Pujian mesin terbaik dari otomotif.net untuk Honda Beat ISS tidak memperhitungkan kondisi setelah dipakai


Mungkin bro sudah baca postingan dari blogger lain yang membahas tentang pemberian penghargaan sebagai mesin terbaik untuk mesin Honda Beat ISS. Ada yang mendukung, ada yang mengkritisi. Nah kali ini penulis menjadi salah satu yang mengkritisi.

Informasi penghargaan bisa disimak di artikel berikut:
Otomotifnet.com – Mesin Skutik Honda 110 cc eSP Raih Best Engine, Jumat, 24 April 2015

Dari artikel tersebut, bisa diketahui kriteria penilaian yaitu:

Kategori Best Engine atau mesin terbaik sepeda motor dinilai dari perfoma yang dihasilkan, durabilitas atau daya tahan mesin, konsumsi bahan bakar, serta fleksibilitas platform mesin untuk diadaptasi pada berbagai tipe sepeda motor.

Disebutkan yang menjadi kunci kemenangan adalah:

Salah satu yang menjadi keunggulan mesin ini adalah diaplikasikannya fitur ACG Starter yang menghasilkan suara mesin halus saat dihidupkan, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan mesin berteknologi enhanced Smart Power (eSP) telah disematkan pada berbagai tipe sepeda motor Honda dengan tingkat kapasitas mesin yang berbeda,

 

Yang penulis kurang setuju adalah pengikutsertaan fleksibilitas platform mesin adaptasi. Karena menurut penulis, konsumen tidak perduli dengan hal tersebut. Penulis sendiri berpendapat bahwa mesin yang baik mempunyai faktor berikut:
– awet dan tahan lama menggunakan komponen yang berkualitas
– bandel dan tidak gampang rusak
– efisiensi tinggi yang menjadikannya irit dan bertenaga
– mesin bersuara halus, senyap dan tidak berisik
– harga terjangkau atau kompetitif

Sangat menarik bila suara mesin halus saat dihidupkan menjadi pertimbangan utama. Karena menurut penulis, bila suara halus diikutkan, seharusnya mesin Honda Beat gagal memenuhi kriteria. Mungkin memang ISS membuat suara start halus, tapi masa ya suara mesin yang jauh lebih keras dari suara starter motor lain tidak diperhitungkan?

Menurut penulis suara mesin Honda Beat itu tidak halus. Mungkin waktu pertama dapat suara mesin halus sekali. Tapi coba dengar suara mesin Honda Beat kalau lagi ngisi di pom bensin. Pagi ini waktu penulis isi bensin memperhatikan bahwa mesin Honda Beat termasuk yang paling berisik. Ada tiga Honda Beat semuanya suara mesinnya berisik.

Berisiknya suara mesin itu bisa terjadi karena kualitas komponen yang rendah. Artikel sebelumnya juga membahas tentang hal ini. Secara terbuka juga dikatakan bahwa untuk motor premium sport sekalipun, motor yang diproduksi untuk Indonesia menggunakan komponen yang kualitasnya lebih rendah, yang tidak layak ekspor. Ini dibahas di artikel berikut:
Persoalan kualitas yang bikin pikir pikir untuk beli motor Honda

Untuk soal suara mesin, pernah ada teman kantor yang penulis pinjami cemenite. Komentarnya selama masa peminjaman adalah “wah sepeda Vario ku tarikane luwih enak, mlaku sewidhak ora ono suarane blas!”, sepeda motor varionya akselerasi lebih enak dan jalan enam puluh tidak ada suaranya. Namun beberapa bulan setelah itu saat penulis ketemu teman kantor tersebut di parkiran saat ia membawa Honda Varionya, yang penulis perhatikan adalah suara Vario tersebut yang kemlothak, kemorosok dan lain lain, yang menurut penulis sudah nggak layak lagi disebut sebagai mesin halus. Penulis jadi paham mengapa jalan jadi tidak berisik kok sampai diperhatikan, sepertinya karena suara mesin yang berisik menjadi salah satu yang ingin dibenahi oleh pemilik Honda Vario / Honda Beat.

Bila bro kurang yakin, coba perhatikan video berikut yang merekam suara salah satu Honda Beat yang penulis temui di pom Bensin.

Dari fakta ini, penulis berpendapat bahwa mesin Honda Beat tidak pantas mendapat penghargaan sebagai mesin terbaik. Mesin Honda Beat tidak terdengar halus, komponen dicurigai berkualitas rendah, yang ujung – ujungnya mengurangi efisiensi, mengurangi performa dan mengurangi irit. Tidak yakin bandel, tidak yakin tahan lama pula.

Bila ada pembaca yang juga adalah pecinta Honda, maka sebaiknya jangan marah dulu. Apakah sebagai pecinta Honda bro tidak mau motor Honda menjadi semakin berkembang? Apa bro mau untuk seterusnya bro akan mendapat motor yang tidak berisik hanya kalau masih baru saja? Apa bro tidak ingin motor bro menjadi motor yang beneran terbaik?

Mesin yang berisik dan komponen yang tidak berkualitas adalah sesuatu yang harus ditingkatkan oleh Honda untuk bisa pantas mendapat penghargaan yang terbaik. Dan itu bukanlah sesuatu yang mustahil selama pihak pabrikan Honda ada kemauan untuk itu. Cuma tinggal masalah policy saja, soal keputusan. Selama konsumen masih terima dengan apa yang diberikan saat ini, maka rasanya tidak akan ada perkembangan.

Jadi, sebaiknya para pecinta Honda memberikan masukan bagi pihak pabrikan Honda. Kalau nggak protes yang dianggap sudah ok.

63 thoughts on “Pujian mesin terbaik dari otomotif.net untuk Honda Beat ISS tidak memperhitungkan kondisi setelah dipakai

    • salam bro.

      iya setuju. Jauh rasanya perbandingkan suara Honda Beat dengan Honda Astrea Prima. Atau kalau yang agak baru, Honda Kirana. Mungkin motor matik Honda sekarang disetel agak renggang toleransinya biar bisa produksi murah.

      Suka

  1. Langsam matic emang lebih tinggi dari bebek/sport, jadi wajar bila lebih berisik.
    Saat langsam mesin bebek/sport 1300an rpm, matic 1700an, beda 400an rpm juga lumayan berisiknya, CMIIW…

    Suka

    • Beda berisiknya juga bisa diketahui saat jalan kok. Di video juga diperlihatkan suara Vario yang terdengar padahal saat itu motor saya juga masih menyala. Motor Vario teman kantor suaranya jauh lebih parah dari yang di video.

      Untuk rpm, motor yang rpm maksimalnya tinggi butuh idle rpmnya tinggi juga, contohnya CB150R, rpm idlenya 1500.

      Suka

    • Mantap nih Artikelnya..salut… Tapi ada yang perhatiin gak artikel dengan video yang diunggah kok nggak nyambung? Yg di video kan beat karbu? Sudah berumur plus kita gak tau kek gimana perawatannya? Apa jangan2 cuma dipake doang, rawat aja kagak hehehe..
      Sori nih ay bukan bela honda, kalau yg dibahas itu yamaha, suzuki atau Kawasaki ay juga bakal komen yg sama kok…

      Yg dibahas di artikel kan mesin eSP ya? Betul gak? Beat di video mesin karbu belum eSP dan belum injeksi… Jadi menurut ay sih kurang atau bahkan tidak valid om.. Hehehe

      Just my two cents loh..

      Suka

  2. Menurut saya mesin yg baik tak selamanya bersuara halus, contohnya utk motor italy cagiva mito & aprilia rs. Suaranya ngeri kaya mesin mau rontok, yg gak tahu pas dengerin pasti bilang rusak lah, piston oblak lah, ring seher kena dan bla bla bla, kata orang bengkel skalipun yg cm denger mesin jepun apalagi lokal. Kalah senyap bila d bandingkan mesin motor jepang. Tp apakah kualitasnya jelek? saya rasa tdk & berani jamin part yg d pakai jauh mengungguli motor jepang, secara reputasi mereka yg malang melintang d dunia balap. Tp apadaya karakter mesin kedua motor tsbt memang spt itu sekalipun baru turun dari dealer.

    Suka

    • Cagiva yang saya tahu suaranya halus, hampir tidak terdengar, jauh banget bila yang lewat adalah honda beat atau vario.

      Bila sudah didesain dari sananya suaranya kasar, tentunya tidak masalah. laker/bearing contohnya, untuk rpm tinggi dibuat agak oblak, sehingga saat stasioner suara mesin terkesan kasar. Tapi kalau sudah rpm tinggi suara tetap halus.
      http://motor.otomotifnet.com/read/0000/00/00/10131/131/22/Pilihan-Bearing-Kualitas-Bagus-Cocok-Buat-Mesin-Putaran-Tinggi

      “Bearing standar, jarak antara inner ring dan outer ring-nya rapat, sehingga bidang geseknya banyak. Tapi kalau laher racing sebaliknya dan memang poin itu yang dicari,” ucap Pakdhe Heru, mekanik Yamaha Yonk Jaya Motor di Bandung

      ada konsekuensinya karena minim gesekan, suara mesin jadi lebih santer pada rpm rendah.

      Yang jadi masalah adalah bila suaranya halus saat masih baru, dan menjadi sangat kasar setelah beberapa bulan dipakai. Lalu suara makin kasar kalau di gas. Contoh masalah:
      http://iwanbanaran.com/2012/06/14/suara-ngorok-di-vario-125-pgm-fi-berasal-dari-bearing-crankshaft-dan-crankcase/

      ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

      Suka

      • Kasar kok bro, klo idle krosak2 & klotak2 hahaha… kbetulan ane piara Mito tp memang stelah rpm tinggi suara kasar smakin ilang, yg terdengar hanya desingan knalpot aja & minim getaran, berbeda wktu punya tiger & klx d rpm tinggi getarannya krasa banget menjalar ke tubuh hehe. Nah itu dia bro kalo awalnya halus trus br brapa ratus KM sdh kasar pastinya patut d pertanyakan itu mesin motor, tp kayaknya lebih mendingan mesin Vario yg msh 110 cc y bila d banding yg 125? entah vario baru yg 150 pake msin pcx apakah kasar jg?

        Suka

        • terima kasih sharingnya, sip keren. Memang setahu saya kalau ketemu di jalan pada halus suaranya, walau misal berhentinya berisi saat jalan halus. Beda kalau ketemu sama Vario atau Beat, makin di gas makin berisik, ketemu dijalan rasanya seperti dengar diesel. idle stop system bisa sangat membantu mengurangi gangguan suara berisik saat berhenti sementara.

          Sebenarnya kemarin ketemu video idlenya aprilia ns yang terdengar kemlotak, begitu jalan tidak lagi kemlotak:

          Untuk tiger, kok itu reperti kalau belum neotech ya?

          Memang rasanya yang Vario 110 tidak terlalu parah. Untuk yang Vario 150, tadi pagi ketemu sepertinya sama saja dengan Vario 125, mesin sudah terdengar mulai kasar, tinggal lihat beberapa bulan lagi karena kalau sekarang kebanyakan masih nyis.

          Suka

          • Siap bro, sama2 trimakasih jg nmbahin ilmu pengetahuan saya ttg permotoran hehehe.
            hahaha iya parah banget suara idle mesin itali, lebih ngeri dari mesin potong rumput atau pompa air & mesin diesel skalipun wkwkwk.
            Tiger mah dari dulu mesinnya gitu2 aja, pantes wis dah discontinue, ktolong sama pnggemar aja yg pd beli shingga usiannya lumayan lama dari 90an.
            Setuju, pas ane naikin lebih halus yg 110 klo 125 ada bunyi klok-klok nya. Tinggal waktu yg membuktikan untuk si new 150

            Suka

        • Kasar banget malah.. Coba dengerin ducati atau mv agusta deh.. Terutama pas idle.. Yg gak paham pasti disangkanya motor rusak wkwkwkwkk…
          Justru disitu karakteristiknya motor eropa..
          Intinya bener, gak selamanya mesin suara kasar = jelek/rusak.
          Mungkin karena mesin jepang sudah identik dengan kehalusan jadi kalau mesin bersuara ngorok atau kasar dianggapnya ada yg rusak/ salah..
          Padahal selama gak berpengaruh pada performa ya tidak ada yg rusak..

          Info yg ay dpt juga suara ngorok yg ditimbulkan vario, selain (mungkin) seperti yg IWB post tp infonya karena desain chamber filter udara yg memang menghasilkan turbulensi sehingga berbunyi.

          Tidak ada SOP dan QC suara mesin saat berjalan/ akselerasi, yg ada measurement dB saat mesin idle.. Selama sudah lolos saat idle baik suara mesin atau knalpot ya gimana lagi, udah laik distribusi

          Suka

  3. pemuja pemuja ahm juga g malu ngebanggain sampah
    kalo di blog iwb/tmc/ ipan mana berani mereka nulis fakta ky ente?
    mereka takut ahm g mau kerjasama lagi(pastinya)

    top thumbs buat ente bro.LANJUTKAN !!!

    Suka

  4. Teruskannnnn kejujuran dn apa adanya Mas…..dn tetp sertakan contoh nyatanya….biar gk d bilang Hoax dn penggiringan opini….jossssss massss

    Suka

  5. Suara beat karbunya aneh, settingan karbu dan langsamnya jg gak pas.
    Sebagai pembanding, beat karbu ane gak pernah mengeluarkan bunyi seperti itu.

    Suka

    • Ok. Kalau Honda sering untung – untungan. Kalau dapat yang 100% bagus semua termasuk hoki, bisa tidak sama antar motor satu dengan yang lain karena tidak semua komponen diproduksi sendiri:
      http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab1Doc/LKN2005-02-bab1.doc

      .3 Sub- Kontraktor dengan Sistem Supply Berantai
      Komponen Knocked Down: Honda Motor Company Japan, Honda non Jepan selain kedua sumber tersebut. Sub Contractor: sekitar 132 perusahaan.

      Secara keseluruhan sih menurut saya rasanya suara Honda Beat cenderung kasar. Yamaha Mio karbu hampir serupa namun sedikit dibawahnya.

      Suka

  6. Motor drmh grand 99, beat 2010, cb150 2013, suara masih kunyis2…
    Tapi klo liat dijln mtr lain yang setipe sdh pd berisik, mungkin faktor perawatan,
    Grandq klo knalpot ditutup halus bgt,

    Suka

    • Rasanya orang Indonesia termasuk fanatik dengan servis ke bengkel resmi, jadi mungkin bukan perawatannya. Bila bukan karena kualitas komponen, saya lebih curiga sama olinya.

      Mas pakai oli apa?

      Kalau untuk bebek, memang rasanya pada lebih diam semua dibanding dengan yang matik. Apalagi yang buatan thailand.

      Suka

  7. Itu beat karbu bisa kaya traktor ? ga di isi oli ?
    vario 125 ane senyap bngt.
    Dan artikelnya ganyambung juga masa beat esp contohnya beat karbu yg gadirawat jadi kaya traktor.
    Beat yg injeksi kan mesinnya alus, apalagi yg udah ACG

    Suka

    • Saat itu di pom ada tiga Honda Beat, semuanya pada berisik. Kalau melihat di jalan, yang sudah ganti model pun terasa berisik.

      Untuk beat injeksi, mungkin perlu ditunggu. Kalau masih baru memang masih halus suaranya. Punya teman kantor saya pun asalnya tidak ada suaranya juga kok walau jalan 60kpj.

      Suka

  8. Mantap artikelnya tapi lain kali bikin artikel juga tentang vixion ngebul
    vixion shock depan mudah patah
    matic yamaha yg YM JET FI sering mogok
    velg matic yamaha geal geol

    Biar adil kang hahaha gacuma honda doang yg di bully

    Suka

  9. Judulnya pas…. isi gak salah….
    Beat adik saya itu, anak perempuan saya pernah minjam… dipake. Komentarnya: Yah, kok masih enak ZIP ya….?
    Ditambah pengalaman saya sendiri, lebih nyaman Suzuki Spin juga…
    Subyektif sih….

    Suka

  10. bener tu kata si Fariz… ini yg bikin artikel g tau bnyk teknologi otomotiff bnyk cakap doank … liat tuh ducati suara mesinny ky ap .. kymsin giling pdi.. ksar g ktulungan. tpi emng kualitas ny jlek.. sma sxali g…mlh setara. sama honda hrc…ahh ni mah yg buat artikel pling sales yamaha /black campaign lgi… biar beat g laku.. stau gw beat karbu tu d akuin sma org dan org yg ngerti msin klo msinny tuh. lbih bgus d bndingkn dgn beat injeksi…tu yg d video pling beat yg cacat yg d unjukkin. beat adek gw kg keq gtu

    Suka

    • Saya justru sekarang jadi makin yakin mesin Honda kualitasnya kurang. Kalau motor ducati kan memang aslinya begitu, sementara mesin Honda matik kan kalau baru tidak ada bunyinya, namun begitu sudah berumur jadi makin berisik. saya ingat betul kok.

      Sekarang ini kalau ketemu Honda matik yang umurnya lebih dari 2 bulan kebanyakan sudah jadi lebih berisik. Berikut adalah buktinya pada waktu saya melakukan perjalanan, sebelum merekam saya juga sudah menemui beberapa Vario 150 yang suaranya berisik, yang membuat saya kepikiran untuk merekam. Harus diingat bahwa saya naik motor matik juga dan suara kalah berisik dengan suara Vario yang saya rekam:

      Saya tidak menampik kemungkinan bahwa ada yang mesinnya lebih halus, tentu bisa dilakukan dengan menggunakan oli kualitas yang bagus dan cara lainnya. Tapi yang saya ungkapkan adalah kenyataan pada umumnya yang saya jumpai bila dijalan. Cerita lengkap video tersebut bisa dibaca di:
      https://kupasmotor.wordpress.com/2015/05/06/apakah-tidak-adanya-pelapis-silinder-menjadi-penyebab-kasarnya-suara-motor-matik-honda/

      Suka

  11. SUARA KLO RODA BELAKANG MUTER BUNYI RER RER RER, BERISIK BANGET, KAGA ENAK DI DENGER, SEPERTI SUARA LAHAR RUSAK…., UMUR MOTOR BELOM SAMPE 1 TAHUN… OLI MESIN DAN GARDAN SETIAP 1000KM GANTI.., SERVICE RODA RORER NYA UDAH PECAH…

    Suka

  12. Ambil positifnya bro…kita gak perlu klakson kalau mau nyalip.
    Atau gak perlu panggil2 buat buka pagar
    Udah kedengeran dari jauh hahaha

    Suka

  13. saya pengguna beat versi karburator, tentang komponen berkualitas rendah ada benarnya. karena setelah 2 bulan pemakaian saya ngalamin mogok di tengah perjalanan yang ga jelas penyebabnya. Padahal dulu motor saya Suzuki smash selama 5 tahun pemakaian ga pernah mogok. Intinya walaupun beda jenis motor tapi jelas kualitas komponen beda jauh

    Suka

  14. Mas, yg bikin suara Starter Matic Honda jadi halus itu bukan ISS, tapi sebuah teknologi yg Honda menyeburkan sebagai ACG Starter…
    🙂

    #SayaBukanSaleaHondaAtaupunKaryawanHonda
    😀

    Suka

    • Ok, makasih infonya. Ternyata yang bikin masalah berisik itu terutama adalah oli bawaan / buatan Astra Honda Motor yang kualitasnya dibawah standar. Kalau pakai oli berkualitas, seperti misalnya valvoline atau fastron maka suara mesin jadi jauh lebih mendingan senyapnya, walau begitu berisiknya masih hampir sama dengan starter jaman dulu. Jadi ACGnya mubazir karena kebanyakan suara mesin lebih berisik dari suara starter sebelum ACG.

      Suka

      • Tapi Mas, maaf… Dari yg Saya baca sepertinya pemahaman Mas mengenai perawatan Mesin juga kurang…
        Saya baca di Artikel soal Beat dan Spin seperti KW 1 dan KW 2…
        Di situ saya baca, Mas’nya ‘menambahakan’ Oli Valvoline ke Beat…

        Kalo nambah Oli itu harus dengan tipe / formula / spek Oli yg Sama dengan Oli yg sudah ada.
        Jangan di campur Mas…

        Sama Halnya dengan BBM, jabgan Premium di campur Pertamax Plus…

        Mungkin Iya, saat itu juga problem teratasi, namun Efek jangka panjangnya juga nanti akan timbul…

        Sesuatu yg Salah jangan dianggap Lumrah.😀 😀

        Oh iyaaa Oli AHM yg SPX-2 (botol warna Orange, tutupnya warna Biru) bagus juga kok…

        Vario 150 ESP Saya pakai Oli SPX-2, saat Starter makin haluuusss (walau sudah ACG Starter)… Di Kick Starter 1 kali saat Pagi langsung nyala, dan langsam… Tarikannya juga Joosss….

        Satu Hati kita Nyalakan Nyali untuk Semakin Di Depan

        #Peace🙂

        Suka

        • Apakah itu berarti bro WP tidak pernah ganti oli merek lain? kan saat ganti oli itu masih menyisakan oli di mesinnya yang artinya kalau ganti merek sama saja dengan top up, yaitu mencampur dua merek oli yang berbeda.

          Top up pakai oli merek lain saya berpendapat tidak masalah, selama tidak pakai oli yang warnanya keruh.
          Pihak pabrikan juga tidak melarang, bisa dibaca di artikel berikut:
          Topup, nambah atau mencampur dengan oli merek lain tidak berani tapi kok bila ganti oli merek lain sembarangan?

          Contoh kalau dari castrol, dipakai top up oli merek lain tidak masalah. Di artikel diatas ada kutipan dari mobil 1, valvoline, motul dan amsoil juga.
          Got a question about Castrol MAGNATEC or engine oil in general? Please see the answers below.

          Will Castrol MAGNATEC mix with the oil I am currently using?
          Castrol MAGNATEC is designed to mix completely with other synthetic, part-synthetic or mineral lubricants. Not only is it perfectly okay to top up your vehicle with Castrol MAGNATEC, you will begin to benefit straight away from the protection of its Intelligent Molecules which reduce the engine wear that would occur with inferior oils. To reap the full benefits of Castrol MAGNATEC, a complete change of oil is recommended.

          Soal SPX, rasanya lebih ekonomis fastron. berikut contoh testimoninya:
          Sempat Mencoba Beberapa Merk Oli,Akhirnya Paijan Lebih Sreg Dengan Oli Produk Tetangga.

          Hingga pada kilometer 8 ribuan,Mas sayur kembali mengganti oli dengan oli produk AHM lagi. Ini Mas sayur lakukan untuk membedakan,bagaimana perbedaan rasa memakai oli produk AHM dan Oli Yamalube Sport .

          Setelah oli ini terisi ke mesin si Paijan,maka yang Mas sayur rasakan adalah,masih seperti sebelumnya,yakni tarikan mesin tak berubah,suara mesin agak kasar,dan suhu mesin lebih cepat naik. Memang soal waktu naiknya suhu ini,Mas sayur tak menggtunakan alat bantu,hanya perasaan saja.

          Dan anehnya,oli ini ketika mencapai 500 km lebih,suara mesin menjadi sedikit lebih kasar lagi,entah karena volume nya berkurang seperti isu yang beredar jika oli ini gampang menguap.

          Nyobain SPX1 oil orange,disiksa seharian di sentul performa jozz, tapi……

          NAMUN bin TAPI , shifting gear mulai keras , bletak *wahh pertanda mulai ga beres 😈

          *yang agak menghkawatirkan saat main main di red line 12.000 Rpm si paijo teriak tapi laju nya loyo # Selip kopling mas bro 👿 , mengetahui hal tersebut ambil tindakan cepat , segera Tap si SPX1 dari engine Paijo , dari pada nanti kampas kopling yang jadi korban

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s