Rangkaian peredup lampu sederhana untuk yang sering kena masalah LED mati karena voltase terlalu besar di motor


Berikut adalah rangkaian sederhana yang bisa dipergunakan untuk membatasi arus yang mengalir ke peralatan elektronik yang menggunakan arus DC. Sangat berguna bagi yang lampunya sering mati karena kelebihan voltase. Tinggal disetel sehingga lampu cukup terang tapi tidak terlalu terang.

rangkaian peredup lampu sederhana

demonstrasi dari rangkaian ini bisa dilihat di video berikut:

Kelemahan dari rangkaian ini adalah panas yang ditimbulkan oleh transistor bisa sangat tinggi, tergantung dari besar arus yang melewati transistor. Transistor wajib diberi pendingin, yang kalau bisa diangin angin atau sekalian kasih kipas 12V 5 ribuan. Aternatif transistor selain TIP3055 bisa pakai TIP31C, TIP42C atau 2N3055.

Juga untuk amannya, sebaiknya dari sumber daya menuju komponen diberi sekring 10 amper. Jangan lupa bahwa bagian pendingin yang menempel transistor harus dilapisi insulator karena logam transistor menempel ke kaki collector. Jadi kalau nggak pakai insulator yang konslet.

7 thoughts on “Rangkaian peredup lampu sederhana untuk yang sering kena masalah LED mati karena voltase terlalu besar di motor

    • LED itu kan singkatan dari light emitting diode. Kalau pakai dioda sebagai pengganti resistor kalau tahanannya butuh banyak butuh di seri banyak dioda, sepertinya juga tidak bisa banyak membatasi.

      Tapi sepertinya cocok kalau butuh cuma menurunkan / meredupkan sedikit.

      Sekedar gambaran, dioda kecil 1n4007 ratingnya sudah 1 Amper, sementara LED 13 watt butuh 1 amper an di motor.

      Suka

  1. Metode terbaik meredupkan LED adalah WPM (Pulse-width Modulation), pake Resistor jika pemilihan tahanannya sembarangan, gk tepat, bakal bikin LED cepat flickering dan akhirnya tewas.

    LED yang ditujukan untuk penggunaan Sepeda Motor (DC) biasanya gk perlu diapa-apain lagi udh aman,,, di dalamnya udh ada regulator.

    Lain cerita kalo ngeredupin LED emang tujuannya pengen ngurangin intensitas cahaya (brightness) nya,,,

    Sebenernya murah aja produk LED Dimmer yg udh pakai konsep PWM, gk nyampe 50rb kok, bahkan ada yg pake RF Remote, jadi bisa diset lewat Remote nya, cari aja di tok*pedia.

    Suka

    • Terima kasih infonya, sepertinya pakai remote cocok untuk yang butuh gaya. Jadi ingat artikelnya bro Kobayogas yang pamer kedipan lampu pakai remote.

      Mungkin kemampuan regulator terbatas sehingga masih ada saja yang lampu LEDnya mati karena overvoltage.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s