Analisa mengapa besar kemungkinan suara knalpot Suzuki Satria FU Euro3 akan jauh lebih senyap


Penulis tertarik dengan perubahan konstruksi knalpot dari Suzuki Satria FU yang dibahas oleh mas Taufik dari tmcbloc.com:
Kepo banget selidiki Daleman Knalpot Suzuki Satria FU 150 terbaru yang diklaim Lolos Uji Emisi Euro III, June 25, 2015
knalpot satria euro3 vs lama

Terlihat kisi kisi mirip saringan yang radial dalam knalpot. Dari bentuk, itu sepertinya mirip dengan desain knalpot berikut, perhatikan bagian 1 yang mirip dengan di foto daleman knalpot Suzuki Satria baru di artikel mas Taufik:
Flowmaster Laminar Flow Technology
knalpot cone untuk mengurangi kebisingan

Knalpot model tersebut sudah dibahas di artikel sebelumnya dimana kegunaan utama dari desain tersebut adalah mengurangi kebisingan tanpa banyak mengurangi tenaga:
Metoda ampuh yang bisa membantu Kawasaki Ninja 2tak 150R lolos standard emisi Euro3

Bila benar seperti itu maka bisa dipastikan bahwa suara dari Suzuki Satria yang sudah lolosd uji Euro3 akan jauh lebih senyap. Konsekuensinya adalah faktor kejantanan jadi berkurang karena suara knalpot jadi tidak terdengar.

Penulis adalah penggemar suara knalpot mantap. Bukan yang asal suara keras tapi jalan kayak siput atau model blong yang bikin telinga pecah, tapi model yang suaranya mantap tapi nggak bising. Yang suaranya mendekati yang seperti ini:

Suara satria paling tidak ada mirip miripnya seperti itu. Suara Satria pernah penulis rekam di video tentang berisiknya suara Vario baru:

Sayangnya dengan aturan Euro3, suara nalpot bisa jadi tidak terdengar. Sekarang ini bila ada motor sport baru lewat tapi knalpotnya tidak ada suaranya, penulis cuma bisa mbatin “emane….puih”. Apalagi penulis juga benci dengan berisiknya suara mesin. Pabrikan sepertinya agak curang, knalpot dibuat tidak bersuara (yang mengurangi kejantanan), durabilitas mesin juga dikurangi (yang mengesankan kendaraan murahan). Sesuatu yang terbalik, harusnya suara mesin tidak terdengar dan suara knalpot mantap.
Aturan kebisingan berlaku tidak hanya pada knalpot, kita bisa protes tentang mesin yang berisik

4 thoughts on “Analisa mengapa besar kemungkinan suara knalpot Suzuki Satria FU Euro3 akan jauh lebih senyap

  1. istimewa tuh om , isi knalpot dari logam” mahal
    heran aj pd bnyak yg bilang downgrade

    ap warna crome diganti dengan knalpot yg isinya logam mahal sbg catalis tu bs dibilang downgrade

    Suka

    • rasanya kalau Suzuki downgrade mungkin dari penampilan saja. Contohnya rem, kan bawaan Suzuki cakramnya beda sendiri, bisa saja diberi yang versi normal seperti merek lainnya.

      Soal katalis, bisa saja tidak ada perbedaan, karena mungkin saja dari dulu sudah pakai katalis, yang beda cuma saringan saja jadi harga tidak berubah. Harga knalpot asli Suzuki mahal walau untuk matiknya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s