Mengkritisi iklan Honda CB150R SF, mengapa harus dipalsu suaranya?


Penulis baru sadar bahwa suara yang diperdengarkan di iklan resmi Honda CB150R itu ternyata bukan suara aslinya. Ada yang suara mobil dan ada yang suara motor sport lain. Ini membuat penulis bertanya tanya. Apakah memang suara asli dari motor Honda CB150R streetfire ini aslinya tidak merdu?

Iklan yang penulis maksud adalah yang ini:

Suara saat motor di berhenti bisa di dengar di videonya mas taufik berikut:

Suara saat motor berjalan bisa didengar di video berikut:

Dari video saat motor berjalan, terus terang penulis kurang suka. Rasanya juga suara mesin akan mendominasi, suara knalpot kalah kuat bila motor sedang berjalan pelan atau bila pada kecepatan yang tetap. Sehingga jadinya suara motor jadi tidak nyaman didengar. Suara mesin di video di atas juga klotak klotak, bukan suara yang merdu kalau harus mendengar selama di jalan.

Penulis memang belum pernah bertemu dengan Honda CB150R SF yang baru di jalan. Kalau motor CB150R SF yang lama sudah sering dan kesan penulis adalah suaranya jelek. Suaranya baru bagus bila knalpotnya sudah diganti dengan punya Tiger Revo atau punya Satria atau punya Vixion edisi awal. Kalau yang pakai knalpot racing justru suaranya hancur, masih lebih mending yang knalpotnya dilepas satu saringannya.

Kembali ke topik, rasanya memang suara asli dari motor CB150R tidak bisa dibanggakan dan sepertinya Honda sendiri sudah tahu bahwa konsumen juga mementingkan suara sehingga berani mengambil langkah untuk memalsu suara motor yang di iklan resminya. Mungkin motor kurang laku bila diiklankan dengan suara aslinya.

27 thoughts on “Mengkritisi iklan Honda CB150R SF, mengapa harus dipalsu suaranya?

  1. Loh iya apa Pak?
    sbnrnya saya ngiler sama new cb, tp stlh melihat dgn seksama model dr dpn k blkg kok msh mendingan vixion ya? Tp istri ngotot new cb aja! Klo ga dturuti wajib beli sonic, trs saya yg pakai vixion, tepok jidat Pak!
    Saya aslinya honda bgt lo Pak, smpe saat ini blm pernah beli motor selain merk honda..
    Tp lama2 geram jg dkelas sport honda kok ga serius berbenah, pdhal saya begitu sabar menunggu proyek new cb ini siapa tahu bnr2 wow..
    Eh hasilnya cuma gini aja..

    Suka

    • Ha ha ha, mungkin istri pingin coba Sonicnya. Honda biasanya memenuhi keinginan konsumen, apa mungkin sengaja dicicil ya? Biar bisa ada revisi.

      Secara pribadi sih rasanya bodi Vixion terlihat lebih bersih, terutama di bagian mesin, sedikit palangnya. Honda CB150R terkesan lebih rame.

      Suka

    • AHM cm fokus jualan, gak mikirin kepuasan konsumen. Banyak featura yg diprintil2 akibatnya produk sebelumnya jd undervalue. Parahnya produk diatasnya jg jd kebawa undervalue. Contoh cbr lokal mstnya diposisikan diatas cb ato ncb. Tp koq ya kabel speedo cbr msh diban? Nampak pekok2 gmana gitu ya

      Saran saya kl blum sreg ma ncb ya mending tahan dulu. Moga2 laporan akhir tahun gak membahagiakan dan taun depan facelift lg. Sonic jg msh naik turun jualannya, tunggu ampe harga stabil (diskonnya bagus).

      Suka

    • Yamaha sama saja, malah yang di video berikut nggak ada suara motornya sama sekali. Mungkin sama – sama malu kalau pakai suara asli. Suara motor laki sekarang sudah nggak laki.

      Suka

  2. Iklan motor dulu ada yg pakai suara asli mesin/knalpotnya?

    Well, kalo mau bener2 jujur ya harusnya seperti iklan produk rumah tangga.
    Biasanya dikasih keterangan ‘dramatisasi/visualisasi artistik’.

    Suka

  3. All new CB150R yg saya punya suara knalpotx halus kok, merdu lembut, kesan mewahx dapat…malah ndak jd ganti knalpot, krn dulu wktu motorx belum dibeli pengenx langsung diganti, krn sistem knalpot yg slip on, tp wkt dah dengar aslix malah jd suka banget, penulis kayakx benci banget sama honda, hampir semua artikelx tulisanx nyari2 kekurangan/kelemahan produk honda….

    Suka

  4. Namanya jg produk,ad klebihan dan kekurangan,tidak ad yg sempurna,mau K,Y,H,S, sama aj,hanya aj g smuanya menerima kkurangan dr suatu produk,inilah yg mmbuat suatu produk kurang d benahi,yg pnting,ad produk baru,agar g dikatakan vakum.

    Suka

    • Yang lebih afdol bila iklannya jujur apa adanya.

      contohnya tadi pagi, waktu disalip sama new CB150R suaranya nggak kayak di iklan tapi yang terdengar cuma suara kemreseknya rantai. Nggak ada kesan sportynya, tapi malah terdengar seperti motor tidak terawat.

      Suka

        • Rasanya lebih tergantung kualitas komponen dan oli mesin. Sekarang oli mesin cenderung encer jadi suara mesin makin terdengar.

          Tapi tetap kualitas komponen lebih pengaruh. Sebagai contoh, sama sama 150 cc, suara HOnda Vario yang SOHC lebih kasar (shak shak shaknya, bukan kemlotak matik atau kemritik valve walau berisik juga) daripada mesin Honda CB150R yang DOHC.

          Suka

      • motor yg menurut gw knalpot standarnya bagus: tiger, fu, nvl (suara knalpot nvl lebih keras drpd old vixion).
        yg gw benci: cbr (ini motor suara knalpotnya imut banget kayak motor bebek), nmp (ngebas saat low rpm doang, tp saat high rpm suara seolah2 menghilang)

        tapi new cb rantainya emang berisik abis, sering gw liat dijalan plat baru 3-4bln tp rantai kayak usia setahun berisiknya.

        Suka

  5. motor yg menurut gw knalpot standarnya bagus: tiger, fu, nvl (suara knalpot nvl lebih keras drpd old vixion).
    yg gw benci: cbr (ini motor suara knalpotnya imut banget kayak motor bebek), nmp (ngebas saat low rpm doang, tp saat high rpm suara seolah2 menghilang)

    tapi new cb rantainya emang berisik abis, sering gw liat dijalan plat baru 3-4bln tp rantai kayak usia setahun berisiknya

    Suka

  6. Setelah bertapa berhari hari,sebelum memutuskan kredit new cb/cbr vs new vixion.
    Kredit maklum ane bkn koruptor.
    Setelah di pikir dan dilihat hampir tiap hari.
    Masih bagus kualitas dan model vixion.apalagi warna putih nya

    Suka

    • Iya, saya sekarang lebih cenderung vixion, terutama karena reliabilitasnya. Kalau Honda resiko berisik dan tiba tiba mati di tengah jalan. Bukan karena teknologi Honda jelek tapi karena produksi Indonesia pakai komponen murahan, tidak sama dengan buatan Honda Thailand. Padahal pabrikan lain sanggup ekspor eropa.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s