Alasan tidak masuk akal dari motor fairing 150cc Honda yang bisa lebih ringan daripada yang naked


Honda CBR150R 2016 barusan dirilis. Banyak yang kaget dan suka dengan tampilan barunya. Baik dari tenaga ataupun tampilan banyak dipuji. Namun ada satu hal yang bikin penulis tergelitik, yaitu fakta bahwa berat bodi Honda CBR150R (135kg) lebih ringan daripada versi nakednya, CB150R (136kg). Alasan dijelaskan di beberapa artikel berikut:
3 Penyebab Honda CBR150R Lebih ringan dari Honda CB150R February 20, 2016
Spesifikasi All New CBR150R 2016 – 5 Alasan Bobot Lebih Ringan Dari New CB150RPosted on 19/02/2016
Kenapa all new CBR150R lebih ringan dibanding new CB150R…??. Nih dia jawabannya… February 19, 2016

Bila dirangkum maka alasan bodinya lebih ringan adalah:
– subframe lebih ringan dan diperpendek
– hilangnya kick starter dan komponen pendukungnya
– hilangnya standard tengah
– hilangnya hand grip belakang
– hilangnya lampu konvensional
– beda desain triple clamp

honda cbr150r

Yang membuat penulis tergelitik adalah karena versi sebelumnya kok beratnya 143kg!
Harga dan Spesifikasi Honda CBR150R Lokal (K45)

Jadi tidak adanya kick starter, standard tengah dan beda desain triple clamp tidak bisa dijadikan alasan pengurangan bobot karena di versi sebelumnya itu juga tidak ada, namun nyatanya beratnya masih mencapai 143kg. Yang cuma bisa jadi alasan adalah:
– subframe lebih ringan dan diperpendek
– hilangnya hand grip belakang
– hilangnya lampu konvensional

Jadi mungkin kalau dibandingkan dengan versi naked Honda CB150R streetfire, kelihatan banyak, namun kalau dibandinkannya dengan versi sebelumnya kelihatan bahwa alasan tersebut terlihat tidak masuk akal.

Rasanya beda berat nggak terlalu banyak untuk lampu, seberapa banyak sih beda berat reflectornya lampu bolam dan lampu LED? Masa ya sampai satu kilo. Hand grip belakang juga begitu, paling juga dibawah satu kilo. Jadi cuma berat bodi yang banyak berubah.

Berat bodi kira kira beda 7 kilogram. Beda berat sebesar ini sangat signifikan. Berat yang sekarang (135kg) juga mirip dengan berat Yamaha R15 (136kg). Kalau berkurangnya hanya dari sub frame saja maka ketahanan bodi dari Honda CBR150R yang baru jadi perlu dipertanyakan. Mungkin kuat untuk sendiri, tapi apakah nanti kuat untuk boncengan? Apakah nanti akan muncul masalah bodi bengkok karena tidak kuat seperti yang terjadi di Yamaha Scorpio?

Atau mungkin beda berat juga diperoleh dengan menggunakan bahan plastik yang ringan, sehingga logam untuk penahan bodi juga nggak perlu terlalu kuat. Namun semoga bodi paling tidak cukup kuat menahan benturan ringan, jangan sampai kalau kesenggol langsung melar atau goyang goyang.

Yang jelas dengan mesin yang sama dengan versi naked, dengan bobot yang mirip dengan versi naked, performa dari versi fairing tidak lagi kalah dengan versi naked. Bahkan di kecepatan tinggi, fairing akan bisa membantu meningkatkan aerodinamika dan hambatan angin, sehingga versi fairing akan lebih unggul di jalan lurus luar kota. Walau ada juga yang protes karena wind shieldnya kurang tinggi, pembeli dari versi fairing tidak lagi perlu takut kalah dengan versi naked yang lebih murah. Ini keunggulan CBR150R versi baru bila dibanding versi sebelumnya.

Soal bodi lebih ringkih atau plastik lebih tipis, toh belum ada yang mengeluh. Tinggal dilihat nanti.

Tambahan, dengan mesin yang baru, lampu diganti dari bolam menjadi LED, ternyata Honda new CB150R street fire justru menjadi lebih berat 7kg, dari asalnya 129kg (old) menjadi 136kg (new).
New CB150R Terlalu Gambot dan Berat, Mampukah Menumbangkan New Vixion Advance (NVA)
berat new CB

Dari contoh tersebut menjadi lebih mengherankan lagi mengapa CBR 150 baru kok bisa lebih ringan.

32 thoughts on “Alasan tidak masuk akal dari motor fairing 150cc Honda yang bisa lebih ringan daripada yang naked

  1. akhirnya ada juga yg mengangkat isu ini. memang alasan yg dikemukakan petinggi ahm kurang masuk akal, masa iya motor fairing bisa lebih ringan dari versi nakednya (meski hanya selisih 1kg) plus bobotnya beda signifikan dgn pendahulunya? kalau menggunakan material eksotis seperti blok mesin dan rangka full aluminium atau titanium sih bisa saja. tapi apa mungkin?

    Suka

    • Honda terkenal pelit soal material, nggak yakin banget. bahkan mesin saja lebih mending blok dari besi daripada niru Yamaha yang pakai aluminium lapis silikon. jauh banget bila dibanding suzuki yang aluminium lapis nikel.

      Suka

  2. Salute bro, Anda mengupas dari sisi yang berbeda…secara logis sih memang dienya perlu dipertanyakan…apakah ada downgrade dari rangkanya?time will tell
    Thanks for the info

    Suka

  3. banyak kok bedanya detail part cbr150r dan ncbr150r…
    cbr150 lama pake baju kakaknya cbr250 jelas lbh berat, tangki jg lbh besar,behel blkg,velg dpan lbh lebar 2,75 ncbr 2,50,frame ncbr lbh ringkas,reflektor lampu jg lbh ringan ncbr, sein aja lbh kecil, cbr150 sein lumayan berat loh coba ja…blum baut2 behel dll.
    cbr150 143kg ncbr 135kg selisih cuma 8kg wajar aja menurut ane

    Suka

  4. desain frame berbeda, yang lama sub frame belakang sampai di atas spakbor, hingga kalo mau lepas spakbor mau gak mau harus potong frame, trus engine hanger ganti aluminium
    aluminium beratnya 1/3 besi, udah gitu lebih kecil (dari engine hanger aja ane yakin turun 1kg) ukurannya karena posisi baut berubah lebih dekat
    dan frame itu besi lo, 1 liter besi beratnya aja hampir 8 kg
    dari total frame aja ane yakin dah pangkas sampai 5 kg

    desain mesin juga beda, seperti spull dan magnet pasti lebih ringan karena pake led
    dan rpm yang turun otomatis part bisa lebih ringan
    dari mesin bisa berkurang sampai 1 kg

    desain velg juga pake palang ringan,, ane yakin sekitar 0,5 kg

    bodi yang ganti, led lamp, behel, spido dll bisa mengurangi 1 kg

    sisa 0,5 kg ya printilan lain2 yang mungkin ane gak tau

    masih logis gan

    Suka

  5. ada yang kelupaan
    stang lebih pendek
    lampu led juga membuat frame bodi depan lebih ringan, tau sendiri kalo motor fairing ada frame di depan buat penyangga fairing depan
    kalo lihat difoto new cbr pake besi bolong2

    Suka

  6. Susah kali kalo bodi ringan, frame ringan. Artinya bukan cost down tapi cost up. Karena itu aye rasanya ada beberapa part yg gak di jadikan alesan. Atau itu masalah harga jadi mahal

    Tapi kalo beratnya 11-12 sama r15 artinya masih masuk akal

    Kecuali motor 33 juta body gambot berat cuma 88 kg

    Baru gw curiga. Pake part apakah gerangan?

    Njemur lah

    https://jildhuz.wordpress.com/2016/02/26/kenapa-money-game-mlm-klaim-sepihak-menambah-kecantikan-begitu-populer/

    Suka

    • Kalau tidak ganti material dan hanya menambah lubang lubang rasanya tidak menambah costnya.

      R15 lebih berat dari vixion. sementara CB baru beratnya setara R15. Dengan mesin diganti CB baru 7kg lebih berat. Tapi CBR baru justru 8kg lebih ringan.

      Suka

      • Kan desain cb sama cbr beda. Sama kek r15 dan vixion desainya beda. Udah gak apple to apple

        Lagian cbr old desainya mirpnya sama cbr tailand

        Yg berat belum tentu part lebih bagus om. Coba ente pasang fairing pinggir jalan beratnya jauh dari fairing ori yg jauh lebih ringan sama lebih kuat

        Makanya beratnya segitu menurut aye make sense

        Suka

      • gan cuma mau menambahkan, kalau berat R15 136 kg itu Wet-Weight sedangkan NCB150R 136 KG Dry-Weight. Menurut saya ada perbedaan berat yg jauh antara motor sport yamaha dengan sport honda. 12 liter bensin ditambah 1.x liter oli sepertinya cukup berat ya.

        Suka

      • ingin menambahkan gan, berat R15 yg tertera adalah berat kotor (wet wight) sedangkan berat CBR150R yang tertera adalah berat bersih (dry weight). 12 liter bensin ditambah 1.x oli kira-kira beratnya bisa mencapai 5 kg. jadi berat bersih R15 hanya 131 KG.

        Suka

        • Dari spesifikasi di website resmi, berat kosong dari CBR150R sebelumnya disebutkan sebagai 143kg, semua motor Honda spesifikasinya pakai acuan berat kosong, termasuk juga versi sebelumnya. pertanyaannya tetap, mengapa versi sekarang lebih ringan dari sebelumnya, mengapa lebih ringan dari versi naked.

          Bila logikanya seperti itu maka berat kotor dari CBR150R versi sebelumnya adalah 143kg + 5kg = 148kg.

          Berikut diambil dari screenshot di website resmi (dan backup di archive.org). Bila tidak kelihatan maka berikut data berat kosongnya:
          Honda CBR150R 2014 = 143kg
          Honda CBR150R 2016 = 135kg
          Honda CB150R 2016 = 136kg
          Honda Megapro 2015 = 135kg
          Honda Verza 2015 = 129kg

          Hebat sekali karena Honda CBR150R beratnya bisa sama dengan megapro.





          Suka

  7. Kritis juga kupasannya Melihat dari sudut yg lain. Bila dibandingkan produk yg lain pada umumnya yang naked lebih ringan. Dengan catatan rangka dan mesin sama hanya beda fairing. Bisa saja dengan material yg ringan namun Lebih kuat. Namun apakah mungkin karena material tersebut harga bisa saja jauh lebih mahal dr yg kuat dan berat. Apalagi minimum laba poduksi diotomotif 30% dr biaya produksi. Kalo yg ini pengalaman 3 th di perusahaan otomotif salah satu pabrikan libom. Semoga tidak mengecewakan soalnya saya suka bodinya asoiiiii.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s