Menyikapi dyno ultraspeed bukan rendahnya angka Satria yang harus diperhatikan tapi tingginya angka sonic bila dibanding sama MX King


Ultraspeed merilis hasil dyno yang membuat banyak orang heran, karena dari hasil dyno tersebut Suzuki Satria injeksi tenaganya terukur sama dengan tenaga dari Sonic.
Test dyno power Suzuki Satria F150 FI vs Sonic 150R vs MX King by Ultraspeed…..Satria kalah tipis dari Sonic ??… March 21, 2016

Ultraspeed menggelandang Sonic diatas mesin dyno terbaru mereka Dynomite EddyCurrent USA. Semua dijamin dalam kondisi standart ting-ting habis tidak ada ubahan apapun. Baik gear atau mesin semua bawaan pabrikan. Hasilnya diperoleh power on wheel sebagai berikut…
1. Honda Sonic
Result: Peak power 12.99whp@9300rpm
Peak torque 11.3Nm@6900rpm
2. Suzuki FU injeksi
Result: peak power 12.88whp@11.500rpm
Peak torque 9Nm@9100rpm
Nah…selain menguji kedua motor ayago diatas, Ultraspeed juga ngetes power Yamaha MX King diatas mesin yang sama. Hasilnya….
3. Yamaha MX King
Result: peak power 11,76whp@8500RPM
Peak torque 11Nm@6600rpm

Ada yang meragukan mesin dyno Ultraspeed yang dibilang pakai teknologi paling baru tersebut. Karena memang teknologi tersebut dikatakan berbeda dari dyno biasa yang pakai momentum. Angka dari hasil uji juga kebanyakan lebih kecil. Perbedaan ini dijelaskan di link berikut (maaf harus terjemahkan sendiri ya)
tuning strategy differences? eddy current dyno vs inertia dyno

Ada juga yang bilang kebetulan unit Suzuki Satria yang di tes dapat yang jelek. Dikatakan:

Percaya nggak sampeyan jika power tiap unit motor produksi masal belum tentu identik antara satu dengan lainnya. Fakta ini pernah terjadi saat teman-teman melakukan testing salah satu produk dimana hasilnya anjlok tidak sesuai ekspetasi. Kondisi tunggangan gres baru turun dari pabrik….dilalah dengan motor lain dengan tipe dan brand yang sama pula, hasil kembali berbeda ketika dites dimesin dyno tersebut. Lho koq bisa??….

Itulah fakta dan yang jelas bukan salah mesin dynonya. Lek ora percoyo sampeyan kumpulin setidaknya 10 motor anyar gres sampeyan tes bareng-bareng diatas mesin dyno. Jika sama rata taruhlah nangkring di 28HP semua….berarti pabrikannya hebat juozzz gandozzz. Ini berlaku pada semua brand dan pabrikan…..tidak memandang merk kangbro

Namun sepertinya ada satu hal yang luput dari perhatian. Banyak orang yang hanya membandingkan antara angka Suzuki Satria dengan Honda Sonic, tapi kok sepertinya tidak ada yang memperhatikan bahwa angka Honda Sonic bisa 10% lebih besar daripada angka Yamaha MX King.

Menurut penulis ini sesuatu yang aneh. Karena di dyno atau perbandingan sebelumnya, angka tidak jauh berbeda, 11-12. Bahkan di spesifikasi website resmi juga cuma beda sedikit, Yang Honda Sonic resminya adalah 11,8kw/9000 rpm, yang Yamaha MX King resminya adalah 11,3kw/8500 rpm. Beda nggak sampai sejauh yang di dyno tersebut.

 

Kenaikan tenaga yang 10% itu juga sangat mirip dengan hasil pengujian Ultra speed sebelumnya, yang angkanya berbeda dari angka yang diposting.
Power Naik 10% hasil Dyno Ultraspeed Honda Sonic 150R . . . Sebelum dan Sesudah Pakai Knalpot WRX August 23, 2015

Nah Saat di pakaikan Knalpot WRX, Power maksimum dari Honda sonic 150R melonjak dari 13,17 hp menjadi 14,53 atau ada peningkatan sebesar 1,3 hp atau melonjak naik sekitar 10% . .. Bukan itu saja, nafas dari Honda Sonic dengan Muffler WRX juga membuat power titik maksimum berpindah lebih lama . . . dari 9.800 menjadi 10.200 rpm nafas agak dipanjangin dikit menuju maks power

Coba perhatikan bahwa tenaga puncak juga bergeser dari aslinya 9000 menjadi 9300 di dyno lawan Satria/MX King. Bisa jadi Sonicnya sudah pakai knalpot WRX.

 

Di sisi lain, pada kenyataan di uji di jalan ataupun uji akselerasi yang dilakukan oleh majalah, angka Satria injeksi biasanya lebih baik daripada Sonic. Sementara hasil Sonic sendiri biasanya cuma beda sedikit dari MX King. Seperti berikut hasil pengujian bila dibandingkan Satria karbu:
perbandingan power

 

Di lomba juga sepertinya begitu. Bahkan barusan ada kabar bahwa suatu race batal karena pemilik Sonic dan MX King tidak bersedia berlomba melawan Satria Injeksi.
Ngeper Sama Satria FU Injeksi, Road Race Magetan Kelas Bebek 150 Batal Digelar!Posted on 22/03/2016

Fakta bahwasanya Suzuki Satria FU Injeksi standar terbukti kencang dan bikin ngeper para peserta dan tim balap lain yang menggunakan Honda Sonic 150 dan Yamaha MX King akan KBY rangkum agar lebih mudah dipahami… Cekibrot lads..

Road Race Magetan. Karena Suzuki Satria Injeksi, Kelas Bebek 4Tak 150 Injeksi Tak Jadi Digelar Posted on 22 Maret 2016

Tim-tim lain pengguna Honda Sonic dan Yamaha MX-King menolak bertanding selama Suzuki Satria Injeksi tetap ikut berlaga. Dalam daftar peserta kemarin, hanya ada 1 tim yang berlaga menggunakan Suzuki Satria Injeksi, yaitu Shake Speare 45 Lamongan.

Turun Balap Dalam Kondisi Standard, Suzuki Satria Injeksi Menang Mudah, Posted on 15 Maret 2016

Turun balap di Kejurda Road Race Jawa Timur di Pamekasan, Minggu 6 Maret 2016. Terjadi kehebohan di kelas bebek 4 Tak Standard 150cc kelas terbuka.

Suzuki Satria Injeksi menang sangat mudah melawan Honda Sonic dan Yamaha MX King. Selesai balapan tim-tim kompetitor yang curiga dengan performa Satria Injeksi, meminta agar motor dibongkar.

Ya monggoo, lha wong Satria yang dipakai benar-benar masih standar ting-ting. Bahkan filter udaranya aja gak dicopot.

Sementara itu sebelumnya hasilnya imbang bila lawan Satria karbu:
Satria, Sonic, dan MX King di Lintasan Balap, Siapa Menang? Senin, 23 November 2015 | 08:02 WIB

Saat lomba memasuki race kedua 150 cc, tiga pebalap dengan tunggangan beda pabrikan saling berebut posisi pertama. Tiga model utama, yakni Suzuki Satria FU, Yamaha MX King, dan Honda New Sonic saling adu “lari” di lintasan balap.

Bisa jadi, inilah pertarungan paling seru di antara kelas-kelas lain dalam balap level kejurnas itu. “Ayam jago” Satria FU ditunggangi Rafid Topan Sucipto. Lalu, “bebek super” MX King dikendalikan Rusman Fadhil, sementara si pendatang baru, New Sonic, digeber pebalap tuan rumah Alfian R. Selama 15 putaran, ketiganya saling susul hingga lap terakhir.

Jadi bila pada kenyataan Satria injeksi lebih unggul maka menjadi agak aneh bila Satria dan Sonic seimbang saat di dyno.

 

Kesimpulan penulis adalah, bukan Suzuki Satrianya yang dapat jelek, bukan mesin dynonya yang bermasalah, tapi Honda Sonicnya yang harus dicurigai.

9 thoughts on “Menyikapi dyno ultraspeed bukan rendahnya angka Satria yang harus diperhatikan tapi tingginya angka sonic bila dibanding sama MX King

  1. Yg bikin janggal 12,88whp di 11,500rpm peak power nya kan di 10,000rpm spek brosur?
    Torsi cma 9nm? Emg nya bebek 125cc?
    Nah pertama ultraspeed memposting hasil dyno nya di grup suzuki satria fi.. Tidak di jelaskan kondisi dari honda sonic sendiri apakah ada yg di ubah ato tidak? Ini sih pembodohan calon konsumen berbalik dengan fakta” di jalan

    Suka

    • angka hasil ultraspeed memang biasanya lebih rendah karena cara pengukurannya beda sendiri, yang perlu diperhatikan mengapa grafik tenaga semua motor jadi mirip, seperti cuma di skala padahal kalau dyno lain bentuk berbeda. Hasil ultra speed:

      Yang lain:

      Suka

  2. ya emang mx king nya yang lemot
    o ya road race yang fu fi menang mudah itu kalo gak salah posisi 2 nya kan sonic
    kalo standar, mx king ya ngeper lah lawan sonic

    ekekekekek

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s