Cara menyetel karburator serta mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin


Mungkin mesin karburator sudah hampir lewat masanya, pihak pabrikan sekarang ini juga berusaha untuk melakukan migrasi menuju sistem injeksi. Tujuan penulis membuat artikel ini adalah karena sepertinya masih banyak yang motornya pakai karburator dan ada yang mengeluhkan mesin susah menyala saat dingin.

Untuk memulai mari kita kenali bagian dari karburator. Bagian karburator yang biasa diatur/dirubah terdiri dari:
– Main jet, baut berlubang yang paling besar di dalam karburator (CMIIW), diatur dengan merubah kerapatan sampai 2 kali dilonggarkan atau ganti ukuran:
main

  • Pilot jet, baut berlubang yang lebih kecil, selain yang dilewati, diatur dengan merubah kerapatan atau ganti ukuran :
    pilot
  • Jet needle (jarum), jet needle (jarum) biasanya dipasangkan juga dengan needle jet (tempat jarum bergerak), diatur dengan merubah ketinggian:
    needles
  • Throttle valve (katup), biasa dipangkas atau dirubah bentuknya:
    slide
  • Airscrew, bisa terlihat dari luar sebagai baut kuningan di sebelah pengatur ketinggian valve / setelan rpm idle, terkadang tertutup karet, bisa dirubah setelannya tanpa membongkar karburator, diatur dengan merubah kerapatan:
    airscrew
  • pengatur pelampung, berguna untuk mengatur ketinggian pelampung. Biasanya motor sekarang sudah tidak lagi bisa diatur pelampungnya.

Pengaruh dari setelan karburator terhadap campuran bahan bakar bisa digambarkan sebagai berikut:
jet-chart-1024x631

effects3

jettingeffects

mikunicircuit

Grafik diatas menjelaskan tentang hubungan antara komponen karburator dengan nilai bukaan gas. Sumbu x adalah nilai bukaan gas dari posisi idle sampai gas penuh / full throttle. Terlihat bahwa masing masing komponen mempunyai pengaruh yang berbeda pada bukaan gas yang berbeda.

Cara tuning disarankan diawali dengan mencari nilai main jet yang cocok. Karena main jet mempengaruhi bukaan gas 3/4 sampai penuh, maka motor dijalankan pada kecepatan penuh di gigi tertinggi juga. Setelan yang pas akan memberikan tenaga yang paling kuat atau akselerasi paling cepat dari posisi 3/4 ke full, ini sering ditandai dengan kecepatan paling tinggi baik pada jalan lurus atau jalan pendek tergantung keperluan. Cocoknya setelan juga bisa di cek dengan mengetahui warna busi. Mesin harus dimatikan dan persneling dikopling setelah motor digas penuh selama beberapa menit, lalu berhenti untuk membuka busi dan melihat warnanya. Warna isolator yang putih seluruhnya menunjukkan campuran yang terlalu kering. Yang ideal adalah ada warna coklat pada bagian isolator yang dalam, sementara bagian lain putih. Bila setelan terlalu kaya maka motor akan berkurang tenaganya atau bahkan mbrebet.

Setelah setelan main jet pas, yang perlu dilakukan adalah mencari posisi ketinggian jarum jet needle. Jet needle mempengaruhi bukaan gas dari 1/4 sampai 3/4. Cara pengecekan bisa dari pengetesan akselerasi atau kecepatan maksimal pada bukaan gas yang sama (silahkan ditandai gasnya). Pengecekan busi agak berbeda dari cara diatas, dilakukan pada warna isolator yang menjadi coklat bila campuran sempurna, putih bila terlalu kering, hitam atau basah bila terlalu kaya.

Bukaan gas pada 0 sampai 1/4 diatur dengan mengatur pilot jet dan air screw. Setelan yang pas akan membuat mesin bisa berakselerasi secara mulus dari posisi tidak digas sama sekali atau gas kecil. Bila di gas sedikit maka motor bisa melaju lancar. Bila kecepatan naik turun atau akselerasi tidak lancar maka setelan terlalu kering. Bila tarikan terasa berat maka setelan terlalu kaya.

Banyak yang menyetel setelan airscrew pada saat mesin berhenti. Walau ini sering dipraktekkan bahkan di servis berkala di bengkel resmi, penulis yakin bahwa ini cara yang salah. Cara yang menurut penulis lebih benar adalah dengan di tes sambil jalan. Kendaraan dijalankan dengan gas sedikit lalu di diakselerasi dengan nambah gas sedikit. Bila terasa ringan dan kurang tenaga, maka di perkaya, bila terasa berat dan kurang tenaga maka diperkering. Dari pengalaman penulis, setelan yang didapat dengan pengetesan di jalan seringkali jauh berbeda dari setelan saat berhenti.

Untuk mengatasi motor yang susah menyala pada saat mesin dingin yang perlu diperhatikan adalah kombinasi setelan dari pilot jet, air screw, jet needle dan kalau bisa pelampung. Setelan yang seringkali sangat berpengaruh adalah setelan jet needle. Jadi bila mesin susah menyala saat dingin, dan bila setelan dari air screw dan pilot jet tidak bisa membantu, maka pengaturan jet needle sebaiknya lebih diutamakan untuk mengatasi hal ini. Setelan yang telalu kaya akan membuat busi basah dan mesin tidak menyala sama sekali, sedang setelan terlalu kering akan membuat busi kering dan mesin menyala cuma sebentar.

Harus diingat bahwa setelan akan sangat terpengaruh oleh suhu, kelembaban dan bensin. Seringkali setelan pada saat siang hari akan terasa tidak enak pada malam hari atau sebaliknya. Sering terjadi setelan dari pom bensin satu butuh berbeda dari pom bensin lain. Termasuk juga pemakaian aditif atau alat penambah tenaga atau modifikasi mesin. Seringkali setingan menjadi tidak pas dan harus diatur ulang.

Ciri bila campuran bensin terlalu kaya:
– brebet, suara knalpot teredam dan tidak lancar
– kondisi makin parah saat dichoke
– kondisi makin parah saat mesin panas
– mencopot filter udara bisa mengurangi masalah
– saat di gas suara knalpot mgebas
– busi gagal menyala karena basah / hitam

Ciri bila campuran bensin terlalu kering:
– mesin menjadi sangat panas
– kondisi membaik bila dichoke
– akselerasi jelek, tenaga lemah
– saat di gas suara knalpot cempreng
– busi kering / putih
– putaran mesin tidak lancar, rpm tidak stabil

Kalau setelan campuran bensin pas, suara knalpot terasa mantap dan tajam, karena memang dentuman mesin lebih kuat. Setelan yang tidak pas bisa membuat motor kalah sama yang ccnya lebih kecil.

Setelan karbu bisa diatur untuk irit atau untuk tenaga. Mengurangi bensin yang berlebihan justru tidak irit, menambah bensin yang berlebihan juga justru tidak bertenaga. Setelan harus pas. Kalau normalnya setelan untuk performa warna busi merah bata, sedang setelan untuk irit warna busi kuning.

Rasio bahan bakar dan udara yang ekonomis dan pas

Semoga berguna. Bila ada yang ingin menambahkan maka silahkan share.

Sumber:
CV Carb Tuning
Mikuni Motorcycle Carburetor Theory 101
Carburetor Tuning for Kawasaki Triples
Overview: Jetting 101
Mikuni VM Carburetor – Super Tuning Manual (file pdf)
01 Dellorto Motorcycle Carburetor Tuning Guide (file doc)

82 respons untuk ‘Cara menyetel karburator serta mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin

    • Motor f1zr ketika dingin susah dinyalakan , dan untuk menyalakannya harus di tutup karburatornya sampai naik bensinnya , kira-kira penyebabnya apa??

      Suka

      • Motor perlu di choke sat dingin normal. Cara lain bisa dibuat di idle lebih boros, Tapi jangan sampai saat mesin panas mbrebet. Yang diatur ketinggian jarum dan setelan pelampung.

        Suka

  1. kalau menurut saya sih cara yang di share sangat bermanfaat sekali…soalnya saya yakin masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Apalagi dengan cara yang telah di jelaskan dengan sangat detail, ini membuat saya lebih mengeti tentang bagaimana cara menyetel karburator, ya walapun saya sedikit bingung juga sih…intinya terimakasih telah berbagi informasi. O ya saya juga ingin berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara modifikasi motor satria fu 150.

    Suka

  2. Ass.pagi.mau nanya, klo motor susah hidup pada saat mesin dingin itu penyebabnya dmn?soalnya sy sdh ganti karbu kendalanya klo pagi hari mau dipanasin mesti di cok dlu.bgtu jg pada kondisi mesin dingin.

    Suka

    • pagi. Penyebabnya bisa karena campuran bahan bakar nggak pas, busi terlalu dingin atau pengapian kurang bagus.

      Ganti karbu juga perlu di setel. Sayangnya yang biasa disetel itu idle dan tenaga saat mesin panas. Coba dimainkan setelan angin di luar di buat agak kendor.

      Busi juga coba cari yang agak panas, ganti busi standar, jangan pakai busi racing.

      Hindari pakai pertalite.

      Suka

      • Assalamualaikum gan,

        Mau curhat gan.

        Saya baru aja ganti karbu pe. Motor saya Suzuki Hayate tahun 2011 masih karburator.

        Semua kelistrikan ok sudah pada ganti. Mesin baru turun.

        Settingan karbu pe yang baru ini juga saya ngerasain sih udah pas tenaganya. Nanjaknya mantap. Suara mesin juga udah garing bertenaga lah. Masih ada brebet dikit kalau nanjak agak parah di awal doang.

        Tapi masalahnya masih susah banget hidup kalau mesinnya dingin.

        Sekalinya langsung hidup, cuman sebentar langsung mati lagi.

        Begitu digas, langsung mati kalau mesinnya masih dingin.

        Saya pakai karbu pe 26 Scarlet. Itu kira-kira masalahnya dimana ya gan?

        Tolong dibales ya gan. Terima kasih..

        Wassalalamualaikum

        Suka

        • wa ‘alaikumus salam.

          Menurut saya setelannya kurang pas. Dari ciri tersebut sepertinya campuran bahan bakar untuk rpm rendah / bukaan gas kecil masih terlalu kering. Yang bisa dicoba adalah bila pelampung bisa disetel, maka coba dirubah. Selain itu bisa juga dari ketinggian jarum atau dari setelan angin yang dari luar.

          Suka

  3. misi abang2 bro yg ganteng..
    bwt kuda besi abang bro yg sering ngebrebet, ngebul, atau tekor bbm alias boros, coba deh abang2 pake produk ciptaan dr sarjana ITB karya anak bangsa, udah ada izin LEMIGAS ama PETROLSB, udeh diuji di Dynotest, dll.. hasilnya maknyoooosss…
    cobain deh bang pake Eco Racing, dijamin maknyooosss… bwt info japri di WA ane yee.. 085697222133 makasih abang bro ganteng…

    Suka

  4. Aas . om mau nnya motor saya beat karbu PE 28. Klo di starter lama nyala nya . mau mesin dngin atau panas lama nyala nya . terus klo di tarik gas mnddak/spontan pasti ngempos trus mati . kcuali klo narik gasnya hrus pelan2 bru nrmal . itu knpa ya om . apa ukuran main jet sma pilot gak sesuai ?thx om

    Suka

    • wa ‘alaikumus salam.

      Sepertinya seperti setelan mesin terlalu irit. Kalau yang mempengaruhi putaran mesin bawah itu adalah setelan jarum dan setelan ketinggian pelampung. Coba rubah setelan jarumnya saja dulu.

      Kalau aliran udara masuk kencang, maka bensin harus diperbanyak.

      Suka

    • Beda motor atau beda karbu itu beda perilakunya. Pada umumnya kalau habis dari posisi rapat bila dibuka maka rasio udara bertambah. Tapi lebih dari beberapa putaran, rasio udara berkurang lagi.

      Suka

  5. Nanya nih gan, setiap mau nyalain motor kan susah nih jadi setiap mau nyalain motor harus di tutup dulu lubang karbunya pake tangan baru bisa hidup, tapi saat mesin mati di nyalakan lagi masih susah dan harus tutup lubang dulu. Kira kira tang di tambah ukuran spuyer yang mana yaaa ?

    Suka

  6. Pa or bro, sy ingin mencoba pro capasitornya, untuk digunakan di motor athelete, bissa bantu?? Thks sebelumnya, artikelnya sangat bermanfaat🙏🙏🙏🙏

    Suka

  7. Gan, suzuki hayate ane kalau pagi susah nyala, sekali nyala ndak mau digas alias langsung mati, posisi karbu standar filter cm bok aja tanpa busa, harus nunggu panas dulu baru bisa nyala alias di kik stater smpe lempoh dulu, kalau sudah panas tok cer langsung nyala, tp pas rpm tinggi agak mbrebet dan tenaga ngeden/ndak mau lari, apa yg harus di cek, thnks

    Suka

    • Boks tanpa busa itu yang bikin masalah. Saya pernah lepas saringan juga sama, pas dipakai kencang malah mbrebet. Udara masuknya terlalu banyak. Starter dingin juga susah. Penyebabnya karena karbunya vakum jadi setelan masuk udara harus benar benar pas. Kalau knalpot bocor atau diganti racing juga bakal terjadi masalah yang sama.

      Jadi solusinya adalah ganti/modif karbunya ke bengkel yang sip, diganti jangan yang vakum lagi. Atau filter udara dipasang lagi.

      Suka

  8. Nyimak pencerahan gan, suzuki hayate kalau pagi susah nyala harus nunggu panas dulu alias di kickstater smpe lempoh dulu, sekali hidup sebentar digas dikit langsung mati, tp kalau sudah panas pencet stater langsung nyala, kondisi karbu standar, chocke sudah dimatikan, tp pas rpm tinggi agak mbrebet dan nahan g mau lari, apa yg harus dicek thanks…

    Suka

  9. […] Penulis jaman dulu itu termasuk sering servis rutin ke bengkel resmi. Tapi tiap kali habis servis, penulis selalu melakukan aktifitas tambahan sendiri. Yaitu setel rantai dan setel karbu. Penulis bisa tahu rantai baru bisa rusak hanya dalam pemakaian 100 meter setelah keluar bengkel ya dari itu juga. Parahnya si mekanik bengkel resmi itu selalu merasa benar. Susah diomongi. Nyetel karbu juga sama. Nyetel karbu itu pasti dilakukan dalam kondisi motor stasioner. Padahal salah, nyetel karbu harus dilakukan pada waktu motor jalan. Jadinya habis diservis pasti kemudian harus nyetel lagi. Dan tentunya sambil jalan. Cara menyetel karburator serta mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin […]

    Suka

  10. Mas msu tny tigerku stlh turun mesin akibat asap putih ,klo pagi atau mati 6 jam di stater susah bgt kdg di pencet elektrik staterny langsung hidup trs langsung mati kdg ga hidup sama sekali pdhl uda di cuk.part yg uda di ganti block silinder,piston,pen,ring piston,aki,manifold.uda di tes alternanorny msh bagus.kira2 apany yg bikin susah starter?trs solusiny gmn?uda ke 3 bengkel g ada perubahan.trims

    Suka

    • Apakah setelan karbu sudah coba diganti ganti? Misal cek setelan pelampung?

      Coba dilepas filternya dan saat menyalakan bagian mulut karbu ditutupi tangan, lalu diatur udara yang masuk karbu (jangan pakai choke). Kalau bisa menyala mudah, maka yang salah setelan karbu untuk startnya = ketinggian jarum / setelan pelampung.

      Suka

  11. cara setel karbu vakum new jupiter MX (karbu mikuni bs25) gimana ya kk ? sy masih blm ketemu stelan yg pas (warna busi masih belum merah bata) 😦

    Suka

    • mungkin perlu tambahan luar. bensin juga bisa pengaruh. Kalau vakum mungkin bisa rubah ketinggian jarumnya saja dulu dan setelan angin luar, karena main jet dan pilot jet kan lebih untuk rpm atas.

      atau bisa coba pakai magnet speaker bass yang cukup besar. Atau coba pakai pro capacitor.

      Suka

    • campuran bahan bakar kurang kaya di rpm rendah mestinya. saat dingin perlu lebih rich mestinya. tapi nanti saat panas jadi terlalu rich. Oleh karena itu ada choke. tapi itu injeksi ya? Kalau injeksi, coba pakai busi ngk platinum dulu

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.