Resiko ban meletus bila mengendarai dengan ban kempos kurang angin saat ngebut kecepatan tinggi


Sudah umum diketahui bahwa mengendarai kendaraan di kecepatan tinggi menjadi lebih berbahaya bila tekanan angin ban kurang. Bukan hanya karena berkurangnya stabilitas saja, motor memang jadi lebih susah dikontrol, namun yang lebih berbahaya adalah resiko ban meletus. Berikut penjelasan dari beberapa website pembuat ban.

Hankook – Maintaining Optimum Tire Inflation Pressure

Optimum inflation pressure is one of the most important aspects of caring for tires. Proper inflation pressure maintains an even ground contact pressure of the tire tread and prevents uneven wear. In addition, by reducing rolling resistance and quickly discharging any heat that is generated, internal heat levels are kept at a stable level. In sum, the right inflation pressure delivers maximum performance in terms of safe driving, riding comfort and monetary savings. the maximum inflation pressure for safe driving is marked on the tire sidewall.

Generally, the optimum inflation pressure is about 90% of the maximum level. For high-speed driving, drivers are recommended to use a higher than normal pressure.
hankookheattire

Dikatakan bahwa tekanan optimum sangat penting. Tekanan optimum menjamin tingkat kontak yang rata pada roda dan mencegah aus yang tidak merata. Juga akan mengurangi hambatan berputar dan bisa menyebar panas yang dihasilkan lebih mudah, sehingga panas dalam ban bisa terjaga aman. Tekanan yang pas akan memberikan performa maksimal di sisi keamanan, kenyamanan dan irit.

Tekanan maksimal biasa di cantumkan di sisi samping ban. Tekanan optimum biasanya sekitar 90% dari tekanan maksimal. Bila butuh mengendarai di kecepatan tinggi, disarankan menggunakan tekanan ban yang lebih besar dari biasanya.

 

Bridgestone Firestone: TIRE MAINTENANCE, SAFETY and WARRANTY MANUAL (file pdf)

Tires can lose 1 psi (pound per square inch) per month under normal conditions. additionally, tires can lose 1 psi for every 10° F temperature drop. Just a look won’t do it. One of these tires is actually 10 psi under-inflated. Your eyes can deceive you, so rely on a good tire gauge for an accurate reading.
hubunganantaratekananbandanpanas

Tekanan ban dikatakan bisa berkurang 1psi tiap bulannya dalam kondisi normal. Ban juga akan kehilangan tekanan 1psi untuk setiap penurunan suhu 10° F.

Menilai tekanan ban tidak hanya cukup dilihat namun juga harus diukur pakai alat pengukur tekanan yang baik.

 

Michelin Indonesia – Mau Aman, Tekanan Angin Wajib di Perhatikan

Bila tekanan angin kurang dan sering menghantam lubang dipastikan ban akan mudah rusak, bahkan bisa menyebabkan pelek patah. Tekanan angin yang kurang juga menyebabkan ban habis tidak merata. Pada kecepatan tinggi, panas ban akan naik dan bisa berakibat ban meletus. Dari segi kenyamanan, bila kondisi ban kurang angin, motor terasa goyang dan handlingnya tidak stabil.

 

Bila tekanan kurang, maka roda tidak berbentuk bundar sempurna dan akan ada bagian yang menggelembung ke samping. Pada kecepatan tinggi, bagian ini akan berubah ubah secara cepat yang mengakibatkan timbulnya panas yang berlebihan. Panas ini bisa menyebabkan ban rusak, retak atau bahkan meletus. Paling tidak retakan ini bisa menjadi sumber ban bocor dikemudian hari baik untuk yang rodanya tubeless ataupun yang pakai ban dalam.

Tekanan juga tidak boleh berlebihan karena justru bisa merusak ban. Ban dengan kembangan yang berkelok tanggung terutama sangat rawan dengan kelebihan tekanan. Ban akan menjadi tidak rata dan bisa membuat pengendalian terasa berkelak kelok bahkan di kecepatan rendah. Bila sudah begini harus segera diganti. Alur ban yang berlebihan berkelak keloknya atau pelek yang sudah tidak lurus akan membuat ban gampang kempos saat dikendarai di kecepatan tinggi dan juga bisa merusak klaker atau bearing.

Terkadang agak susah untuk bisa menjaga tekanan ban yang pas. Bila kita memompa ban di pinggir jalan bisa jadi tekanan ban berlebihan atau kurang. Ini bisa terjadi karena yang memompa ban tidak pakai meteran atau karena meterannya tidak akurat. Biasanya penulis menyesuaikan tekanan ban dengan membebani ban atau diinjak. Bila berubah bentuk banyak ditambahi tekanan anginnya, bila tidak berubah bentuk sama sekali akan dikurangi tekanan anginnya. Dibuat sehingga hanya ada sedikit perubahan bentuk saat diinjak. Biasanya setelan ini masih agak keras untuk kecepatan rendah, namun terasa empuk dan cukup stabil di kecepatan tinggi.

Bila tidak pernah cepat maka tekanan angin bisa dikurangi, namun tetap harus sesuai standar. Bila pingin empuk sebaiknya jangan dari mengurangi tekanan ban. Bila tetap ingin memaksakan menggunakan tekanan angin yang dikurangi, maka jangan sampai dipergunakan untuk kecepatan tinggi.

Kenyamanan jangan sampai mengorbankan keselamatan. Bila ingin empuk, mending pakai suspensi yang empuk saja, namun dipastikan skoknya juga disesuaikan sehingga kendaraan masih akan tetap stabil.

Bila tujuannya pingin irit, harus diperhatikan bahwa ban yang tekanan anginnya sering kurang akan menjadi tidak awet, ini karena ban lebih menapak dan bentuknya sering berubah saat jalan karena ban tidak bundar sempurna. Tekanan ban yang kurang hambatannya juga lebih besar. Secara pribadi saya bisa merasakan tarikan menjadi berat bila ban kurang angin. Intinya bila ingin irit, maka tekanan ban harus optimal.

Update:
Untuk amannya, bila kendaraan sering dipakai di tol atau dibawa membawa beban lebih, maka disarankan ban diberi tekanan 40psi. 40 psi bukan yang dipinggir jalan tapi yang pakai alat. Nggak penting itu pakai nitrogen atau tidak.

Bridgestone – Tyre Pressure Guide

Contrary to popular belief, tyre pressure is not determined by the type of tyre or its size but upon your vehicle’s load and driving application i.e. speed

To find out what your car’s tyre pressure should be, consult the manufacturers tyre placard usually found inside the driver’s door sill, glove box, fuel filler cap or under the bonnet.
The placard also displays the manufacturers recommended tyre sizes.
Tyre pressures should be checked when the tyre is ‘cold’, as pressure increases as the tyre becomes ‘hot’. Take the “cold” reading and check them against the recommended tyre pressures from your placard.

Heavy loads or towing puts an extra strain on your tyres. So if your vehicle is fully loaded with passengers and luggage, the general rule is to add 28kpa (4PSI or 4lbs).
At high speed, (defined as driving at 120km/h for over one hour), your tyres will wear out twice as fast as when you drive at 70-80 km/h. If your tyres are under-inflated by twenty per cent tyre life can be reduced by thirty per cent. The rule here is to add 28Kpa (4PSI) from your Minimum Compliance Plate Pressure. Don’t inflate your tyres above 40 psi or 280 kPa. When the tyres get hot from driving, the pressure will increase even more.

Dikatakan bahwa tekanan ban itu sesungguhnya tidak ditentukan dari tipe atau ukurannya tapi dari beban dan cara pemakaian (kecepatan).

Disarankan untuk menggunakan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang tekanan anginnya 20% lebih rendah dari ketentuan masa pakainya bisa kerkurang 30%. Tekanan yang tercantum adalah tekanan pada saat ban masih dingin, sebelum kendaraan dipergunakan.

Beban berat atau kecepatan tinggi membuat ban menerima tekanan lebih tinggi. Disarankan untuk meningkatkan tekanan ban 4psi bila kendaraan dipakai untuk membawa beban lebih atau akan dipakai di kecepatan tinggi (misalnya 120km/jam selama lebih dari 1 jam). Penambahan 4psi ini ditambah dari angka tekanan yang direkomendasikan pabrik.

Disarankan untuk tidak menggunakan tekanan ban lebih dari 40 psi karena saat dikendarai ban akan menjadi lebih panas.

Karena kendaraan sekarang rata rata disarankan menggunakan 36 psi, maka untuk kecepatan tinggi cocoknya 40psi. Sebagai perbandingan, ban gajah tunggal biasanya punya batasan tekanan maksimal 43psi.

 

Memaksakan mengendarai di kecepatan lebih dari 80km/jam dengan tekanan ban dibawah standar selain beresiko pecah atau ban rusak, juga stabilitas kendaraan sangat kurang. Mobil jadi tidak stabil dan susah dikendalikan.

2 thoughts on “Resiko ban meletus bila mengendarai dengan ban kempos kurang angin saat ngebut kecepatan tinggi

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s