Menghindari masalah knalpot mengebulkan asap


Mungkin pembaca pernah melihat motor yang walau sudah 4 tak tapi mengebulkan asap. Mungkin ada yang menyalahkan pabrikan, menganggap knalpot berasap karena kesalahan produksi. Memang bisa jadi seperti itu. Namun kenyataannya yang mengalami masalah knalpotnya berasap bukan cuma satu tipe saja, tapi semua tipe dan bahkan semua merek.

Menurut penulis, masalah knalpot berasap terjadi terutama adalah kesalahan pengguna.

Menurut penulis masalah terutama berhubungan dengan oli yang dipakai. Tidak bisa dipungkiri bahwa pihak pabrikan seringkali menggunakan komponen yang pas – pasan. Kalau olinya jelek, maka seringkali komponennya yang tidak tahan.

Oli tidak hanya berfungsi melumasi mesin. Oli harus juga kompatibel dengan komponen mesin seperti misalnya seal. Ini disebutkan dalam referensi pengujian oli. Disebutkan bahwa salah satu syarat kelulusan adalah kompatibilitas dengan beberapa jenis karet:

– Elastomer compatibility: Polyacrylate Rubber; Hydrogenated Nitrile Rubber; Silicone Rubber; Fluorocarbon Rubber; Ethylene Acrylic Rubber

Bila oli tidak kompatibel, maka oli bisa merusak seal. Biasanya ini terjadi dengan cepat. Problem terjadi beberapa kilometer atau beberapa hari setelah ganti oli. Kadang bisa terjadi langsung besok paginya.

Penting untuk menghindari oli yang bisa membikin rusak seal. Sayangnya kita tidak bisa mempercayai tulisan yang ada di bungkus. Kita cuma bisa berharap oli yang kita beli tidak palsu dan isinya sesuai dengan yang tertulis dibungkus.

 

Masalah knalpot berasap juga bisa terjadi bila telat ganti oli. Oli yang lama bisa mengalami oksidasi. Oksidasi ini akan membuat oli mempunyai sifat asam. Dan seperti diketahui, asam mempunyai sifat korosi. Sifat korosi ini bisa menggerogoti mesin atau komponennya.

Masalah juga bisa terjadi bila pengguna tidak sadar bahwa oli sudah berkurang. Saat oli berkurang maka mesin bisa menjadi sangat panas. Panas ini bisa mengurangi umur dari seal atau komponen lainnya.

Jadi, untuk mengurangi resiko knalpot berasap, pergunakan oli yang bagus dan selangkan waktu untuk memeriksa oli secara berkala. Seandainya ada cacat produksi, paling tidak masalah tidak akan separah yang pakai oli ala kadarnya.

9 thoughts on “Menghindari masalah knalpot mengebulkan asap

  1. Maksudnya Seal Klep ya om ?

    Ciri Seal Klep mulai aus sih (agak doer) kalo pagi-pagi banget manasin mesin ada asap putih keluar, itu bukan karena uap air yg terkena panas knalpot, tapi emang saat dingin logam menyusut (lawan memuai) meski menyusutnya sedikit tapi cukup untuk meloloskan oli dari seal klep yg agak doer, kalo suhu mesin udh panas asap pun hilang.

    Seal Klep murah, cuma 4500 per pcs, 2 biji jadi 9rb,, tapi proses gantinya itu loh harus turun mesin,,,

    Hati2 juga pake produk Engine Flush deh,,,

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s