koq sudah diumbar secara umum ya bro! April 24, 2015

Bila sebelumnya penulis membahas tentang efek dari rilis motor 115cc ini terhadap pasar motor Satria FU 150cc:

Apakah Satria dengan mesin 115cc injeksi bisa laku atau malah mematikan pasaran Satria 150?

Maka kali ini penulis berpikir apakah ini karena penjualan motor shooter yang jeblok.

Dari produk motor Suzuki yang tersedia sekarang ini, maka shooter termasuk yang tidak disukai penulis. Alasan utamanya sih model, jelek banget. Kalau soal kenyamanan, awet dan reliabilitas, rasanya sudah tinggi sesuai dengan standar Suzuki jepang. Penulis justru lebih suka model dari Suzuki Smash Titan. Anehnya kok malah model laku dimatikan untuk meningkatkan penjualan model nggak laku?
Cerita awal jatuhnya kerajaan Suzuki motor di Indonesia

Selalu menghentikan produksi tipe yang lagi laris-larisnya, contoh yang saat ini terjadi adalah disuntik matinya Smash Titan dengan harapan penjualan Shooter meningkat. Tapi apa yang terjadi, penjualan Shooter tidak kunjung meningkat.

Apa Suzuki tidak berpikir bahwa masyarakat jadi berpaling ke merek lain? Rasanya pembeli masih mikir mikir walaupun sudah maniak Suzuki. Melihat pangsa pasar, yang ngefans bebek Suzuki kok rasanya tidak banyak. Apalagi sekarang masyarakat lebih memilih matik daripada motor bebek. Yang komentar dari bali juga berpendapat bahwa motor bebek sudah nggak laku di Bali, matik lebih nggak ribet dan praktis.
Penurunan Penjualan Motor Bebek, Masih Berlanjut?

Sedangkan penjualan motor bebek, justru anjlok 16,9% dibandingkan 2013 yang tercatat 1,77 juta unit. Tren penurunan penjualan motor bebek ini melanjutkan tren penurunan yang juga terjadi pada 2013 bila dibanding 2012. Pada 2012, penjualan motor bebek bisa mencapai 2,14 juta unit, sedangkan di 2013 turun 17,1% menjadi 1,77 juta unit.

Cara yang dilakukan Suzuki untuk meningkatkan penjualan dari shooter juga agak aneh, sempat melakukan diganti namanya saja.
Suzuki Smash Lahir Kembali Dengan Injeksi, Mon, 29 Dec 2014

Mesin dan desain bodi Smash FI yang tak lain adalah Suzuki Shooter ini menandakan hanya penggantian nama saja yang dilakukan oleh Suzuki. “Otomatis nama Shooter juga sudah tidak dipakai lagi dan berganti Suzuki Smash FI,” tutup Yohan.

Agak aneh karena seakan – akan beranggapan bahwa komsumen itu membeli karena namanya. Mungkin itu cuma berlaku untuk Honda, seharusnya Suzuki sadar bahwa nama Suzuki di hati konsumen tidak sebesar Honda.

 

Mungkin karena ganti nama gagal, Suzuki mencoba mengebut untuk mengeluarkan baby Satria. Entah merupakan langkah yang bagus atau tidak. Dari sisi model, baby Satria 115cc terlihat jauh lebih keren daripada Suzuki Shooter 115cc. Namun juga harus diingat fakta bahwa angka penjualan motor bebek makin menurun.

Mungkin sudah saatnya Suzuki melakukan survey ke seluruh lapisan masyarakat, baik untuk model selanjutnya ataupun sebelum mematikan produk sekarang.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s