Penulis barusan mengkonfirmasi lagi bahwa oli resmi dari motor Honda kualitasnya jelek. Sebelumnya penulis sudah membahas tentang bagaimana oli AHM MPX-2 kualitasnya jelek sehingga membikin suara mesin kasar dan tenaga berkurang:
Terbukti bahwa oli berkualitas itu lebih baik daripada oli standar yang disediakan oleh bengkel resmi, 10 Maret 2016
Setelah diganti oli dengan oli yang kualitasnya memenuhi standar mesin menjadi lebih halus. Namun saat itu masih ada tersisa suara kasar, yang sepertinya karena oli transmisi masih pakai oli dari bengkel resmi. Saat mesin berjalan suaranya halus, namun saat berhenti (mesin idle) ada suara kasar yang sepertinya berasal dari bagian transmisinya.
Oli transmisi dari bengkel mestinya seperti berikut ini (link menuju ke artikel ganti oli transmisi di Vario 125 fi):
Penulis sebelumnya berpikir bahwa beban di bagian transmisi tidak sebesar di bagian mesin. Sehingga penulis berpikir bahwa oli transmisi resmi dari Honda akan cukup mampu untuk melumasi bagian transmisi.
Sayangnya perkiraan penulis tersebut salah.
Makin lama suara kasar tersebut makin keras. Suara kasar tersebut menganggu kenyamanan berkendara. Bahkan di belakangan ini penulis merasa bahwa mesin terasa terbebani, motor seakan terasa jalan dalam kondisi di rem. Motor berjalan tidak secepat raungan mesin.
Karena sudah makin parah maka penulis menyegerakan penggantian oli transmisi. Kebetulan masih ada sisa oli Valvoline yang asalnya dipakai untuk menambah oli di mobil. Jumlah lebih dari cukup untuk mengganti oli transmisi, jadi penulis memutuskan mengganti oli transmisi.
Cara penulis mengganti oli transmisi Honda Beat ESP mirip dengan cara berikut ini:
Yuk Ganti Sendiri Oli Gear Transmisi Motor Matic Kita !
Dan ternyata, memang benar penyebab suara kasar dan mesin terhambat itu karena oli transmisinya Honda (AHM). Saat dikeluarkan oli tersebut masih bening sekali, sama sekali tidak ada tanda sudah aus. Bau pun masih belum sangit, masih terkesan baru. Namun dari perilaku mesin, terasa berbeda sekali dengan setelah oli transmisi diganti dengan oli Valvoline 10W40.
Setelah diganti oli, suara kasar saat idle menjadi jauh lebih senyap. Akselerasi juga menjadi enteng lagi. Dari hasil ini penulis kapok pakai oli resmi Honda lagi. Mungkin sama bengkel akan diancam garansi hilang, namun penulis ragu apa pihak Honda akan bersedia mengganti kalau mesin jadi kasar dan lemah gara gara pakai oli resmi Honda. Rasanya tidak akan ada garansi untuk yang begituan.
Kesimpulannya, kalau mau sip, motor Honda jangan pakai oli dari Honda. Yang FBY jangan PD dulu, bisa jadi di Yamaha juga sama, kalau mau sip motor Yamaha jangan pakai oli Yamalube.
Penulis sarankan kalau untuk yang murah sebaiknya pakai dari Pertamina. Sebaiknya hindari versi murah dari oli shell dan castrol, penulis merasa versi shell dan castrol yang murah kurang sip. Tapi kalau kepepet boleh juga karena masih jauh lebih mendingan dari oli resmi Honda/Yamaha.
Harus diingat juga bahwa halusnya mesin dan enaknya performa bukan jaminan olinya bagus. Harus diperhatikan juga bahwa olinya bikin kerak tidak menempel. Sayangnya ini baru bisa diketahui setelah pakai lama. Kalau dari sejarah oli merek luar dan pertamina tidak menimbulkan kerak di mesin. Yang penulis ketahui bikin kerak adalah oli yang tidak bening saat masih baru.
valvoline ya, boleh juga buat vario 125 saya
http://www.dikamagz.com/2016/07/09/bikers-jadi-pengumpul-pokemon-terbanyak-pokemon-go/
SukaSuka
sayangnya jarang. kalau dekat jakarta mungkin mending beli langsung ke pusatnya saja, kalau beli online biaya kirim kemahalan.
SukaSuka
oli standar pabrikan memang umumnya kasar dan berusia pakai lebih pendek
https://motorideweb.wordpress.com
SukaSuka
Kalau menurut saya sih tidak layak. Seharusnya dari standar sekarang umur oli 5000km, sementara oli resmi sepertinya cuma tahan 100km.
SukaDisukai oleh 1 orang
iya setuju bro
SukaSuka
Oli transmisi motor matik, yg bnyk dijual (merk honda dan yamalube) sebenarnya isinya adalah sama seperti oli mesin, hanya beda packaging aja.
Oli transmisi ketika di tap, memang terlihat sama seperti baru (bening), tdk bau sangit. Akan tetapi viskositasnya sudah menurun (rusak), sehingga akan menimbulkan bunyi yg kasar pada bagian transmisi nya. Itulah sebabnya dianjurkan utk ganti oli transmisi matik maksimal setahun sekali.
Lain lagi klo oli transmisi ketika di tap jd bukan bening lagi, berarti ada yg rusak pada komponen transmisi matik tsb. Contohnya, ketika di tap, warnanya menjadi hitam, ini berarti ada kerusakan pada bagian bearing transmisi tsb.
Klo boleh tau kapan terakhir ganti oli transmisi matik sblm pake oli mobil spt yg sudah di jelaskan diatas?
Ato bisa gunakan oli gear utk oli transmisi matik, ada beberapa pengguna matik yg menyarankan pake oli gear, dalam hal ini oli MTF. Karena menurut mereka, oli khusus transmisi matik, ato oli mesin, masih menyebabkan masalah glitter ketika di tap. Sedangkan penggunaan oli MTF ato oli gear, menghilangkan masalah glitter tsb.
SukaSuka
Terima kasih infonya, oli transmisinya mestinya masih termasuk baru. Bahkan belum 2000km tapi sudah rusak duluan. Jadi olinya kualitas dibawah standar. Kalau dari label sepertinya buatan idemitsu.
Suara kasar tersebut sudah mulai terdengar beberapa hari sejak oli diganti.
Oleh karena itu sekarang saya anti buatan AHM. Karena itu buatan idemitsu saya juga anti buatan idemitsu, termasuk juga oli populer untuk mobil oli orisinilnya Mitsubishi yang 5W30.
SukaSuka
ane malah curiga semua oli yg beredar disini berasal dari pertamina… kata penjual oli dikota ane sih begitu, oli dari pertamina hanya setengah jadi, lalu ditambah formula khusus sesuai brand… misal; castrol, shell, repsol, dll..
nah, kebetulan ane punya tetangga lulusan teknik mesin bilang klo minyak kelapa murni jauh lebih baik untuk oli mesin…
nah, jadi bingung juga ane… hwhwhw…
menurut om sucahyo bagaimana?
SukaSuka
Iya, yang dijual pertamina itu base oilnya. Oli yang nggak ada campuran apa apa, lalu pabrikan mencampurkan aditif sehingga jadi produk oli siap pakai. Alternatif lain katanya beli dari cina, cuma problemnya kualitasnya naik turun. Ada juga yang mengandalkan proses ulang oli bekas seperti produk evalube dan pennzoil.
Saya juga curiga bahwa oli sintetik itu pakai minyak semacam minyak kelapa sebagai base oilnya, karena bahan minyak selain dari minyak bumi (oli mineral) kan dari tumbuhan (oli sintetik). Sementara itu minyak kelapa adalah minyak dari tumbuhan yang populer. Tapi rasanya kalau kita pakai minyak kelapa langsung di mesin, maka efeknya oli akan gampang menguap dan bisa slip kopling parah. Kerak mungkin sedikit karena kalau kita lihat wajan yang sering dipakai, bagian yang terendam minyak goreng selalu bersih. Cocoknya kalau dipakai sebagai oli samping, bau juga enak, tapi efeknya asap banyak sekali .
SukaSuka
Pertamina juga membuat oli (dibuat di pabrik oli LOBP lube oil blending plant) untuk toyota (TGMO), suzuki (SGO), daihatsu, nissan. Berdasarkan informasi, TGMO dibuat berdasarkan formula Pertamina Fastron yang didowngrade, so secara kualitasTGMO gak bakal setara Fastron. Kalo oli transmisi buat motor matic, berdasarkan info dari pengujian teman di lab, hampir semua komposisinya adalah oli mesin (yamalube,ahm,SGO) kecuali endurogear (base nya oli mesin tp aditive anti gesekan dikurangi).Pertamina mempunyai kilang base oil group 1 (full mineral) dan group 3 (mineral tp kualitas setara sintetik). Fastron & enduromatic menggunakan base oil group 3. Untuk oli yg full sintetik (0W30) biasanya base oilnya ester.
SukaSuka
terima kasih infonya baru tahu. Tapi itu artinya kualitas TGMO lumayan juga.
Sebenarnya oli mesin sama saja dengan oli transmisi, cuma standar SAEnya berbeda. Kalau untuk mobil, oil matik dan manual dibedakan.

Rasanya sekarang semua oli itu aditif anti gesekan dikurangi demi bisa lolos uji API SN.
Licin oli mesin saat dites pakai tangan belum tentu licin beneran
SukaSuka
ok, terima kasih banyak informasinya.
SukaSuka
[…] Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda, 9 Juli 2016 […]
SukaSuka
[…] Namun penulis berpendapat bahwa harusnya suara kasar tidak terlalu parah. Dari pengalaman pribadi penulis, kasarnya mesin karena pakai oli jelek 10W30 sangat berlebihan. Ini penulis bahas di artikel berikut. Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda 9 Juli 2016 […]
SukaSuka
Kang itu oli valvoline nya yg oli mesin mobil atau oli gardan kang…? Thanks
SukaSuka
Itu oli valvoline untuk motor non matik.
SukaSuka
Owh…. Berarti oli non matik bs msuk di gardan matik kang..? Apkah gak apa2 ya kang…??
SukaSuka
Iya, kan komponen transmisi matik mirip dengan komponen transmisi non matik. Sementara itu di mesin matik tidak ada komponen transmisi, beda dengan motor non matik yang komponen transmisi jadi satu.
SukaSuka
Thanks infonya Kang.. Sy akan coba dimotor sy Kang… Hehehe
SukaSuka
[…] Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda […]
SukaSuka
[…] Tanpa pembersihkan karburator atau throttle body, rasanya servis akan jadi jauh lebih murah. Bahkan kalau kita bisa membersihkan filter udara sendiri, maka servis ke bengkel pun rasanya tidak terlalu perlu. Pelumasan atau pengecekan kita lakukan sendiri. Yang penting ganti oli dilakukan berkala. […]
SukaSuka
Om, ternyata Oli Gardan Motor Matik itu isinya oli mesin
http://www.lukmanulhakim.id/oli-gardan-rekomendasi-atpm-isinya-oli-mesin/
Dan untuk MOtor Matik Honda ternyata ada cara efektif kalau mau isi oli gardan pake oli mesin, tidak perlu gelas ukur untuk memastikan 120 mL
http://www.lukmanulhakim.id/cara-mengganti-oli-gear-motor-matik-honda-yang-tidak-biasa-tapi-efektif/
SukaSuka
artikelnya sip. Tapi menurut saya kebutuhan untuk gardan tidak seekstrem oli mesin. Harusnya biaya produksi oli gardan lebih murah dari biaya oli mesin. menurut saya pakai oli mesin untuk gardan itu bisa dibilang overspec. Dan sebaliknya, pakai oli gardan untuk oli mesin itu underspec. Jadi sebaiknya jangan pakai oli gardan untuk oli mesin. Pakai oli mesin untuk gardan silahkan.
Mengupas efek menambah oli HDEO dengan oli ATF dari sisi pabrik oli menunjukkan beberapa kekurangan oli ATF sebagai oli mesin
Tapi tentu itu tidak berlaku untuk oli yang kualitasnya pas pasan atau yang dibawah standar, atau oli yang bikin mesin berisik. Berisik = film strength kurang. Padahal oli gardan butuh yang film strength kuat. Film strength bisa dari base oil, kekentalan atau adanya aditif ester/fatty acid.
Untuk saya film strength lebih penting daripada aditif anti wear/EP semacam zddp dan molybdenum disulfide. Kalau film strength kurang, wajar terjadi glitter.
Oleh karena itu oli gardan cenderung lebih kental kecuali kalau sudah didesain untuk pakai yang lebih encer. Tapi itu juga rasanya cuma maksimal sampai taraf SAE oli mesin 10W40 (SAE gardan 90 setara SAE mesin 40 sampai 50). Pakai 10W30 rasanya terlalu encer, kecuali kalau sudah ditambah friction modifier. 10W30 yang ada nggak yakin ada friction modifiernya (bukan yang moly/zddp tapi ester/fatty acid).
Jadi jelas tidak bisa dibandingkan film strength oli matic 10W30 dengan oli gardan yang setaranya dengan 20W50. Beda 20 poin.
Oli gardannya AHM dari pengalaman di Beat bikin suara mesin kasar, film strengthnya sangat kurang. ditambah film strengthnya pakai minyak goreng langsung jadi lebih senyap. Sama saja dengan oli mesin AHM MPX 2, juga bikin suara mesin kasar, film strengthnya juga kurang.
Kalau oli mesin yang dimaksud AHM MPX 2, maka nggak cocok untuk gearbox ataupun mesin.
SukaSuka
gan, ane kerja di kontraktor, banyak oli supplay dari pertamina dan komatsu, nah ane pakai oli mesin nya punya an komatsu KGO oil (15W-40) dan oli gardan ane pakai oli HDA-90, pengalaman ane pertama beli ane ganti oli KGO namun karena mesin nya ngebul dan setelah ane tanya2 2 mekanik yang 1 bilang karena oli nya pake kgo jadi panas dan ring piston nya kenak, yang satu bilang ga masalah kalau kgo itu, malah lebih bagus, nah karena ane kira ane yang salah ane beliin AHM, tapi ini baru sebulan an mesin nya berisik sekali ya, apa karna itu ya gan? saran agan gimana? makasih
SukaSuka
Saya baca oli komatsu ada yang low ash dan ada yang high ash. Kalau yang high ash rasanya wajar jadi ngebul. Yang bikin ngebul karena kandungan ashnya banyak. Apa setelah ngebul itu ada yang diganti? Kalau ring piston maka ada kemungkinan kandungan ash yang terlalu banyak ini yang menyebabkan timbunan kerak. Kalau seal, maka kemungkinan nggak cocok untuk seal mesin bensin.
Yang bikin berisik menurut saya oli AHMnya.
SukaSuka
setelah ngebul itu ane yang ane ganti cuma oli nya gan, ane pake ahm, tapi setelah ane ganti jadi ahm oil tetep ngebul gan, tapi kalau buat ngebut ga ngebul, cuma kalau jalan 40km/jam stanby agak lama di rpm itu asapnya keluar, kalau udah gitu buat ngebut nanti ga berasap lagi gan, kalau masalah nya di seal valve nya kenapa oli ane tiap hari berkurang gan, jadi tiap 3 hari sekali ane tambah oli lagi, takut kekeringan, kalau kata teman sih valve seal nya, tapi kok berkurang terus ya oli nya, mau ke ahas masih ragu-ragu,, pasti kena banyak,, wkwkwk
SukaSuka
Terima kasih infonya. iya, penyebab bisa banyak. bocornya valve itu juga salah satu efek terlalu banyak spash / ashnya. Bisa jadi juga ring piston atau sealnya. Tapi aneh juga dipakai kencang malah nggak berasap.
Menurut saya berasap itu gara gara oli komatsunya, sementara berisik gara gara oli AHMnya.
SukaSuka
Mas kira kira oli yang cocok buat vario 150 merk apa ya ? Kebetulan minggu depan waktunya ganti oli
Klo bisa detail nama merk nya biar orgnya gak asal kasih
Oh iya om skalian sama oli gardan
Btw klo bilang ke toko oli buat metic apakah oli yg dikasih sudah pasti dpt 1 liter kan vario cuma butuh 900ml sisanya sapa tau bisa buat gardan
SukaSuka
Kalau untuk yang ekonomis bisa coba fastron techno yang 10W40 atau 15W50. Yang bagusan bisa coba motul ester 5100. Iya, bisa dipakai untuk gardan juga. Oli gardan lebih butuh film strength, gesekan cepat lebih sedikit. Jadi yang kental lebih baik.
SukaSuka
Bang sya pake vario 150 pemakaiam se hari antara 30km . Bagusnya pke pli yang kentel apa yang encer .
SukaSuka
Menurut saya kalau untuk awet pakai yang 15W50 atao 20W40. Kalau untuk biar ringan 10W40. Jangan pakai 10W30.
SukaSuka
Oli standar honda memang kurang sip gardan motor saya cenderung menjadi kasar setelah ganti
SukaSuka
iya, terima kasih sharingnya.
SukaSuka
hampir kelupaan kalau oli gardan vario 125 ane belum ganti beberapa tahun hehehe
terima kasih informasinya gan
SukaSuka
sip 🙂
SukaSuka
klo untuk mesin mobil bensin rekomnya apa mas bro….?
SukaSuka
oli resmi mobil biasanya sudah lumayan. rekomendasi fastron. Saya sekarang pakai fastron techno 15W50 di ayla. tapi ada mobil yang keenceran harus sesuai. kalau nggak sesuai bisa muncul error.
SukaSuka
oli pertamina jg bagus
apalagi oli merk Fastron techno tarikan gas
mesin jd enteng
SukaSuka
setuju
SukaSuka
jadi sebetulnya oli mesin motor dipake untuk gardan gak masalah ya gan?? yang penting SAE 10W-40 … kalo sy pake oli mesin shell matic AX7 10W-40 di Lexi saya aman2 aja ya brrti… terus apakah udh ada yg make oli X-Ten disini? ada yg bilang bagus, ada yg bilang jelek bahkan sesepuh motor Togi Sitio tidak merekomendasikan walau X-Ten itu Ester based… skrg saya pake oli Shell Ultra scooter full sintetik 5W-40
SukaSuka
Kalau kekentalan untuk oli gardan pakai oli mesin, saya lebih memilih yang belakangnya 50, misal 15W50. toh muternya nggak kenceng kenceng banget. Menurut saya shell itu jelek kalau hobinya jalan kencang. Tapi xten jauuuh lebih jelek lagi.
SukaSuka
jadi kalo oli motor lebih baik apa om selain motul? soalnya lexi saya gak jalan jauh2 banget.. ini motor udh 6 bulan lebih baru 3000an KM, kalo kalo motul sayang sih, kalo pake oli mobil yg 10W-40 kira2 overspec ga utk lexi yg gak jalan jauh??
SukaSuka
oli mobil buka overspecnya tapi kekentalan yang perlu dipertimbangkan. Kalau nggak pernah jalan di atas 60 km/jam rasanya tidak masalah pakai 10W40. Oli mobil juga ada kemungkinan nggak didesain untuk rpm tinggi.
Bila ingin lebih baik bisa coba mobil1 atau amsoil juga. Yang untuk motor kalau bisa. Yang setara motul bisa coba juga oli Total.
SukaSuka
saran untuk motor vario 150 2016 , sering jalan lebih kurang 60 km oli yg bagus apa ya gan??
SukaSuka
Kalau 60 km itu sekali jalan, 20W50 atau 15W50. Kalau tidak pernah kencang, bisa pakai 10W40 tapi harus yang sudah pakai aditif ester.
SukaSuka
iya sekali jalan PP 120 KM, antara 80-100km /jam. merk oli nya apa ya gan yg bagus tuk tipe perjalanan seperti itu.makasih atas infonya gan.
SukaSuka
Kalaun untuk saya memilih fastron techno 15W50 + minyak goreng. Kalau untuk yang murah mesran super + Mg. Lebih mahal motul atau total. Lebih mahal amsoil, tapi masih tambah minyak goreng juga. Dengan kekentalan minimal 10W40.
SukaSuka
minyak goreng maksudnya apaan… katro gak ngerti gan.hehehe
SukaSuka
saya sekarang pakai minyak goreng sebagai aditif oli mesin.
Testimoni dari yang pakai minyak goreng sebagai aditif oli mesin sangat positif
SukaSuka
pemakain minyak goreng pas ganti oli baru, trs langsung ditambahin sama olinya?
SukaSuka
saya mulai dari oli masih baru. ditambah belakangan tidak masalah
SukaSuka
untuk penggunaan oli motul untuk motor vario 150 ,, oli yg mana , kekentalan brp?..karena jarak yg ditempuh 50-60 km 1 kali jalan,tp tidak tiap hari cuman 1 minggu- 2 minggu sekali. dgn kecepatan 70-90 km/jam.mohon pencerahanya. makasih. gan sebelumnya.
SukaSuka
maaf sama oli gardennya apa?
SukaSuka
olui gardan pakai yang sama tidak masalah.
SukaSuka
kalau ada 15W50. kalau tidak ada bisa yang 10W40. Untuk 5 ribu km bisa mestinya. Tapi kalau sampai 2 tahun sebaiknya ganti.
SukaSuka
maskudnya oli motul 15w50 , jenis yg mana ?? motul 5100ester atau yg lainnya?. makasih.
SukaSuka
Saya lihat ada 5100 4T 10W-50
SukaSuka
Bang.. kl utk Vario 150 ESP 2019, pemakaian harian total +/- 30-40 km (bolak-balik).. speed 60 – 80 km/jam.. bagus pake MOTUL 5100 4T yg 10W-50 atau yg 15W-50?
SukaSuka
Menurut saya termasuk tidak lama dengan kecepatan tidak kencang. Pilih yang lebih murah saja. Bila kurang licin bisa coba tambahkan 10% minyak goreng.
SukaSuka
gimana oli motul untuk khusus matic , apa bagus untuk digunakan ?
SukaSuka
belum pernah coba tapi kalau produk motul menurut saya bagus. Biasanya oli matik itu versi paling murah dari oli motor.
SukaSuka
kalo PFG mas bisa ga dipake di matic vario 125? aman kah? atau valvoline?
SukaSuka
PFG aman. tapi apa nggak kemahalan. Valvoline apa yang bisa didapat? Mending cari oli lain bila harus beli online.
SukaSuka
ane pake oli honda pas lagi servis pertama doang. di pergantian selanjutnya pake federal oiil dan sampe sekarang malah betah pake itu hehe
SukaSuka
sip, oli federal cukup bagus
SukaSuka
Saya liat2 dari atas sampai akhir, kok gak ada yg nanyain/make oli top 1, yaa, untuk motor vario nya…?? apa krn mahal atau banyak yg palsu oli tersebut, om…
SukaSuka
Kalau saya tidak pakai oli top 1 karena nggak yakin itu oli bagus. Perusahaan top 1 di amerika adalah perusahaan penjual aditif. Yang dijual di Indonesia adalah hasil blending di Indonesia. Sempat jadi kasus ketika Ungu diundang ke Amerika untuk lihat pabriknya yang kemudian diprotes menteri karena itu ternyata Top 1 adalah oli produk lokal.
Saya sudah pernah coba oli top 1 dan saat itu tidak merasakan kehebatannya. Pernah coba aditif top 1 yang untuk oli dan ternyata itu bikin oli jadi sangat sangat kental.
Teman yang pakai top 1 juga kejadian mesin jadi keluar asap. Ada orang ngeklaim Suzuki Smash yang mesinnya jadi hitam kelam dalamannya, ternyata karena pakai top 1. Setelah itu di bengkel Suzuki tidak lagi membolehkan konsumen menggunakan oli top 1.
SukaSuka
Vario 150 2017 pakai oli kekentalan 10w40 buat harian jangka panjang bagus gak bang??
SukaSuka
Menurut saya sih kurang kental. Dengar motor PCX teman yang belinya hampir bersamaan, rasanya lebih baik SAE 40 single grade (mesran B40) atau yang 20W50 atau 15W50.
SukaSuka
[…] Klaimnya seperti itu. Tapi yang penulis rasakan beda. Dan sudah sering penulis bahas, seperti contoh berikut: Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda […]
SukaSuka
Sependapat juga min…
Saya juga baru ada beat baru 2021 kok suaranya kasar 🙃, pdahal baru menempuh jarak 200km.
Terus saya iseng bawa ke bengkel oli, oli mesin saya ganti pkai oli mobil “Mobil Super 10w40” & oli transmisi tak ganti pkai punya repsol. Hasilnya apa…
– akselerasi & top speed meningkat secara signifikan
– mesin sedikit lebih halus dan tidak sekeras ketika pkai oli ahm bawaan
Waktu ganti oli saya ditanyain , kok baru turun dealer lgs ganti oli? Sy jawab (kapok pkai oli bawaan 😂😂)
Ternyata ada mekanik bengkel yg cerita klau banyak yg protes oli bawaan standar itu jelek. Makannya banyak motor matic2 yg ngakali pkai fastron & shell helix 😂😂
SukaSuka
Terima kasih sharingnya. Oli bagus itu. Iya, banyak oli lain yang jauh lebih baik dari punya Honda. Cukup parah juga bila oli 200 km bisa sudah merusak performa seperti itu. Asli nggak paham mengapa kok Honda pilih oli yang jelek separah itu.
SukaSuka
Nah itu min yg jdi pertanyaan, oli bawaan kok bisa sejelek itu? Pdahal br dipakai 200an km, gak bayangin klau dipakai smp 4000km 😂😂
Pas dikuras oli nya sy kaget, br 200km olinya sdh spt air 🙃. Pdahal sy pas ganti oli lain di km sesuai rekomendasi (motor 2000km, mobil 5000km) spt petronas syntium/sprinta, motul, hingga mobil super/1 pun kekentalan oli & performa mesin tidak berubah 😀
Sampai sy ditanyain sm team bengkel oli, gak takut garansi ya?
Lha wong motor / mobil sy semenjak ganti oli bagus jdi jarang service ke bengkel resmi 😀😀
Paling hanya cek kampas rem, oli transmisi, ban, wiper, busi, radiator, dsb yg itu bisa diganti di bengkel non resmi 😂😂
SukaSuka