Cara agar tampilan spedo digital tidak lagi hitam putih, tidak membosankan dan bisa terlihat warna warni


Hadirnya spedo full digital di sepeda motor kelas menengah ke bawah bisa menjadi duri dalam daging bagi rider yang suka tampilan cerah dan bewarna. Seperti yang disinggung oleh salah satu pembaca, hadirnya spedo full digital ini sama seperti ketika handphone mulai populer. Dulu tampilan hitam putihpun kelihatan keren. Namun ketika layar warna warni mulai diperkenalkan, tampilan hitam putih tersebut menjadi kelihatan kuno dan ketinggalan jaman.

Dengan masyarakat sudah terbiasa dengan tampilan berwarna, hadirnya spedo dengan cuma layar hitam putih terasa menjadi suatu kemunduran. Bagi yang suka tampilan cerah dan berwarna, tampilan digital yang cuma begitu begitu saja menjadi kekurangan yang sangat berarti.

Ada cara agar tampilan menjadi lebih cantik. Sedikit membantu, bisa sebentar mengurangi jenuh. Bila mau berjuang maka hasil bisa menjadi sangat menarik.

Cara pertama adalah mengganti lampu lednya, klik gambar untuk menuju artikel yang mencantumkannya:
indiglow-baru-2

biru

Cara kedua adalah dengan membalik backlight LCDnya, sehingga tampilan yang sebelumnya tulisan hitam latar belakang putih jadi tulisan putih latar belakang hitam, katanya mazped triknya disebut membalik polarisasi:
merubahbacklight

Artikelnya:
LCD Polarized… Gini Nih Cara Bikinnya.. Oktober 21, 2014
Mengenal LCD dan Trik Modif LCD Polarized Spidometer September 10, 2014

Kalau telaten, setelah dibalik latar belakangnya jadi hitam dan tulisan jadi putih, bisa diwarnai juga, pakai caranya mazped, keren sekali:
Jpeg

Yang ideal semestinya adalah yang seperti berikut ini, layarnya betulan digital yang cerah dan berwarna:

Atau bila ingin yang kreatif atau ada yang ingin berkreasi, bisa juga coba menggunakan layar tablet android yang dihubungkan dengan alat interface. Bila kendaraannya mendukung protokol OBD2, maka data data mesin bisa ditampilkan ke layar dengan bantuan program pembaca data OBD2. Seperti misalnya torque:
torque-app-1

Atau
digitaldashboard4

Atau mungkin pakai alat yang terpisah, namun mungkin hanya bisa untu rpm saja:
13000-RPM-motor-skuter-Analog-Tachometer-pengukur-Cahaya-malam-sepeda-motor-instrumen-Skuter-indikator-kecepatan-BHU2

Memang hadirnya spedo digital sudah tidak bisa dibendung lagi. Walau mungkin tampilannya sangat membosankan dan membuat mata sepat, berdoa saja bahwa pabrikan sepeda motor akan segera mengimplementasikan layar yang cerah dan berwarna. Untuk yang sudah kadung beli motor dengan spedo digital, bila sudah bosan, dicoba saja cara diatas.

12 thoughts on “Cara agar tampilan spedo digital tidak lagi hitam putih, tidak membosankan dan bisa terlihat warna warni

  1. Pak klo cemenite buat kelapa sawit dahulu yg rekomen diameter 5 cm ya Pak?
    Terus cemenite mempengaruhi pupuk kimia tidak? Menjadi netral mungkin? Semisal saya menggunakan pupuk NPK?
    Saya juga menggunakan obat pembasmi rumput,apakah juga berpengaruh?
    Sementara tanaman anggur saya berkembang dgn baik (pakai cemenite diameter 5,5cm) ,tapi perasaan saya kok sehabis saya pupuk kimia (NPK Mutiara YaraMila) perkembangannya kurang baik,malah kliatan lbh subur pakai cemenite saja,apa pupuk tidak cocok atau bagaimana ya Pak?
    Maaf kalau kepanjangan..

    Suka

    • Kalau dari rasa cemenite mengurangi keasaman makanan dan mengurangi kepahitan obat, seharusnya tidak berpengaruh. Namun sebaiknya cemenitenya jangan sampai kena semprot / dibungkus plastik tipis.

      Untuk pupuk, ada kemungkinan dengan adanya cemenite membuat ramuan jadi overdosis. Kalau overdosis maka efeknya juga tidak bagus. Coba di cek apakah pH tanah sudah sesuai dengan kebutuhan tanaman. Takutnya jadi terlalu basa.

      Kalau pakai, dosisnya sangat dikurangi saja.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s