Bug program fitur Honda idling stop system dan standar samping otomatis beresiko bikin aki tekor


Saat sedang menggunakan motor Honda Beat, penulis kaget saat mengetahui bahwa lampu depan tetap menyala walau mesin sudah mati. Ini terjadi baik saat standar samping di turunkan, dimana mesin otomatis mati karena fasilitas standar samping otomatis, dan juga saat kendaraan berhenti setelah habis dipakai jalan karena fasilitas idling stop system.

deskripsiHondaBeatstandarsamping

deskripsiHondaBeatISS

Berikut video yang menunjukkan hal tersebut. Selagi motor menyala, bila standar samping diturunkan mesin akan mati, tapi lampu depan masih menyala:

Saat mesin mati karena fasilitas ISS, ternyata lampu depan juga masih menyala, video berikut menunjukkan lampu indikator ISS yang berkedip sebagai tanda fitur ISS sedang aktif, mesin akan menyala lagi bila digas, lampu tidak pernah mati selama itu:

Bagi penulis ini adalah masalah besar. Dengan masih menyalanya lampu selagi mesin mati akan menimbulkan kerusakan pada aki. berikut penjelasannya:

  • Lampu depan / belakang yang menyala dengan hanya mengandalkan aki akan membebani aki. Aki akan lebih awet bila arus yang dipakai lebih kecil dari kapasitasnya. Sementara itu lampu depan/belakang memakan arus kira kira 4 Amper yang sudah mendekati limit dari kapasitas aki motor yang biasanya 4.5 Amper.
  • Ini diperparah saat motor dinyalakan lagi karena dinamo starter akan juga menyedot arus yang besar dari aki. Umur aki akan berkurang bila sering dipaksa untuk bekerja melebihi kapasitasnya . Pada keadaan normal ini tidak terjadi karena lampu depan masih mati saat motor dinyalakan. Dengan lampu yang menyala sebelum distarter maka aki dipaksa memasok arus yang berlebihan. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa menggerakkan dinamo motor butuh arus besar saat pertama kali. Normalnya juga lampu tidak menyedot arus dari aki namun langsung dari alternator / dinamo pembangkit listrik di motor.
  • Saat lampu masih menyala dan mesin mati, maka sumber daya satu satunya adalah dari aki. Listrik yang tersimpan pada aki akan berkurang secara signifikan karena dipakai untuk menyalakan lampu yang butuh daya besar. Bila terlalu lama maka aki bisa tekor dan aki bisa tidak mampu menyalakan dinamo starter. Pengisian listrik ke aki saat motor jalan bisa saja tidak cukup untuk mengembalikan arus yang disedot saat mesin mati, terutama bila motor sering harus berhenti. Aki bila sering dipaksa disedot arusnya sampai habis akan tidak awet dan cepat rusak.

Masalah ini tidak bisa diatasi dengan capacitor bank karena problemnya adalah tidak adanya catu daya. Capacitor bank cuma bisa membantu beberapa detik saja, selepas itu akan ambil daya dari aki lagi. Mungkin super capacitor bisa membantu namun dari sisi harga lebih mending menambah aki satu lagi. Tapi masa ya harus sampai pakai solusi ini? solusi yang lebih benar adalah dengan memperbaiki bug tersebut. Lampu dibuat mati bila mesin motor mati.

Penulis curiga bahwa aki tekor ini adalah masalah bagi motor matik Honda karena saat motor diterima, bagian delivery mewanti – wanti agar tidak mengandalkan starter elektrik saat menyalakan motor di pagi hari. Mereka menyarankan agar menggunakan starter kaki. Penulis merasa aneh dengan saran ini karena selama ini motor matik penulis yang lama tidak masalah walau selalu pakai starter elektrik.

Penulis curiga bahwa aki tekor tersebut terjadi karena pemakai motor matik Honda tidak sadar bahwa lampu depan yang masih menyala saat motor mati bisa membuat aki tekor. Penulis juga curiga bahwa karena saking seringnya ada komplin aki tekor di dealer membuat pihak delivery sampai harus mewanti wanti konsumen untuk tidak sering menggunakan starter elektrik.

Saran penulis bagi pemilik motor matik Honda yang mempunyai fasilitas idling stop system dan standar samping otomatis untuk menggunakan fasilitas tersebut dengan berhati hati. Beri tahu juga anggota keluarga tentang kelemahan dari fasilitas tersebut. Jangan sampai mereka harus terpaksa menstarter kendaraan pakai standar tengah karena termasuk susah untuk menstandar tengah motor Honda, apalagi kalau perempuan.

Beritahu juga kemungkinan akinya tekor agar mereka tahu bahwa motor bisa dinyalakan dengan starter kaki dan tidak sampai harus menuntun motor berkilo kilometer ke bengkel.

Bagi bro yang punya motor dengan bug ini, mari sama sama komplin ke Honda. Untuk solusi sementara, bila motor diperkirakan akan mati agak lama maka mending kunci kontak dimatikan. Biasakan untuk mematikan kunci kontak sebelum menurunkan standar samping. Bila sering lupa, fasilitas ISS sekalian dimatikan saja.

Edit:
Tambahan info baru, dari desain asli Honda Jepang, aki harusnya tidak sampai discharge / terpakai arusnya saat ISS aktif walau di jalur sibuk / macet. Batre tidak boleh discharge agar starter motor sanggup menyalakan mesin. Menjadi masalah bila batre dipaksa harus discharge / dipakai arusnya untuk menyalakan lampu saat mesin mati.
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html

Charging system designed to prevent discharging of the battery
It is necessary to increase charging capacity for an “idling stop” vehicle compared to a vehicle that with idling. This is necessary because the battery is not charging when the vehicle is stopping for a traffic signal etc.
An “idling stop” vehicle cannot restart if the battery is discharged and the starter motor cannot crank the engine. To cope with the aforementioned, the charging output from the ACG starter in the “idling stop” vehicle is designed to such a level that prevents the battery from discharging even when operated on congested roads using the “idling stop system”.

04_1

Reduced friction from the power generation
When an “idling stop system” is applied, due to lack of power generation during stopping, the electrical loads, such as the headlamp, draw a considerable amount of power from the battery when stopping. Power consumed from the battery during stopping is quickly recovered from the alternator when the engine revolutions increase and the power generation starts. A considerable amount of mechanical energy from the engine must be consumed for the power generation by the alternator, resulting in weak vehicle acceleration.

04_2

Friction from power generation
The charging voltage at the time of start is regulated. To reduce friction from power generation, and to ensure strong vehicle acceleration when equipped with the “idling stop system”, the charging voltage is lowered to 12 volts from the normally regulated voltage of 14.5 volts for a prescribed period of time. In doing so, the battery is not charged during vehicle acceleration, and charged only during constant speed or deceleration. Charging during deceleration is especially effective because it means an efficient use of energy.

Dijelaskan pula bahwa untuk meningkatkan akselerasi setelah awalan, daya charging dikurangi karena charging butuh daya yang bisa mengurangi tenaga. Selama 5 detik pertama daya charging dikurangi menjadi 12V sehingga tenaga tidak berkurang oleh charging.

Dijelaskan bahwa penggunaan listrik pada saat mesin mati membuat tenaga akan terkurangi karena aki jadi butuh dicharge untuk mengganti listrik yang terpakai selama berhenti. Jadi jelas bahwa lampu yang mengala selama mesin mati juga mengurangi tenaga. Dari komentar, sepertinya Honda Vario dan Scoopy ISS lampunya mati selama standar samping turun mungkin juga saat ISS aktif. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa di Honda PCX dan Beat baru justru lampu depan menyala padahal dengan dipakainya listrik saat mesin mati membutuhkan motor untuk mengecharge batre yang efeknya mengurangi tenaga. Apalagi disebutkan charging didesain agar hanya berlangsung pada saat kecepatan konstan atau mengurangi kecepatan.

84 thoughts on “Bug program fitur Honda idling stop system dan standar samping otomatis beresiko bikin aki tekor

  1. Serba salah juga sh Gan, soalnya kalau pas di lampu merah fitur iss aktif dan lampu utama mati malah kena tilang polisi. Memang seharusnya juga ketika standar di turunkan lampu utama juga mati.

    Suka

  2. Jadi penasaran nih, sudah berapa jumlah yg ditemukan masalah aki tekor ini om? Terus definisi aki tekor ini gimana? Apa usianya jadi hanya 3 bulan? 6 bulan? Kalau satu tahunan sih normal….

    Suka

    • Sy sendiri make vario 125 iss sudah 3,5 thn sampe sekarang aki belum tekor, iss jarang sekali mati bahkan kalau saya bilang gak pernah off issnya, sehandainya lupa matikan kunci kontak paling aki habis dan itupun masih bisa di kick stater beda sama produk sebelah generasi m*oj aki tekor mampuslah.

      Suka

      • ok, terima kasih infonya. Apakah sudah dicek di Varionya bahwa lampu masih menyala saat ISS atau standar samping otomatis aktif?

        Bagus bila motor masih bisa distarter kaki kalau aki habis. Tujuan saya membuat artikel memang untuk mengingatkan kemungkinan aki tekor.

        Suka

        • kalau iss aktif atau standar samping di pakai memang semua lampu menyala kecuali stop ama reting itu kan bawaan dari pabrik.

          Suka

          • Bila itu bawaan pabrik, yang saya masalahkan adalah, apakah ada fungsi otomatis yang bisa mencegah akinya tekor gara – gara kelamaan mesin berhenti tapi lampu masih menyala? Bila tidak ada pencegahan maka itu bisa merugikan.

            Suka

    • Nggak tahu, namanya juga curiga. Saya cuma merasa aneh kok sampai bagian delivery motornya kok sampai menyuruh menggunakan starter kaki untuk menyalakan motor agar akinya awet, nggak masuk akal.

      Untuk umur, sekali batre voltasenya ngedrop dibawah 11.5V, maka batre cuma bisa tahan beberapa minggu lalu mati mendadak. Ini berdasarkan pengalaman dan membaca testimoni.

      Suka

      • imo salah menyampaikan si delivery man nya saya rasa, memang gak salah, biar aki awet (dalam arti umurnya lebih panjang dari normal) banyak saran seperti yang orang dealer tsb bilang…

        Kalau drop di bawah normal ya memang sudah gak ngangkat dan gakan lama pasti harus ganti hehehe

        Suka

        • Ok, tapi bila saran itu tidak salah, masa untuk menyalakan mesin yang mati karena ISS atau standar harus pakai kaki?

          Untuk soal aki, bukan itu maksud saya. Setelah aki pernah drop, maka walau setelah di charge seakan – akan normal, maka beberapa hari atau minggu kemudian bisa drop secara tiba – tiba.

          Suka

          • kelemahan aki jaman sekarang tidak sebagus udlu yang istilahnya kita stroom aki maka kondisinya bisa 80% lagi.. material sekarang gak kaya dulu. Skrg kita stroom paling lama sebulan dah mati…
            Saya nyoba di mobil stroom aki cuma dua minggu aja nafasnya bertambah…

            Kalau saran mesin mati karena ISS harus disela sih ya mabok, wong tinggal plintir gas doang dan itu butuh arus listrik yang sangat minim.. sisanya menggunakan energi kinetic whatsoever dari sisa gerakan piston…

            Paling tidak itulah yang dikatakan oleh Sarwono Edhi dari AHM ketika saya nanya proses on-off ISS pada satu kesempatan

            Suka

            • Terima kasih informasinya. Agak ragu tentang klaim listrik butuh minim, karena kapasitas aki motor matik juga minim. Sayang tidak ada pernyataan butuh berapa amper untuk startnya.

              Setuju soal aki. Aki sekarang memang sepertinya lebih difokuskan untuk mengejar kemampuan mensuplai arus besar sehingga plat elektrode dibuat lebih banyak sehingga harus tipis, efeknya karena tipis jadi lebih gampang keropos dan konslet. Sayangnya layanan charger aki juga kebanyakan cuma trafo pakai dioda.

              Selama tidak keropos bisa diperpanjang umurnya pakai radiant charger, atau paling tidak desulfator.

              Suka

    • Belum ada yang ngetest yah
      Saya pernah menjumpai lampu utama mati sendiri ketika standar samping, sementara lampu senja tetep nyala
      Ketika di starter, lampu utama tetep mati, baru ketika di geber high rpm lampu nyala sendiri ( starter elektrik tetap bisa )
      Dugaan saya, ketika tegangan aki mencapai level tertentu maka lampu utama otomatis dimatikan, dan akan menyala sndiri di tegangan tertentu juga
      Motor v125 old

      Suka

  3. Ayo yang semangat nge-BC nya biar motor sesembahan ente laku.
    Bentar lagi nongol sonic dan New cb, ditunggu artikel bc nya ya mas.

    Suka

        • he he, istri yang minta, ya dituruti, kelemahan tinggal di cari solusinya. Setelah dioplos oli favorit pribadi, jadi lumayan kok, berisiknya berkurang banyak dan jadi mendekati berisiknya Suzuki spin yang sudah dipakai 5 tahun.

          Juga lumayan jadi lebih senyap dari motor lain baik Yamaha ataupun Honda.

          Suka

  4. bug? istilah yang gak pas.
    bug is an error , flaw, failure, or fault in a system that cause it to produce an incorrect or unexpected result.
    kalo kaya gitu bukan salah issnya ato standarnya. usernya noh.

    Suka

    • Kalau disengaja tujuannya apa? Karena saya merasa bahwa lampu menyala saat mesin mati itu tidak ada manfaatnya, maka saya menganggap itu adalah bug. Bisa juga dianggap sebagai kesalahan desain.

      Karena tujuannya menghemat energi, bukankah mematikan lampu itu salah satu cara hemat energi? kan kalau berhenti mematikan lampu lebih hemat energi seperti halnya kalau ruangan tidak dipakai?

      Video berikut ngeklaim bahwa fasilitas ISS tidak mempengaruhi aki:

      Tapi kalau lampu masih menyala selagi motor berhenti, maka klaim tersebut adalah bohong.

      Yang menarik lagi, penjelasan fitur ISS tidak memperlihatkan lampu depan:

      Suka

      • kalau malam iss aktif trus pas lampu merah atau berenti sebentar trus lampu utama mati otomatis trus bijimane, ah sudah lah

        Suka

          • “Berhenti kan biasanya di tempat terang.” nggak juga bro, itu kan asumsi anda sendiri.
            lagian kalo berhenti di lampu merah mesti matiin iss biar terhindar dari polisi (karena kalo pake iss lampu mati) fitur ini jadi mubadzir karena iss esensinya buat ngirit bensin, bukan aki
            Belum juga tekor dah ngajakin orang protes bag bug bag bug.
            ngoahahahaha…

            Suka

            • Saya rasa polisi mengerti kalau kita matikan motor.

              Tujuan dari ISS adalah hemat energi, sementara membiarkan lampu menyala selagi mesin mati saya anggap pemborosan energi. Mengembalikan listrik yang terpakai butuh energi.

              Suka

            • “Saya rasa polisi mengerti kalau kita matikan motor.”
              silahkan kalau beradu argumen sama bapak2 itu…
              (“UU LLAJ”) berikut:
              (1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang DIGUNAKAN di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
              (2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

              Jangan menyesatkan om, nyebut om…

              Suka

            • Nih om ane jelasin. Asumsi honda saat orang menurunkan standar samping belum tentu orangnya ikut turun. Karena kalo orang ikut turun biasanya kunci dicabut, untuk meminimalisir pencurian. Nah karena asumsinya masih ada orangnya alasan lampu tetap menyala adalah demi safety pengendara agar tetap terlihat jelas oleh pengendara lain, apalagi kalo malam atau pencahayaan kurang.
              Paham belum om? Satu karena peraturan.
              Dua karena safety.
              Masih lebih penting mana aki sama safety dan taat peraturan? Coba om jawab.

              Suka

            • Mungkin juga, tapi coba baca komentar yang lain. Motor matik honda yang lain lampunya mati kok kalau standar samping diturunkan. Mengapa untuk yang Honda Beat sporty baru kok dibuat menyala?

              Apa soal lampu tidak mati ini sudah pernah ada yang bahas?

              Suka

            • beat yang lama belum esp om…
              motor honda yang pake teknologi esp kaya gini semua…

              terus bug nya dimana?
              pertanyaan saya kog gak di jawab?

              penting mana taat peraturan dan safety dengan aki om?

              Suka

            • standar samping otomatisnya versi lama ada yang bilang lampunya mati. Saya bilang bug karena saya anggap lampu nyala saat mesin mati tidak ada manfaatnya.

              Untuk peraturan, kan itu hanya untuk Indonesia, dan sementara Honda Beat kan dijual/didesain tidak untuk Indonesia saja. Kalau di lihat di deskripsi ISS di website Honda dunia, fungsi aki sangat diperhatikan, tidak membahas soal peraturan di Indonesia.
              http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html

              Suka

  5. Kalau DIDUGA beresiko membuat umur aki lebih pendek memang ada kemungkinan..
    Tapi butuh data yg valid dr beberapa user..
    Insinyur kelistrikan Honda sepertinya (baru kemungkinan jg) sdh mempertimbangkan hal tersebut dngn perhitungan garansi kelistrikan yg 1 tahun..

    Masalah peringatan dr yg delivery motor itu sudah standar kerjanya begitu..
    Dulu waktu beli motor bebek bukan merk honda jg di”peringatkan” seperti itu..
    Bukan berarti ada masalah,tp cuma memberi saran saja agar lebih baik…

    Suka

    • Bila lampu tetap nyala selama mesin mati, bisa dipastikan listrik aki berkurang. Itu sudah pasti. Yang belum tahu apakah memang ECU akan membiarkan aki tekor gara – gara kelamaan membiarkan lampu menyala.

      Apa benar ada garansi aki satu tahun? Terus terang agak eman sama aki bila coba mengetes apakah lampu akan mati sendiri setelah beberapa menit. Tapi bila memang ada pencegahannya harusnya sudah ada pernyataan resmi. Namun nyatanya iklan ISS sendiri lampu depan di sembunyikan.

      Bila menuruti saran itu apakah kita harus starter pakai kaki setelah mesin mati karena ISS?

      Suka

  6. Ane rasa yg bikin aki tekor itu justru karena penggunaan ISS di macet stop n go.
    Jadi kalo sering kena macet parah, mending dimatiin aja ISSnya.

    Lagian juga kalo “bug”, Vixion Adv, R15, R25 juga ada bug dong. :p
    CMIIW

    Suka

    • Bisa jadi. Macet yang sering berhenti sepertinya akan membebani aki karena dipaksa menjalankan dinamo starter dan sementara itu pengisian saat mesin menyala juga tidka cukup.

      Rasanya motor Yamaha tersebut tidak ada kesamaan dengan ISS atau standar samping otomatis? apa maksudnya kalau kunci kontak on lampu langsung menyala? Rasanya orang tidak akan teledor mematikan kunci kontak untuk motor tersebut, lain dengan yang di matik Honda.

      Suka

  7. Info tambahan:
    http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html
    Charging system designed to prevent discharging of the battery
    It is necessary to increase charging capacity for an “idling stop” vehicle compared to a vehicle that with idling. This is necessary because the battery is not charging when the vehicle is stopping for a traffic signal etc.
    An “idling stop” vehicle cannot restart if the battery is discharged and the starter motor cannot crank the engine. To cope with the aforementioned, the charging output from the ACG starter in the “idling stop” vehicle is designed to such a level that prevents the battery from discharging even when operated on congested roads using the “idling stop system”.

    Suka

    • Pernah punya v 125 iss gen 1 jg sama kok bro.lampu dpan ttp nyala bila iss aktif aki jg gak pernah tekor padahal fitur iss selalu on dan sering aktif bila di kemacetan.stahu saya pengisian aki beda dr versi non iss.insinyur honda pst sdh ngitung soal ginian bro.nah itu jg sdh jelas u varian iss system pengisian sdh didesain u mencukupi kebutuhan aki toh?

      Suka

  8. (“UU LLAJ”) berikut:
    (1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotoryang DIGUNAKAN DI JALAN pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
    (2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.
    Nih om ane jelasin. Asumsi honda saat orang menurunkan standar samping belum tentu orangnya ikut turun. Karena kalo orang ikut turun biasanya kunci dicabut, untuk meminimalisir pencurian. Nah karena asumsinya masih ada orangnya alasan lampu tetap menyala adalah demi safety pengendara agar tetap terlihat jelas oleh pengendara lain, apalagi kalo malam atau pencahayaan kurang.Paham belum om? Satu karena peraturan.Dua karena safety.Masih lebih penting mana aki sama safety dan taat peraturan? Coba om jawab.
    Saran ane, om banyak2 baca blog edorusyanto.wordpress.com
    jangan langsung bag big bug bag big bug

    mending bang bing bung kita nabung…
    ngoahahahaha

    Suka

  9. kalo matic honda yg lain,lampu ny mati menurut saya wajar,kn masih AC kelistrikan lampu utama ny,beda sama yg full DC,
    CMIIW,

    Suka

  10. Mau irit kok repot amat, pake nunggu lampu merah sgala! Dah gt harus pula ada yg dikorbankan !!! Mending pake kaya tatangga eco indicator, mau pake irit bisa kpan saja !!! Tapi dihargai lah usaha honda untuk bikin tambah irit motornya, saat motor lain sdah bisa lbih irit dr honda …

    Suka

    • Iya. Eco indicator sih cuma gaya – gaya an, sepuluh tahun lalu juga ada simbolnya di spedo Honda. Kalau yang benar bisa membantu adalah mileage indicator seperti di MX King, atau rpm.

      Suka

  11. Saran saya sblm posting artikel spt ini anda review dl selama beberspa bln spy jelas kecurigaan anda apa jd kenyataan ato cm asumsi pribadi atas dasar kekurang tertarikan anda pribadi thdp salah satu brand.no offence bro cm kritik aj.salam satu aspal

    Suka

    • Ini motor dan asumsi pribadi kok bro. artikel ini cuma mengingatkan yang lain agar jangan sampai akinya tekor. Pinginnya lampunya mati saat mesin mati, nanti servis pertama akan tanya ke bengkelnya, mungkin sekalian matikan CBS juga.

      Suka

      • Imo pd iss ada semacam relay yg mencegah lampu utama mati saat iss aktif asumsi nya motor berhenti hanya sesaat krn lamer ato macet saja.rasanya kecil kemungkinan rider ninggalin motor dlm keadaan iss aktif yg artinya kunci jg msh nempel dan motor kondisi stby.imo itu bkn bug tp mmg dibuat spt itu dgn sgl pertimbangn dan jg ada tindakan preventif dr honda dgn menigkatkan system charging agar aki tidak tekor selama fitur iss digunakan.

        Suka

        • Saat kunci kontak nyala pertama, lampu masih mati. Namun saat setelah menyala, lampu tidak mati lagi walau mesin mati. Masalah memang hanya akan terjadi saat ISS aktif terlalu lama misalkan di rel kereta api, atau standar samping turun dan pemakai lupa mematikan kunci. Namun kemungkinan itu ada, sehingga perlu waspada, yang menjadi alasan menyebut fasilitas itu beresiko.

          Untuk soal pertimbangan, link berikut menjelaskan bahwa pemakaian listrik disaat mesin mati bisa mengurangi tenaga saat mesin hidup. Oleh karena itu menjadi tanda tanya saat lampu dibiarkan menyala saat mati. Selain pemborosan energi, itu juga beresiko membuat aki tidak kuat menyalakan mesin lagi.
          http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html

          Rasanya tidak ada alasan kuat untuk membiarkan lampu nyala saat mesin mati. Seharusnya konsumen diberikan opsi untuk memilih mematikan lampu saat mesin mati.

          Suka

  12. the charging OUTPUT from the ACG starter in the “idling stop” vehicle is designed to such a LEVEL that PREVENTS the battery from discharging even when operated on congested roads using the “idling stop system”.

    Jadi benar, output pada headlamp memang di desain agar tetap bisa start mesin walau pake acg, yaitu mematikan headlamp ketika tegangan aki mencapai level tertentu

    Suka

    • Saat mesin mati, sumber listrik satu satu nya adalah aki. Discharging adalah saat aki harus mensuplai arus. Maksudnya begini:
      Lampu nyala saat mesin mati = discharging battery.
      Agar tidak discharging = lampu dimatikan.

      Jadi harusnya di jalan sibuk penggunaan arus dari aki dicegah saat ISS aktif. Namun terus terang saya belum coba dikala sering jalan berhenti di macet, entah apa benar lampu jadi mati kalau berhentinya sering.

      Suka

    • Ketika kunci on kan headlamp belum nyala
      Dan otomatis nyala ketika mesin nyala
      Itu sudah bukti kalau ada yang mengatur sistem nyala dari headlamp secara otomatis
      Mungkin kiprok sudah mengatur hanya menyalakan headlamp ketika tegangan di atas 12 v misalnya

      Suka

      • Mungkin perlu di tes pakai voltmeter untuk melihat apakah benar ECU akan mencegah discharging saat listrik aki sudah hampir habis. Kalau di motor normal, itu tidak ada.

        Suka

  13. saya sempat penasaran juga kenapa bisa diputargas terus idup, makanya saya bongkar aja yuh mesin punya teman, ternyata benar dugaan saya, motor mati disaat terjadi kompresi, makanya saat gas dibuka baru bunga api dari busi dinyalakan, makanya tidak terdengar dentruman starter motor, teknologi yang cerdas, yang membuat saya bingung justru ko bisa menempatkan piston mati padasaat kompresi, saya udah coba utak atik di matik lain, tp hasilnya mengecewakan… kalau ada saran saya terima buat modifikasinya… terimakasih

    Suka

    • Kalau nggak ada suara, penyebabnya dari ACG, alternator dijadikan satu dengan dinamo starter. Implementasi di motor lain butuh starter motor yang terintergrasi dengan alternator juga, rasanya susah dilakukan/

      Suka

  14. duh ane lupa nulis masalah aki, jangan takut tekor om, nyantai aja, kan udah ada garansi kelistrikan, tinggal di claimkan aja kalau terjadi masalah, justru dengan menyalanya lampu disaat motor di on-kan kia dapet manfaat, misalkan padasaat malam hari terjadi insiden terhadap kendaraan, kita masih bisa memakai tuh lampu buat penerangan, coba bayangin : motor kaga bisa idup disaat malam yang geap, kita mo lihat pake apa… kalaupun aki jadi drop gara” insiden tersebut kita masih bisa claim… jadi apa ruginya dengan nyalanya lampu

    Suka

  15. Saya pakai Vario ISS lama (non LED) lampu utama juga tidak mati, tapi hanya meredup jika mesin mati karena ISS aktif atau mesin mati karena standart samping turun.
    ISS selalu on sehari-hari, lampu sudah ganti Philip Blue Vision, aki masih bisa bertahan dua tahun dua minggu (barusan ganti soalnya).
    Disisi lain istri saya pakai Mio J yg gak ada ISS, aki juga bertahan 2 tahun satu bulan.
    Jadi menurut saya gak beda jauh.

    Suka

  16. ada sdikit tambahan mas. hehe..

    untuk vario125 dan beat iss, itu ada fitur AGC Starter. jd fitur starter gak lagi memakai dinamo starter spt yg disebutkan diatas. AGC ini berfungsi jg sbg alternator. magnet kelistrikan bergungsi sekaligus sebagai starter. jd maka nya saat mesin nyala sama skali gak ada suara. daya yg dipakai untuk mati-idup-mati-idup jg lbh hemat daya.

    selain itu, vario iss pakai kiprok yg lebih besar, jadi proses pengisian listrik ke aki jg lebih besar dibanding motor non-iss.

    kedua, proses menghidupkan kembali mesin dibantu dekompresi & swing back, dekompresi kyk smacam perangkat untuk membocorkan kompresi agar proses starter lebih enteng. Kalau swing back itu proses geraknya posisi kruk as secara otomatis untuk menghindar dari langkah kompresi saat mesin mati. jadi beban saat penyalaan mesin kembali jd lbh enteng.

    Suka

    • makasih infonya, namun rasanya untuk pemakaian daya saat menyalakan tetap sama, tidak disebutkan dalam list keunggulan ACG starter. Kiprok diperbesar mungkin untuk mengimbangi karena keluaran listrik dari ACG juga besar.
      http://www.hondacengkareng.com/teknologi-acg-starter-motor-honda/

      Berikut adalah keunggulan utama dari ACG Starter pada motor Honda anda.
      Mengurangi getaran dan bunyi saat menyalakan mesin motor. (Sudah tidak lagi Starter “Bletakkk”).
      Mengurangi konsumsi BBM (karena adanya sistem decompression yang mempermudah kerja piston)
      Mengisi aki secara otomatis
      Menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brush yang biasanya terdapat pada dinamo biasa

      Suka

  17. Gan, buat matik Honda yg pake ISS itu pakainya ACG Starter, bukan dinamo starter sehingga gak menimbulkan suara dan nyedot listrik nya rendah.

    trus jg kalo mesin mati krn ISS/SSS, lampunya itu nyala redup, jadi lampu cuma makan energi kecil dan aki nya itu 5Ah jadi gak tekor selama penggunaan normal.
    #CMIIW

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s