Berikut rider rider yang motor Hondanya jadi kasar setelah servis pertama yang kemungkinan karena kualitas oli resmi Honda dibawah standar


Sebelumnya penulis menulis artikel tentang motor Honda Beat ESP penulis yang suaranya jadi kasar setelah servis pertama.

Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda, 9 Juli 2016

Suara kasar pada motor penulis ternyata terjadi karena oli resmi yang kualitasnya dibawah standar. Kedua oli yang dipakai adalah oli buatan Idemitsu yang dikemas ulang oleh AHM.

Penulis penasaran apakah ada lagi yang mengalami mesin lebih kasar setelah servis pertama. Ternyata ada, nemu tiga. Satu motor Honda Vario, yang dua motor Honda New CB150R. Berikut kutipannya:

Youtube: New Honda CB 150R ini suara mesinnya menjadi kasar padahal habis servis.

 

Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R, Posted on 29 Februari 2016 by otoborn.com

Begini Kisah Mas Lis Dengan NCB

Setelah pemakaian awal hingga service pertama semua baik baik saja. Masalah muncul dua minggu setelah selesai servis pertama pada tanggal 26 Oktober 2016. “Suara di area mesin waktu motor dihidupkan terdengar aneh dan mengganggu. Berisik sekali mas” ujarnya.

Komplain Konsumen…Tamparan Buat layanan Ahass di Cirebon..! Juli 20, 2015

78. Noone – Agustus 12, 2015: Tgl 22 juli kemarin saya ambil Vario 150, dan seperti yg sudah byk di keluhkan, baru keluar dari dealer jalan 1km indikator overheat menyala, dan stang tidak presisi dan mesin saya ada bunyi grek grek grek kalau dibawa langsam 40kpj. Akhirnya saya balik lagi ke dealer untuk komplain, yg teratasi hanya indikator saja kata mekaniknya salah setel untuk mesinnya katanya proses penyesuaian. okelah saya maklumi untuk saat itu.

Besoknya setelah service pertama yg saya dapati baut hilang satu, mesin lebih berat dan kasa

 

Berdasarkan website Honda cengkareng, oli yang disarankan untuk motor Honda adalah:

Rekap Tabel Oli Yang Cocok Untuk Motor Honda

Tipe Motor Jenis Oli Yang Digunakan
Bebek AHM Oil MPX 1 & AHM Oil SPX 1
Bebek Matic AHM Oil MPX 1 & AHM Oil SPX 1
Sport AHM Oil MPX 1 & AHM Oil SPX 1
Matic AHM Oil MPX 2 & AHM Oil SPX 2

Ada website yang mengklaim bahwa periode penggantian oli untuk new CB150R adalah 6000km:
Kamis,13 Agust 2015 20:42 WIB, Penulis: Dimas Pradopo, Wuih Penggantian Oli Mesin Honda Sonic 150R dan CB150R Tiap 6.000 km!

Berdasarkan pengetesan tim Astra Honda Motor, memang mampu sampai dengan 6.000 km dan tetap aman, tentu dengan AHM Oil, salah satu yang berpengaruh dari pendinginan yang lebih bagus, sehingga suhu kerja terjaga makanya oli awet,” terang Sriyono, Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Wah lama banget ya!

Entah pengujiannya seperti apa, namun dari testimoni diatas maupun pengalaman penulis pribadi, kalau pakai oli resmi Honda hasilnya nggak sip dan mengecewakan. Kalau sampai beneran periode penggantian dibuat 6000km, rasanya kok meragukan, bisa jadi mesin suaranya akan makin berantakan. Kalau sudah berantakan suara mesinnya, penulis nggak yakin bakalan dibenahi oleh Honda. Paling juga dibilang sudah normalnya begitu.

Jadi saran penulis, kalau servis motor Honda, penting sekali untuk servis pertamanya di bengkel resmi yang membolehkan kita untuk pakai oli yang lebih bagus tanpa menggugurkan garansi mesin. Boleh Repsol, atau boleh Shell AX7. Boleh juga pakai punya pertamina. Seandainya tidak boleh pakai oli selain buatan Honda, maka sekeluar dari bengkel segera ganti oli mesin atau oli transmisi ke bengkel tidak resmi.

Misalkan sudah terlanjur suara mesin jadi kasar karena kelamaan pakai oli resmi yang kualitasnya jelek, pakai oli bagus tetap akan memperbaiki keadaan. Lain kali jangan pakai oli resmi Honda lagi.

13 thoughts on “Berikut rider rider yang motor Hondanya jadi kasar setelah servis pertama yang kemungkinan karena kualitas oli resmi Honda dibawah standar

  1. kalau menurut saya sajauh ini mpx1 (idemitsu) fine-fine saja, kalau masih awal2 enak tapi kalau udah 1500an km mesin emang kasar, gejala susah netral kadang muncul

    next mau cobain spx1 yg bikinan federal, kali aja lebih baik hehe

    Suka

    • Idemitsu dijual bebas dengan merek apa? Agak ragu dengan idemitsu karena pemakai oli Mitsubishi 5W30 yang juga buatan idemitsu bilang suara mesin mobilnya kasar. Sementara mobil saya pakai oli asli suara halus.

      Kalau pakai idemitsu yang murah suara mesin jadi kasar, maka pakai yang bagus juga tetap ragu. Oli lain versi murah tetap nggak bikin mesin kasar.

      Suka

    • Idemitsu dijual bebas dengan merek apa? Agak ragu dengan idemitsu karena yang versi mobil merek Mitsubishi 5W30 buatan idemitsu juga yang pakai bilang suara mesinnya kasar.

      Suka

    • Saya lihat di kaskus harga yang full sintetik bisa hampir sama dengan yang semi sintetik ya? full sintetik 1L 45 ribu, semi sintetik 1L 43 ribu, mineral 0.8L 33 ribu.

      Kalau merek lain bisa hampir dua kali lipatnya, bahkan merek lokal seperti evalube malah seperti berikut ini:
      Evalube Ramaikan Persaingan Oli Roda Empat

      SURABAYA (BM) – PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) produsen oli merek Evalube, kini mulai berkonsentrasi menggarap kendaraan roda empat. Tahun ini, WGI mulai mendistribusikan dua produk baru untuk roda empat. Yakni Helios yang akan difokuskan pada mobil berbahan bakar bensin, dan Super Transco pada mobil bermesin diesel.

      Krisnati menjelaskan , oli Helios terbagi dalam dua jenis. Yakni, Helios Sintetic Bland atau semi sintetik yang dihargai Rp100 ribu per empat liter. Satu jenis lagi adalah Helios Super atau full sintetik dengan harga Rp 400 ribu per empat liter. Sementara untuk mobil mesin diesel tersedia Evalube Super Transco dengan harga Rp180 ribu per lima liter.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s