Pilihan mematikan lampu depan sebelah kanan di motor sport Yamaha Indonesia yang tidak logis dan membahayakan


Motor sport fairing dari Yamaha dirilis dengan lampu sebelah kanan mati bila hanya menggunakan lampu dekat. Sebelumnya penulis sudah pernah mendapatkan keluhan dari pembaca tentang hal ini yang mengatakan pernah merasakan sport jantung karena salah perkiraan tentang posisi motor Yamaha R15 dari depan. Barusan ini penulis juga mengalami hal ini juga sehingga penulis merasa perlu untuk membahas hal ini.

kiri men
Lampu depan motor Yamaha YZF-R15 versi Indonesia menyala lampu kirinya.

Matinya lampu kanan membuat posisi motor susah diperkirakan. Jalan di Indonesia yang sering tidak ada pembatasnya membuat motor sering menyalip mengambil lajur kanan. Di malam hari yang dipakai sebagai pedoman bagi pengendara dari arah berlawanan adalah posisi lampu. Dari jauh yang terlihat jelas hanya lampu depan saja. Posisi lampu depan yang hanya menyala di kiri membuat pengendara dari arah berlawanan menjadi salah memperkirakan lebar kendaraan. Apalagi karena lampu kiri Yamaha R15 bergeser beberapa puluh centimeter dari tengah. Selisih beberapa puluh centimeter ini menjadi berbahaya karena pengendara motor di Indonesia sudah terbiasa berpapasan dengan spion atau setang cuma berbeda beberapa centimeter saja. Ini membuat motor Yamaha R15 sebagai motor yang berbahaya bagi pengendara lain. Dan ini juga yang penulis harus alami.

Entah apa alasan Yamaha untuk memilih lampu kanan yang dimatikan. Dari sisi logika, seharusnya lampu kiri yang dimatikan. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bila lampu depan mati salah satu, maka yang kananlah yang harus dibuat menyala. Seperti yang diulas di karya tulis berikut ini:
UNDANG-UNDANG LALU-LINTAS SEBAGAI REGULASI TERTIB LANTAS KOTA MEDAN, Subanindyo Hadiluwih, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Undhar dan UMN.
equ-agu2006-11 (7)

Banyak kendaraan yang tetap jalan meskipun lampu penerangannya mati.
Untuk sepeda motor hal ini sering terjadi sehingga mengejutkan pengguna jalan yang lain.
Meskipun demikian, ternyata banyak juga mobil yang tetap berjalan meskipun lampu mati.
Mungkin kondisi masih bisa di tolerir manakala lampu depan sebelah kiri yang mati.
Kenyataannya, lampu depan sebelah kanan matipun, jalan juga.

Di dalam kenyataan, polisi juga tidak mentolerir bila lampu depan kanan mati:
Yamaha YZF-R15 Kena Tilang Di Cirebon Karena Lampu Depan Nyala Sebelah? [ konyol ] 18 Juni 2014

Entah itu sudah didesain dari pabrik Yamaha atau apa, yang jelas ada polisi yang menganggap itu melanggar aturan.

Penulis mencoba menggali dan ternyata langkah yang diambil Yamaha ini berbeda dari langkah yang diambil oleh produsen lain.
low beam yamaha R15, nyala yang kiri? memang antimainstream, Apr 24, 2014

namun saat lampu dalam kondisi low beam, yang menyala satu lampu di sebelah kiri.. cukup berbeda ketika dual keen eyes menyala satu lampu, umumnya yang nyala adalah lampu sebelah kanan.. contohnya ada pada ninja 250 fi, minerva gtr150, minerva vx 150 serta berbagai mode yang menganut dual keen eyes dan lampu yang menyala saat low beam adalah lampu kanan..

Yang lebih mengherankan lagi, motor Yamaha R3 yang diperuntukkan untuk India, yang sama – sama pakai lajur kiri, justru lampu depan sebelah kanan yang masih disisakan menyala.

Lampu depan motor Yamaha YZF-R3 versi India menyala lampu kanannya.
Lampu depan motor Yamaha YZF-R3 versi India menyala lampu kanannya.

Tentunya dalam kota tidak baik selalu menyalakan lampu jauh, karena mengganggu pengelihatan dari pengendara lain. Sehingga solusi yang tepat adalah dengan menyalakan kedua lampu atau paling tidak dibuat lampu kanan yang menyala.

Besar harapan penulis untuk Yamaha merevisi posisi lampu yang dimatikan. Lebih baik lagi bila kedua lampu yang dnyalakan. Toh tidak ada kendala teknologi. Entah akan dipenuhi atau tidak.

Bagi bro yang punya motor R15, penulis sarankan untuk menukar posisi soket sehingga lampu kanan selalu menyala. Tentu hal ini lebih mudah dilakukan. Ini akan lebih aman bagi bro terutama bila bro membutuhkan menyalip kendaraan lain dengan mengambil jalur kanan. Ini untuk keselamatan bro sendiri.

tambahan:
Berikut adalah video yang menjelaskan bagaimana caranya agar lampu low beam dari Yamaha R15 bisa menyala dua duanya. Ternyata terminal untuk low beam dari sebelah kanan tidak ada jadi tinggal menambahkan dengan memanfaatkan terminal dari low beam sebelah kiri.

44 thoughts on “Pilihan mematikan lampu depan sebelah kanan di motor sport Yamaha Indonesia yang tidak logis dan membahayakan

    • Mungkin kalau untuk pejalan kaki atau menyalip menyinari bagian kiri yang lebih penting, tapi tentunya itu tetap bisa dilakukan dengan lampu kanan. Dengan jarak obyek yang disalip atau dilewati harus terlihat beberapa puluh meter di depan, lampu geser kanan beberapa puluh centimeter tentu tidak banyak bedanya, toh obyek bisa dianggap tidak berpindah jalur. Lain lagi saat papasan dari arah berlawanan dimana lampu bergeser beberapa puluh centimeter ke kiri itu bisa fatal.

      Dulu saya pernah terpaksa harus pakai mobil dengan hanya lampu kanan saja yang menyala. Melihat obyek di kiri masih tidak masalah.

      Suka

    • Terang lampu senja kalah jauh sama lampu utama, jadi yang terlihat jelas cuma lampu utamanya saja. Bahkan mobil yang lampu senjanya lebih besar pun tetap susah terlihat karena kalah dengan silaunya / glare dari lampu utama.

      Suka

    • Kenapeee, lu gak pernah turing ya? Anak kota? Gak pernah jumpa jalan pedalaman yang gelap gulita?.. Atau motor lu R15 mrasa tersinggung yaak hahaa. Makanya bilang ama yamaha gausa so so pg beda tanpa memperhatikan alasan dan aspek desain yang ada.

      Kanan always on ada alasannya karna lajur jalan Indo di kiri dan nyelip dr kanan, maka lampu kanan sbagai lampu dekat berfungsi agar terlihat sebagai batas body motor oleh pengendara lainnya

      Yamaho terlalu kreatip hahaha

      Suka

    • Kalau jalannya kosong dan terang tentu resikonya kecil. Tapi kalau pas lagi jalan rame dan pakai helm bawaan motor yang seringkali kacanya setengah hitam yang bikin jalan gelap saat malam walau sudah ada lampu jalan, kemungkinan tetap ada.

      Namanya resiko, kan lebih baik dikurangi. ada beberapa kecelakaan yang terjadi gara – gara lampu kanan mati.

      Suka

  1. banyak sebernrnya produk yamaha gak terlalu mempedulikan safety.contohnya saja lampu sein vixion yang posisi tidak melebar.demi jual tampang keren. coba bandingkan dengan honda yang lebih melebar.kemudian R15 yang terlalu nungging dan slebor belakang yang ala kadarnya.mana peduli dengan urusan rider belakang klo hujan.

    Suka

    • Iya, Yamaha sepertinya memang kurang perduli dengan ergonomi ataupun kepraktisan. Lebih mementingkan tampilan dari luar dan kurang menghiraukan dari sisi ridernya. Sebagai contoh, bagian lampu sein kok tidak ditutupi dan terlihat jelek.

      Suka

  2. masuk akal om…

    tapi yimm sepertinya udah memikirkan jauh jauh hari, headlamp menyla sebelah kiri krn dianggap untuk riding harian alias alon alon… sedangkan saat hi-speed wajib dua duanya nyala, apalagi saat nyalip perlu setidaknya pass beam…

    hehehe…
    ane fby lho om… xixixi
    salam susah netral

    Suka

    • mungkin enggak. India rasanya jalurnya lebih pelan dari Indonesia, dan Yamaha India memilih untuk pakai lampu kanan. Mungkin saat akan menyalip pakai high pass beam, namun saat menyalip kalau pakai high beam tentunya tidak sopan asma yang berlawanan arah. Dan bila pada saat bersamaan ada yang menyalip dari arah berlawanan, maka hal ini yang bikin lampu kiri jadi beresiko.

      Suka

  3. Haduh elo bro, blogger yg seakan lebih pinter dari yamaha aja. Untuk r15 kan ada lampu kecil ny bro d headlamp selain lampu utama dan nyala secara otomatis kiri dan kanan. Jadi pasti keliatan bro dari belakang. Emang ada bro orang kecelakaan gara2 hal kaya begitu. Dan apa elo pernah dengar bro peraturan yg bilang saat nyalip dengan kecepatan tinggi kita harus pakai lampus sein. Jadi ???

    Suka

    • Lampu kecilnya nggak begitu kelihatan kalau papasan cepat bro.Rasanya kalau sepeda motor jarang banget yang nyalakan lampu sein kalau nyalip. Kalau nyala biasanya pasti mau belok kanan walau lagi nyalip (kebiasaan berbahaya lainnya).

      Belum pernah dengar kecelakaan R15 gara – gara itu, tapi yang jelas bikin jantungan iya.

      Suka

  4. Setuju untuk lalu lintas Indonesia yg nyala sebelah kanan, lebih safety.
    Tp ga cuma R15 aja yg nyalanya sebelah kiri mas, Burgman 200 jg sami mawon je.:mrgreen:

    Suka

  5. saya pernah membaca artikel di otomotif lama saat itu mengulas soal Ducati Monster, alias motor eropa, yg headlamp nya agak bias ke kanan, dijelaskan disana karna di eropa pake lajur kanan tujuan nya supaya tidak langsung mengenai pengendara dari arah berlawanan karna bisa menyilaukan.

    untuk negara yg pake sistem jalur kiri maka lampu motor sebenarnya wajib di design agak bias ke kiri, saya ulangi agak bias ke kiri jadi cuman agak loh… tujuan nya supaya tidak langsung mengenai pengendara dari arah berlawanan karna bisa menyilaukan.
    Logikanya motor dengan dual lamp macem R15 dll, hendak nya lampu yg nyala normal adalah lampu kiri dengan tujuan seperti penjelasan di atas.
    Apabila yg nyala kanan bisa menyilaukan arah yg berlawanan, sepertinya itu adalah aturan di eropa sono saya krg tau pasal dan ayat nya dmn.
    Tetapi di Indonesia spt nya belom ada aturan soal ini,
    terbukti ada yg kiri ada yg kanan malah ada yg nyala semua spt Vario semisal.

    So sebenar nya sangat tepat kalo R15 yg nyala sebelah kiri, justru motor lain yg nyala kanan itu yg keliru, ada kemungkinan itu adalah produk motor yg di riset atau diproduksi di negara dengan lajur kanan.
    mengenai masalah kalo nyalip dr kanan trs bikin yg berlawanan arah jadi salah prediksi posisi motor, saya rasa ini sedikit kasus yg terjadi, apabila semua kendaraan ada di jalur nya masing2 saya yakin kesalahan prediksi ini gak akan berakibat fatal.

    demikian sedikit share dr saya semoga bisa memberi point of view baru
    terima kasih

    Suka

    • Bila tujuannya biar yang berlawanan tidak silau, lampu di kanan pun tetap bisa diatur agar tidak menyilaukan.

      Yang repot, di Indonesia banyak jalan yang tidak ada pembatas jalannya. Di situasi seperti itu, seringkali menyalip menggunakan jalur arah berlawanan. Lampu utama terlalu ke kiri bisa jadi membahayakan. lampu kecil ada, tapi kalau berpapasan dengan 160kpj jadi agak susah ditengarai (kita jalan 80kpj, dari berlawanan jalan 80kpj juga).

      Dari logika bro, berarti yang menyala kedua lampunya termasuk salah dong? Banyak motor bebek dan matik yang punya dua lampu utama kiri kanan dan selalu menyala.

      Suka

  6. Jujur om, ane kmrin mlm juga ngalamin kejadian serupa. Hampir nyeruduk R15 dr arah berlawanan. Ane lg niat salip mobil searah dan udah lihat jelas ada 1 motor agak pelan dr arah lawan(waktu itu yg ane tau hanya ada mtr didpn, tipenya blm jelas), hanya krn itu lampu mtr lawan terlalu dikiri, ane jadi salah perkiraan. Untung R15nya pass beam(lampu kanan), refleks kendorin gas. Kaget ane ternyata posisi r15 jauh dr perkiraan ane.

    Suka

  7. mungkin itu alasannya menambahkan tombol pasbim kang… kan biasanya kalo kita mo nyalip mobil besar dan dari arah lawan ada kendaraan kita tembak lampu jauh… menurut saya sih gitu…

    Suka

      • passbeam. hi beam itu fungsinya cuma sebagai isyarat bro bukan untuk dinyalain terus menerus waktu dijalan karena bisa lebih membahayakan pengendara didepannya karena terlalu silau dan jadi buta jalan. kalopun sedang touring atau dijalanan antar kota yg gelap gulita fine fine aja pake hi beam tapi ketika lihat ada pengendara lain mendekat (dari arah yg berlawanan) baiknya langsung diturunin ke low beam.
        mobil2 eropa udah banyak yg adaptasi teknologi auto low beam ketika berkendara di jalan gelap yg sepi.
        Jadi kesimpulannya pass beam/HI beam itu gak wajib digunakan terus menerus ketika berkendara dan fungsinya hanya sebagai isyarat dan penereangan di jalan yg gelap dan sepi saja

        Suka

  8. Sepertinya salah bro saran ente kalo menukar soket lampu agar yg kanan yg menyala terus. Posisi rumah lampu (reflektor) sebelah kanan sudah didesain utk menyorot ke atas (high beam). Berbeda dgn yg sebelah kiri, agak menyorot ke bawah (low beam). Akan sangat menyilaukan kalo lampu kanan yg dibuat menyala terus.

    Suka

    • Tidak tahu bila desain reflectornya beda. Rasanya sama, karena biasanya untuk lampu dekat entah posisi lampunya lebih tinggi atau ada reflector di bagian lampunya sehingga tidak menyinari ke bias ke atas. Soal setelan sorotan, mestinya juga bisa diatur ketinggiannya.

      Suka

      • Reflektor lampu r 15 kiri memang untuk high dan low beam sedangkan untuk yang kanan reflektornya hanya untuk high beam ,,, ( monggo di liat dulu mas di motornya ,,) jadi kalo di nyalakan keduanya atau pun di tukar socket nya n yang kanan lampu H4 Dinyalakan yang low tetap akan menyilaukan ,,, dan pantulan bias ke permukaan aspal berbeda , dan bukan hanya di indonesia ,, di seluruh dunia lampu r 15 memang low nya hanya di sebelah kiri ..

        Suka

        • Berikut ada instruksi untuk membuat low beam dari Yamaha R15 jadi menyala dua – duanya, nggak cuma sebelah. Disitu yang diakali cuma kabelnya saja. Sebelah kiri ada kabel hijau sementara sebelah kanan tidak ada / kosong. Untuk menyalakan lampu low beam kanan ditambahi sama kabel yang diambil dari kabel lampu low beam sebelah kiri.

          Instruksi diatas tidak memerlukan penggantian reflector.

          R15 Indonesia memang diekspor ke mana mana. Namun di video berikut rasanya low beam nya kok nyala yang sebelah kanan. DI India lampu depan sepertinya bisa dimatikan.

          Suka

  9. bagi pengguna yamaha r15 sangat mudah untuk menghidupkan lampu kiri dan kanan secara bersamaan n berpungsi untuk jarak dekat n jarak jauh caranya mudah gantik saja sakaler yamaha r15 dengan sakelar yamaha vixon.di coba aja sobat2,smg bermanfaat
    irwandiachmad.blogspoot.com

    Suka

  10. Ini membuat motor Yamaha R15 atau R25
    sebagai motor yang berbahaya bagi
    pengendara lain.

    Yang lebih mengherankan lagi, motor
    Yamaha R3 yang diperuntukkan untuk
    India, yang sama – sama pakai lajur kiri,
    justru lampu depan sebelah kanan yang
    masih disisakan menyala.
    ——————

    R25 indonesia yg nyala juga yg sebelah kanan tong. asal njeplak aja loe. riset dulu sono sebelum nulis. blogger keminter. cuih

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s