Lampu depan LED kok terasa membosankan dan tidak menarik lagi ya?


Hanya beberapa bulan setelah munculnya motor – motor dengan lampu LED, penulis sekarang merasakan bahwa lampu LED itu tidak istimewa lagi. Malah sekarang terkesan membosankan. Warna yang putih kebiruan justru membuat tampilan motor jadi tidak menarik bila malam hari.

Lampu LED Honda Vario 150

Entah mengapa warna putih kebiruan itu membuat tampilan cenderung kusam bila dibandingkan dengan motor lampu kuning. Kesan juga terasa berbeda bila dibandingkan dengan lampu HID yang putih sekali. Rasanya ini ada hubungannya dengan spektrum cahaya lampu LED yang sangat tidak merata.

Sebagai contoh, lampu Philips untuk penerangan ruangan membutuhkan kombinasi dari beberapa LED untuk bisa menghasilkan cahaya yang nyaman di mata.

Warna dari LED yang cenderung kebiruan justru membuat kesannya murahan dan tidak elegan. Cahaya motor terkesan kusam dan gelap. Seperti di perbandingan berikut.

Bisa dilihat penjelasan lampu penerangan ruangan LED philips, dimana kenyamanan menjadi salah satu fitur:

Pencahayaan terang lampu LED Philips tidak hanya dapat menghemat energi hingga 85% jika dibandingkan bola lampu tradisional, namun juga ramah lingkungan dengan cahaya terang bernuansa putih alami yang nyaman untuk mata Anda.

 

Terlihat bahwa untuk mendapatkan efek pencahayaan yang lebih sempurna itu tidak mudah. Berbeda dengan implementasi di lampu depan sepeda motor yang pakai LED sewarna dengan warna kebiruan. Mungkin ini pula yang membuat Yamaha mengedit foto/video dari motornya yang menggunakan LED agar cahaya lebih tampak putih sempurna, tidak kebiruan.
Lampu LED Yamaha Soul GT

Sayang karena teknologi lampu LED untuk kendaraan masih tidak semaju teknologi lampu LED untuk penerangan ruangan. Kesan tentu akan berbeda bila lampu depan LED mempunyai spektrum yang lengkap. Penerapan teknologi penerangan ruangan ke lampu depan tentunya tidak sulit. Harga juga bukan hambatan karena lampu penerangan ruangan lebih murah. Harga satu lampu depan LED CREE COB bisa dapat beberapa lampu penerangan ruangan Philips LED.

Mungkin sekarang ini dalam hal penerapan lampu LED di motor penulis berbeda sendiri karena kebanyakan blogger memandang penerapan lampu LED sebagai suatu nilai tambah. Namun penulis yakin suatu saat akan tiba waktu dimana pengguna akan mempertimbangkan faktor kenyamanan, bukan hanya soal nilai wah nya.

20 thoughts on “Lampu depan LED kok terasa membosankan dan tidak menarik lagi ya?

  1. Sejak saya naik Address, beberapa orang komentar miring, termasuk lampu yang yang dibilang jadul, gak keren, dll…. Tapi kalau mereka saya tanya silau gak kalau papasan dengan saya, gak katanya….
    Kalau papasan sama LED yang putih itu? Dari 5 orang, yang 3 bilang silau….

    Suka

  2. pemikirak kek gini..
    yg bikin indonesia gk maju”..
    toh reflektor lampu arahnya bisa di naek turun in..
    lampu led kurang terang ?? lirik n-max !!
    pabrikan juga gk asal kluarin produk..
    ada riset, r & d juga..
    kalo mau maju, melek teknologi tong!!

    Suka

    • Problemnya bukan kurang terang, tapi warna yang kurang merata. Kalau birunya menonjol, maka hanya permukaan biru saja yang terpantul cahayanya, rumput atau permukaan jalan warna hijau atau merah kurang terlihat, efeknya jalan terlihat gelap.

      Saya menulis malah justru protes karena teknologi LED untuk lampu depan tidak semaju lampu penerangan ruangan.

      Suka

    • Iya sip, terang. Sayang ada beberapa yang kena masalah plastik meleleh, mungkin pendinginan perlu ditingkatkan. Mungkin juga pemakaian LED di yang baru juga untuk mengatasi itu.

      Suka

  3. Lampu led motor merk itu ya, ane juga kurang suka bukan karena silau, tapi saat saya mengendarai motor ber LED headlight, cahaya yang terpancar cenderung nggak fokus, menyebar sehingga jadi kurang menerangi jalan, yah desain lampu LEDnya juga gitu sih, hanya pantulan dari reflektor, setengah saja Dark reflektor bulb.
    Mungkin sebaiknya pake projektor dan LED tipe warna warm.

    Suka

    • Iya. Sayangnya banyak yang jual lampu LED dengan acuan kelvin padahal ukuran terang itu lumens atau LUX,. sehingga pada akhirnya banyak yang ketipu beli lampu yang nggak terang.

      Suka

    • Dijelaskan bahwa teknologi lampu LED motor masih kalah jauh sama teknologi lampu LED penerangan ruangan. Yang dijelaskan diatas itu bukan bohlam kok, tapi beda antara teknologi LED murahan sama teknologi LED canggih.

      Yang dipasang di motor sayangnya yang murahan. Sayangnya lagi banyak orang yang tidak tahu kalau dapat barang murahan.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s