Solusi mengatasi masalah kunci jok susah dibuka di motor Honda Beat


Umur motor Honda Beat ESP penulis baru beberapa bulan. Namun ternyata jok ternyata sudah jadi susah dibuka. Ini terjadi pas pada waktu mau mengisi bensin. Penulis harus berlama lama berjibaku dengan kunci. Mau dipaksa kuat kunci sudah mulai melengkung, mau dipaksa ditarik paksa takut plastiknya pecah karena joknya dari plastik. Untunglah saat itu dibantu sama petugas pom bensinnya yang sepertinya sudah hapal masalah jok bandel tidak mau dibuka di motor Honda.

Sampai di rumah, penulis mencoba menganalisa penyebab macetnya kunci jok tersebut. Cara kerja dari kunci tersebut tidak pakai mekanisme langsung, tapi ada bagian pendorong yang bila bagian mekaniknya tidak licin, bisa gampang tersangkut:

Bagian pengunci jok motor Honda Beat
Bagian pengunci jok motor Honda Beat

Terlihat bahwa ada bagian logam yang bersilangan. Mekanisme agak aneh, bagian logam yang diputar kunci mendorong bagian miring secara bersilangan untuk menggerakkan mekanisme pembuka kunci. Yang di video itu direkam saat sudah agak lancar. Sebelumnya mekanismenya seakan tersangkut pada saat masih setengah, dan membuat kunci jok tidak bisa terbuka.

Bila mekanisme tersangkut, sepertinya cara berikut ini lebih membantu. Daripada memaksakan untuk memutar kunci, badan kunci lebih baik digerakkan ke kiri atau ke kanan agar bagian yang menyangkut bisa terlepas dan kunci bisa diputar terus. Sebelumnya walau kunci dipaksa memutar hingga sampai sedikit melengkung, jok masih tetap tidak terbuka.

Bila susah dibuka, tekan kunci sesuai arah panah atau sebaliknya.
Bila susah dibuka, tekan kunci sesuai arah panah atau sebaliknya.

Semoga Honda mengembangkan bagian kunci ini agar lebih awet dan tidak gampang macet.

Menarik, mendorong atau menekan jok tidak akan membantu. Malah resiko akan merusak jok karena plastiknya bisa pecah bila dipaksakan. Yang bisa dilakukan adalah mencoba dari bagian kuncinya. Jangan juga dipaksakan diputar karena mekanisme bisa patah seperti yang diungkap pembaca. Jadi lebih aman dicoba di goyang goyang. motornya di coba dimiringkan ke kanan juga bisa membantu.

Untuk mencegah terjadinya masalah yang sama, agar tidak macet lagi saat buka jok, bagian yang berbenturan / bergesekan yang ditunjukkan diatas diberikan pelumas. Setelah diberikan pelumas maka mekanisme menjadi ringan dan jok bisa dengan mudah dibuka.

Untuk yang punya motor Honda Beat, sebaiknya perhatikan bagian ini. Bila sudah mulai terasa macet, segera lumasi. Bila dalam keadaan kepepet, gunakan trik diatas.

Tambahan:
Ternyata dengan dilumasi, penyakit masih muncul. Jok bisa dibuka dengan goyang kiri kanan beberapa waktu sambil memutar kunci. Setelah penulis selidiki lagi, maka solusi berikut lebih permanen:
– bengkokkan bagian yang terayun / terdorong pengungkit ke arah depan. Ganjal dulu bagian tengah besi tipisnya, lalu tekan ujungnya sehingga lebih bengkok ke depan.

Penyebab macet adalah karena saat tuas pengungkit mendorong, besi tipisnya terdorong kebelakang juga sehingga bikin macet. Setelah besi tipisnya dimajukan ke depan, tekanan pengungkit ke besi tipis bisa memutar lebih lancar. Jok jadi lebih mudah dibuka

21 thoughts on “Solusi mengatasi masalah kunci jok susah dibuka di motor Honda Beat

  1. Punya ayah saya dulu mlh patah las2an batang besi dalamnya,jd bnr2 ga bs dbuka..
    Pdhal msh baru servis gratis pertama..
    Trs pihak ahass mau ngelas n gratis..

    Suka

  2. Terimakasih infonya. Berarti saya juga harus waspada dgn Vario 125 istri saya, harus sering dilumasi mekanisme pembuka joknya. Mudah2an Honda segera ada solusi.

    Kalo dulu waktu Beat baru keluar, sering terdengar keluhan kabel gasnya macet, tapi tampaknya sudah diperbaiki sama Honda, krn keluhan tsb sudah tidak terdengar lagi.

    Suka

    • Di Honda Beat mesih belum diperbaiki, buktinya masih terjadi di motor saya yang sudah versi ESP ISS. Bisa jadi karena masih baru belum banyak yang laporan. Barangkali ada bro yang bisa memperlihatkan model kunci joknya Vario baru, kalau masih sama problemnya tentunya tetap.

      Suka

  3. Kalau di motor honda saya(beat karbu dan cs1), nutupnya yang susah, harus ditekan kuat. Kalau lupa ngunci walau udah didudukin joknya juga nggak terkunci.
    Membukanya mudah, puter kunci dikit enteng, jok terbuka dengan kejut.

    Kebalikan dengan kunci jok yamaha mio dan kunci jok honda grand.
    Nutupnya gampang, ditekan dikit udah klik, ngunci. Lupa nggak mengunci jok hanya dengan duduk diatas jok juga udah terkunci.
    Tapi buat membuka, nggak susah sih, cuma harus sedikit di tekan joknya ke bawah, puter kuncinya baru terbuka. Kalau nggak ditekan joknya, kunci berat / seakan macet.

    Diliat mekanisme nya, kunci jok honda beat dan cs1 mirip mekanisme pengunci pintu mobil.
    Kalau mekanisme pengunci jok mio dan grand mirip mekanisme gembok.

    Suka

    • Terima kasih infonya. Karena jok sering harus dibuka tutup, seharusnya desain dibuat lebih handal.

      Kalau untuk beat, saat macet tidak ada gunanya jok ditekan atau ditarik, karena tidak mempengaruhi mekanisme penguncian.

      Suka

  4. sudah dipraktekan & alhamdulillah lancar buka jok’y. harus’y pihak honda bagian yg bergesekan dibuat semi silinder agar memudahkan buka jok’y & tks u/tips’y om…

    Suka

  5. Baru 7 hari beli vario 150 exclusive..22 jt di bali ..joknya susasaasaaaah sekali ditutup .tngan sampai pegal.mohon solusinya ..nggak puas banget belinya..

    Suka

    • Segera komplin saja, harusnya kan masih garansi. rugi bila mau diatasi sendiri, nanti belakangan yang susah.

      Coba di tes dulu jangan pakai kursinya tapi pakai obeng ke mekanismenya, jadi lebih mudah mencari penyebabnya. bisa saja per lemah atau semacamnya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s