Cara memperpanjang umur aki kering motor atau lampu emergency yang sudah mulai lemah


Sekarang ini aki kering sudah banyak dipakai di motor. Aki yang sama juga sering terpasang di lampu emergency, UPS nya komputer, dan alat lain yang bisa di charge. Keunggulan utama adalah posisi aki bisa dibuat seenaknya, namun sepertinya kalau di motor dibuat posisinya selalu tegak.

Trik berikut bisa dipergunakan untuk memperpanjang umur aki kering. Ini hanya bisa diterapkan pada aki kering yang voltasenya masih normal namun tenaganya sudah mulai lemah, misalnya starter motor susah atau lampu emergency redup walau sudah di charge.

Walau dikatakan aki kering, bagian dalam aki kering masih mengandung air. Air bisa habis karena panas atau keseringan overcharge atau memang umur. Saat air mulai berkurang maka kapasitas juga akan mulai berkurang. Berkurangnya kapasitas ini tidak sama dengan berkurangnya voltase. Berkurangnya kapasitas ditandai dengan berkurangnya kemampuan menghasilkan arus. Karena arusnya berkurang, maka starter motor jadi tidak bertenaga, sehingga motor lebih susah menyala.

Bila dibuka, aki kering akan ada lubang yang tertutup karet. Kita bisa mengisi air dari lubang itu. Contoh bisa dilihat di foto berikut, maaf lagi tidak sempat buka aki motornya, tapi intinya sama

SANYO DIGITAL CAMERA
Aki kering lampu emergency
SANYO DIGITAL CAMERA
Aki kering UPS

Setelah diisi air maka kapasitas aki akan meningkat. Bila masih lemah, bisa dicoba ditingkatkan kapasitasnya dengan rangkaian semacam berikut ini, biasa dinamakan rejuvenator. Untuk versi ini namanya radiant charger, yang berikut ini murni inovasi penulis, bebas untuk dicoba.

stingo6ampdirection

Saya sudah pernah melakukan trik ini beberapa kali. Namun harus diingat bahwa trik ini tidak berlaku untuk aki yang voltasenya sudah drop atau elektrodenya sudah berkarat.

Selamat mencoba.

7 thoughts on “Cara memperpanjang umur aki kering motor atau lampu emergency yang sudah mulai lemah

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s