Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda


Penulis barusan mengkonfirmasi lagi bahwa oli resmi dari motor Honda kualitasnya jelek. Sebelumnya penulis sudah membahas tentang bagaimana oli AHM MPX-2 kualitasnya jelek sehingga membikin suara mesin kasar dan tenaga berkurang:
Terbukti bahwa oli berkualitas itu lebih baik daripada oli standar yang disediakan oleh bengkel resmi, 10 Maret 2016

Setelah diganti oli dengan oli yang kualitasnya memenuhi standar mesin menjadi lebih halus. Namun saat itu masih ada tersisa suara kasar, yang sepertinya karena oli transmisi masih pakai oli dari bengkel resmi. Saat mesin berjalan suaranya halus, namun saat berhenti (mesin idle) ada suara kasar yang sepertinya berasal dari bagian transmisinya.

Oli transmisi dari bengkel mestinya seperti berikut ini (link menuju ke artikel ganti oli transmisi di Vario 125 fi):

 

Penulis sebelumnya berpikir bahwa beban di bagian transmisi tidak sebesar di bagian mesin. Sehingga penulis berpikir bahwa oli transmisi resmi dari Honda akan cukup mampu untuk melumasi bagian transmisi.

Sayangnya perkiraan penulis tersebut salah.

Makin lama suara kasar tersebut makin keras. Suara kasar tersebut menganggu kenyamanan berkendara. Bahkan di belakangan ini penulis merasa bahwa mesin terasa terbebani, motor seakan terasa jalan dalam kondisi di rem. Motor berjalan tidak secepat raungan mesin.

Karena sudah makin parah maka penulis menyegerakan penggantian oli transmisi. Kebetulan masih ada sisa oli Valvoline yang asalnya dipakai untuk menambah oli di mobil. Jumlah lebih dari cukup untuk mengganti oli transmisi, jadi penulis memutuskan mengganti oli transmisi.

Cara penulis mengganti oli transmisi Honda Beat ESP mirip dengan cara berikut ini:
Yuk Ganti Sendiri Oli Gear Transmisi Motor Matic Kita !

 

Dan ternyata, memang benar penyebab suara kasar dan mesin terhambat itu karena oli transmisinya Honda (AHM). Saat dikeluarkan oli tersebut masih bening sekali, sama sekali tidak ada tanda sudah aus. Bau pun masih belum sangit, masih terkesan baru. Namun dari perilaku mesin, terasa berbeda sekali dengan setelah oli transmisi diganti dengan oli Valvoline 10W40.

Setelah diganti oli, suara kasar saat idle menjadi jauh lebih senyap. Akselerasi juga menjadi enteng lagi. Dari hasil ini penulis kapok pakai oli resmi Honda lagi. Mungkin sama bengkel akan diancam garansi hilang, namun penulis ragu apa pihak Honda akan bersedia mengganti kalau mesin jadi kasar dan lemah gara gara pakai oli resmi Honda. Rasanya tidak akan ada garansi untuk yang begituan.

Kesimpulannya, kalau mau sip, motor Honda jangan pakai oli dari Honda. Yang FBY jangan PD dulu, bisa jadi di Yamaha juga sama, kalau mau sip motor Yamaha jangan pakai oli Yamalube.

Penulis sarankan kalau untuk yang murah sebaiknya pakai dari Pertamina. Sebaiknya hindari versi murah dari oli shell dan castrol, penulis merasa versi shell dan castrol yang murah kurang sip. Tapi kalau kepepet boleh juga karena masih jauh lebih mendingan dari oli resmi Honda/Yamaha.

Harus diingat juga bahwa halusnya mesin dan enaknya performa bukan jaminan olinya bagus. Harus diperhatikan juga bahwa olinya bikin kerak tidak menempel. Sayangnya ini baru bisa diketahui setelah pakai lama. Kalau dari sejarah oli merek luar dan pertamina tidak menimbulkan kerak di mesin. Yang penulis ketahui bikin kerak adalah oli yang tidak bening saat masih baru.

Iklan

29 thoughts on “Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda

  1. Oli transmisi motor matik, yg bnyk dijual (merk honda dan yamalube) sebenarnya isinya adalah sama seperti oli mesin, hanya beda packaging aja.

    Oli transmisi ketika di tap, memang terlihat sama seperti baru (bening), tdk bau sangit. Akan tetapi viskositasnya sudah menurun (rusak), sehingga akan menimbulkan bunyi yg kasar pada bagian transmisi nya. Itulah sebabnya dianjurkan utk ganti oli transmisi matik maksimal setahun sekali.
    Lain lagi klo oli transmisi ketika di tap jd bukan bening lagi, berarti ada yg rusak pada komponen transmisi matik tsb. Contohnya, ketika di tap, warnanya menjadi hitam, ini berarti ada kerusakan pada bagian bearing transmisi tsb.

    Klo boleh tau kapan terakhir ganti oli transmisi matik sblm pake oli mobil spt yg sudah di jelaskan diatas?
    Ato bisa gunakan oli gear utk oli transmisi matik, ada beberapa pengguna matik yg menyarankan pake oli gear, dalam hal ini oli MTF. Karena menurut mereka, oli khusus transmisi matik, ato oli mesin, masih menyebabkan masalah glitter ketika di tap. Sedangkan penggunaan oli MTF ato oli gear, menghilangkan masalah glitter tsb.

    Suka

    • Terima kasih infonya, oli transmisinya mestinya masih termasuk baru. Bahkan belum 2000km tapi sudah rusak duluan. Jadi olinya kualitas dibawah standar. Kalau dari label sepertinya buatan idemitsu.

      Suara kasar tersebut sudah mulai terdengar beberapa hari sejak oli diganti.

      Oleh karena itu sekarang saya anti buatan AHM. Karena itu buatan idemitsu saya juga anti buatan idemitsu, termasuk juga oli populer untuk mobil oli orisinilnya Mitsubishi yang 5W30.

      Suka

  2. ane malah curiga semua oli yg beredar disini berasal dari pertamina… kata penjual oli dikota ane sih begitu, oli dari pertamina hanya setengah jadi, lalu ditambah formula khusus sesuai brand… misal; castrol, shell, repsol, dll..

    nah, kebetulan ane punya tetangga lulusan teknik mesin bilang klo minyak kelapa murni jauh lebih baik untuk oli mesin…

    nah, jadi bingung juga ane… hwhwhw…
    menurut om sucahyo bagaimana?

    Suka

    • Iya, yang dijual pertamina itu base oilnya. Oli yang nggak ada campuran apa apa, lalu pabrikan mencampurkan aditif sehingga jadi produk oli siap pakai. Alternatif lain katanya beli dari cina, cuma problemnya kualitasnya naik turun. Ada juga yang mengandalkan proses ulang oli bekas seperti produk evalube dan pennzoil.

      Saya juga curiga bahwa oli sintetik itu pakai minyak semacam minyak kelapa sebagai base oilnya, karena bahan minyak selain dari minyak bumi (oli mineral) kan dari tumbuhan (oli sintetik). Sementara itu minyak kelapa adalah minyak dari tumbuhan yang populer. Tapi rasanya kalau kita pakai minyak kelapa langsung di mesin, maka efeknya oli akan gampang menguap dan bisa slip kopling parah. Kerak mungkin sedikit karena kalau kita lihat wajan yang sering dipakai, bagian yang terendam minyak goreng selalu bersih. Cocoknya kalau dipakai sebagai oli samping, bau juga enak, tapi efeknya asap banyak sekali .

      Suka

      • Pertamina juga membuat oli (dibuat di pabrik oli LOBP lube oil blending plant) untuk toyota (TGMO), suzuki (SGO), daihatsu, nissan. Berdasarkan informasi, TGMO dibuat berdasarkan formula Pertamina Fastron yang didowngrade, so secara kualitasTGMO gak bakal setara Fastron. Kalo oli transmisi buat motor matic, berdasarkan info dari pengujian teman di lab, hampir semua komposisinya adalah oli mesin (yamalube,ahm,SGO) kecuali endurogear (base nya oli mesin tp aditive anti gesekan dikurangi).Pertamina mempunyai kilang base oil group 1 (full mineral) dan group 3 (mineral tp kualitas setara sintetik). Fastron & enduromatic menggunakan base oil group 3. Untuk oli yg full sintetik (0W30) biasanya base oilnya ester.

        Suka

  3. […] Namun penulis berpendapat bahwa harusnya suara kasar tidak terlalu parah. Dari pengalaman pribadi penulis, kasarnya mesin karena pakai oli jelek 10W30 sangat berlebihan. Ini penulis bahas di artikel berikut. Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda 9 Juli 2016 […]

    Suka

  4. […] Tanpa pembersihkan karburator atau throttle body, rasanya servis akan jadi jauh lebih murah. Bahkan kalau kita bisa membersihkan filter udara sendiri, maka servis ke bengkel pun rasanya tidak terlalu perlu. Pelumasan atau pengecekan kita lakukan sendiri. Yang penting ganti oli dilakukan berkala. […]

    Suka

    • artikelnya sip. Tapi menurut saya kebutuhan untuk gardan tidak seekstrem oli mesin. Harusnya biaya produksi oli gardan lebih murah dari biaya oli mesin. menurut saya pakai oli mesin untuk gardan itu bisa dibilang overspec. Dan sebaliknya, pakai oli gardan untuk oli mesin itu underspec. Jadi sebaiknya jangan pakai oli gardan untuk oli mesin. Pakai oli mesin untuk gardan silahkan.
      Mengupas efek menambah oli HDEO dengan oli ATF dari sisi pabrik oli menunjukkan beberapa kekurangan oli ATF sebagai oli mesin

      Tapi tentu itu tidak berlaku untuk oli yang kualitasnya pas pasan atau yang dibawah standar, atau oli yang bikin mesin berisik. Berisik = film strength kurang. Padahal oli gardan butuh yang film strength kuat. Film strength bisa dari base oil, kekentalan atau adanya aditif ester/fatty acid.

      Untuk saya film strength lebih penting daripada aditif anti wear/EP semacam zddp dan molybdenum disulfide. Kalau film strength kurang, wajar terjadi glitter.

      Oleh karena itu oli gardan cenderung lebih kental kecuali kalau sudah didesain untuk pakai yang lebih encer. Tapi itu juga rasanya cuma maksimal sampai taraf SAE oli mesin 10W40 (SAE gardan 90 setara SAE mesin 40 sampai 50). Pakai 10W30 rasanya terlalu encer, kecuali kalau sudah ditambah friction modifier. 10W30 yang ada nggak yakin ada friction modifiernya (bukan yang moly/zddp tapi ester/fatty acid).

      Jadi jelas tidak bisa dibandingkan film strength oli matic 10W30 dengan oli gardan yang setaranya dengan 20W50. Beda 20 poin.

      Oli gardannya AHM dari pengalaman di Beat bikin suara mesin kasar, film strengthnya sangat kurang. ditambah film strengthnya pakai minyak goreng langsung jadi lebih senyap. Sama saja dengan oli mesin AHM MPX 2, juga bikin suara mesin kasar, film strengthnya juga kurang.

      Kalau oli mesin yang dimaksud AHM MPX 2, maka nggak cocok untuk gearbox ataupun mesin.

      Suka

  5. gan, ane kerja di kontraktor, banyak oli supplay dari pertamina dan komatsu, nah ane pakai oli mesin nya punya an komatsu KGO oil (15W-40) dan oli gardan ane pakai oli HDA-90, pengalaman ane pertama beli ane ganti oli KGO namun karena mesin nya ngebul dan setelah ane tanya2 2 mekanik yang 1 bilang karena oli nya pake kgo jadi panas dan ring piston nya kenak, yang satu bilang ga masalah kalau kgo itu, malah lebih bagus, nah karena ane kira ane yang salah ane beliin AHM, tapi ini baru sebulan an mesin nya berisik sekali ya, apa karna itu ya gan? saran agan gimana? makasih

    Suka

    • Saya baca oli komatsu ada yang low ash dan ada yang high ash. Kalau yang high ash rasanya wajar jadi ngebul. Yang bikin ngebul karena kandungan ashnya banyak. Apa setelah ngebul itu ada yang diganti? Kalau ring piston maka ada kemungkinan kandungan ash yang terlalu banyak ini yang menyebabkan timbunan kerak. Kalau seal, maka kemungkinan nggak cocok untuk seal mesin bensin.

      Yang bikin berisik menurut saya oli AHMnya.

      Suka

      • setelah ngebul itu ane yang ane ganti cuma oli nya gan, ane pake ahm, tapi setelah ane ganti jadi ahm oil tetep ngebul gan, tapi kalau buat ngebut ga ngebul, cuma kalau jalan 40km/jam stanby agak lama di rpm itu asapnya keluar, kalau udah gitu buat ngebut nanti ga berasap lagi gan, kalau masalah nya di seal valve nya kenapa oli ane tiap hari berkurang gan, jadi tiap 3 hari sekali ane tambah oli lagi, takut kekeringan, kalau kata teman sih valve seal nya, tapi kok berkurang terus ya oli nya, mau ke ahas masih ragu-ragu,, pasti kena banyak,, wkwkwk

        Suka

        • Terima kasih infonya. iya, penyebab bisa banyak. bocornya valve itu juga salah satu efek terlalu banyak spash / ashnya. Bisa jadi juga ring piston atau sealnya. Tapi aneh juga dipakai kencang malah nggak berasap.

          Menurut saya berasap itu gara gara oli komatsunya, sementara berisik gara gara oli AHMnya.

          Suka

          • Mas kira kira oli yang cocok buat vario 150 merk apa ya ? Kebetulan minggu depan waktunya ganti oli
            Klo bisa detail nama merk nya biar orgnya gak asal kasih
            Oh iya om skalian sama oli gardan
            Btw klo bilang ke toko oli buat metic apakah oli yg dikasih sudah pasti dpt 1 liter kan vario cuma butuh 900ml sisanya sapa tau bisa buat gardan

            Suka

            • Kalau untuk yang ekonomis bisa coba fastron techno yang 10W40 atau 15W50. Yang bagusan bisa coba motul ester 5100. Iya, bisa dipakai untuk gardan juga. Oli gardan lebih butuh film strength, gesekan cepat lebih sedikit. Jadi yang kental lebih baik.

              Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s