Kelalaian Honda di setelan lampu depan yang bisa membahayakan atau bikin jengkel pengendara lain


Ini kembali membahas lampu depan yang berpotensi melanggar peraturan, membahayakan orang lain atau paling tidak bikin jengkel orang lain. Sebelumnya penulis sudah membahas ini di artikel berikut:
Lampu LED terang dari Honda Vario 150 berpotensi melanggar peraturan?

Dari masalah peraturan, sepertinya yang penting sorot lampu tidak terlalu ke atas.
Video menarik tentang polisi memperingatkan pengguna jalan yang kedapatan memakai lampu LED yang terlalu terang

Soal warna, sepertinya di Indonesia belum ada batasan. Kalau untuk Eropa sepertinya ada batasan warna, maksimal adalah 4300K. Kurang dari 4300K warnanya lebih kuning, lebih dari 4300K warnanya lebih biru. Anggap saja 4300K itu warna putih.

Yang penulis ingin bahas adalah kecenderungan produk Honda yang lampu depannya terlalu mendongak keatas. Lampu yang mendongak keatas ini menjadikan motor Honda berpotensi melanggar peraturan, membahayakan orang lain atau paling tidak bikin jengkel. Hal ini terjadi bukan karena kesalahan desain namun karena setelan bawaan untuk lampu depan dari pabrik yang terlalu ke atas. Jadi ini adalah persoalan kontrol mutu produk akhir dari Honda atau standard baku penyetelan lampu depan yang tidak sesuai.

Jadi sebenarnya kalau Honda mau, lampu bisa diatur agar setelan lampunya pas, tidak terlalu tinggi. Namun pada kenyataannya saat motor diterima konsumen, lampu justru terlalu tinggi.

Untuk bukti, penulis hanya punya sedikit. Paling tidak di motor penulis, Honda Beat, terjadi juga seperti itu. Lampu terlalu mendongak ke atas. Di jalan penulis juga pernah lihat beberapa Honda Vario lampu LEDnya juga mendongak terlalu tinggi.

Penulis jadi teringat lagi masalah ini ketika mas Iwan Banaran juga menjumpai hal yang sama, di motor CB150R yang juga baru:
Ngetes kekuatan lampu LED Honda new CB150R….monggo intip video terlampir !! October 13, 2015

Selain itu posisi default LED bawaan pabrikan IMHO terlalu dongak keatas. Mencoba mencari-cari posisi penyetelan juga belum nemu. Mungkin masukan buat pabrikan…tidak hanya Honda, IMHO semuanya….mungkin desain headlamp LED kedepan diperhatikan soal adjustment panel supaya diletakan diposisi yang gampang diraih. Kayak headlamp model bohlam yang hanya diberikan baut kiri kanan misalnya (tipe sport).

Yang perlu digaris bawahi juga adalah bahkan orang yang sering bergaul dengan banyak sepeda motor saja seperti mas Iwan Banaran sampai gagal menemukan cara untuk mengatur lampu depan. Tentu lebih susah bagi orang yang lebih awam untuk melakukan sendiri. Sehingga tidak bisa diharapkan untuk pemilik mengganti setelan sendiri, harus ke bengkel. Penulis juga terus terang kesulitan untuk menyesuaikan setelan lampu depan di Honda Beat penulis. Baut setelan memang gampang ketemu, tapi untuk menurunkan setelan lampu depan susah sekali, seperti mentok tidak bisa diturunkan lagi walau dari baut terlihat masih bisa turun.

Mungkin ini tidak terjadi merata. Bisa jadi ada dealer yang melakukan pengecekan tambahan sehingga lampu depan tidak mendongak keatas. Atau bisa jadi ada bengkel resmi AHASS yang baik hati mau melakukan pengecekan saat servis walau tanpa diminta konsumen. Namun jelas bahwa ada bukti bahwa Honda lalai untuk melakukan pengecekan setelan ketinggian lampu depan pada produknya. Ini diperparah dengan susahnya penyetelan lampu depan bagi konsumen.

Semoga ini bisa ditangani. Untuk yang barusan beli motor Honda, coba di cek ketinggian lampunya. Nanti saat servis jangan lupa untuk minta setelan lampu depan dibetulkan.

18 thoughts on “Kelalaian Honda di setelan lampu depan yang bisa membahayakan atau bikin jengkel pengendara lain

  1. Analisa pribadi:
    Honda ngeset sorot lampunya sedemikian rupa supaya mampu menerangi jalan lebih jauh kedepan, konsumen yang awam pun jadi lebih beranggapan bahwa lampu motor2 honda lebih mampu menerangi jalan dibanding merk sebelah. Padahal nggak semua orang suka setelan lampu ala honda ini, pas pake lampu deket jadi kurang fokus, pas pake lampu jauh malah nyorot kuntilanak di pohon :v

    Suka

    • Sayangnya tidak, sorot yang terlalu keatas membuat obyek jauh malah tidak kelihatan. Parahnya lampu dekatnya terlalu dekat sehingga kalau pakai luar kota malam hari lumayan membahayakan. Lubang atau obyek gelap bisa tidak kelihatan kalau jalan lebih dari 60kpj.

      Suka

  2. Kalo di honda ane, saat single riding lampu dekat udah pas, tapi begitu ada yang bonceng, lampu dekat otomatis menjauh.
    Efek sokbeker empuk.

    Suka

  3. sependapat mas… oot dikit…
    apalagi mobil2 itu, pengalaman hampir tiap hari pulang larut malem kalau simpangan sama boil lampu tembaknya di tahan ato ngedim ga tau diri… beghhh.. pengen tak sawat boto rasane…
    ada peraturan ga sih mas soal lampu tembak itu

    Suka

  4. klo pendapat saya sih bukannya lampu led nya yg bikin silau tp si pengendara yg selalu pasang mode high beam terus-terusan, hampir 90% pengendara yg saya temui kaya gitu tp klo ketemu pengendara yg sadar dengan pake low beam juga gak terlalu silau.

    Suka

    • Kebetulan saya menjumpai sendiri CB150R lampu nyorot keatas padahal jelas jelas itu lampu dekat. Motor Honda saya juga saat beli dapatnya lampu nyorot keatas, sampai harus saya koreksi sendiri karena kelamaan kalau harus nunggu waktu servis. Begitu juga nyetelnya susah.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s