Alasan mengapa kehadiran Yamaha MX King tidak akan mengurangi fans Suzuki Satria FU


Banyak blogger yang berpendapat bahwa Yamaha MX King akan sangat menggerogoti pasar Satria. Penulis kurang setuju karena para blogger tersebut hanya membandingkan dari segi performa. Yang diperhitungkan oleh konsumen dalam membeli motor bukan hanya performa saja, namun juga dari segi tampilan dan faktor lainnya.

Dari sisi tampilan, jelas bahwa Satria punya tampilan yang bertolak belakang dari MX King. Satria tampilannya langsing, sementara MX King tampilannya kekar.
satriagp

mxking2

Bagi yang menyukai bodi Satria yang langsing, tentu bodi kekar dari MX King tidak menarik perhatian. Ada juga yang memilih memantaskan ukuran badan dengan motor. Jadi ada yang merasa bodi Satria terlalu langsing, atau yang merasa bodi MX King terlalu kekar. Ada yang memilih Satria karena bodinya langsing, ada yang tertarik dengan MX King karena bodinya lebih mirip Moge. Namun tentu ada juga yang merasa keduanya terlalu pendek dan memilih sekalian motor laki atau motor sport yang terkesan lebih jantan.

Dari segi image, yang menjadi keunggulan dari Suzuki Satria adalah motor yang dipakai ditawarkan ke konsumen bodinya ngeplek sama persis dengan yang dipakai racing. Melihat bodi yang lebar dari Yamaha MX King, ada kemungkinan beberapa bagian dari MX king akan dilepas, dipotong atau diganti, bisa bodinya atau batok lampunya. Seperti contoh berikut ini:
mxrace

Di Satria ini jarang dilakukan karena sudah dari awal bodinya sudah sangat minim.
satriarace

Berbeda dengan dahulu, konstruksi body kit sekarang ini membuat kendaraan menjadi tidak enak dilihat bila dilepas. Oleh karena itu konsumen sekarang ini jarang sekali melepas body. Bagi konsumen yang ingin meniru model racing, Suzuki Satria sudah sama. Namun bukan berarti konsumen akan memilih Satria hanya gara – gara biar sama dengan yang di trak racing. Hanya tampilan dari Satria akan lebih racing karena versi racing sama saja dengan versi jalan raya, berbeda dengan MX King yang sering kali versi racing berbeda dengan versi jalan raya.

Ada juga yang beli Suzuki Satria dengan “terpaksa”. Sebenarnya tidak suka model Satria yang langsing namun tetap membeli hanya karena performanya. Untuk pembeli yang seperti ini, bisa jadi Yamaha MX King menjadi pilihan alternatif, bila barangkali suka yang model lebih kekar.

Kesimpulannya, bila konsumen sudah kadung suka dengan bodi Suzuki Satria FU yang kecil, tentu tidak akan melirik ke Yamaha MX King. Bagi yang tidak suka model Satria FU, tentu akan mempertimbangkan MX King. Keduanya punya pasar yang berbeda.

Menurut penulis, performa kendaraan standard jarang jadi pilihan utama dari konsumen. Kalau tujuannya performa, konsumen rela untuk mengeluarkan dana jutaan untuk meningkatkan kemampuan motor. Motor yang diatas kertas lemah pun bisa tetap jadi pilihan bila konsumen suka dengan faktor lain dari motor. Kemampuan performa standard sering dikalahkan oleh tampilan, harga, kepraktisan, reliabilitas dan 3S.

Kemampuan motor di lapangan juga seringkali berbeda dengan yang dibandingkan di media atau blogger. Kemampuan tune up bengkel, kemampuan pengendara, pemakaian bahan bakar, kualitas komponen dan perawatan akan banyak mempengaruhi. Apalagi untuk motor yang kemampuannya sebanding seperti Satria lawan MX King. Apabila motor sport 150cc saja bisa dikalahkan motor matik 125cc di jalan, maka tentu balapan antar motor yang sebanding hasilnya lebih susah ditebak.

14 thoughts on “Alasan mengapa kehadiran Yamaha MX King tidak akan mengurangi fans Suzuki Satria FU

  1. Ya betul itu, pangsa pasar masing-masing.
    Eh tapi kayaknya gak ada bloger yg bilang fans suzuki satria akan berkurang dengan adanya mx king. Atau saya yang kurang update ya? Boleh minta link gak mas, yg membahas bahwa fans suzuki satria akan berkurang dengan hadirnya mx king ini.

    Suka

    • Yang diklaim blogger lain adalah yamaha mx king akan menjegal suzuki satria. Yang ditunjukkan adalah adu performa baik tenaga ataupun irit, video drag race, dan skenario di atas kertas. Tidak disinggung bahwa dari bentuk, MX King sangat berbeda dari Satria. Tidak disebut kemungkinan bahwa konsumen memilih Satria karena modelnya atau faktor lain.

      Disini saya menekankan bahwa fans Satria juga memperhitungkan model dan faktor lain. Jadi pasar Suzuki Satria bisa saja tidak terlalu terpengaruh oleh kehadiran MX King. Mungkin kehadiran motor sport baru 150cc akan lebih menggerus pasar Suzuki Satria FU daripada kehadiran Yamaha MX King.

      Suka

    • Setuju.

      Mungkin kalau MX King ke yang punya jiwa muda walau tampang sudah sepuh, yang malu kalau naik Satria walau pingin.

      Namun soal pasar, rasanya cukup besar yang bisa mengganggu pasar Verza atapun Byson.

      Suka

  2. secara pribadi, saya cenderung milih MX ketimbang FU karena malu naik FU yang cah enom banget tur mayoritas cacingan, itu di kampung saya… tapi trauma juga sama MX soale yang 2007 shock ambles, eh yang 2013 shock ambles juga… 2015 gimana ya?

    Suka

      • dulu pernah minjem FU punya sales. baru nangkring, eh…. anak-anak pada ngakak sampai ada yang meganging perut…. koyo tauge jare… bawah imut atas bendhol….
        salahe anak-anakku dalam mengolah data visual ataukah memang dasar FU cocoke buat yang berbadan wayang kulit ya?

        Suka

        • ha ha ha, sama. Bisa jadi Honda CS1 reborn juga berbeda konsumennya dari MX King. Mungkin jadinya MX King jadi seperti RX King, kesannya elegan jadi yang banyak pakai bukan anak muda.

          Suka

  3. Haha,cma ngebandingin body aja ni,klo mnurut saya,dr segi mesin aja mx king udah kalah,fu udh pke mesin dohc 6 speed ,untuk tenaga dibndingin mx king unggul fu,wong nvl aja di asepi sama fu di irs/motoprix.hoho salam 1 aspalšŸ˜‰

    Suka

    • Iya, namun bisa beda lagi kalau yang pakai belum tahu cara pakai yang benar. Saya pernah lihat ada yang naik Satria FU pakai gaya meyakinkan tapi shifting terlalu cepat. Suara mesin kayaknya keren tapi terlihat betul akselerasi tidak maksimal. Untuk pengguna seperti ini, pakai MX King bisa lebih cepat karena torsi / tenaga muncul di rpm yang lebih rendah.

      Suka

    • racing seperti itu nggak bisa dibuat acuan, kan komponen sudah banyak yang diganti. DNF juga nggak disebut alasannya.

      Yang bisa dipakai acuan itu kalau balapannya modelnya ketahanan dan pakai motor tanpa dimodif sama sekali.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s