Dengan semboyan dan stiker Byson baru apakah memang Yamaha ingin jadi motor untuk korak jalanan?


Melihat stiker dari Yamaha Byson yang baru yang dimuat di webitenya mas Iwan Banaran membuat penulis mengerenyitkan dahi. Mengapa kok stikernya pakai gambar tengkorak? Apa kira kira yang image ingin dibangun oleh Yamaha?

Stiker korak Yamaha Byson3

Stiker korak Yamaha Byson1

Stiker tengkorak ini bila digabungkan dengan semboyan baru yang sedang dimasyarakatkan oleh Yamaha rasanya cuma menuju ke satu kesimpulan: Yamaha ingin motor nakednya dianggap sebagai motor geng atau korak jalanan.
Video iklan untuk motor baru Yamaha Vixion, Byson dan MT25 sudah keluar dengan semboyan sangat arogan dan tidak tepo sliro
Semboyan Yamaha V-ixion Advance “Ini Jalan Penguasa” yang bikin emosi
Perbandingan dengan iklan sebelumnya menunjukkan bahwa semboyan Yamaha “ini jalan penguasa, ini jalan kita” tidak untuk berbagi jalan
Komentar masyarakat tentang semboyan Yamaha “ini jalan penguasa” lebih banyak yang protes
Yamaha new catchphrase “ini jalan kita” has caused big misunderstanding among Indonesian rider

Untuk komparasi, berikut artikel lain yang membahas simbol tengkorak:
MAKNA DIBALIK PENGGUNAAN GAMBAR TENGKORAK, Juli 23, 2013
5 Geng motor paling ditakuti di AS 08-Mei-12
Alasan Banyak Klub Motor Pakai Logo Tengkorak, 9 Maret 2015

Yang jelas, dengan stiker gambar tengkorak, motor Byson jadi kurang cocok dinaiki dengan penampilan alim, cocoknya pakai penampilan rocker.
Stiker korak Yamaha Byson2

Terus terang kalau menurut penulis, Yamaha Byson itu mirip macho man di Iklan ExtraJoss Laki tanding kalau sebanding.

Si macho man terlihat pingin membikin masalah sementara si fotografer memilih mengalah, padahal yang ngalah kalau di arena sungguhan kelihatan jagonya. Bisa jadi Yamaha Byson kalah dari Honda Vario 150 (yang bukan motor macho) kalau di jalan. Menarik bila ada yang buat video adu akselerasinya. Apa mungkin itu alasan mengapa Byson dipasangi stiker tengkorak ya? Bila sampai kalah dengan Honda Vario 150, maka stiker tengkorak patutnya pindah ke Vario 150, walau rasanya nggak matching banget cuma sebagai simbol bahwa Honda Vario 150 lebih macho kalau tanding walau penampilan kalah macho.

Ini juga mengingatkan penulis pada preman yang ada di iklan lama Vixion:

Terlihat preman dengan baju korak keteteran saat mengejar pemuda dengan baju necis yang naik Yamaha Vixion. Agak lucu bila sekarang Yamaha Byson digambarkan sebagai motor yang dinaiki sang preman.

Atau apakah yang ingin ditampilkan sama dengan iklan motor matik Blue core dengan judul macho man:

Penampilan lengan berotot dengan tato, kepala pakai bandana dengan tutup mata bajak laut dan kalung rantai, tangan dikepal kepalkan, tapi bisa main hampa. Penampilan sangat sangar tapi punya kemampuan yang membutuhkan sabar, kalem dan lemah lembut. Tidak butuh agresif ataupun bertanding, tidak butuh merajai ataupun menantang siapapun. Penampilan naked sport tapi jiwanya matik.

 

Entah yang mana yang benar namun yang jelas memasang stiker tengkorak dan semboyan yang diktator bukan langkah yang simpatik dari Yamaha.

21 thoughts on “Dengan semboyan dan stiker Byson baru apakah memang Yamaha ingin jadi motor untuk korak jalanan?

    • Penasaran dengan target konsumennya. Kalau dilihat di jalan, konsumennya bapak bapak. Anak muda atau yang berjiwa muda lebih memilih Vixion. Pasar sudah minim kok sengaja dipersempit dengan stiker yang tidak populer.

      Suka

    • Kalau yang ini lebih parah. Bila diumpamakan ada dua anak kecil di taman bermain, iklan dedy mizwat dan komeng itu sama dengan satu anak menjelek jelekkan yang lain, sementara iklan baru Yamaha itu sama dengan satu anak melarang anak lain bermain di taman tersebut dan mengaku taman tersebut miliknya Beda level.

      Suka

  1. gambar tengkorak karena konsumennya kebanyakan anggota2 klub, dan anggota geng gak selamanya dan semuanya lho korak, lu liatnya kek orang kebanyakan seh.

    slogan ini jalan kita, itu dari bahasa ingris its our way, orang indo ya gitu bahasa inggris langsung ditranslate ke indo jadinya buyar. caba ni bedakan ini jalan kita dengan ini jalanan milik kita

    Suka

          • ane gak merasa apa2 gan, malah ane gilo aja liat cowok telnajang gitu, yang terkhir, street ….(lupa) ini jalanku, mana jalanmu, mt25 ini jalan kita, itu artinya yok walo kita beda hoby tatapi kita sama2 demen mt25,

            yang pasti arti jalan disini bukan jalan tol, ane rasa arti jalan disini artinya kesukaan

            Suka

            • BIsa saja begitu. Namun toh banyak yang salah paham. Dan karena banyak yang salah paham maka pemakaian kata – kata tersebut terbukti tidak tepat. Bila Yamaha tahu banyak yang salah paham, maka seharusnya mereka mengkoreksi. Bila Yamaha cuek, maka bisa diartikan bahwa memang Yamaha punya maksud yang seperti itu.

              Suka

            • ini jawaban ane sama kek artikel sebelumnya😛

              makanya gan, udah ane bilang lu melihat sesuatu khususunya masalah slogan ini seperti orang kebanyakan, berati lu gak usah beli yamaha, beli honda aja kek orang kebanyakan.

              seperti ortu ane, lu jangan kawin ama orang sunda, ama orang palembang dll, ortu ane gak mau tau kalo ane punya perasaan dan pemikiran sendiri, ane sudah besar sudah bisa memilih, padahal kalo ditanya kenapa gak boleh kawin suku2 itu? jawabannya selalu sama pokoknya nda boleh, pokoknya pake honda,

              nah orang macam ane yang punya pemikiran terbuka ini yang ditarget yamaha, karena yamaha gak punya kesempatan menjual produk kepada orang2 seperti agan dan ortu ane.

              kesimpulannya slogan itu ditujukan kepada ane bukan agan, kalo agan menemui slogan itu, segera matikan tv atau robek korannya, karena iklan itu buat ane bukan agan. hahaha jokes

              Suka

            • anda protes?

              ya itu ane berusaha menjawab, agan boleh nerima atau endak terserah agan, atau agan mau menunggu jawaban dari yamaha ya silahkan.

              Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s