Hebaat, Honda Move Thailand sudah mendukung bahan bakar ethanol, kapan Honda Beat ESP bisa ya?


Saat browsing mencari informasi tentang mesin Honda Beat Esp, penulis baru sadar bahwa ternyata motor matik Honda Move Thailand, yang spesifikasi mesinnya sama ngeplek dengan Honda Beat di Indonesia, ternyata mendukung penggunaan bahan bakar ethanol. Informasinya bisa disimak sendiri di terjemahan website resmi Honda Thailand berikut:
Terjemahan google dari spesifikasi Honda Move Thailand
HondaMoveBeat

Bensin tanpa timbal Minyak, gas, gasohol 95 oktan atau 91 oktan etanol yang mengandung tidak lebih dari 20%.

Menurut penulis ini sesuatu yang luar biasa. Karena selama ini penulis pikir hanya motor Honda di Brazil saja yang mendukung bahan bakar berbahan alkohol / ethanol. Perlu diketahui bahwa pemakaian bahan bakar ethanol membutuhkan komponen yang tahan terhadap bahan bakar ethanol. Seperti halnya minyak tanah, ethanol bisa membuat karet melar. Kandungan airnya juga bisa membuat komponen berkarat. Oleh karena itu semua komponen harus diperhitungkan agar tidak melar ataupun berkarat.

Penulis tidak tahu apakah Honda Beat di Indonesia juga mampu atau tidak, karena sepertinya produksi untuk konsumsi di Indonesia dibuatnya juga di Indonesia dengan komponen yang sepertinya disengaja memakai dibawah level kualitas dari Honda Move Thailand. Jadi besar kemungkinan Honda Beat Indonesia tidak mampu dipaksa untuk menggunakan bahan bakar ethanol. Sayang padahal bahan bakar ethanol adalah bahan bakar yang lebih bersih daripada bensin.

Yang cukup mencengangkan lagi adalah kebutuhan nilai oktan yang tinggi. Selama ini penulis belum pernah melihat Honda Indonesia berani mencantumkan kebutuhan oktan bensin di website resmi. Bila melihat spesifikasi mesin yang sama persis, seharusnya kebutuhan oktan dari Honda Beat Esp juga sama saja, membutuhkan oktan 91 ke atas, bahkan direkomendasikan 95.

Dari bahan bakar yang tersedia di Indonesia, maka piliannya adalah pertamax atau pertamax plus. Pertalite atau premium tidak recommended.

2 thoughts on “Hebaat, Honda Move Thailand sudah mendukung bahan bakar ethanol, kapan Honda Beat ESP bisa ya?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s