Berdasar redline ada kemungkinan Honda Sonic 150R pakai komponen dengan kualitas lebih rendah dari CB150R


Artikel dari mas Taufik dari tmcblog menyebutkan bahwa walau spesifikasi hampir sama, limit rpm dari Honda Sonic 150R berbeda dari Honda CB150R:
Mesin sama . . . Lalu Kenapa Redline dari Upcoming Honda Sonic 150R dan Honda CB150R bisa beda ? July 9, 2015

melihat bocoran detail dari Panel Meter Honda Sonic 150R dan Panel meter upcoming Honda CB150R baru . . .secara kita ketahui mesin keduanya disinyalir akan sama yakni mesin 1 silinder 149,16 cc dengan dimensi bore x stroke disinyalir Hampir sama ( hampir square ) namun kenapa redline Honda sonic 150R dan Redline Honda CB150R berbeda? FYI dari bocoran foto di bawah ini terlihat Redline Honda Sonic 150R di 9500 rpm dan Redline Honda CB150R di 10.000 rpm

Di lapangan, rpm maksimal dari Honda CB150R adalah 11500 rpm, atau menjadi 12000 rpm bila menggunakan pro capacitor di selang bensin dan kabel busi. Belum bisa dipastikan apakah dengan tanda redline lebih kecil rpm maksimal dari Honda Sonic 150R juga lebih kecil dari Honda CB150R. Rpm maksimal ini biasanya diatur oleh ECU. Limit bisa diatur sesuai dengan keinginan pabrik/tuner.

Bila benar rpm maksimal lebih kecil, maka ini bisa karena:
-) Untuk sengaja membuat performa dari Honda Sonic 150R tidak terlalu bersaing dengan performa dari Honda CB150R atau Honda CBR150R. Ini karena kemungkinan Honda Sonic 150R dijual dengan harga lebih murah. Sudah umum bahwa motor yang lebih murah dibuat lebih jelek performanya.

-) Untuk bisa mempergunakan komponen yang lebih murah untuk menekan harga. Komponen yang lebih murah membuat mesin tidak bisa bekerja pada rpm tinggi, oleh karena itu rpm maksimal perlu dikurangi. Menekan harga sangat penting karena Honda Sonic sepertinya akan dipasarkan di segmen harga 20 jutaan bersaing dengan Suzuki Satria dan Yamaha MX King.

-) Atau bisa jadi ini karena untuk menambah keawetan komponen karena kompresi mesin yang lebih tinggi. Normalnya kompresi mesin yang lebih tinggi membutuhkan kualitas komponen yang lebih tinggi, namun sepertinya Astra Honda mengakali dengan mengurangi rpm.

Kompresi mesin Honda Sonic 150R dikatakan seperti berikut:
Spesifikasi Mesin Honda Sonic 150R . . . Hampir Square Engine Terbukti ! July 7, 2015

  • Panjang x lebar x tinggi (mm) : 1.941 x 659 x 977 (mm)
  • Sumbu roda : 1.275 mm
  • Tinggi jok : 754 mm
  • Ground clearance : 140 mm
  • Berat : 114,2 kg
  • Diameter x langkah : 57,3 x 57,8
  • Kapasitas: 148,2 cc ( mungkin maksutnya 149,2 )
  • Tipe mesin : 4-tak, DOHC, berpendingin cairan
  • Perbandingan kompresi : 11,3:1
  • Power maksimum : 11,5 kW/9.000 rpm
  • Torsi maksium : 13,5 Nm/8.500 rpm
  • Kapasitas tangki bensin : 4,3 liter
  • Rem depan-belakang : Rem cakram
  • Ban depan-belakang : 70/90-17 (depan) -80/90-17 (belakang)

Sementara kompresi mesin Honda CB150R streetfire yang tertera di website resmi adalah 11:1, rasio kompresi mesin Honda Sonic 150R lebih tinggi 0,3 dibanding Honda CB150R.

 

Semua ini hanya kira – kira, mungkin beberapa hari ke depan akan ada pernyataan resmi dari Honda mengapa kok redline berbeda.

7 thoughts on “Berdasar redline ada kemungkinan Honda Sonic 150R pakai komponen dengan kualitas lebih rendah dari CB150R

  1. mungkin karena stroke lebih panjang, maka rpm diturunkan. jadi kecepatan piston naik turun di dalam silinder tetap sama. dari yg pernah saya baca dulu, ada batas maksimal kecepatan piston, kalo gak salah ingat 21 atau 22meter/detik.
    jadi dengan rpm yg sama, piston pada mesin yg memiliki stroke lebih panjang kecepatan gerak piston akan semakin cepat

    Suka

    • Rasanya bukan karena fisiknya. Pembatasan sepertinya dari software ECUnya. Bila limit software dibuka, maka rpm bisa lari sampai tinggi. Cuma tidak tahu bisa sampai berapa sebelum rusak.

      Yang karbu pun pembatasan sudah ada lewat CDInya.

      Suka

      • lha ya itu mas, kalo limiternya dibuka lebih tinggi, dikhawatirkan piston akan rontok karena dengan stroke yg lebih panjang maka gerak piston akan semakin cepat. untuk menjaga kecepatan piston tetap diambang normal maka limiter dikunci lebih rendah

        Suka

        • Ok, yang harus diingat juga adalah limiter untuk CBR150 lebih tinggi dari CB150R, walau spesifikasi mesin hampir sama

          Yang versi thailand juga ada yang bisa 14000 walau mesin masih standard.

          Kalau dari info di website kolter, yang lebih dulu rusak biasanya klepnya karena per klep tidak bisa mengimbangi.

          Suka

  2. Mikirin banget, lagian juga buat apa coba, lu mau tiap ganti gigi sampe nyentuh limiter? Ini motor harian boss. jangan cuma karena soal limiter saja anda langsung menyimpulkan seperti itu. Terlalu dangkal dalam menyimpulkannya

    Suka

    • Setelah spesifikasi dan grafik dyno keluar, sekarang sudah paham bahwa limit rpm diturunkan karena memang tidak ada gunanya ditinggikan. Kalau versi lama di bobol limiternya tenaganya akan lebih keluar kalau versi sekarang dibobol limiternya percuma karena di rpm atas nggak ada tenaganya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s