motor sport tapi kok dengan fairing ala motor matik, analisa bocoran bebek super Honda dari malaysia


Honda yang sepertinya akan merilis motor bebek super sportnya dengan bodi depan ala Vario 150. Penulis tertegun adalah saat melihat tampilan motor yang dikatakan sebagai calon bebek super Honda SupraX 150, karena tampilan sama sekali tidak sporty. Fotonya sebagai berikut. Diambil dari website mas Taufik
calon bebek super Honda Sonic tapi tampilan motor kalem Vario2

calon bebek super Honda Sonic tapi tampilan motor kalem Vario

Coba bandingkan dengan foto berikut
tampilan dashboard spedo vario 150Vario 150 tampilan atas depan

Terlihat bahwa ada banyak kesamaan pada bodi bagian depan. Renderan juga diperlihatkand i website motoblast:
renderan motoblast.org untuk calon bebek super Honda SupraX 150

Penulis sendiri merasa bahwa dengan bodi yang mirip dengan model matik, bebek Honda tersebut tidak pantas disebut bebek super. Karena tampilan jadi terkesan bebek keluarga, yang notabene dipakainya bukan untuk kencang tapi butuh tampilan elegan. Biar jalannya pelan yang penting terlihat berkelas.

Entah mengapa Honda mengambil langkah ini. Menurut penulis ini langkah mundur. Mungkin Honda menganggap bahwa model Vario itu sporty banget, sehingga motor sport sekalipun pantas pakai bodi Vario 150. Namun penulis sudah terlanjur menganggap bodi macam Vario 150 itu sebagai bodi motor matik yang konotasinya bukan sporty tapi untuk kalem kaleman.

Bila Honda pingin membuat bebek super, harusnya mencomot bodi yang berikut ini, versi low rider dari Vario 150:
New-Honda-Vario modif low rider

Tapi nggak tahu lagi. toh walau banyak kelemahannya motor Honda selalu laku. Lihat saja nanti. Kalau untuk pribadi sih walau ketemu motor bebek super tersebut di jalan, walau jalannya kencang, dalam hati masih menganggap bukan motor kelas sport.

Nilai motor sport untuk penulis bukan cuma dilihat dari performa saja namun dari modelnya juga. Honda Beat walau dimodif jadi jauh lebih kencang dari motor Honda CB150R, tetap saja dianggap bukan motor sport. Walau Vario 150 lebih kencang dari Verza sekalipun, Vario 150 tetap dianggap sebagai motor keluarga dan Verza sebagai motor sport. Verza yang diberi bodi Vario 150 kesannya jadi bukan motor sport lagi.

Untuk bisa dipanggil sebagai bebek sport, tampilan dari Vario 150 masih kurang garang, apalagi untuk tampilan dari depan:
Honda Vario tampilan depan

Tapi mungkin ini langkah agar konsumen cewek lebih tertarik, dengan resiko mengurangi minat konsumen cowok. Motor bebek Honda yang dikatakan super ditujukan untuk konsumen cewek, sementara yang model naked Sonic 150 untuk konsumen cowok. Jadi mungkin kedepannya akan ada bebek super Honda dengan stiker bunga bunga dan comic seperti di Honda beat.

2 thoughts on “motor sport tapi kok dengan fairing ala motor matik, analisa bocoran bebek super Honda dari malaysia

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s