Spakbor belakang yang makin tidak jelas fungsinya karena tidak melindungi dari cipratan air dan terlihat bikin jelek


Penulis sebelumnya sudah sempat merasa aneh karena spakbor belakang (rear fender) motor baru kok makin lama makin kecil ukurannya. Pikiran ini kembali muncul setelah melihat foto MT-15 di websitenya mas Iwan Banaran:

Spakbor MT-15 kok tidak menahan cipratan air
Spakbor MT-15 kok tidak menahan cipratan air

Terlihat bahwa lumpur becek menyiprat ke atas. Seandainya motor melaju kencang maka bisa dipastikan bagian belakang baju dan bagian dalam celana akan kotor semua. Kalau sudah begini, terus apa gunanya pakai spakbor?

Kalau dikatakan spakbor gunanya untuk memperindah, penulis tidak setuju. Karena terbukti banyak bro yang ingin memperindah motornya dengan melepas spakbor. Kalau dikatakan untuk tempat menempelkan plat nomer, yang maksa masang plat nomer di kolong bodi juga banyak. Berikut contohnya:

SANYO DIGITAL CAMERA
Ninja yang spakbornya dilepas dan plat nomer ditaruh di bawah bodi

Bila spakbor tidak bisa berfungsi menahan cipratan air, tidak bisa mencegah kotoran agar tidak mengenai baju, plat nomor bisa dipasang di bawah bodi, lalu tampilan justru lebih jelek bila pakai spakbor, mengapa tidak sekalian dilepas saja spakbornya?

Atau ganti desainnya jadi seperti berikut, menempel roda, menutup tidak cuma separuh tapi sampai kebelakang, walau contohnya model harley, mestinya bisa diterapkan di motor sport juga:
motorcycle4

Mirip yang seperti berikut ini tapi lebih menutup dan sekalian spakbor belakang aslinya dilepas, namanya hugger:
r1200gs_hugger_mod05
p135rearfender
nanggung

Tentunya spakbor model begini tidak akan begitu merusak penampilan. Tetap terlihat sporty tapi baju nggak kotor kalau hujan. Untuk plat nomor, bila dibawah tidak boleh, dibuatkan dudukan diatas lampu belakang namun dibelakang pegangan tangan mestinya lebih bagus, bisa juga dipasang di bagasi tambahan.

20 thoughts on “Spakbor belakang yang makin tidak jelas fungsinya karena tidak melindungi dari cipratan air dan terlihat bikin jelek

  1. ..
    Kalo musim kemarau seolah tak ada gunanya, tapi kalo udh musim hujan baru kerasa manfaatnya. Yang jelas semua dibikin udh perhitunganya, kitanya aja yang kadang aneh2
    ..

    Suka

    • Maksud saya justru sebaliknya. Di musim hujan, spakbor yang mestinya diperhitungkan, kok tidak melindungi dari lumpur.

      Sudah umum cerita kalau naik motor sport di musim hujan bagian belakang baju kotor. Harusnya kalau perhitungannya betul, baju nggak kotor.

      Suka

  2. 1. Pasal 39 ayat 6 berbunyi TNKB dipasang pada bagian sisi depan dan belakang pada posisi yang telah disediakan pada masing-masing ranmor

    Apa pabrikan menyediakan tempat khusus plat nomor di kolong motor?

    2. “Sanksi pidana dan denda bagi yang mengendarai sepeda motor tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, dan knalpot”

    Alat pemantul cahaya (mata kucing) adanya di? Spakbor belakang…

    3. Jangan egois!
    Ga pake spakbor mungkin ga masalah bagi yg pake motornya, tapi yg belakang kena cipratannya

    4. Tambah dewe..

    Suka

    • 1. tergantung sama pabrikannya. Kan cuma sakbor bodi saja yang dihilangkan, spakbornya pindah ke roda. Plat nomor bisa didesain ditaruh dekat lampu atau di spakbor roda.

      2. Pemantul cahaya bisa diintegrasikan ke lampu belakang atau ditaruh di spakbor roda.

      3. Kita hanya bisa pasrah. Kalau pabrikan sudah mendesain seperti itu mau bagaimana lagi. Sekarang ini nggak cuma kendaraan belakang yang kena cipratan, bahkan yang naik motornya sekalipun juga kena. Oleh karena inilah saya buat artikel. Spakbor belakang kok nggak fungsi.

      Suka

  3. beli motor jadul aja sana atau ga pakai karet yang biasa buat ban truk sekalian. kan yang ente pentingin fungsi ya ga.

    motor sport mo disamain sama truk fuso LOL. penggunaan nya aja uda beda bro.
    dibandingin sama motor touring LOL abis.

    ga sekalian motor sport kudu ada engine guard depan belakang, jok sofa kaya Goldwing.

    Suka

    • Karet berat bro. Pabrikan pakai plastik karena lebih murah dan ringan. Tapi ada kok yang pakai karet, seperti contohnya Honda Beat ESP, memang beneran mirip truk fuso, itu asli bawaan pabriknya bro, bukan saya yang masang:

      Desain pelindung lumpur makin lama makin ngirit. desain makin amburadul. Sehingga akhirnya misalnya banyak pemilik streetfire yang comot spakbor kolongnya byson.

      Suka

  4. ngomongin (sampel) motorsport koq masih mikirin spakbor Om…
    kekna selera Om Cahyo masih yg kek motor India yg lengkap dengan sari-guard nya ini..

    Suka

  5. Hanya masalah fungsi dan estetika,
    Spatbor yang didesain mementingkan fungsi dan estetika ada tuh yamaha byson, spatbor bawaannya bisa dibikin panjang maupun pendek.

    Oh ya dulu spatbor pulsar 135LS sebelum dijual di Indonesia, spatbornya lebih ke fungsi, jadi tampilannya kurang sedap, yaitu pake spatbor melingkar mengikuti roda seperti halnya spatbor sepeda tua atau spatbor yamaha FIORE.
    Lalu kemudian untuk versi ekspor ke Indonesia spatbor direvisi menjadi seperti sekarang, lalu selang beberapa bulan, versi untuk dijual di India juga ikut gaya spatbor yang diekspor ke Indonesia.

    Suka

    • Terima kasih infonya. Sepertinya sekarang memang musim spakbor kecil yang mengurangi fungsinya. Dikecilkan karena yang besar estetikanya jelek. namun tetap jelek bila dibanding dengan yang spakbornya langsung roda (tidak nyambung bodi).

      Bila secara secara fungsi dan estetika tidak bagus, rasanya tidak perlu dipaksakan ada.

      Suka

  6. Klo g salah Spakbor blakang kan fungsinya mlindungi rider lain dr cipratan yg ad d blakang ktika musim hujan/lewat gnangan air,klo tntang desain,agar g trlihat jadul aj,lbh sporty n keren,hanya saja,gak semua spakbor blakang bisa d copot n di pasang dgn mudah,layaknya besi behel blakang

    Suka

    • Rasanya nggak mungkin bro. Lha wong melindungi si ridernya saja nggak bisa, apalagi motor yang dibelakang. Untuk saya sih desain spakbor yang sekarang justru bikin makin jelek.

      Jadi secara fungsi tidak berguna, secara desain mengurangi keindahan. Pabrik motor perlu mempertimbangkan model spakbor ala sepeda pancal.

      Suka

  7. What’s up it’s me, I am also visiting this site daily, this website is actually pleasant and the visitors are really sharing fastidious thoughts.

    Suka

  8. […] Menurut penulis keberadaan spakbor dengan bentuk tersebut juga tidak bikin motor makin cakep. Menurut penulis lebih cakep bila pakai spakbor yang menempel ban saja. Lebih baik dalam menahan cipratan air dan lebih cakep. Ini sudah penulis bahas di artikel sebelumnya: Spakbor belakang yang makin tidak jelas fungsinya karena tidak melindungi dari cipratan air dan terl… […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s