Perbandingan dengan iklan sebelumnya menunjukkan bahwa semboyan Yamaha “ini jalan penguasa, ini jalan kita” tidak untuk berbagi jalan


Artikel sebelumnya membahas bagaimana semboyan baru Yamaha “Ini jalan penguasa, ini jalan kita” membuat penulis emosi. Kali ini penulis mencoba menggali video iklan Yamaha yang lama, untuk mempelajari apa sebenarnya makna kalimat tersebut.

Iklan Yamaha yang menunjukkan lebih dari satu tipe yang penulis temukan ada dua. Yang pertama adalah iklan tahun 2011 “My way”

Dalam iklan disebutkan: “It’s my way, ini caraku, ini jalanku”. Kata “jalan” disini mempunyai arti sama dengan “cara” atau “my way”.

Kata jalan di “ini jalan kita” mempunyai dua arti, yang satu adalah “cara” dan yang kedua adalah “jalan raya”, makna pertama mempunyai konotasi yang lebih mendingan daripada makna kedua. Sayang semboyan tersebut tidak dijelaskan menggunakan makna yang mana. Tanpa ada penjelasan, orang yang ngomong begitu di jalan akan bikin emosi. Apalagi kata di depannya adalah “ini jalan penguasa”.

Iklan kedua adalah iklan tahun 2013 “semakin di depan”

Di iklan disebutkan: “Cuma kita yang semakin di depan”. Kata kita tersebut jelas tidak ditujukan untuk motor selain Yamaha.

 

Penulis tidak setuju dengan pendapat mas Taufik dari tmcblog yang beranggapan bahwa kata “kita” itu artinya termasuk pemilik motor selain Yamaha:
Scoop . . . Yamaha Indonesia siapkan Kampanye Baru ” Jalan Kita ” untuk varian StreetBike? June 6, 2015

ketiganya akan mengguknakan payung kampanye yang sama yang disinyalir nanti akan di sahkan sebagai nama panggilan JALAN KITA .. . wiiih

Nah lho artinya apaan nih ? . . . bisa jadi sebuah kampanye positif yang artinya berbagi jalan dengan sesama pengguna jalan yang lainnya . . . atau mas bro ada tebakan lain ?

Melihat dari iklan video Yamaha yang lain, dimana kata “cuma kita” mengacu ke hanya motor Yamaha, dan kata “ini jalan ku” hanya mengacu ke motor yamaha, maka penulis berpendapat bahwa:
– kita di “ini jalan kita” berarti pemilik motor Yamaha
– penguasa di “ini jalan penguasa” berarti motor Yamaha.

Jelas bahwa “Ini jalan penguasa, ini jalan kita” adalah tidak untuk berbagi jalan.

Bagaimana perasaan bro bila iklan yang menggambarkan motor Yamaha memenuhi jalan seperti yang ditunjukkan di iklan berikut menggunakan kata/lagu “Ini jalan penguasa, ini jalan kita”?
inibukanjalanpenguasainibukanjalanyamaha

Edit:
Yamaha sudah merilis video dengan semboyan baru, namun yang dipakai hanya semboyan “ini jalan kita”
Ada dua video

Kata – kata yang pergunakan di video adalah: “ini jalanku, mana jalanmu, ini jalan kita”. Semboyan yang berada di akhir video adalah Yamaha Rev your heart, semakin di depan.

Dari isi video, jalan bisa diasumsikan sebagai cara. Namun bila direpresentasikan secara berbeda, jalan sebagai jalan raya, jadinya kok terasa lebih nyelekit daripada sebelumnya. Kesannya jadi semakin menantang.

9 thoughts on “Perbandingan dengan iklan sebelumnya menunjukkan bahwa semboyan Yamaha “ini jalan penguasa, ini jalan kita” tidak untuk berbagi jalan

  1. jangan esmosi om… mungkin maksudnya yamaha biar orang pada beli motornya jadi boleh pake jalannya juga hehehe….

    Suka

  2. ternyata ad yg sepemikiran dgn saya… bgtulah yamaha.. lampui dirimu “org gendut habis makan burger lgsung senam tali gitu? emang bisa? pengen liat”

    Suka

  3. mt 25 apa nva?
    22 nya suruh ngadepin sumber kencono , sumber rahayu, sumber selamat dari arah yg berlawanan.
    ga usah aneh2, jurusan jogja madiun nganjuk kediri aja dulu deh
    kalau ada yg bertahan dan utuh saya jadiin monumen ,serius

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s