Sama sama ditulis sebagai hasil uji Ultraspeed racing angka dyno Satria Injeksi bisa beda yang satu 12 koma 88, satu lagi 16 koma 54


Sebelumnya penulis berasumsi bahwa anehnya hasil dyno dari Ultraspeed kemungkinan terjadi karena Sonicnya tidak standar:
Menyikapi dyno ultraspeed bukan rendahnya angka Satria yang harus diperhatikan tapi tingginya angka sonic bila dibanding sama MX King

Namun setelah melihat foto dyno di artikelnya aripitstop, penulis jadi bingung.
Hasil Dyno Test Sonic VS Satria F 150 Tenyata Hasilnya Berbeda – beda ! Sebenarnya Mana yang Lebih Unggul..? Maret 19, 2016

Pernah di test di Mesin dyno ini milik PNP (Plug and Play Performance) yang berada banjarmasin .. berhasil mencatat power satria injeksi power 16.54 dk torsi 12.72 Nm dengan putaran mesin satria f terbaru ini cukup edan mampu menyentuh 13rb rpm .. ! lebih tinggi 2,22dk diatas rival terdekatnya honda sonic 150R yang pernah dites di mesin dyno yang sama olah PNP dengan hasil hanya tembus 14.32 dk.

Disitu dikatakan bahwa pengujian dilakukan di Banjarmasin oleh Plug and Play Performance. Tapi mengapa di hasil dyno yang ditunjukkan tulisannya di tes oleh UltraSpeed Racing? Silahkan lihat gambarnya, dikutip dari website aripitstop:

Tertulis disitu:

DYNOmite test “satria fu fi std #8143 on 2016-03-05 @ 15-58-12” by Ultraspeed Racing.

Sementara itu hasil dyno yang dirilis oleh Ultraspeed racing di website resmi mereka pada tanggal yang sama satu jam sesudahnya, jam 16:53 adalah sebagai berikut:

Hasil tersebut dijelaskan di 18 maret:

Hasil yang dibandingkan dengan Sonic adalah yang berikut ini:

Disitu tertulis:

Dynomite test “satria fu injeksi std #2177 on 2016-03-05 @ 16-40-31” by Freddy A. Gautama.

Jadi pada hari yang sama, tanggal 5 Maret 2016, ada postingan dyno yang tertulis “by Ultraspeed racing” jam 15:58 menunjukkan hasil dyno Suzuki Satria injeksi mencapai 16,54hp, sementara hasil dyno “by Freddy A. Gautama” jam 16:40 menunjukkan hasil dyno Suzuki Satria injeksi mencapai 12,88hp.

Bila diperhatikan, bentuk format diagram sama persis. Baik layout, warna ataupun detil tulisan sama persis. Sama sama ditampilkan di windows pakai excel 2003 atau semacamnya. Yang jadi pertanyaan, mengapa dyno yang dibilang dilakukan oleh PNP tapi di grafik tertulis dilakukan oleh UltraSpeed.

Bila keduanya dilakukan oleh ultra speed, mengapa kok hasilnya bisa berbeda walau sama sama standardnya?

Kalau bukan oleh ultra speed, sangat sangat kebetulan sekali waktunya bisa hampir sama. Dilakukan di hari yang sama dan rentang waktu cuma beda 40 menitan.

sebagai catatan, Dynomite mengacu pada pengukuran dyno dengan metode eddy current, berbeda dari pengukuran biasa yang pakai intertia:
Power Suzuki Satria F 150 Injeksi Kalah Tipis Dari Honda Sonic 150R diatas Dynotest Dynomite Eddycurrent USA Ultraspeed Racing Maret 21, 2016

apa sih Dynotest Dynomite Eddycurrent USA? sudah ane ceritakan di saat dynotest Honda sonic, ( Power Honda Sonic 150R tembus 12,88 HP diatas Dynotest Ultraspeedracing )

Dynotestnya pakai Dynomite eddycurrent USA “top notch eddy current” bukan inertia dyno

menurut USR sendiri, pemilihan dynamometer jenis eddy current supaya pengukuran bisa dilakukan dengan berbagai metode simulasi pengambilan data seperti sweep test maupun road simulation data

kenapa bisa begitu, hal ini karena unit eddy current ini akan memberikan extra beban ke roda belakang sehingga memang ban belakang akan terasa dibebani alias tidak losss …mungkin seakan di atas aspal begitukah simulasi dynonya

 

Karena keduanya ada tulisan Dynomite, maka mestinya kedua hasil tersebut di tes dengan metode yang sama, yaitu Dynomite eddycurrent USA “top notch eddy current”. Kebetulan warna motor yang dites sama. Waktu juga cuma beda 40 menit. Yang jelas jelas aneh adalah mengapa hasil uji dyno dari PNP tapi tulisan di grafiknya by Ultraspeed Racing.

Tambahan:
komentar dari bro ASD membuat penulis makin tergelitik. Karena dikatakan itu dilakukan di workshop berbeda. Sepertinya sih iya, karena lokasi terlihat berbeda. Namun mesin yang dipergunakan jelas sama, DYNOmite. Mesin dyno sama tapi kok hasil bisa berbeda?

DYNOmite dijual oleh perusahaan berikut.
DYNO mite™ Motorcycle / ATV Dynamometer Systems
dynomite harley_on_dyno-mite_dynamometer_600

Terlihat di foto bahwa dyno Suzuki injeksi dilakukan oleh alat yang sama.

Berikut yang diposting di website Ultra Speed Racing.
dynomite 959_1133747929977331_2922103616393571301_n

Berikut yang di katakan di tes oleh PNP.
dynomite satria-diatas-dyno

Bisa dilihat bahwa mesin dynonya sama.

bro ASD juga mengatakan bahwa:

Sonic di USR 11-12 dk, Sonic di PnP Performance 14dk.
hasildyno pnp12096574_1690468554505903_7318058231444542270_n

Namun itu tidak menjelaskan hasil dyno yang katanya dilakukan USR yang diposting oleh mas Taufik dari tmcblog:
Power Naik 10% hasil Dyno Ultraspeed Honda Sonic 150R . . . Sebelum dan Sesudah Pakai Knalpot WRX August 23, 2015

dyno sonic standard 13,54hp

Grafik Dyno Yang di share Mas Danandan Juga web WRX ini adalah hasil Dyno UltraSpeed dari Power dan Torsi Motor standar dan Dibandingkan dengan hasil Dyno Power-Torsi sesudah dipakaikan Muffler WRX.

Terlihat di data atas, Power yang dihasilkan Honda sonic standar oleh Pembacaan Dyno Ultraspeed Power di Roda adalah 13,17 hp pada kitiran mesin 9.800 rpm

Nah Saat di pakaikan Knalpot WRX, Power maksimum dari Honda sonic 150R melonjak dari 13,17 hp menjadi 14,53 atau ada peningkatan sebesar 1,3 hp atau melonjak naik sekitar 10% .

Tertulis di hasil dyno:

DYNOmite test “s0nic knalp0t wrx #2509 on 2015-08-22 @ 12-38-16” by Freddy A. Gautama.

Jadi nggak cuma Satria saja yang angkanya bisa beda beda saat di tes di mesin DYNOmite. Bahkan SOnic pun yang di tes di mesin yang sama, dilakukan oleh operator yang sama, hasilnya juga bisa beda.

10 respons untuk ‘Sama sama ditulis sebagai hasil uji Ultraspeed racing angka dyno Satria Injeksi bisa beda yang satu 12 koma 88, satu lagi 16 koma 54

  1. Yang konsisten adalah MXKing tetap powernya selalu paling rendah diantara ketiga motor. Tapi yang perlu diingat adalah bahwa MxKing memang dikurangi tenaganya hingga kira2 1dk agar PWR tetap lebih rendah atau kalaupun lebih tinggi tidaklah berbeda jauh dari NVA atau R15.

    Suka

    • Iya, bisa jadi. tapi sepertinya pembeli MX king tidak begitu perduli walau power lebih kecil, sehingga tetap bisa lebih laris. Sesuatu yang juga ada di Satria tapi nggak ada di Sonic. Mungkin di kehandalan dan kenyamanan / ergonomi.

      Suka

    • Walau power nya lebih kecil tapi penjualan nya paling tinggi dari 3 motor disitu bro

      Sepertinya masyarakat gak terlalu peduli pada perbedaan power sedikit asal lebih nyaman dan bandel

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.