Apakah tidak adanya pelapis silinder menjadi penyebab kasarnya suara motor matik Honda?


Banyaknya respon di artikel tentang berisiknya mesin Honda Beat membuat penulis mencoba mengira – ngira apa yang menjadi penyebab dari berisiknya suara mesin matik Honda. Penulis menganggap ini terjadi pada semua mesin matik Honda karena penulis mengamati bahwa tidak hanya beat yang suaranya “khas”, tapi juga Spacy dan Vario.

Beberapa ada yang bertanya tanya bagaimana pada Honda Vario yang baru. Dari yang penulis amati dari beberapa Honda Vario baru 150 atau yang 125, yang plat nomernya 2.20 (plat nomer bulan 2) atau 4.20 (plat nomer bulan 4), suaranya masih tetap kasar.

Suara berisik yang penulis maksud ini bukan soal klothak klothaknya. Memang kebetulan di video sebelumnya suara ini lumayan dominan, namun yang penulis maksud lebih ke suara shak shak shak. Sayang video sebelumnya kurang memberikan gambaran karena tidak membandingkan dengan kendaraan lain. Video berikut menunjukkan beda suara Vario dengan kendaraan lain. Sayang saat merekam tidak ketemu yang versi Vario 150, namun dari yang sudah penulis jumpai sama saja berisiknya.

Dari suara khas berdasarkan urutan tampil:
– Honda Vario 125 plat nomer bulan Februari: terdengar
– Honda Supra X 125: tidak terdengar
– Suzuki Satria 150: tidak terdengar
– Honda Supra Fit X: tidak terdengar
– Saat menyalip beberapa kendaraan, terdengar hanya dari Honda Beat
– terakhir Vario 120 lama: agak tidak terdengar.

Dari suaranya, penulis menduga suara berisik berasal dari gesekan antara piston dan silinder. Ada kemungkinan silinder atau piston dari motor matik Honda tidak menggunakan pelapis seperti yang lain. Sayang tidak ada informasi yang bisa menjelaskan masalah ini di website resmi. Yang ada hanya rumor yang beredar di blogger.

Dari situs fans resmi, teknologi yang diaplikasikan disebutkan sebagai berikut:
AHM Rilis 2 Motor Baru Berteknologi eSP‎: All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP

Teknologi pada eSP memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

Suara berisik khas dari motor matik Honda mirip dengan suara pada Yamaha Mio karbu, yang tidak lagi muncul pada Yamaha Mio J. Yamaha Mio J sudah menggunakan teknologi diasil silinder dan forged piston, yang dikatakan menambah ketahanan pada piston. Dan memang di kenyataan, suara mesin dari Mio J tidak seberisik dari Mio Karbu.

Bila dibandingkan suara berisik mesin Honda matik dibanding Yamaha Mio karbu dan Mio J, besar kemungkinan bahwa motor matik Honda tidak menggunakan pelapis silinder atau piston yang lebih awet. Efeknya adalah kedua komponen tersebut gampang aus dan menimbulkan suara yang berisik. Bila benar, maka motor matik Honda yang sudah berisik suaranya tenaga serta iritnya akan berkurang karena suara berisik menandai ausnya komponen utama tersebut.

Walau sepertinya ausnya silinder dan piston tidak bisa dihindari, tetap bisa dikurangi. Terbukti dari beberapa komentar, ada yang mengatakan bahwa mesin matik Honda mereka senyap.

Penulis menduga penggunaan bensin yang memiliki pelumas lebih baik (produk pertamax atau pertamax plus) dan oli yang levelnya lebih tinggi dari oli yang disediakan dealer resmi akan bisa membantu menambah daya tahan kedua komponen yang harus sering bergesekan tersebut.

Di pasaran mungkin ada produsen yang menawarkan aditif untuk menambah lapisan pada piston, namun penulis belum mengetahui performa dari aditif yang mereka tawarkan. Sepertinya lebih baik memilih oli yang kualitasnya lebih baik. Apalagi penulis sudah pernah merasakan sendiri bagaimana oli murah yang dijual di dealer Honda hanya tahan 100km sebelum suara mesin jadi berisik.

Semoga berguna.

29 thoughts on “Apakah tidak adanya pelapis silinder menjadi penyebab kasarnya suara motor matik Honda?

  1. halah sapa yg ngomong. ketauan artikel pesanan yahombreng. matik honda baik2 saja. ane dr dl pame matik honda nyaman2 dan awet. beda matik yahombreng yg vak nyaman blas

    Suka

    • Ini membahas suara berisik kok. Soal nyaman, beda lagi. Untuk nyaman butuh tidak cuma per empuk tapi juga skok yang awet. Dan dari setahu saya, per Honda memang empuk, tapi skoknya gampang aus. Kalau yamaha sih memang dari dulu amit – amit kerasnya.

      Suka

  2. masyarakat 90% telah membuktikan matik honda paling nyaman dan awet.
    ane dl punya nuvo benerasi pertama. sdh socknya keras, mogokan lg. trus ganti beat, vario dan tekhir scoopy smua mantab dan nyaman

    Suka

      • Untuk Nuovo, saya juga merasa aneh karena sepertinya tidak sebagus motor Yamaha yang lain. Nuovo yang saya temui seringkali terdengar seperti hampir rusak, padahal motor f1z-r masih pada kencang, crypton masih pada halus. Mungkin karena sudah tidak tersedia onderdilnya lagi. Motor matik kan komponennya ada yang harus diganti tiap berapa tahun, paling tidak beltnya.

        Suka

  3. ok maaf deh klo ada kata2 ane yg kasar. tp saran ane klo mau blog ente maju, buatlah artikel yg bagus jangan provokatif dan mengada2 kayak ini. carilah deferensiasi dari blog yg laen. klo model ginian sdh ada pertamax7dan bonsai. jd klo orang ke blog ente nemu sesuatu manfaat

    Suka

  4. jgn peduliin komentar2 gak bertanggung jawab mas.. ini dunia maya, pengecut pun berani bersuara lantang di kandang singa.. lanjutin apa yg di yakini. saya punya honda beat injeksi, pake oli mobil shell hx7. suara gak trlalu brisik, cuma getarannya parah, sama starter bener2 ngagetin, jok keras, pada bagian bodi yg sudut2 cat udah luntur..hahahaha.. motor pembanding mio gt temen saya yg dibeli seken. mio jelek di velgnya yg mudah peyang

    Suka

    • Terima kasih. iya, saya berusaha memberikan informasi berdasar apa yang saya tahu.

      Terima kasih infonya. Heran juga bila oli lebih bagus tidak bisa mengurangi getaran. Soal starter berisik, sepertinya Honda sadar sehingga merevisi dengan teknologi ACG.

      Untuk yamaha, salesnya juga waktu menawari bilang sebaiknya velg ruji saja kalau untuk matik Yamaha karena lebih kuat.

      Suka

  5. ane pikir krn ahm pelit teknologi… matic honda sebelum esp bunyi kerr kerr kerr….
    solusi sementara mungkin bisa pake oli encer… 5w40 atau 0w50…

    Suka

  6. jangan ribut,….
    besok dengerin matic generasi bluecore/bocor sama esp esputer yah…
    review ane.bluecore lagi stationer : berisik dan bergetar.lagi akselerasi lembut menderu ( cmiwww).esp lagi stationer lembut,halus,minim getaran kalau lagi akselerasi =berisik,meraung dan polusi suara…..

    Suka

  7. wah..memang betul.ane bru ja beli all new vario 125 esp yg terbaru lampu LED.pas berbarengan dgn vario teman generasi sebelum yg baru ini sangat halus.teman ane bilang blum di servis itu.pdahal baru servis pertama ganti oli.pas nanya ke bengkel AHASS.mekanik bilang alasan ny vario baru belt ny udah pake dua gerigi atas bawah di banding yg lama.pdahal mnurut aq ga ada hubungan belt ny.yg jelas piston ny vario ga bagus hingga berisik.benar bro..artikel ny

    Suka

    • Terima kasih infonya bro, sangat membantu. Motor saya sekarang suaranya sudah jauh lebih halus dari motor Honda Honda Beat atau Vario lain setelah pakai oli mesin bagus dan penambah tenaga pro capacitor.

      Suka

  8. Vario 125 saya bln 5/15, memang benar artikelnya.
    Bunyi kasar di mesin timbul diatas 40kpj-konstant, kerasa sampe kaki getaran kasarnya.
    Terus untuk bunyi cit cit cit di bagian kolong mesin entah di bagian mananya. Saya udah cari sendiri, & pindah2 bengkel masih belum ketemu.
    Tolong dong yg punya solusi untuk keluhan2 diatas bisa di share dsini.. 🙂 thanks

    Suka

  9. Pengalaman nih pake vario 125 keluaran 2013. Klo ni vario pake oli mpx/spx2,bahan bakar pake premium,telat ganti oli gardan(walau gak ada sangkut pautnya sama mesin)suara tuh mesin ibarat gak pake oli,kasar!! Apalagi klo udh dipake kmana2,sama kasarnya kyk mesin diesel. Tpi setelah pake bahan bakar pertamax oli federal gak telat ganti oli gardan alhamdulilah mesin mtr sama seperti baru,dipake turing jakarta-sumedang,bermacet ria,panas2an,hujan2an,geber pooll,suara kasar gak pernah muncul. Malah makin panas makin “ngageleser” dan makin mantap diajak gas pol, cman berbagi pengalaman bukan bermaksud apa2. Sampe skrg alhamduliah resep tersebut cukup bikin seneng saya ama si rwb

    Suka

    • terima kasih sharingnya. Tapi kadang untung untungan juga. Ibarat seperti beli kucing dalam karung. Kalau pas dapat unit yang berisik, pakai bensin dan oli apapun tetap berisik. Beruntung juga bro dapat unit yang senyap.

      Suka

  10. Kalo agan yoaji pake oli motor merk apa??trus kalo pertama kali pakai oli mobil di motor matic langkah-langkahnya hrus gimana gan??apa hrus flushing dulu

    Suka

    • Saya pinginnya pakai oli valvoline. tapi kalau nggak nemu sepertinya mending Shell AX7. Untuk kekentalan, rasanya 20W50 saja sudah cukup, toh pakai pakai repsol 20W50 di spin saya juga mesin masih bisa jalang kencang sampai nging.

      nggak terlalu menyarankan sintetik, kecuali kalau dari pabrikan yang oli mineralnya juga bagus. Sebaiknya jauhi oli sintetik dari pabrik yang oli mineralnya jelek, karena walau mahal tetap saja jelek.

      sebaiknya jangan di flushing. karena flushing itu kalau di bengkel pakai cairan yang menurut saya justru merusak karena isinya kerosene / minyak tanah, yang bisa merusak seal yang bikin knalpot berasap. Mending di gelontor biasa saja. Periode penggantian oli berikutnya berdasarkan kapan mulai kasarnya. Nanti setelah beberapa ganti oli nanti akan makin baik kualitasnya. ganti oli bagus pertama saja sudah sangat lumayan.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s